CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Panduan 6 Bisnis Online Terbaik Rumahan Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan Tahun 2019

Panduan 6 Bisnis Online Terbaik Rumahan Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan Tahun 2019

Panduan 5 Bisnis Online Terbaik Rumahan Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan Tahun 2019
Bisnis Online
Cecepkocep - Bagi seorang pemula, untuk membangun sebuah bisnis online tentu saja akan sangat sulit karena tidak tahu harus apa dan dari mana harus memulainya. Jangankan Anda, saya sendiri juga sempat kebingungan ketika pertama kali akan memulai bisnis online. 

Sebenarnya banyak tutorial yang bertebaran di internet mengenai bisnis online. Akan tetapi alangkah lebih baik jika kita bisa mengetahui jenis bisnis online tersebut dan menentukan bisnis apa yang akan kita jalankan. Sebab model atau jenis bisnis online itu sebenarnya sangat banyak sesuai dengan tingkat kesulitannya masing-masing.

Bukan itu saja, kita juga harus punya niat yang serius jika ingin membangun sebuah bisnis online. Dengan begitu kita bisa banyak belajar untuk membangun sikap mental yang positif, misalnya belajar dengan serius, bekerja keras, pantang menyerah, punya mimpi besar dan terukur, serta berani mengambil resiko.

Nah dalam artikel kali ini, saya akan membagikan beberapa bisnis online terbaik untuk rumahan dengan modal kecil dan menjanjikan di tahun 2019. Bisnis ini bisa dijalankan oleh semua orang dan bisa dilakukan sekarang juga. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut.
  • Panduan bisnis online rumahan yang akan saya ulas disini cukup panjang karena akan disertai dengan langkah-langkah yang praktis supaya Anda bisa memulainya sesegera mungkin. Jadi, saya tidak hanya memberikan list mengenai bisnis online-nya, tapi juga akan berikan tipsnya supaya Anda tidak kebingungan untuk memulainya.
  • Artikel yang saya share disini semoga bisa dipraktekan sesegera mungkin. Percuma saya jabarkan lebih detail jika ujung-ujungnya anda tidak mempraktikan bisnis online ini.
  • Meskipun list bisnis online yang saya share ini hanya membutuhkan modal kecil untuk memulainya, akan tetapi bukan berarti "uang" atau modal yang lainnya tidak penting. Paling tidak anda harus memiliki koneksi internet, smartphone atau laptop untuk menjalankan bisnis online rumahan ini.
  • Meskipun list bisnis online yang saya jelaskan tidak bisa menjamin "Anda sukses". Semua orang bisa sukses untuk menjalankan bisnis online. Akan tetapi semua itu tergantung pada Anda sendiri yang menjalankannya. Semua tergantung dari kerja keras Anda, kemampuan Anda, modal yang Anda miliki, keberuntungan yang Anda miliki, serta yang paling penting seberapa seriuskah Anda menjalankan bisnis online ini.

Apa sih bisnis online yang saya maksud dalam artikel kali ini? Untuk itu yuk langsung saja kita lihat ulasannya di bawah ini.

1. Bisnis Dropship

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia bisnis online, mungkin Anda akan kebingungan dengan istilah "Dropship". Apa sih Dropship itu? Dropship merupakan bisnis berjualan produk orang lain tanpa harus menyiapkan stok barang terlebih dahulu. Anda tidak harus repot-repot mikirin proses pengirimnya ke konsumen. Sebab yang mengirimkan barang adalah suplier Anda.

Tugas utama dari bisnis dropoship adalah "memasarkan" barang yang dijual serta "berkomunikasi" dengan konsumen dan supplier. Anda bisa mengambil keuntungan dari selisih keuntungan harga karena harga dari supplier biasanya lebih murah.

Panduan 5 Bisnis Online Terbaik Rumahan Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan Tahun 2019

Keuntungan: Anda tidak harus memiliki modal besar untuk menjalankan bisnis online ini. Sebab Anda tidak perlu membei stok barang pada pada supplier, dengan begitu Anda juga tidak harus memikirkan tempat untuk menyimpan barang-barang yang akan Anda jual. Selain itu, Anda juga tidak harus memikirkan pengiriman barang karena pihak supplier-lah yang akan melakukan packing dan delivery barang yang konsumen Anda pesan.

Kekurangan: Karena seorang dropshipper hanyalah perantara antara konsumen dan supplier, sering kali kita akan kewalahan dalam hal berkomunikasi dengan pihak kedua belah pihak yang berkaitan. Anda harus siap-siap menghadapi konsumen yang cerewet, apalagi jika supplier Anda juga tidak cepat tanggap.

Bagaimana memulainya?

Langkah pertama: Pilih Supplier yang Tepat

Anda memang tidak harus ikut campur dalam hal pengecekan kualitas barang yang supplier kirim, Anda juga tidak ikut andil dalam proses pengiriman barang. Maka Anda harus siap jika ada keterlambatan barang atau hambatan lainnya dalam proses pengiriman barang. Anda harus benar-benar bertanggung jawab terhadap konsumen Anda. Dengan begitu Anda akan mendapat keluhan dan tanggapan negatif dari konsumen. Tentu saja Anda harus pintar-pintar untuk menangani hal ini supaya tidak menjadi rumit, jika tidak demikian, bisa saja berujung ke jalur hukum karena hal tersebut terjadi.

Maka dari itulah Anda harus pintar-pintar dalam memilih supplier. Pilih supplier yang terpercaya dan bisa diandalkan, kualitasnya sudah terbukti, serta yang paling penting adalah "ketepatan" rincian produknya. Dengan begitu nantinya Anda akan terhindar dari tanggapan negatif dan reputasi buruk dari konsumen Anda. Dan yang terpenting, bisnis online Anda ini akan tetpa lancar.

Langkah kedua: Mulai Kera Sama dengan Supplier dan Tentukan Harga Jual

Memulai tahap kedua ini sebenarnya cukup sedrhana. Setelah Anda berhasil melakukan seleksi ketat dan menemukan supplier bagus, Anda tinggal booking produk untuk tes dan menguji terlebih dahulu, Jika prosesnya memang mulus, cobalah untuk menjalin hubungan baik dengan supplier.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa supplier yang mewajibkan para dropshipper-nya untuk menjual harga yang telah mereka tentukan. Maka dari itu Anda harus benar-benar tanyakan tentang ketentuan harga. Biasanya supplier melakukan hal ini supaya pada dropshipper tidak menjatuhkan harga pasar yang sudah ada.

Biasanya keuntungan yang didapat oleh seorang dropshipper berkisar antara 10-20% saja. Akan tetapi jika Anda rajin dan cerdas dalam menjalankan strategi bisnisnya, maka keuntugan yang Anda diperoleh juga akan besar. Maka jangan heran jika Anda melihat kompetitor bisnis Anda menjual barang dengan harga yang luar biasa bersaing dengan Anda. Tapi sebenarnya wajar saja hal ini terjadi karena bisnis online ini tidak bermodal besar.

Langkah ketiga: Menentukan Brand dan promosi produk

Jika Anda adalah seorang dropshipper pemula dan target skalanya kecil hingga menengah, lebih  baik Anda fokus pada satu sektor bisnis saja. Sebab brand awareness Anda harus maksimal di mata konsumen maupun pelanggan Anda. Kemudian seiring dengan banyak produk yang anda jual, maka akan lebih banyak juga kompetitor bisnis online Anda. Tentu saja hal ini akan mempersulit Anda dalam memenangkan persaingan bisnis dropship Anda.

Langkah keempat: Memasarkan produk

Untuk memasarkan produk, Anda bisa tidak hanya menggunakan gambar yang menarik saja, tetapi juga harus terlihat seperti real picture. Sekarang ini sudah banyak konsumen yang sudah pintar atau smart buyer, yaitu mereka yang bersikap lebih rasional ketika ingin belanja online. Dengan begitu Anda juga harus memberikan spesifikasi atau rincian produk selengkap mungkin supaya kemungkinan konsumen membeli produk Anda lebih besar.

Langkah kelima: Mengangani konsumen

Sebaiknya Anda harus bersikap ramah terhadap konsumen, akan tetapi harus diiringi juga dengan ketegasan. Bila perlu Anda harus membuat syarat dan ketentuan khusus bagi pembeli produk Anda, mengimbau mereka untuk membaca terlebih dahulu rincian produk yang ingin mereka beli. Hal ini perlu Anda lakukan supaya tidak stress ketika melayani konsumen Anda.

2. Bisnis Reseller

Banyak orang yang beranggapan kalau bisnis dropshipper dan reseller itu sama, padahal sebenarnya berbeda. Jika Anda ingin menjalani bisnis reseller, tentu Anda harus punya modal besar untuk membeli barang dari supplier dalam jumlah tertentu untuk dijual lagi kepada konsumen Anda. Kemudian Anda juga harus menyedian tempat untuk menyimpan barang yang sudah Anda beli tadi.

Salah satu keuntungan dari bisnis online reseller adalah Anda bisa mengontrol jumlah barang yang akan dijual. Kemudian Anda juga akan terhindar dari resiko kehabisan stok barang yang ada di supplier. Akan tetapi, kelemahan terbesar dari bisnis online reseller ini adalah memerlukan modal yang cukup besar sebab harus membeli barang dari supplier. 

3. Blog

Apa sih blog itu? blog merupakan bisnis menjual artikel atau tulisan yang bermanfaat supaya bisa dibaca oleh orang lain secara gratis. Salah satu penghasilan yang didapatkan dari seorang blogger adalah dari iklan yang tayang di blog. Semakin banyak orang yang berkunjung pada blog kita, maka akan semakin besar pula kita memperoleh keuntungan dari iklan tersebut.

Banyak orang yang berpendapat bahwa di tahun 2019 sudah telah untuk memulai bisnis sebagai blogger. Salah satu alasannya karena sudah banyak blogger-blogger yang bermunculan. Akan tetapi menurut saya untuk menjadi seorang blogger itu tidak ada istilah telat. Sebab blog itu merupakan "long sustainable business" atau bisnis online berkepanjangan

Panduan 5 Bisnis Online Terbaik Rumahan Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan Tahun 2019

Anda bisa bayangkan dari zaman 90-an hingga sekarang blog masih tetap eksis, bahkan semakin kesini semakin popular karena kebutuhan konsumen pada konten berkualitas tidak akan pernah habis. Apalagi pengguna internet dari tahun ke tahun terus meningkat. Mereka bisa mencari berbagai informasi dari Google sebagai sumber rujukan untuk mencari solusi terhadap masalah yang mereka hadapi. Jika Anda memberikan artikel atau tulisan yang bermanfaat, maka pengunjung blog Anda akan terus bertambah.

Akan tetapi yang menjadi kesulitan Anda untuk memulai bisnis blog di zaman sekarang adalah banyaknya persaingan di berbagi niche blog, termasuk juga blog gado-gado. Oleh sebab itulah kesuksesan Anda dalam menjalani bisnis blog ini adalah keahlian dalam membuat konten atau artikel berkualitas. Selain itu, Anda jangan harap bisa mendapatkan keuntungan cepat dari blog. Seperti sudah saya singgung di atas bahwa blog itu merupakan bisnis berkepanjangan.

Rata-rata blogger sukses yang mendapatkan profit atau keuntungan membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 12 bulan. Dengan begitu, jika Anda ingin mencari bisnis secara perlahan dan bertahan lama adalah menjadi blogger. Memang semua hal besar itu berawal dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Meskipun Anda belum menjadi blogger profesional, akan tetapi jika terus mengasah kemampuan Anda, maka suatu saat bisa menjadi blogger yang dikenal banyak orang.

Bagaimana memulainya?
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin menjalani bisnis online blog adalah menentukan niche blog Anda. Artikel apa yang akan Anda tulis, atau topik apa yang Anda kuasai untuk dijadikan tulisan di dalam blog Anda. Kemudian cari nama untuk blog Anda kemudian membeli domain dan hosting sesegera mungkin. Harga domain sendiri berkisar Rp 150.000/tahun, sementara untuk hosting sekitar Rp 150.000 hingga 1 juta per tahunnya. Anda bisa membeli domain dan hosting di Rumahweb atau Niagahoster.

Kenapa harus beli domain sesegera mungkin? Sebab umur dari sebuah domain menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi SEO (Search Engine Optimation). Semakin tua umur domain Anda, maka semakin bagus pula posisi blog Anda di mesin pencari. Oleh sebab itulah sebaiknya Anda membeli domain sesegara mungkin meskipun blognya belum ada artikelnya. Jika sudah membeli domain, kalian bisa menggunakan platform blogger atau wordpress untuk membuat blog. Kalian bisa pilih salah satu, yang penting kalian segera membuat konten untuk blog Anda.

Setelah membeli domain dan konten artikel, lakukan marketing. Lakukan hal ini jika blog Anda sudah memiliki minimal 15 artikel yang bisa dibaca oleh visitor Andsa. Jangan lupa juga untuk submit artikel Anda ke Google Web Master Tool.

Jika memang blog Anda merasa sudah banyak visitor atau pengunjung, Anda bisa lakukan monetize dengan mendaftar Google Adsense atau WordAds. Anda juga bisa mempromosikan produk orang lain seperti Amazon, Clickbank, dll. 

Kunci utama jika Anda ingin sukses menjalankan bisnis online blog adalah fokus mendatangkan trafik, dengan trafik yang bagus (banyak pengunjung), maka keuntungan yang akan Anda dapatkan juga akan semakin besar. Maka dari itu, kunci utama untuk menjadi seorang blogger adalah sabar, karena semuanya memelukan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Teruslah berkarya denan menulis artikel berkualitas. Yang paling utama adalah Jangan mudah menyerah.

4. Youtuber/vlogger

Saat ini, bisnis online sebagai Youtuber memang menjanjikan, apalagi pengguna Youtube saat ini semakin berkembang. Jadi, jika memang Anda sangat hobi dengan membuat video unik dan keren, maka menjadi Youtuber sangat tepat. Sebab selain menyalurkan hobi, Anda juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Panduan 5 Bisnis Online Terbaik Rumahan Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan Tahun 2019

Namun Anda harus fokus untuk menciptakan konten. Perlu Anda ketahui ya bahwa blogger dan youtuber ini memiliki konsep yang sama, akan tetapi Youtuber memberikan konten berupa video. Maka dari itu, Anda membutuhkan peralatan penunjang seperti kamera, tempat, software untuk edit video, laptop, dll.

Membangun sebuah channel youtube memang memerlukan waktu yang lumayan cukup lama, sama seperti blog. Anda memang harus sabar dan pantang menyerah, sebab bisnis online ini bukanlah cara cepat untuk menghasilkan keuntungan. Bahkan para Youtuber terkenal saat ini tidak memprioritaskan bisnis mereka ini sebagai prioritas penghasilan. Akan tetapi mereka lebih fokus menjadikan channel Youtube ini sebagai tempat berkarya, mengembangkan diri, menghibur, dan tentu saja membantu orang lain.

Bagaimana memulainya?
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar terlebih dahulu di halaman Youtube untuk membuat channel. Jika sudah membuat channel Youtube, segeralah untuk membuat konten video. Sebelum membuat konten ini, tanyakan pada diri Anda sendiri, siapa target utama dari konten yang akan Anda buat. Misalnya kalau konten Anda adalah game, maka target konten Anda adalah generasi muda. Anggaplah Anda seperti sedang menentukan niche pada sebuah blog, kemudian aplikasikan ke dalam Channel Youtube Anda.

Kemudian tugas Anda selanjutnya adalah membangun subscriber untuk channel Anda dengan natural. Salah satu cara untuk membangun subscriber yaitu dengan membuat konten berkualitas. Mungkin Anda sudah bosan dengan tulisan "konten berkualitas", tapi jika Anda ingin menjadi Youtuber atau blogger yang sukses harus melakukan hal itu. Perlu Anda perhatikan, sekarang ini banyak Youtuber yang bermunculan dari berbagai topik, termasuk yang sama dengan topik Anda. Maka dari itu, untuk itu Anda harus benar-benar membuat konten berkualitas supaya bisa menang dari persaingan ini.

Kapan channel Youtub Anda bisa dimonetasi? Anda harus memiliki 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang untuk bisa dimonetasi. 

5. Gamer

Di zaman sekarang ini, menjadi seorang gamer tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Anda bisa lihat kenyataannya sekarang banyak gamers di Indonesia yang menjadi atlet e-sports, bahkan lebih tenar dibandingkan dengan atlit-atlit olahraga lainnya. Meskipun Anda tidak bisa menjadi atlit, Anda masih bisa menghasilkan uang dengan cara live streaming di Youtube Gaming, Facebook Gaming, Nimo TV, dll. Anda juga bisa menjadi menjual item game, menjual jasa di dalam game, jaul akun, bahkan menjual mata uang di game yang juga bisa menghasilkan keuntungan.

Panduan 5 Bisnis Online Terbaik Rumahan Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan Tahun 2019

Bagaimana memulainya?
Jika Anda memang berniat menjadi seorang gamers pro, ikutilah turnamen-turnamen Anda dan tujuan utamanya adalah menang. Untuk bisa melakukannya, Anda harus bergabung dengan tim e-sport yang ada di daerah sekitar Anda, cari teman yang memiliki minat sama dengan Anda. Hal yang paling mudah adalah dengan membangun channel Youtube atau blog tentang game. Anda bisa membuat konten mengenai analisis game, review, tutorial, hingga live streaming game. Banyak sekali sekarang ini yang terkenal di Youtube karena hobi mereka bermain game.

6. Jual Jasa dan Keahlian

Jika Anda memiliki keahlian di bidang yang Anda kuasai dan ingin menjualnya secara online, maka saat ini adalah waktu yang sangat tepat. Sekarang kita berada di zaman "internet of things", atau intinya internet adalah segalanya. Anda bisa lihat bahwa berbagai hal apapun dilakukan secara online, termasuk juga menjual jasa dan keahlian Anda.

Panduan 5 Bisnis Online Terbaik Rumahan Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan Tahun 2019

Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjual jasa secara online. Cara yang pertama dalah Anda mencari orang yang membutuhkan jasa Anda di marketplace seperti Sribulance, Upwork, atau Fiver. Cara yang kedua bisa dengan membiarkan orang lain datang mencari jasa Anda melalui internet. Dengan 2 pendekatan ini, kita bisa menjual jasa online secara aktif maupun pasif.

Jasa yang kita jual tidak hanya yang sulit saja, atau levelnya harus benar-benar expert. Kita bisa menyesuaikan dengan keahlian yang kita punya. Beberapa jasa online yang dibutuhkan adalah:

  • Jasa penulis: Penulis lepas, content writter, copywriting.
  • Jasa pemasaran online: Online Marketing, social media marketing, Assistand online 
  • Jasa translate, entry data (input data), desain, dll.

Bagaimana memulainya?
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tentu saja asahlah kemampuan yang Anda miliki. Anda bisa belajar melalui google, buku, seminar, workshop, dll. Misalnya jika Anda ingin menjual jasa copywriting, maka pelajarilah bagaimana cara menjadi seorang copywriter yang profesonal. Sekarang banyak sekali ilmunya bertebaran di internet dan bisa diakses secara gratis. Kuncinya adalah Anda harus rajin belajar dan mencari.

Jika Anda merasa sudah ahli dan sudah yakin dengan skill yang Anda miliki, maka mulailah dengan menjualnya. Cara terbaik untuk menjual keahlian Anda ini yaitu dengan cara membuat website atau blog sebagai portofiolia dan cari klien secara aktif di marketplace. Anda juga bisa mencarinya di situs lowongan kerja atau forum. Jika sudah mendapatkan klien, mintalah untuk memberikan testimoni dan jadikan itu sebagai pemanis halaman testimonial website Anda. Semakin banyak Anda mendapatkan testimoni, maka Anda akan lebih mudah menjual jasa Anda.

Prinsip dari menjual jasa online ini hampiur mirip seperti membangun blog, yang membedakan adalah Anda menjual jasa atau keahlian, bukan produk atau artikel.

Penutup



Itulah bisnis online terbaik saat ini yang bisa Anda kerjakan sekarang. Lakukan bisnis online ini sekarang juga, berhenti mengeluh, teruslah berjuang hingga Anda betul-betul berhasil. Jika gagal, segeralah untuk bangkit dan jangan lama terpuruk dengan kegagalan Anda, serta mencoba peluang bisnis online yang lainnya. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment