CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Tutorial Main Claude Mobile Legends Dan Build Itemnya

Tutorial Main Claude Mobile Legends Dan Build Itemnya


Claude Guide Mobile Legends

Claude menjadi marksman yang sering digunakan di meta sekarang ini. Dia menjadi marksman yang sangat lincah serta punya burst damage yang sangat mengerikan. Dia ditemani oleh seekor monyet bernama Dexter yang juga akan memberikan damage.

Nah pada artikel kali ini mimin mau ngasih kalian tutorial atau guide cara menggunakan Claude Mobile Legends. Tak lupa juga mimin akan kasih kalain rekomendasi build item dan juga emblemnya. Untuk itu yuk kita langsung lihat saja pembahasannya di bawah ini

Skill Set

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Claude, alangkah lebih baik kita mengetahui dulu semua skill yang dimilikinya. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Skill Pasif: Battle Side by Side

skill pasif claude mobile legends
Dexter akan menyerang secara bersamaan dengan Claude dan akan memberikan 20% damage dari damage Claude yang diberikan kepada musuh dengan ‘basic attack’. Dexter juga akan mendapatkan efek bonus tambahan dari serangan Claude.

Skill 1: Art of Thievery

skill 1 claude mobile legends
Claude akan mencuri 20% movement speed dan 10% attack seed musuh dalam target yang berbentuk area. Musuh yang ada dalam area berbentuk kipas ini juga akan memberikan damage sebesar 160(+40% Physical Attack) sebagai physical attack.

Sementara Claude akan mendapatkan tambahan bonus movement speed dan attack speed ketika berhasil mendapatkan stack dan stack ini akan bertahan selama 6 detik. Jika skill 1 berhasil mengenai hero musuh, maka kalian akan mendapatkan 2 stack. Maksimal stack yang bisa kalian dapatkan adalah 10 stack.

Skill 2: Battle Mirror Image

skill 2 claude mobile legends
Claude akan menciptakan bayangan dari Dexter pada lokasi yang dia tentukan. Bayangan Dexter ini akan menyerang musuh yang berada di sekitrnya secara otomatis selama 5 detik dan akan memberikan damage sebesar 100% dari Physical damage Dexter. Claude sendiri bisa menggunakan skill ini lagi untuk bertukar tempat dengan bayangan tersebut.

Skill 3: Blazing Duet

skill 3 claude mobile legends
Claude dan Dexter akan menyerang secara bertubi-tubi dan akan menghasilkan damage secara beruntun ke seluruh musuh yang berada di sekitar mereka selama 3 detik. Setiap hit akan menghasilkan 80(+10% Physical Attack) physical damage pada musuh yang dikenainya.

Tipe serangan dari skill 3 ini dianggap sebagai ‘basic attack’ dan akan men-trigger efek dari serangan biasa yang dimiliki oleh Claude. Selai itu, Claude juga akan mendapatkan ‘shield’ sebesr 20(+10% Physical Attack) point. Tambahan attack speed akan menambah ‘jumlah hit’. Minion akan menerima 400% damage dari skill ini.

Cara Main Claude

Claude merupakan hero marksman, maka dia dia tidak akan bisa begitu berbuat banyak di early game hingga mid game. Karena dia bergantung pada item, jadi dia bisa bermain agresif ketika itemnya sudah jadi.

Early Game

cara main claude mobile legends
Claude Mobile Legends
Di awal permainan, bukan terlebih dahulu skill 1. Dengan skill ini, kalian bisa poke musuh dengan mudah. Selain itu skill ini juga akan membuat movement speed dan attack speed kita bertambah karena bisa memberikan stack.

Hingga menit ke-3, usahakan kalian sudah level 4, atau semua level skill kalian sudah terbuka. Ambilah buff dan keong jika memungkinkan. Mintalah bantuan tank kalian.

Mid Game

cara main claude mobile legends
Claude Mobile Legends
Di fase ini, seharusnya kalian sudah mencapai level 4. Teruslah farming hingga core item kalian jadi, yaitu Demon Hunter Sword. Sebab tanpa item ini Claude tidak akan memberikan damage yang begitu signifikan, bahkan dengan skill ulti sekalipun. Gunakan skill 3 untuk clear minion dengan cepat.

Bermainlah agresif jika kalian sudah jadi 2 item yaitu Demon Hunter Sword dan Golden Staff. Sebelum roaming, bersihkan dulu minion yang ada di lane kalian terlebih dahulu. Jika ada kesempatan curi turret, lakukanlah.

Roaming dan bantu teman kalian di lane lain jika memungkinkan. Usahakn jangan sampai sering mati, sebab kalian adalah hero carry musuh. Dengan sering mati, maka kalian akan ketinggalan level dan gold. Usahakan jangan sering mati, dan bermain amanlah terlebih dahulu.

Gunakan skill 2 untuk poking musuh dari jarak jauh. Skill ini juga bisa kita gunakan untuk memancing musuh ketika sedang bertahan. Manfaatklah efek swap atau tukar tempat dari skill ini untuk mengocek pergerakan musuh, terutama ketika teamfight. Terutama ketika teamfight karena kita sering jadi saran hero musuh. Dengan skill ini, kita bisa mengambil jarak untuk bermain lebih aman sembari memberi damage pada lawan.

Late Game

cara main claude mobile legends
Claude Mobile Legends
Di fase ini, seharusnya marksman biasanya selalu mendominasi permainan karena core item beserta item pendukungnya sudah jadi. Maka dari itu, kalian harus bermain agresif, tapi harus ditemani dengan tanker kalian. Kalian jangan gunakan skill 3 karena nafsu.

Ketika terjadi war, perhatikan terlebih dahulu apakah hero-hero musuh sudah mengeluarkan semua skill Crowd Control-nya. Jika belum memungkinkan, kalian main aman dulu saja, spam skill 1 dan 2. Jika sudah memungkinkan, masuklah ke dalam war dengan skill 2 dan gunakan ultimate, kemudian keluar lagi dengan skill 2.

Gunakan skill 3 dengan penuh perhitungan. Jika tidak demikian, yang ada kalian akan mati konyol.

Kelebihan dan Kekurangan

Semua hero yang ada di game Mobile Legends memiliki kelebihan. Kita bisa terus eksplor untuk memaksimalkan kemampuannya. Selain itu, kita juga bisa bermian hati-hati karena hero yang kita gunakan juga punya kelemahannya.

Kelebihan

Burst Damage Mengerikan

Claude ini bisa mengeluarkan 2 basic attack sekaligus, yakni dia sendiri dan Dexter. Dengan demikian, dia bisa men-trigger efek skill pasif dari pasif item yang harus distack dengan basic attack. Inilah yang menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Claude.

Dia bisa memberikan basic attack bertubi-tubi, ditambah lagi dengan skill ultimate-nya yang juga dianggap sebagai basic attack. Hal ini akan membuat kita lebih mudah untuk membombardir semua musuh di area kita dengan basic attack dan efek skill dari item.

Poke Yang Bagus

Skill kedua Claude bisa menciptakan sebuah bayangan seperti hologram berbenuk monyet atau Dexter. Dan bayangan ini bisa menyerang musuh yang ada di sekitarnya. Dengan kemampuan ini, kita bisa poke muuh secara aman. Terlebih kita juga bisa bertukar tempat dengan bayangan tersebut.

Skill ini bisa kita gunakan untuk mengocek pergerakan musuh. Skill ini juga akan membuat Dexter bisa roaming dngan mudah. Dengan demikian, Claude juga punya mobilitas yang lumayan tinggi.

Kuat Melawan Banyak Musuh

Kekuatan utama dari Claude adalah kombo dari skill pasifnya, skill pasif item, dan skill ultimate. Jika kita menggunakannya di waktu yang tepat, maka kita bisa langsung membunuh semua musuh dengan sekejap, bahkan untuk membunuh hero tanker sekalipun.

Punya Movement Speed dan Attack Speed Tinggi

Skill 1 Claude bisa kita gunakan untuk mencuri movement speed dan attack speed musuh. Dengan demikian, skill ini sangat membantu kita untuk farming, clear minion, bahkan untuk war sekalipun.

Kelemahan

Lemah Di Early Game

Memang sangat wajar karena hampir semua marksman sangat lemah di fase ini. Sebab marksman, termasuk juga Claude sangat bergantung pada item. Bahkan skill ultimate-nya pun tidak begitu berarti jika itemnya belum jadi.

Tanpa item, terutama core item, Claude sangat lelet untuk farming sekalipun. Jadi di awal permainan, fokus utama kita yaitu membeli item Demon Hunter Sword. Jadi, kita butuh waktu yang lumayan lama untuk farming.

Bergantung Pada Skill Pasif Item

Yang membuat Claude itu menjadi marksman spesial adalah kemampuannya yang bisa memberikan basic attack secara bertubi-tubi. Jadi meskipun damage-nya kecil, kita bisa mengandalkan bantuan bantuan damage dari skill pasif I tem yang bisa menyerang secara efektif.

Rentan Crowd Control

Supaya skill ultimate-nya maksimal, tentu saja harus mengenai banyak musuh yang ada di sekitarnya. Tapi hal ini bisa saja menjadi blunder jika posisinya tidak benar-benar tepat, misalnya terdapat hero CC atau damage dealer musuh.

Tapi yang biasanya terjadi adalah kita akan terkena CC musuh, seperti stun. Dengan demikian kita tidak akan bisa bergerak dan akan menjadi sasarang empuk bagi hero musuh yang memiliki serangan jarak jauh.  Jadi usahakan jangan main hajar saja dengan skill 3.

Build Item

Kalau menurut mimin sendiri, Claude itu lebih mementingkan attack speed ketimbang critical, sebab ada juga player yang menggunakan item critical. Dengan membeli item attack speed, skill ultimate Claude akan semakin sakit karena hit-nya semakin banyak.

Berikut ini rekomendasi build item Claude dari mimin.

Rekomendasi build item Claude Mobile Legends
Rekomendasi build item Claude Mobile Legends
Gunakan item yang pertama jika ingin lebih mengandalkan attack speed. Demon Hunter Sword dan Golden Staff merupakan item utama jika ingin mengandalkan attack speed.

Deadly Blade berfungsi untuk mengurangi regen HP musuh seperti Moskov dan Alice. Corrosion Scythe berfungsi untuk memberikan efek slow dengan basic attack. Wind of Nature berfungsi untuk memperkebal kalian terhadap physical attack. Item ini wajib kalian pakai jika bertemu Aldous.

Gunakan item kedua jika di tim musuh banyak menggunakan hero tanker, atau banyak menggunakan item armor. Jika kalian ingin mengandalkan critical, mimin merekomendasikan build item yang ketiga.

Emblem

Rekomendasi Emblem Claude Mobile Legends
Rekomendasi Emblem Claude Mobile Legends
Untuk emblem sendiri, mimin merekomendasikan Custom Assassin Emblem dengan susunan talent bisa klalian lihat pada gambar di atas. Talent baris pertama adalah 3x physical attack, talent baris kedua adalah 3x physical penetration. Dan talent yang baris ketiga adalah gold. Dengan demikian, kalian akan cepat kaya gold jika berhasil membunuh lawan.

Battle Spell

Aegis Mobile Legends
Untuk battle spell, mimin merekomendasikan Aegis. Aegis ini akan membantu kalian ketika darah kalian sekarat karena akan memberikan kalian shield. Jika ingin farm lebih cepat, kalian bisa gunakan retribution.

Kombinasi Hero Claude

Claude sangat bagus untuk melawan semua hero tank, Balmond, Sun, Hilda, Alice, Rafaela dan Estes. Tapi Claude ini cukup lemah jika melawan semua hero assassin, Nana, Aurora, Vexana, Harley, Cyclops, Chang’e, Layla, Clint dan Lesley.

Nah itulah guys pembahasan kali mengenai cara menggunakan Claude. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya. Terima kasih.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment