CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Mobile Legends Hero Guide - Badang, Fighter Dengan Kemampuan Seperti Luffy Di Anime One Piece

Mobile Legends Hero Guide - Badang, Fighter Dengan Kemampuan Seperti Luffy Di Anime One Piece


guide badang mobile legends


Badang merupakan hero fighter yang baru rilis di Original Server pada Selasa 15 Januari 2019 lalu. Hero ini memiliki damage yang lumayan besar, jadi bisa kita katakana hero baru ini cukup over power.

Dia punya kemampuan yang bisa 'mengisolasi' musuh dengan menciptakan sebuah tembok yang mirip seperti Grock. Selain itu dia juga punya kemampuan Jet Gutling Gun seperti Luffy di Anime One Piece. Pukulannya akan bertubi-tubi dan menghasilkan damage yang sangat besar.

Nah pada kesempatan kali ini, mimin akan membahas mengenai Badang. Semua akan kita bahas disini mulai dar skill-skill hingga kombinasi heronya. Untuk itu yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.
 

Skill Set

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Badang, kita akan bahas dulu mengenai semua skill yang dimilikinya. Dengan mengetahui skill-skillnya, kita bisa tahu apa saja yang menjadi kelebihan dan kelemahannya. Selain itu, kita juga bisa tahu apa sebenarnya core item bagi Badang ini.

Pasif: Chivalry Fist

Skill Pasif Badang Mobile Legends
Skill Pasif Badang Mobile Legends
Setiap basic attack ke-5, Badang akan memberikan efek 'knock back' pada lawan dan memberikannya physical damage. Hero yang terkena efek ini akan kena stun jika mengenai tembok yang mirip seperti skill 2 Moskov.

Pasif dari Badang ini hanya akan menyebabkan efek stun saja pada unit non hero seperti minion dan monster jungle. Meskipun mengenai tembok, unit non hero akan langsung kena stun tanpa harus kena efek knock back terlebih dahulu.

Kalau menurut mimin, pasif ini kita bisa maksimalkan dengan item Golden Staff, sebab dengan item ini pasif akan aktif pada basic attack ke-3. Dengan begitu, kalian bisa menghemat 2 basic attack yang tentu saja akan sangat berguna untuk Badang supaya lebih efektif.

Skill 1: Qigong Fist

Skill 1 Badang Mobile Legends
Skill 1 Badang Mobile Legends
Badang akan mengeluarkan pukulan kuat terhadap musuh dan akan memberikan physical damage serta akan menghasilkan ‘ledakan’ jika pukulannya ini mengenai tembok, sehingga akan menghasilkan ‘tambahan damage’.

Skill 1 ini juga akan bisa membantu menambahkan 1 stack untuk menambahkan pasifnya. Skill ini merupakan sumber damage terbesar setelah skill ultimate. Jadi kalian bisa memprioritaskan skill ini ketika bermain.

Skill 2: Fist Break

Skill 2 Badang Mobile Legends
Skill 2 Badang Mobile Legends
Badang akan mencipatkan sebuah tembok melingkar yang bisa mengurung musuh. Tembok ini lebih efektif jika dibandingkan dengan tembok yang diciptakan oleh skill 2 Grock. Sebab tembok yang diciptakan oleh Badang ini berbentuk sabit, sehingga musuh yang tidak punya skill dash akan kesulitan kabur.

Badang juga akan dash ke arah musuh ketika menggunakan skill 2, sehingga dia bisa menyerang musuh ketika masih terjebak di dalam tembok yang telah dia buat.

Dengan membatasi ruang gerak musuh, skill 2 adalah Crowd Control yang bagus. Apalagi ditambah dengan semua skill yang memanfaatkan tembok supaya menghasilkan damage yang lebih besar.

Skill 3: Fist Crack

Skill 3 Badang Mobile Legends
Skill 3 Badang Mobile Legends
Badang akan mengeluarkan banyak pukulan cepat dan beruntun ke musuh yang dia tentukan. Jika skill ini mengenai tembok, maka damage yang dihasilkan akan menjadi 2 kali lipat. Jadi skill ini adalah penghasil damage terbesar bagi Badang.

Perlu kalian ketahui ya kalau skill 3 ini dianggap sebagai ‘basic attack’, mirip seperti skill 3 Claude. Dengan demikian, setiap damage dari skill ini bisa ‘men-trigger’ pasif dari item Demon Hunter Sword. Artinya kalian akan memberikan damage yang lebih besar pada musuh.

Demon Hunter Sword ini bisa kita maksimalkan lagi dengan item Golden Staff. Jadi, skill 3 Badang ini mirip seperti skill 3 Claude, maka dari itu core item-nya pun sama.

Oh iya, Badang juga akan mendapatkan ‘shield’ setelah mengeluarkan skill 3. Shield ini akan membuat Badang immune terhadap Crowd Control (CC) musuh, sehingga skill ini tidak bisa dibatalkan atau di-decast oleh musuh.

Jika shield ini habis, Badang akan kehilangan immunity-nya terhadap CC musuh. Jadi cara kerjanya mirip seperti skill pasif Hanabi. Jumlah shield dari skill 3 Badang ini ditentukan oleh level skill dan jumlah physical attack yang kalian miliki. Jadi, semakin tinggi level dan jumlah physical attack besar, maka shield ini akan semakin tebal, dan kalian akan immune terhadap CC dalam waktu yang lebih lama.

Ketika menggunakan skill 3 ini, sebaiknya kalian jangan bergerak. Sebab skill ini akan lebih cepat selesai, dan kalian akan memberikan damage yang sedikit pada musuh. Jadi kalau kalian tidak bergerak, maka ulti akan lebih lama dan aka memberikan damage yang lebih besar.

Singkatnya, bergerak ketika menggunakan skill 3 akan membatalkan skill ini. Kira-kira prinsip kerjanya hampir sama seperti skill 3 Pharsa, dimana skill akan berhenti jika bergerak atau menggeser analog.

Cara Main Badang

Badang ini merupakan fighter yang hampir bisa mendominasi dari early hingga mid. Untuk di late game, hero ini kurang begitu efektif karena dia sangat rentan untuk mati. Apalagi di fase ini, marksman sudah mendominasi permainan.

Early Game

Badang Early Game - Mobile Legends
Badang Early Game - Mobile Legends
Di fase ini, kalian harus bermain aman terlebih dahulu dan manfaatkan skill 1 untuk clear minion dengan cepat. Jika sudah level 2, ambilah kelomang jika memungkinkan supaya bisa dapat gold dan exp.

Ketika skill ultimate sudah terbuka, jangan takut untuk menginisiasi pertarungan, tapi kalian harus perhatikan posisi musuh juga. Jangan sampai kalian mati konyol.

Mid Game

Badang Mid Game - Mobile Legends
Badang Mid Game - Mobile Legends
Setelah core item kalian jadi (Golden Staff dan Demon Hunter Sword serta sepatu), mulailah untuk roaming ke lane lain. Jika memungkinkan ikutlah ganking untuk menekan pertumbuhan hero carry musuh (biasanya marksman).

Ketika Badang sudah jadi tiga item, dia akan lebih mudah untuk memberikan knock back pada lawan. Kalian jangan menggunakan skill 3 secara sembarangan. Kenapa demikian? Sebab skil ini punya cooldown yang relatif lama. Sementara itu, skill ini adalah penghasil damage terbesar Badang.

Gunakan taktik bushing, atau bersembunyi di dalm rumput untuk memberikan serangan kejutan dan menculik lawan, terutam hero carry lawan.

Late Game

Badang Late Game - Mobile Legends
Badang Late Game - Mobile Legends
Di fase ini, Badang harus benar-benar bisa menjadi inisiator yang berdiri di depan selain tank. Tugas utamanya adalah menculik hero carry lawan. Mimin rasa Badang mampu melakukan kombo langsung untuk membunuh hero carry lawan, tapi dengan timing yang tepat.

Jangan lupa untuk dive ketika late game. Sebab Badang sudah daya tahan yang cukup besar ketika menggunakan skill ultimate. Toh hampir semua item jadi di fase ini, seharusnya shield yang didapatkan Badang akan lebih tebal.

Kelebihan dan Kelemahan

Semua hero yang ada di game Mobile Legends memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri, begitu juga dengan Badang. Dia juga punya dua hal ini yang tidak bisa kita tolak. Kita harus tahu kelebihan supaya bisa memaksimalkan potensinya.

Kelebihan

  • Mobilitas Tinggi

Salah satu kelebihan Badang yang tidak dimiliki oleh hero fighter lainnya adalah punya mobilitas yang tinggi melalui skill keduanya. Dia bisa mengejar musuh maupun kabur dengan skill ini.

  • Burst Damage Besar


Skill 1 dan 3 Badang mampu menghasilkan damage yang sangat besar. Apalagi jika core itemnya sudah jadi, dia bisa membunuh hero carry musuh dengan mudah, terutama Mage dan Marksman. Jika kita mampu melakukan kombo dengan baik, Badang akan menghasilkan damage yang besar dan musuh akan sulit kabur jika sudah terisolasi dengan skill 2.

  • Mampu Mengurung

Seperti sudah mimin singgung sebelumnya bahwa tembok yang diciptakan oleh Badang ini lebih efektif dibandingkan tembok yang diciptakan Grock. Sebab bentuk tembok yang diciptakan oleh Badang ini berbentuk seperti sabit atau hampir melingkar. Dengan demikian akan sulit bagi musuh untuk kabur kecuali dengan flicker atau skill dash. Kemampuan ini tentu saja sangat berguna untuk mengisolasi salah satu hero carry musuh.

  • Mudah Digunakan

Badang ini merupakan hero yang cukup mudah untuk dimainkan, tapi jika kita tidak betul-betul paham skillnya akan menjadi feeder. Kira-kira gameplay Badang ini mirip seperti Alucard dimana skill-skillnya mudah untuk dikuasai dan gameplay-nya juga sama.

Kelemahan

  • Minim Skill Crowd Control

Skill kedua Badang ini memang sangat bagus digunakan untuk mengisolasi musuh, tapi itu hanya berlaku pada hero yang tidak punya skill kabur. Bahkan dengan flicker pun bisa kita hindari. Hampir semua skill yang dia miliki lebih pada damage. Jadi dia ini sangat minim crowd control. Skill 2 memang bisa menjadi crowd control, tapi kurang efektif.

  • Cooldown Skill ulti cukup lama

Skill ultimate dari Badang ini memiliki durasi lama, sehingga ketika kita menggunakan skill ini harus dimanfaatkan se-efektif mungkin. Untuk mengantisipasinya, kita jangan bergerak ketika menggunakan skill ini. Jika bergerak, skill ini akan cepat selesai dan akan memberikan damage yang sedikit.

  • Skill Ultimate Sangat Rentan

Ketika kita melancarkan serangan bertubi-tubi dengan skill ulti, kita tidak bisa bergerak, sehingga ada kemungkinan musuh akan menyerang balik kita. Memang sih skill ini punya akan memberikan Badang shield, tapi jika shield ini habis, dia akan terkena efek CC. Jika shield sudah habis, dia akan terkena  musuh dan akan menjadi target utama ketika teamfight.

Rekomendasi Build Item

Disini mimin akan memberikan 2 rekomendasi build item. Build item yang pertama adalah untuk membuat Badang menjadi fighter dangan damage DPS. Sementara build item yang kedua lebih pada burst damage. Ini dia itemnya.

Rekomendasi Build Item Badang Mobile Legends
Rekomendasi Build Item Badang Mobile Legends
Seperti sudah mimin singgung sebelumnya ya, Golden Staff dan Demon Hunter Sword adalah core item bagi Badang. Tapi sebelum mebeli dua item tersebut, lebih baik kalian beli sepatu terlebih dahulu, tapi rekomendasi item sepatunya adalah Warrior Boots karena selain memberikan movement speed, tapi juga armor.

Item Kedua adalah Demon Hunter Sword. Skill ultimate Badang akan mampu men-trigger pasif dari Demon Hunter Sword. Pasif dari item ini yaitu akan memberikan tambahan damage dan lifesteal.

Kemudian lanjut ke Golden Staff. Item ini kita gunakan untuk memaksimalkan pasif dari Badang. Tanpa item ini, pasif badang akan aktif ketika basic attack ke-5. Nah dengan item ini, pasif Badang akan aktif setiap basic attack ke-3. Selain itu, item ini juga cocok dikombinasikan dengan Demon Hunter Sword.

Item yang selanjutnya adalah Endless Battle yang berfungsi untuk lifesteal, mana regen, true damage, HP, dan movement speed. Item ini akan membuat Badang sedikit bar-bar.

Untuk item selanjutnya kalian bisa beli Immortality atau Hunters Strike. Jika ingin bermain lebih tanky, gunakan immortal, jika burst damage gunakan Hunter Strike. Hunter strike ini akan membuat kalian mendapatkan tambahan movement speed setelah basic attack ke-5.

Item yang terakhir adalah Wings of the Apocalypse Queen. Item ini akan membuat Badang lebih tanky karena memberikan tambahan HP dan Damage reduction. Item ini juga memberikan kalian cooldown reduction, dengan demikian kalian akan lebih sering mengeluarkan skill ulti.

Rekomendasi Emblem

Untuk emblemnya kalian bisa menggunakan Custom Assassin atau Custom Fighter. Yang jelas, kalian harus memaksimalkan physical attack dan Physical Penetration, dengan demikian kalian harus menggunakan Bravery dan Invasion pada kedua emblem tersebut.

Custom Assassin Emblem - Mobile Legends
Custom Assassin Emblem - Mobile Legends
Custom Fighter Emblem - Mobile Legends
Custom Fighter Emblem - Mobile Legends
Jika kalian menggunakan Custom Assassin Emblem, gunakan talent Bounty Hunter. Dengan talent ini, Badang akan lebih mudah untuk mengumpulkan gold. Tapi dengan catatan harus pintar-pintar curi kill lawan.

Jika menggunakan Custom Fighter Emblem, kalian gunakan talent Disabling Strike saja. Sebab item ini akan memberikan kalian tambahan damage setelah memberikan efek slow.

Rekomendasi Battle Spell

Aegis Mobile Legends
Aegis Mobile Legends
Petrify Mobile Legends
Petrify Mobile Legends
Mimin merekomendasikan 2 spell untuk Badang, yaitu Aegis dan Petrify atau Stun. Aegis bisa kalian gunakan supaya Badang lebih punya banyak daya tahan. Kalian bisa gunakan spell ini ketika sekarat atau ketika menggunakan skill ultimate.

Pilihan yang lainnya adalah Petrify. Spell ini bisa kalian gunakan ketika menghampiri musuh dengan kombo skill 2 dan 3. Dengan spell ini, kalian akan lebih mudah membuat lawan semakin tidak bisa kabur dari ganking Badang.

Kombinasi Hero

Badang ini sangat kuat melawan hero-hero yang tidak punya skill dash, diantaranya adalah Layla, Miya, Gord, Eudora dan Bane. Badang juga sanga kuat melawan semua hero tank, bahkan melawan Fanny pun Badang sangat kuat jika menyerangnya dengan skill 2 dalam waktu yang tepat.

Badang ini sangat cocok jika dikombinasikan dengan hero-hero tank, teruama Grock, Gatot dan Johnson. Terutama Badang ini sangat bagus dikombinasikan dengan tanker yang punya CC sangat bagus.

Sementara itu Badang harus hati-hati terhadap hero-hero yang punya CC sangat bagus karena dia sangat rentan terhadap efek ini. Salah satunya adalah Helcurt dan Natalia yang akan membuat Badang terkena efek silence. Saber dan Chou juga bisa mengalahkan Badang dengan mudah.

Selain itu, Badang juga sangat lemah terhadap hero-hero yang punya burst damage besar, diantaranya adalah Harley, Kimmy, Irithel dan Hayabusa. Terutama Badang ini akan kalah jika pertandingan sudah memasuki fase late game.

Kesimpulan

Mungkin Badang ini akan menjadi fighter yang akan memasuki meta permainan saat ini. Sebab dia terbilang hero yang over power dan mudah digunakan. Selan itu dia juga bisa menhancurkan formasi muuh ketika teamfight dengan skill keduanya. Dia juga punya durability yang cukup baik.

Nah itulah guys pembahasan kali ini mengenai Badang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba hero baru ini.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment