CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Mobile Legends Hero Guide - Selena, Hero Dengan Crowd Control Paling Rese

Mobile Legends Hero Guide - Selena, Hero Dengan Crowd Control Paling Rese


selena guide - mobile legends

Selena merupakan mage assassin yang punya Crowd control yang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, efek stun yang dia berikan sangat lama hingga mencapai 3 detik. Selain itu, dia juga punya burst damage yang sangat mengerikan.

Selena bisa berubah wujud dari Elven (manusia) ke Abyssal (assassin). Dan skill dari kedua wujud ini sangat berbahaya jika jika kombinasikan dengan baik. Bahkan untuk hero yang sangat lembek akan langsung mati dengan kombonya.

Pada artikel kali ini saya akan meberikan tutorial lengkap mengenai Selena. Di pembahasan kali ini, saya akan membahas tentang skill-skill Selena, cara main, kelemahan dan kelebihan, serta tak lupa juga rekomendasi build itemnya. Untuk itu yuk kita lihat saja pembahasannya di bawah ini.

Skill Set

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara menggunakan Selena, kita harus tahu terlebih dahulu semua skill yang dimilikinya. Yuk kita baca di bawah ini.

Skill Pasif: Symbiosis

Selena bisa berubah menjadi dua wujud. Dalam wujud Elven atau manusia, setiap skillnya akan memberikan Abyssal Mark pada musuh yang mengenainya, maksimal hingga dua buah Abysal Mark. Jika jebakan Abyssal Mark ini mengenai target, maka dia akan mendapatkan mark.

Ketika dalam wujud Abyssal atau assassin, setiap serangan Selena yang mengenai musuh akan menggunakan mark untuk memberikan tambahan damage sebagai magic damage. Rumus dari damage-nya adalah 240-450 (+40% Magic Power).

Skill 1: Abyssal Trap

Selena akan memanggil Abyssal Devil atau monster seperti lele ke lokasi yang ditentukan untuk memberikan trap atau jebakan. Jika musuh mendekati trap ini, maka monster akan menempel pada musuh dan akan memberikan efek slow sebear 70% selama 1 detik.

Beberapa saat setelahnya. Monster ini akan memberikan damage sebesar 400(+150% Magic Power) sebagai Magic Power kepada musuh yang terkena jebakan monster itu dan target yang ada di sekitarnya juga akan terkena damage, serta akan mengurangi movement speed mereka sebesar 70% selama 1 detik.

Selena bisa memanggil hingga 3 monster dan damage pada target yang sama akan mengurangi damage-nya.

Skill 1: Soul Eater

Ketika Selena berada di dalam mode Abyssal, skill 1 ini akan memberikan tambahan damage sebesar 350(+110% Magic Power) sebagai magic damage pada serangan berikutnya. Setelah mengeluarkan skill ini, dia juga akan mendapatkan shield yang bisa menyerap damage musuh sebesar 300(+100% Magic Power). Semakin tinggi Magic Power, maka shield ini akan semakin tebal.

Skill 2: Abyssal Arrow

Selena akan menembakkan Abyssal atau monster ke arah yang dia tentukan. Musuh yang terkena monster ini akan menerima damage 250(+20% Magic Power) – 500(+40% Magic Power sebagai magic damage. Selain itu, musuh yang terkena monster ini juga akan terkena efek stun selama 0,5 hingga 3 detik.
Damage dan durasi stun ini dipengaruhi oleh jarak terbang dari panah monster tersebut. Semakin jauh kalian menembakkan monster, maka damage akan semakin besar serta stun akan semakin lama.

Bila stun Selena lebih dari 1 detik, maka dia akan mendapatkan tambahan movement speed sebesar 40% selama 2 detik. Panah ini akan menarik satu abyssal mark dari skill 1 yang berada di sepanjang jalan ke arah target.

Skill 2: Garrote

Ketika Selena berada dalam wujud Abyssal, dia melakukan dash ke arah yang dia tentukan dan akan memberikan magic damage sebesar 150(+50% Magic Power) ke seluruh musuh yang berada di jalur dash.

Jika skill 2 ini mengenai target yang terkena Abyssal mark (dari skill 1), maka cooldown dari skill ini akan di-reset. Dengan demikian, kalian bisa menggunakan skill 1 sebanyak 3 kali jika musuh punya mark abyssal.

Skill 3: Primal Darkness

Selena akan memasuki wujud Abyssal dan akan mendapatkan tambahan movement speed sebesar 30% selama beberapa saat. Ketika berada di dalam wujud ini, dia bisa menggunakan skill Abyssal dan basic attack-nya akan mendapatkan tambahan bonus (+25% Magic Power) sebagai magic damage.

Skill 3: Blesssing of the Moon God

Selena akan kembali ke dalam wujud Elven atau manusia. Movement speed-nya akan meningkat sebesar 30% selama beberapa saat dan akan bisa kembali mengunakan skill 1 dan 2 di mode Elven.

Kombinasi Skill Selena

Menurut saya pribadi, kombinasi skill Selena yang paling efektif yaitu: Skill 1 (E) – Skill 2 (E) – Skill 3 – Skill 1 (A) – Skill 2 (A) – Skill 2 (A) – Skill 2 (A) – Basic Attack – Skill 1 (A) – Skill 3.

E merupakan mode Elvin atau manusia, sedangkan A adalah mode Abyssal.

Pertama-tama, taruhlah jebakan dari skill 1 mode Elvin di depan musuh, tapi usahakan untuk tidak berada di jalur musuh supaya tidak aktif dengan sengaja. Kemudian gunakan skill 2 dari jarak yang jauh dan bidik supaya bisa mengenai ranjau yang telah kalian keluarkan tadi, dan usahakan untuk mengenai target.

Ketika skill 2 ini mengenai musuh, mereka akan muncul di peta dan akan mengeluarkan suara ledakan. Setelah itu, gunakan skill 3 untuk mendekati musuh. Kemudian aktifkan skill 1, tapi jangan serang musuh dengan basic attack. Jadi, simpan dulu skill ini ya.

Seharusnya musuh akan terkena efek stun dan akan memiliki 2 mark dengan mark ke-3 sedang bersiap untuk muncul. Cepatlah gunakan skill 2 sebelum mark ke-3 ini muncul dan supaya tidak terbuang. Gunakan skill 2 ini ke target yang sama sebanyak 3 kali, lalu gunakan basic attack. Di tahap ini, skill 1 seharusnya sudah bisa digunakan lagi. Maka gunakanlah sekali lagi supaya basic attack kalian lebih kuat. Perhtikan juga supaya menggunakan skill 2 untuk menyerang atau kabur.

Jika musuhnya belum mati, biasanya mereka akan sekarat. Dalam kondisi ini, perhatikan map dan pertimbangkan apakah mungkin untuk mengejarnya, jika memungkinkan gunakanlah skill 2 sesuai kebutuhan. Setelah itu, gunakan skill 3 untuk kembali ke mode Elvin. Gunakan skill 2 supaya musuh terkena stun dan damage.

Cara menggunakan Selena

Setelah kita mengetahui semua skill dan kombo yang tepat, sekarang kita akan lanjut pada gameplay atau cara memainkan Selena. Yuk kita langsung saja lihat ulasannya di bawah ini.

Early Game

selena guide - mobile legends
selena guide - mobile legends
Ketika pertandingan dimulai, kalian langsung buka skill 1 dan gunakan skill 3 untuk berubah wujud menjadi Abyssal dan pergilah ke area monster buff. Kemudian kembali lagi ke wujud Elvin dan pasang ranjau di tempat dimana monster buff muncul.

Kemudian kalian berubah lagi ke wujud Abyssal, lalu balik lagi ke wujud Elvin, kemudian pasang lagi ranjau. Lakukanlah hingga 3 kali bila monster jungle belum muncul. Ketika sudah muncul, gunakanlah mode Abyssal dan spam skill 1 untuk memberikan damage yang besar terhadap monster.

Gunakan juga kombinasi di atas terhadap monster yang lainnya. Usahakan untuk tidak menyerang hero lawan di tahap ini, kecuali jika memungkinkan. Seranglah musuh dari jarak jauh dalam wujud Elvin. Usahakan untuk satu lane dengan tank atau fighter.

Mid Game

selena guide - mobile legends
selena guide - mobile legends
Manfaatkanlah kombinasi skill seperti yang sebelumnya saya jelaskan untuk farming dengan cepat. Usahakanlah untuk roaming dan bantu lane lain ketika lane kalian sedang aman. Ketika kalin melihat mangsa yang lengah, pastikan tidak ada musuh yang menghilang dari peta.

Jika aman, gunakan kombo skill untuk menghajar mereka. Jika ada lebih dari 1 musuh, jangan melawan sendirian. Pastikan untuk selalu ada teman di sekitar kalian yang siap memberikan bantuan.

Gantilah mode dan gunakan skill 1 yang baru direset untuk menyerang musuh atau mempersulit mereka. Hati-hati untuk tidak tertukar antara mode Elvin dan mode Abyssal. Jika ingin kabur, arahkan skill 2 Elven ke arah musuh dan skill 2 Abyssal untuk menjauh dari mereka. Gunakan juga skill 3 supaya cooldown dari skill kalian bisa ter-reset.

Late Game

selena guide - mobile legends
selena guide - mobile legends
Di fase ini, Selena kurang begitu berkontribusi dalam pertarungan tim. Gunakanlah skill 2 Elvin untuk memberikan stun terhadap assassin atau mage lawan dari jarak yang jauh, dan jangan terburu-buru menghajar mereka. Yang ada kalian akan kena ganking. Incarlah lawah yang memiliki HP kecil terlebih dahulu tapi jangan gegabah juga.

Ganti mode setiap kali dibutuhkan dan serang lawan sedikit demi sedikit. Gunakan skill 2 Abysal untuk kabur atau mengejar lawan yang darahnya sekarat.

Kelebihan dan Kelemahan Selena

Setiap hero di game MOBA, termasuk Mobile Legends memiliki kelebihan dan kelemahan. Nah, Selena juga mempunya keduanya. Dengan memahami kelebihannya, kita bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki hero. Memahami kelemahannya akan membuat kita tahu hero-hero apa yang bisa mengalahkannya.

Berikut ini guys kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh Selena.

Kelebihan

Burst Damage Besar

Karena Selena adalah hero semi assassin, ia bisa menjadi hero yang punya burst damage besar. Kemampuan ini tentu saja bisa membunuh lawan dengan cepat, terutama untuk hero-hero lembek. Selain itu, dia juga sangat kuat di early higga mid game. Sehigga bisa mendominasi fase ini.

Basic attack Selena ketika berada di wujud Abyssal atau assassin memang sangat besar. Skill 2 juga bisa kita spam dan menghasilkan damage yang besar jika target sudah terkena trap dari skill 1 dan 2 di mode Elven.

Mobilitas Tinggi

Ketika Selena berubah wujud, baik itu dari wujud Elven ke Abysal ataupun sebaliknya, dia akan mendapatkan tambahan movement speed selama beberapa detik. Selain itu cooldown dari skil 3 ini juga sangat singkat, sehingga bisa terus gonta-ganti wujud untuk roaming dengan efektif.

Crowd Control Serbaguna

Ketika berada di wujud Elvin, Selena bisa memasang jebakan sebanyak 3 kali dengan skill pertamanya. Jika jebakan ini mengenai musuh, maka movement speed mereka akan berkurang. Kemudian skill keduanya juga akan memberikan efek stun kepada lawan jika megenainya. Semakin jauh Selena menembakkan skill ini, maka durasi stun musuh akan semakin lama. Kedua skill lini memang sangat mengganggu pergerakan tim musuh di sepanjang permainan.

Kombo Skill Mematikan

Sebenarnya kekuatan terbesar Selena terdapat pada kombo skill dari kedua wujudnya. Dia bisa memberikan abyssal mark dengan wujud Elven-nya. Musuh akan terkena 2 mark abyssal. Setelah itu, Selena bisa menyerangnya dengan wujud Abyssal.

Musuh yang terkena Abyssal mark akan mendapatkan damage yang lebih besar jika diserang oleh Selena dalam wujud Abyssal. Jika kita bisa menguasai kombo skill ini dengan baik, Selena akan menghasilkan burst damage yang sangat besar.

Kelemahan

Sulit Dikuasai

Inilah kelemahan yang dimiliki Selena. Kalian tidak bisa sembarangan untuk menggunakan hero ini, sebab dia punya tingkat kesulitan yang besar. Untuk melancarkan kombo skill yang telah saya jelaskan sebelumnya tentu saja tidak mudah. Kalian tidak akan mahir menggunakan kombo ini hanya dengan satu atau dua kali latihan.

Selain itu, jika kalian salah mengeluarkan skill, bisa-bisa kalian yang akan mati. Sebab Selena merupakan mage assassin yang tentu saja punya darah yang sangat lembek. Jika kalian salah menyerang, pasti akan terciduk dan mati konyol.

Kombo Skill Mudah Dibaca

Selena ini akan menjadi hero yang sangat mengerikan jika kombo skillnya berhasil dijalankan. Jadi, dia itu sangat tergantung pada kombonya. Dengan demikian, musuh bisa dengan mudah untuk mematahkan kombo skill ini jika waspada.

Oleh sebab itu kita harus cepat-cepat mengeluarkan kombo supaya musuh tidak punya kesempatan untuk kabur atau melarikan diri.

Rentan Crowd Control

Kelemahan utama dari Selena ini adalah crowd control. Sebab kombo dari selena akan gagal dan sia-sia jika kena CC. Selain itu, ketika kalian menyerang dengan wujud Abyssal, kalian harus menyerang dari jarak dekat (close combat), sehigga sangat rentan terkena CC dari hero musuh.

Dengan demikian, kita harus benar-benar hati ketika menyerang dalam kondisi yang ramai, apalagi jika ada hero-hero CC atau locker seperti Saber dan Chou.

Lemah Untuk Lawan Banyak Hero

Karena Selena adalah seorang assassin, tentu saja dia kurang begitu bagus jika kita gunakan untuk melawan banyak musuh. Dia sangat lemah untuk war atau teamfight sebab skill CC darinya tidak bisa mengenai banyak hero lawan, begitu juga dengan burst damage.

Kombinasi Hero Selena

Sudah saya singgung sebelumnya kalau Selena itu harus selalu ditemani oleh hero tanker atau fighter. Tapi hero-hero yang cocok dikombinasikan dengan Selena ini harus punya crowd control. Kenapa? Supaya skill 2 mode Elven tidak meleset. Berikut ini adalah beberapa hero yang coock dikombinasikan dengan Selena.

Gatotkaca

Gatotkaca memiliki crowd control yang sangat bagus, terutama dengan skill keduanya yang bisa membuat musuh menyerang paksa dirinya. Ketika musuh terkena skill ini, Selena bisa menggunakan kombo skillnya pada mereka.

Zilong

Zilong Mobile Legends
Zilong Mobile Legends
Zilong punya kombo skill 1 dan 2. Ketika musuh terkena kombo Zilong, Selena bisa dengan mudah untuk melakun kombo skill. Kalau menurut saya sih gunakan skill 1 mode Elvin, kemudian lanjut skill 2. Karena musuh sudah terkena kombo skil Zilong, seharusnya kalian bisa mengeluarkan skill 2 Selena tanpa meleset. Setelah itu gunakan kombo lanjutan seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Martis

Martis memiliki kemampuan yang bisa memberikan efek CC pada musuh, yaitu skill 3. Nah kalian bisa kombinasikan dengan kombo skill Selena.

Hero-hero lain seperti Vexana, Aurora, Alpha dan Jawhead juga cocok dikombinasikan dengan Selena.

Hero Santapan Selena

Semua Marksman

Selena ini sangat kuat melawan hero-hero marksman di early hingga mid game. Tapi jika sudah late game, dia harus hati-hati. Bisa-bisa dia yang kalah dan mati. Maka dari itu, usahakan untuk selalu untuk selalu menekan marksman di early hingga mid game supaya marksman tidak berkembang dan susah jadi itemnya.

Mage

Untuk melawan mage Selana sangat kuat, bahkan hingga late game sekalipun. Hero-hero mage yang tidak punya skill escape selalu menjadi santapan Selena. Vexana sangat kuat melawan Vexana, Eudora, Gord, Valir, Rafaela, Estes, dan mage-mage lainnya yang tidak punya skill escape atau skill kabur.

Hero Kelemahan Selena

Selena ini sangat lemah terhadap hero-hero yang punya crowd control. Bahkan jika sudah kena efek ini, dia bisa langsung mati dengan sekali kombo. Sebab dia punya darah yang tak begitu tebal. Berikut ini adalah hero-hero yang perlu diwaspadai jika kalian menggunakan Selena.

Saber dan Chou

Saber Mobile Legends
Saber Mobile Legends
Saber dan Chou memang merupakan locker yang sangat bagus dengan skill ultimatenya. Jika kalian sudah kena kombo, sangat sulit untuk kabur, malah kalian bisa langsung mati. Atau paling tidak sekarat lah. Apalagi saat ini Chou sudah dibuff dan punya damage yang mengerikan jika menggunakan item attack.

Helcurt dan Natalia

Kedua hero ini memiliki efek silent yang akan membuat kalian tidak bisa mengeluarkan skill selama beberapa detik. Jika kalian sudah terkena efek ini, kalian akan kena damage yang sangat besar dari Helcurt atau Natalia. Jadi kalian haru hati-hati terhadap kedua hero ini jika menggunakan Selena.

Nana

Nah Selena juga akan kesulitan untuk melawan Nana. Bahkan untuk mendekatinya saja saya rasa akan cukup sulit. Kenapa demikian? Sebab dia bisa mengeluarkan rakun dari skill pertamanya. Jika kalian mendekati monster ini, maka kalian akan terkena efek morped dan tidak bisa mengeluarkan skill atau basic attack. Jika sudah terkena efek ini, kalian bisa saja yang mati karena kena ganking.

Franko, Ruby, dan Kaja

Ketiga hero ini memang bisa menjadi momok menakutkan bagi user Selena. Ketiga hero ini memang memiliki kemampuan yang bisa menarik musuh. Franko dengan skill 1, Ruby dengan skill 3, dan Kaja dengan skill 3. Maka dari itu, kalian user Selena harus hati-hati dengan hero-hero tersebut.

Aurora

Aurora bisa menyebabkan kamu terkena efek freeze. Jika pasif dari Aurora sudah aktif, maka skill yang dia keluarkan akan membuat targetnya terkena freeze. Kemudian bisa melancarkan skill lainnya yang memiliki damage yang sangat besar. Hati-hati ketika melawan hero ini.

Build Item

Build item yang saya kasih di bawah ini adalah rekomendasi, jadi kalian jangan terfokus pada build ini. Sesuaikan saja dengan gameplay kalian sendiri. Jika cocok dengan gameplay kalian, ya gunakan. Jika tidak juga tidak apa-apa.

Rekomendasi build item Selena - Mobile Legends
Rekomendasi build item Selena - Mobile Legends
Untuk item pertama kalian bisa beli sepatu, tapi sepatu yang digunakan sebaiknya Arcane Boots saja. Sebab selain meningkatkan movement speed kalian, item sepatu ini juga akan memberikan kalian Magic Penetriation. Dengan demikian, damage kalian akan lebih besar meskipun melawan hero tanker sekalipun.

Item yang selanjutnya adalah Calamity Reaper. Ini adalah core item atau item utama Selena. Sebab basic attack Selena akan menghasilkan true damage setelah menggunakan skill (skill 1 Abyssal). True damage itu tentu saja sangat berguna karena tidak bisa ditembus oleh magic res musuh. Selain itu, item ini juga akan memberikan kalian cooldown reduction dan mana regen, sehinga kalian akan lebih sering spam skill.

Setelah itu kalian membeli Lightning Truncheon yang berfungsi untuk cooldown reduction. Item ini akan meningkatkan damage kalian sesuai dengan jumlah mana yang kalian miliki. Semakin tinggi mana, maka damage kalian akan semakin besar.

Item selanjutnya adalah Concentrated Energy yang berfungsi untuk memberikan kalian spell vamp. Dengan demikian, kalian tidak perlu balik ke base jika darah kalian sekarat. Kalian hanya perlu ke hutan untuk spam skill dan darah kalian terisi kembali.

Item yang selanjutnya adalah Divine Glaive yang berfungsi untuk memberikan magical penetration. Dengan item ini, damage kalian akan besar dan bisa menembus magic res musuh. Kalian bisa ganti item ini dengan Necklace of Durance jika melawan hero-hero yang punya regen HP yang tinggi. Atau bisa juga menggunakan Winter Truncheon jika kalian ingin bermain lebih aman.

Item yang terakhir adalah Holy Crystal yang berfungsi untuk meningkatkan damage yang kalian berikan setelah mengeluarkan skill. Tentu saja item ini sangat bagus bagi Selena karena dia sangat bergantung pada skill.

Emblem

Custom Magical Emblem - Mobile Legends
Custom Magical Emblem - Mobile Legends
Untuk emblem kalian bisa menggunakan Custom Magical Emblem dengan susunan talent bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini. Emblem ini lebih berfokus pada movement speed, magical penetration, serta damage.

Battle Spell

Rekomendasi battle spell Selena Mobile Legends
Rekomendasi battle spell Selena Mobile Legends
Untuk battle spell, kalian bisa menggunakan Retribution untuk membantu farming. Kombinasi skill dengan Retribution tentu saja akan menghabisi monster jungle denan cepat.

Jika kalian ingin bermain lebih aman, gunakanlah Flicker. Meskipun kalian bisa kabur dengan skill 2 wujud Abyssal, tapi itu belum cukup. Terlebi cooldown dari skill ini cukup lama.

Itulah guys pembahasan kali ini mengenai tutorial Selena. Semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment