CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Review, Cara Bermain, Dan Build Item Vale - Tutorial Hero Mobile Legends

Review, Cara Bermain, Dan Build Item Vale - Tutorial Hero Mobile Legends

Vale Mobile Legends
Vale Mobile Legends

Vale merupakan hero yang paling lama ditunda di Advance Server. Padahal hero ini telah lama rilis, bahkan rilis lebih dulu dari Badang dan Kadita. Salah satu alasannya karena skill-skill Badang selalu dirubah.

Vale ini merupakan hero yang unik karena masing-masing skill memiliki kekuatan spesial. Setiap skill memiliki 2 kekuatan spesial, tapi kalian hanya bisa memilih 1 skill spesial saja. Hero ini memiliki damage yang sangat besar dan crowd controller yang sangat berbahaya.

Nah dalam artikel kali ini mimin akan mengulas tentang hero Vale ini. Mimin akan kasih juga build itemnya. Untuk itu yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Review, Cara Main, dan Build Item Vale Mobile Legends

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara mainnya, kita bahas terlebih dahulu skill-skill yang dimiliki oleh Vale. Dengan mengetahui skill-skillnya, kita bisa tahu kombo terbaik untuk Vale.

Pasif: Windtalk

Skill Pasif Vale Mobile Legends
Skill Pasif Vale Mobile Legends

Pasif dari Vale yaitu setiap dia mencapai level 4, 6, dan 8, maka kita bisa memilih salah satu kekuatan spesial dari setiap skillnya. Setiap skillnya, kalian hanya bisa memilih satu kekuatan spesial saja, dan kekuatan yang telah kalian pilih tidak bisa dibatalkan.

Pasif yang lainnya dari Vale yaitu setiap dia mendapatkan kill atau assist, maka dia akan mendapatkan stack Windtalk. Setiap stack akan memberikan tambahan 5 movement speed, dan stack ini bisa kalian kumpulkan maksimal hingga 12 stack. Dengan demikian, kalian akan mendapatkan tambahan 50 movement speed. Sangat besar kan guys.

Skill 1: Wind Blade

Skill Pasif Vale Mobile Legends
Skill 1 Vale Mobile Legends

Vale akan melemparkan dua buah Wind Blade ke kiri dan kanan yang dia tentukan. Jadi, Vale akan melemparkan wind blade seperti sebuah garis memanjang secara horizontal. Musuh yang terkena dengan garis ini akan terkena damage sebesar 230(+80% Total Magic Power) sebagai magic damage.

Kekuatan spesial yang dimiliki oleh skill 1 Vale ini adalah Meningkatkan Damage (damage increased) dan memperluas area skill (area increased). Kalian bisa memilih salah satu kekuatan spesial dari dua kekuatan ini.

Pilihan kekuatan spesial skill 1 Vale Mobile Legends
Pilihan kekuatan spesial skill 1 Vale Mobile Legends

Jika kalian memilih kekuatan yang bisa meningkatkan damage, maka damge yang dihasilkan oleh skill 1 ini akan sangat besar. Jika kalian meningkatkan kekuatan ini, maka skill 1 akan menjadi penghasil damage terbesar. Tapi dengan catatan, area skllnya sangat kecil.

Tapi jika kalian memilih kekuatan meningkatkan area skill, maka skill 1 akan memiliki area yang lebih lebar. Tapi ya risikonya damage yang dihasilkan tidak begitu besar. Kalau menurut mimin, kalau mending memilih kekuatan meningkatkan damage, meskipun area skill ini sangat kecil.

Skill 2: Windblow

Skill 2 Vale Mobile Legends
Skill 2 Vale Mobile Legends

Vale akan melemparkan sebuah windblade yang mirip seperti angina topan dan memberikan damage sebesar 340(+120% Total Magic Power) sebagai magic damage. Selain itu, angina topan ini juga akan memberikan efek slow sebesar 40% ketika mengenai lawan. Jadi skill ini akan memberikan DPS (Damage Per Second) yang mirip seperti skill 1 Karrie.

Kekuatan spesial yang dimiliki oleh skill 2 Vale ini yaitu memberikan efek berhenti menyerang (One Stop Hit) atau memberikan efek knock-up pada musuh. Kalian hanya bisa satu kekuatan saja dari kedua kekuatan spesial ini.

Pilihan kekuatan spesial skill 2 Vale Mobile Legends
Pilihan kekuatan spesial skill 2 Vale Mobile Legends

Jika kalian memilih kekuatan memberikan efek berhenti menyerang, maka musuh tidak bisa menyerang selama beberapa saat. Dengan demikian, musuh tidak akan bisa menyerang. Sebenarnya mimin juga bingung dengan maksud One Stop Hit, tapi kalau diartikan ya demikian, yaitu musuh tidak bisa menyerang. Seprtinya Moonton harus memberikan deskripsi skill ini secara mendetail lagi.

Kekuatan lainnya dari skill 2 Vale ini adalah memberikan efek knock-up kepada musuh. Tapi durasinya kita tidak tahu berapa detik kah efek ini bekrja. Tapi menurut mimin kekuatan ini sangat bagus untuk melawan hero-hero yang lincah guys.

Skill 3: Windstrom

Skill 3 Vale Mobile Legends
Skill 3 Vale Mobile Legends

Vale akan mengeluarkan sebuah windstorm yang berbentuk area ke arah yang ia tentukan. Setelah 1,5 detik, windstorm ini akan meledak dengan memberikan damage sebesar 700(+140% Total Magic Power) magic damage kepada musuh yang berada di dalam area tersebut.

Kekuatan spesial yang dimiliki oleh skill 3 Vale ini adalah meningkatkan damage dan menambahkan efek Crowd Control. Jika kalian memilih meningkatkan damage, maka damage dari skill 3 akan semakin besar lagi. Tapi jika memilih menambahkan CC, maka musuh akan tertarik ke tengah lingkaran, prinsipnya sama seperti skill 3 Tigreal.

Kekuatan spesial skill 3 Vale Mobile Legends
Kekuatan spesial skill 3 Vale Mobile Legends

Cara Main Vale Mobile Legends

Karena Vale ini adalah hero mage, sudah pasti kalau dia akan benar-benar mendominasi di fase early hingga mid game. Jika sudah memasuki fase late game, marksman sudah benar-benar mendominasi. Kecuali jika marksman tim memang newbie.

Early Game

Di awal permainan, fokuslah untuk mencapai level 4. Di awal permainan, bukalah skill 1 terlebih dahulu. Sebab skill ini akan memberikan damage yang sangat besar dan bersifat area, meskipun kalian akan kesulitan dalam mengontrolnya.

Karena skill 1 ini memliki bentuk memanjang secara horizontal, maka kalian harus clear minion dari samping. Tapi itu berisiko karena rentang terkena ganking, tapi kalau kalia dilindungi, kalian bisa malakukannya.

Mid Game

Di menit ke-3 atau ke-4, seharusnya kalian sudah mencapai level 4 dan kalian sudah memiliki skill ultimate. Di fase ini, kalian harus benar-benar bisa memutuskan kekuatan spesial mana yang harus kalian gunakan dari masing-masing skillnya.

Usahakan untuk selalu ikut teamfight supaya bisa mendapatkan kill atau assist. Hal ini supaya kalian bisa lebih mudah untuk mengumpulkan stack dari skill pasif Vale. Selain itu, Vale adalah hero ganker yang sangat bagus. Jika kalian menggunakan kombo Vale dengan tepat, maka dia akan benar-benar mendominasi di fase.

Incarlah hero core musuh terlebih dahulu, misalnya marksman. Selalu tekan pertumbuhan hero core musuh supaya tidak bisa berkembang, atau kalah berkembang dengan hero core tim kita. Usahakan untuk menyelesaikan game secepat mungkin.

Late Game

Di fase ini, Vale memang tidak bisa berbuat banyak. Sebab di fase ini, marksman sudah benar-benar mendominasi permainan. Maka dari itulah, di early dan mid game, kalian harus tekan marksman musuh supaya tidak berkembang.

Kalau menurut mimin, gunakan kombo skill 3 (Area Control), ditambah skill 2 (one stop hit), kemudian skill 1. Kombo ini akan memberikan crowd control yang sangat lama dan damage yang sangat besar. Tapi kalian harus bisa memposisika diri dengan baik, dan usahakan gunakan kombo ini ketika musuh sedang berkumpul.

Kelebihan dan kelemahan

Kelebihan

  • Mudah Digunakan
Meskipun Vale ini memiliki banyak skill, tapi sebenarnya sangat simpel. Kalau kita lihat statistikya, Vale ini memiliki difficulty atau tigkat kesulitan yang biasa-biasa saja. Denga demikian, kalian bisa dengan mudah menguasai hero ini.

Statistik Vale Mobile Legends
Statistik Vale Mobile Legends

Yang harus kalian perhatikan adalah memahami setiap kekuatan spesial yang dimiliki oleh setiap skillnya. Dengan demikian, kalian bisa memutuskan kombo terbaik untuk hero Vale ini.
  • Damage Area Besar
Jika kalian menggunakan Vale sebagai mage burst damage, itu lebih bagus. Sebab damage yang dihasilkan oleh Vale sangatlah besar. Skill 1 bisa menghasilkan burst damage, begitu juga dengan skill 3. Untuk pemilihan kekuatanya, skill 1 dan skill menggunakan kekuatan meningkatkan damage. Intinya, kita harus tahu kekuatan apa yang harus kita gunakan pada masing-masing skill dan menyesuaikan dengan komposisi tim.
  • Crowd Control mematikan
Dengan menggunakan kombo skill 3 (Menambah CC) dan skill 2 (stop on hit), maka akan menghasilkan crowd control yang mematikan. Skill ketiganya akan membuat musuh tertarik ke tengah lingkaran, kemudian akan membuat musuh tidak bisa menyerang dan terkena efek slow. Dengan demikian, musuh akan terkena efek CC dengan durasi cukup lama.
  • Mage Fleksibel
Vale ini merupakan mage yang cukup fleksibel karena kita bisa menggunakan kombo burst damage maupun crowd control. Untuk menentukan pilihan ini, kita harus lihat komposisi timnya terlebih dahulu. Jika di tim kita kekurangan crowd controller, maka kita gunakan skill crowd control.

Kelemahan

  • Mobilitas rendah
Tidak seperti Kadita, Vale memiliki mobilitas yang rendah. Semua skill yang dia miliki hanya untuk damage da crowd control. Dengan demikian, hero sangat lamban untuk roaming dari satu lane ke lane lain.
  • Mudah diciduk
Seperti mimin singgung sebelumnya, Vale tidak memiliki skill dash atau kabur. Semua skillnya hanya berfokus untuk damage dan crowd control. Tanpa bantuan flicker, Vale sangat sulit untuk kabur. Bahkan jika sudah terkena lock, suda dipastikan dia bakal tewas. Jadi, hero ini harus benar-benar dilindungi oleh timnya.
  • Skill 1 Sulit Ditargetkan
Skill 1 Vale sangat sulit untuk digunakan. Sebab area dari skill ini berbentuk seperti persegi Panjang dengan lebar sangat kecil dan akan menyerang secara horizontal. Memah sih kalian bisa menggunakan kekuatan spesial yang bisa meningkatkan area skill ini, tap tetap saja sangat sulit untuk mengenai target.
  • Sangat bergantung pada tim
Seperti sudah mimin singgung, Vale tidak memiliki skill kabur. Semua skill yang dia miliki hanya berfokus pada damage dan crowd control. Dengan demikian, Vale ini sangat bergantung pada timnya. Harus ada teman yang selalu melindunginya. Jadi, diuasakan untuk party jika push rank menggunakan Vale.

Rekomendasi Build Item Vale

Pada artikel kali ini, mimin akan memberikan 2 rekomendasi build item untuk Vale. Satu build item untuk memaksimalkan crowd control, dan satu lagi untuk damage.

Rekomendasi build item Vale Mobile Legends
Rekomendasi build item Vale Mobile Legends

Item baris pertama memang mimin desain jika kalian menggunakan kombo full damage. Damage yang dihasilkan oleh build item di atas akan sangat besar guys, bahkan untuk tanker sekalipun.

Build item baris kedua mimin rancang jika kalian ingin bermain sebagai crowd controller. Tambahan slow dari Ice Quin Wand akan benar-benar membantu guys. Kemudian jika kalian ingin bermain safe, lebih baik menggunakan item yang ketiga.

Rekomendasi Emblem

Untuk emblemnya, mimin merekomendasikan Custom Mage Emblem dengan susunan talent bisa kalian lihat di bawah ini. Tambahan movement speed memang sangat dibutuhkan karena Vale tidak punya mobilitas yang tinggi. Kemudian ada magic penetration-nya juga, serta damage kalian akan menghasilkan efek burn pada lawan.

Rekomendasi Emblem Vale Mobile Legends
Rekomendasi Emblem Vale Mobile Legends

Rekomendasi Battle Spell

Untuk battle spell, mimin hanya merekomendasikan spell flicker saja. Sebab Vale tidak punya skill dash satu pun, jadi spell ini akan benar-benar membantunya untuk kabur dari kejaran lawan.

Nah itulag guys pembahasan kali ini mengenai Vale. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog Cecepkocep untuk mendapatkan informasi lainnnya mengenai game Mobile Legends.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment