CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Cara Menggunakan Akai, Tanker Paling Rusuh Di Mobile Legends - Tutorial Hero Mobile Legends

Cara Menggunakan Akai, Tanker Paling Rusuh Di Mobile Legends - Tutorial Hero Mobile Legends

Akai Guide Mobile Legends
Akai Guide Mobile Legends
Akai merupakan tanker yang sering digunakan, meskipun saat ini ada hero-hero tanker yang lebih bagus ketimbang dia, diantaranya adalah Gatotkaca dan Grock. Tapi Akai masih sering dipakai karena selain punya daya tahan yang kuat, dia juga memiliki kemampuan untuk melindungi teman-temannya, terutama hero carry timnya.

Akai ini juga memiliki kemampuan untuk mengacaukan formasi musuh dengan sangat baik. Dia juga bisa menculik salah satu hero musuh, serta punya mobilitas yang sangat bagus. Jadi, dia adalah tanker yang sangat lincah.

Nah pada artikel kali ini, mimin akan membahas tentang guide atau tutorial Akai Mobile Legends. Tak lupa juga mimin akan memberikan kalian rekomendasi build item serta emblem. Untuk itu, yuk kita lihat ulasannya di bawh ini.

Skill Set

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara bermain Akai, mimin akan bahas terlebih dahulu mengnai skill-skill yang dimilikinya. Dengan mengetahui skill-skillnya, kita bisa memaksimalkan kierja dari Akai.

Pasif: Tai Chi

skill pasif akai Mobile Legends
Pasif dari Akai ini akan memberikannya shield sebesar 8% dari max HP yang dia miliki ketika menggunakan skillnya. Shield ini akan bertahan selama 8 detik dan memiliki cooldown selama 2.5 detik.

Tentu saja shield dari pasifnya ini akan membantu Akai untuk membuka teamfight. Kalian tidak perlu takut untuk loncat ke arah musuh dengan skill 1. Bahkan shield ini juga bisa membantu kalian untuk kabur.

Skill 1: Thousand Pounder

skill 1 akai Mobile Legends
Akai akan meloncat ke arah yang kalian tentukan dan memberikan physical damage. Skill ini juga akan memberikan efek slow selama 2 detik. Kemudian jika kalian menyerang musuh yang memiliki tanda dari skill 2, maka skill 1 ini akan menghasilkan stun selama 1 detik.

Dengan demikian, kalian harus mengeluarkan skill 2 terlebih dahulu supaya skill 1 bisa menghasilkan stun. Oh iya, skill 1 juga bisa kita gunakan untuk mengejar musuh yang sekarat karena memiliki efek slow.

Yang harus kalian perhatikan ketika menggunakan skill 1 Akai ini adalah jangan gunakan auto aim. Lebih baik kalian arahkan sendiri. Hati-hati juga ketika dive tower musuh, pastikan tidak ada stunner di dalamnya.

Skill 2: Blender

skill 2 akai Mobile Legends
Akai akan menembakkan shock wave yang akan memberikan mark seperti kepala panda kepada musuh dan memberikan physical damage. Mark ini akan bertahan selama 5 detik. Musuh yang terkena mark ini juga akan mendapatkan tambahan damage sebesar 5% dari maksimum HP Akai.

Usahakan untuk menggunakan skill ini sebelum skill 1 supaya bisa menghasilkan stun. Dengan demikian, semua skill Akai akan bekerja secara maksimal. Kalian jangan gunakan skill 2 secara auto aim, tapi harus diarahkan supaya tertarget.

Uahakan juga untuk memiliki HP yang tebal karena damage dari Akai akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, belilah item HP yang banyak. Kalian bisa membeli item dengan item dasarnya adalah Ares Belt.

Skill Ultimate: Hurricane Dance

skill ultimate akai Mobile Legends
Akai akan berputar seperti Tornado selama 3,5 detik. Kemudian akan mendorong musuh ke arah yang kalian tentukan dan memberikan physical damage. Jika Akai mendempet musuh dengan dinding atau tembok, maka musuh tersebut tidak akan bisa bergerak. Akai juga akan mendapatkan tambahan Movement Speed ketika menggunakan skill 3.

Untuk memaksimalkan kinerja dari skill 3, kalian gunakan dulu skill 2, kemudian skill 1. Maka dari itu musuh akan terkena stun. Ketika dalam keadaan seperti ini, kalian bisa mendorong musuh ke arah yang kalian tentukan, terutama turret atau tembok.

Banyak manfaat yang diberikan oleh skill 3 Akai ini guys. Kalian bisa mengincar hero carry musuh, kemudian mendorongnya ke arah tim. Kalian juga bisa menyelamatkan teman kalian yang sedang kena ciduk atau gank. Bahkan skill ini bisa mengacaukan formasi musuh.

Cara Main Akai

Yang harus kalian perhatikan ketika bermain Akai adalah dia adalah hero perusuh, jadi bermainlah agresif. Toh kalian juga akan mendapatkan shield ketika meloncat. Kemudian Akai ini adalah tameng atau tanker yang sangat tebal. Tapi meskipun damage dari Akai ini terasa sakit, dia tidak bisa mencuri kill dengan mudah. Dia adalah pure tank dan prioritas utamanya adalah tanker, kecuali kalia memang ingin menjadikannya sebagai assassin hehe.

Early Game

Gameplay Akai Mobile Legends
Gameplay Akai Mobile Legends
Di fase ini, Akai harus membantu teman-temannya untuk farming atau menjadi tameng. Usahakan untuk mengganggu pergerakan musuh, dan biarkan hero carry tim kita dengan leluasa untuk farming. Kombinasi skill 1 dan 2 akan membuat permainan Akai lebih efektif ketika gank.

Mid Game

Gameplay Akai Mobile Legends
Gameplay Akai Mobile Legends
Di fase ini, Sudah benar-benar berbahaya karena sudah punya skill ultimate, terlebih jika terjadi pertarungan di dekat turret tim kita. Dalam kondisi tersebut, loncatlah ke belakang lawan dan dorong mereka ke jarak tembak turret dengan skill ultimate, atau kalian bisa mengunci pergerakan mereka dengan mendempetnya ke dinding.

Fokuslah untuk terus melindungi hero carry tim kalian dan mengacaukan pergerakan lawan. Kalau pakai Akai jangan fokus untuk kill, Akai hanya bisa mencuri kill jika HP musuh benar-benar sekarat.

Late Game

Gameplay Akai Mobile Legends
Gameplay Akai Mobile Legends
Di fase ini, Akai adalah hero yang benar-benar berbahaya yang bisa membuat tim lawan was-was ketika melakukan teamfight. Jangan ragu-ragu untuk masuk ke tengah-tengah kumpulan musuh meskipun HP Akai belum penuh karena dia akan dapat shield dengan cooldown yang singkat, jadi dia akan cukup bertahan lama.

Jika memang koordinasi tim kamu sangat bagus, meskipun Akai sendiri mati, tapi tim kalian bisa memenangkan teamfight dengan mudah karena seluruh kill lawan habis dipakai ke arah Akai dan kam bisa menyerang lawan dengan mudah.

Tapi Akai benar-benar membutuhkan bantuan untuk membuatnya sangat berguna. Usahakan untuk menggiring hero carry lawan kea rah yang diinginkan setiap melakukan kombo. Kalian bisa langsung menggiringnya ke tim kalian untuk dihabisi, atau menguncinya ke tembok supaya tidak memberikan damage, atau mendorongnya jauh ke belakang suapaya tim kamu bisa fokus melawan hero yang lain dahulu.

Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan

  • Sangat Tangguh

Akai ini menjadi tanker yang sangat Tangguh. Hal ini tentu saja karena punya skill pasif yang membuatnya akan mendapatkan shield. Bahkan dalam kondisi sekarat pun akan sulit untuk membunuh Akai karena dia akan mendapatkan shield.

Maka dari itu, Akai bisa menjadi tanker yang sangat agresif karena punya pasif yan membuatnya menjadi sangat kuat. Apalagi cooldown dari pasifnya ini terbilang sangat singkat, jadi Akai akan lebih sering mendapatkan shield. Kemampuannya ini tentu saja akan sangat berguna untuk teamfight dan tidak perlu takut untuk mati.

  • Mobilitas Tinggi

Akai merupakan tanker yang memiliki mobilitas tinggi berkat skill pertamanya. Skill ini bisa kalian gunakan untuk mengejar musuh yang sekarat, ataupun untuk kabur. Maka dari itu, ketika kalian menggunakan Akai, usakan untuk terus roaming membantu tim kalian yang sedang membutuhkan. Skill pertamanya akan membantu dia bisa roaming dengan mudah.

  • Bisa Merusak Formasi Musuh

Skill ultimate Akai benar-benar sangat merepotkan musuh karena bisa merusak formasi musuh. Skill ini benar-benar akan sangat berguna untuk war atau teamfight. Skill ini akan sangat mengganggu pergerakan dari hero carry musuh.

Ketika war, skill ini bisa kamu gunakan untuk mendorong hero carry musuh ke tim kalian untuk dikeroyok, atau di dempet ke dinding supaya terkena stun dan tidak bisa memberikan damage. Atau kalian juga bisa mendorngnya ke posisi paling jauh atau ke belakang supaya tim kamu bisa lebih fokus untuk memberikan damage pada hero lain terlebih dahulu, atau kalian tidak akan kena damage dari carry musuh.

Hal inilah yang membuat Akai setelah rework sering dibanned. Kombinasi skill 2, skill 1 dan ultimate benar-benar merepotkan, apalagi dengan skill pasifnya yang membuatnya punya daya tahan tinggi.

Kelemahan

  • Tingkat Kesulitan Cukup Besar

Sebenarnya kalau bermain Akai itu cukup mudah guys, tapi yang membuatnya sulit adalah skill ultimatenya. Sebab untuk mendempetkan hero carry musuh ke dinding tidaklah mudah. Apalagi jika musuh tidak kena stun dengan kombo skill 2 dan 1. Bahkan untuk mendorong musuh ke tim kita saja susah. Maka dari itulah, kamu harus pandai-pandai untuk memulai war. Usahakn untuk memular war di dekat dinding atau turret.

  • Skill Ultimate Rentan Digagalkan

Skill ultimate Akai bisa digagalkan dengan hero-hero tertentu, salah satunya adalah dengan skill 2 Nana. Skill ini akan membuat Akai menjadi seekor rakun kecil dan tidak bisa menjalankan skill ultimatenya dengan lancar. Jadi skil ini sangat rentan untuk kena Crowd Control musuh.

Apalagi kalian harus berhati-hati dengan Diggie karena skill ultimate kalian akan terbuang percuma. Jadi kalian harus hati-hati dengan skill CC musuh ketika mengeluarkan skill ultimatenya.

Kalau menurut mimin sih itu adalah 2 kelemahan terbesar dari Akai. Kalian bisa berkomentar di kolom komentar jika ada tambahan.

Build Item

Seperti sudah mimin singgung sebelumnya kalau damage dari Akai akan semakin tinggi jika darahnya semakin tebal, terutama ketika musuh terkena tanda dari skill 2. Dengan demikian, Akai harus menggunakan item dengan item dasarnya adalah Ares Belt.

Berikut ini adalah rekomendasi build Akai dari mimin.

Rekomendasi Build Item Akai Mobile Legends
Rekomendasi Build Item Akai Mobile Legends
Wizzard Boots akan membantu kalian untuk mendapatkan gold, tapi dengan catatan kalian harus melakukan assisst, Maka dari itu, usahakan untuk selalu untuk ikut gank. Tapi ketika pertandingan sudah memasuki fase late game, ganti sepatu ini dengan Warrior Boots atau Tough Boots.

Item yang kedua adalah Cursed Helmet yang akan membantu kalian untuk mendapatkan gold, atau akan memaksimalkan kinerja dari item Wizzard Boots. Item ini juga memberikan HP dan Magic Res yang besar. Sangat cocok kalian gunakan untuk melawan hero-hero mage. Tapi jika sudah memasuki fase late game, ganti item ini dengan Immortality.

Item yang selanjutnya adalah Dominance Ice. Item ini akan mempermudah kalian untuk mendekati musuh, terutama fighter dan marksman yang memiliki attack speed yang tinggi. Sebab attac speed mereka akan berkurang. Terlebih item ini juga akan mengurangi critical chance musuh, armor yang besar, serta cooldown reduction yang cukup besar.

Setelah itu kita lanjut ke Athena's Shield. Item ini memberikan magic res yang sangat besar serta HP yang lumayan besar. Pasifnya juga benar-benar berguna, apalagi jika pertandingan sudah memasuki fase late game. Shield yang kalian dapatkan dari pasif item ini akan semakin besar jika pertandingan semakin lama.

Item yang selanjutnya adalah Antique Cuirass. Item ini berfungsi untuk mengurangi Attack Power musuh hingga 18%. Selain itu item ini juga memiliki tambahan HP yang lumayan besar. Tapi jika kalian melawan Aldous, lebih baik membeli Twilight Armor supaya damage dari dia tidak lebih dari 900 point. Soalnya sekarang Aldous sudah sering muncul dalam pertandingan dan punya damage yang sangat mengerikan.

Item yang terakhir adalah Sky Guardian Helmet. Item ini memberikan HP serta HP Regen yang sangat besar. Dengan demikian Akai akan sangat sulit dibunuh. Selain itu, item ini juga akan membuat damage dari skill 2 semakin maksimal.

Normalnya, mimin akan menggunakan item yang nomor 1. Tapi jika ada Aldous, mimin akan pakai build nomor 2. Dengan catatan, Wizard Boots diganti dengan Warrior Boots atau Thoug Boots jika sudah late game. Kemudian Cursed Helmet akan diganti dengan Immortality.

Emblem

Untuk sekarang ini, banyak pro player Mobile Legends menggunaakn emblem support ketika mengunakan Akai ketimbang menggunakan emblem tanker. Sebab status yang diberikan oleh emblem ini sangat bagus. Tapi masih ada juga kok yang menggunakan emblem tanker. Berikut susunan tanlent yang mimin rekomendasikan.

Custom Support Emblem
Custom Support Emblem
Jika kalian menggunakan Custom Support Emblem, susuan telentnya seperti pada gambar di atas. 3x Mastery supaya dapat 1.5% Cooldow Reduction, 3x Rupture supaya mendapatkan Magical dan Physical Penetration, dan Avarice supaya kalian mendapatkan tambahan gold ketika memberikan damage pada lawan, hingga 1200 gold.

Custom Tank Emblem
Custom Tank Emblem
Jika kalian menggunakan Custom Tank Emblem, susunan talentnya bisa kalian lihat pada gambar di atas. 3x Vitality supaya mendapatkan tambahan 200 HP, 3x Inspire supaya mendapatkan tambahan 8% Cooldown Reduction, dan Brave Smith supaya bisa meregenerasi HP ketika kalian memberikan CC.

Battle Spell

Untuk Battle Spell, kalian mimin hanya menyarankan spell Stun saja ya. Dengan menggunakan spell ini, kalian akan mendapatkan stun tambahan selain dari kombinasi skill 2 dan 1.

Kesimpulan

Akai ini merupakan tanker yang benar-benar merepotkan karena bisa megacaukan formasi musuh dengan skill ultimatenya. Manfaatkanlah shield dari pasifnya serta berlatihkan menggunakan skill ultimatenya supaya musuh bisa terdempet ke tembok. 

Jangan takut untuk mati ketika dikeroyok karena hal itu bisa saja aka membuat kondisi menjadi berbalik (tapi lihat kondisi juga). Yang paling penting, jaga selalu hero carry tim kalian supaya tidak cepat mati.

Jangan lupa guys untuk terus pantengin blog Cecepkocep untuk mendapatkan informasi lainnya. Terima kasih.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment