CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Apa itu Layar AMOLED? Yuk Kethui Jenis Dan Tipe Layar Pada Smartphone

Apa itu Layar AMOLED? Yuk Kethui Jenis Dan Tipe Layar Pada Smartphone

Jenis Dan Tipe Layar Pada Smartphone
Layar Smartphone
Pernahkan kalian mendengan istilah Layar LCD atau Layar AMOLED ketika membeli smartphone? Ya, itu adalah jenis layar yang terdapat pada berbagai smartphone. Jenis layar yang bagus tentu saja akan membuat kita nyaman ketika memandang layar smartphone, apalagi jika memilki ketangguhan yang luar biasa.

Di zaman modern ini, smartphone bukan hanya sebagai perangkan telekomunikasi saja, tetap multifungsi. Sebab bisa kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari kita, bahkan untuk uruan harga, kita tidak perlu mengoceh banyak uang jika ingin membeli sebuah smartphone baru.

Saat ini banyak vendor smartphone yang mengeluarkan produk dengan harga yang relatif terjangkau, akan tetapi spesifikasi yang dimiliki memang rendah. Salah satu spesifikasinya adalah jenis dan tipe layar. Semakin bagus layar, maka harga smartphone juga semakin mahal.

Pemilihan tipe dan jenis layar tentu saja akan mempengaruhi kualitas smartphone. Salah satunya adalah membuat kita merasa nyaman dan tidak pedih mata ketika membaca dengan jarak yang dekat. Selain itu, jenis dan tipe layar juga memberikan ketahanan yang lebih bagus lagi terhadap benturan, goresan, dan hal-hal lainnya yang berpotensi merusak layar.

Jenis dan Tipe Layar Pada Smartphone

Jenis Dan Tipe Layar Pada Smartphone

1. Layar LCD

LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. Kalau kita perhatikan dari namanya saja sudah jelas bahwa jenis layar dengan teknologi ini mengusung elemen dengan lapisan kristal cair. Teknologi layar ini sangat popular digunakan oleh sebagian perangkat elektronik, termasuk juga smartphone.

Teknologi layar LCD ini mampu menerangi seluruh tampilan yang dibantu oleh cahaya dari latar belakang, sehingga sangat membantu sekali ketika digunakan di bawah sinar matahari langsung.

2. Layar TFT LCD

Singkatan dari TFT LCD adalah Thin Film Transitor Liquid Crystal Display. Teknologi ini juga sudah banyak digunakan oleh vendor smartphone karena memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan layar LCD.

Kelebihan yang dimiliki oleh layar TFT LCD ini adalah kualitas gambar dan resolusi yang lebih tinggi dari teknologi layar sebelumnya, yakni LCD. Sementara kekurangannya yaitu terletak pada keterbatasan sudut pandang dan visibilitas yang sempit ketika dlihat di bawah sinar matahari langsung.

Selain itu, kekurangan dari teknologi layar LFT LCD ini adalah boros baterai pada smartphone yang digunakan. Dengan begitu, teknologi layar ini sangat tidak cocok jika digunakan oleh kalian yang memerlukan smartphone dalam jangka waktu yang panjang.

3. Layar IPS

Layar IPS (In Place Switching) merupakan teknologi layar terbaru yang bisa memberikan kenyamanan yang lebih lagi bagi para pengguna smartphone karena enak dipandang di bawah terik sinar matahari. Layar ini juga memerlukan daya konsumsi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan tipe layar sebelumnya. Dengan begitu, layar ini sangat cocok digunakan oleh kalian yang membutuhkan konsumsi baterai yang hemat, tapi kualitas gambar tetap baik.

Biasanya, layar IPS ini sering dipakai oleh smartphone kelas medium ke atas. Jadi, kalau kita menginginkan smartphone dengan layar IPS, tentu saja harganya sediit lebih mahal. Tapi tentu saja akan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam memainkan smartphone kalian.

4. Layar OLED

OLED merupakan singkatan dari Organic Light Emiting Diode. Layar ini merupakan teknologi yang sering anyak digunakan pada smartphone maupun monitor. Layar ini dilengkapi dengan lapisan bahan organik yang terbuat dari karbon, serta berada di antara dua lapisan anoda dan katoda.

Layar OLED ini akan memberikan pengalaman yang lebih baik lagi ketimbang teknologi layar sebelumnya. Warna yang dihasilkan oleh teknologi layar ini memiliki kualitas yang bagus serta memiliki respon yang cukup cepat ketika disentuh. Kemudian sudut pandang kita juga akan lebih luas, serta hemat daya.

5. Layar AMOLED

Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan teknologi layar lanjutan dari OLED. Dengan begitu, layar AMOLED biasa digunakan untuk smartphone yang memiliki kualitas tinggi dan harga yang mahal. Layar AMOLED ini mengandung molekul organik yang bisa menghasilkan cahaya jika dialiri oleh listrik.

Layar AMOLED ini kan memberikan sensasi "Tajam" dalam setiap gambar dan video yang ditampilkan pada smartphone. Layar ini biasa dipergunakan oleh vendor asal Korea Selatan, Samsung. Sebab vendor inilah yang pertama kali menggunakan tekologi layar ini.

Smartphone yang menggunakan teknologi layar AMOLED ini tentu saja sangat mahal, tetapi akan memberikan pengalaman yang lebih baik lagi pada penggunanya. Kualitas gambar dan hemat penggunaan baterai menjadi alasa kuat kenapa smartphone yang mengusung teknologi layar ini sangat mahal.

6. Layar Super AMOLED

Versi terbaru dari layar AMOLED adalah Layar Super AMOLED. Teknologi layar ini dikembngkan oleh vendor asal Korea Selatan, Samsung. Layar AMOLED memiliki dimensi yang lebih tipis. Selain itu, tekologi layar ini memiliki responsibilitas yang lebih baik ketimbang layar AMOLED yang dikeluarkan sebelumnya.

7. Corning Gorila Glass

Gorilla Glass merupakan teknologi layar perisai kaca khusu yang diprodiksi oleh perusahaan bernama Corning. Teknologi ini dinilai mampu menjaga keamanan layar smartphone, khususnya ketika terjadi benturan dan goresan yang berakibat bisa menimbulkan kerusakan yang cukup parah.

Tenkologi pelindung Corning Gorilla Glass juga sudah mengalami berbagai macam pembaruan, sehingga membuat produk ini semakin baik lagi dalam menjaga ketahanan layar smartphone. Berikut ini perkembangan Corning Gorilla hingga saat ini.

  • Corning Gorilla Glass 1

Teknologi Corning Gorilla Glass 1 pada layar smrtphone memiliki ketahanan yang bagus dalam hal menjaga keutuhan sebuah layar ketika terjadi benturan atau goresan. Layar smartphone yang dilindungi oleh layar ini memiliki kualitas yang sangat baik jika dibandingkan dengan layar-layar sebelumnya yang sudah ada di pasaran.

Layar kaca pada smartphone memiliki ketebalan yang lumayan besar, akan tetapi memiliiki ketahanan yang luar biasa. Akan tetapi mampu membuat user nyaman, sehingga tidak berpengaruh pada kemampun respon dan kecepata pada saat kita memberikan perintah pada smartphone.

  • Corning Gorilla Glass 2

Corning terus memperbaiki layar pelindung dari versi sebelumnya supaya lebih tangguh. Pada Corning Gorilla Glass 2 ini dikurangi 20% ketebalan layarnya dari Corning Gorilla Glass 1. Dengan begitu, Corning Gorilla Glass 1 menjadi layar yang lebih baik dari generasi seblumnya.

Layar Gorilla Glass 2 telah berhasil melewati uji ketahanan dengan berhasil menahan tekanan hingga 60 kg tanpa mengalami kerusakan sama sekali. Beberapa smartphone yang menggunakan Corning Gorilla Glass 2 antara lain Oppo Find 5, Samsung S3, dan HTC One.

  • Corning Gorilla Glass 3

Gorilla Glass 3 tentu memiliki layar yang lebih tangguh lagi dari Gorilla Glass 1 dan 2. Layar ini diklaim mampu menahan goresan hinga 4 kali lipat dari produk sebelumnya. Kemungkinan tergores mash tetap ada, tapi memiliki 50% lebih halus.

Gorilla Glass 3 juga telah dibekali dengan fitur baru yaitu NDR (Never Damage Resistence). Fitur ini memungkinkan layar tetap terlihat mulus dan utuh meskipun terkena benturan yang sangat kuat. Jadi layar yang menggunakan teknologi layar Gorilla Glass 3 ini terlihat lebih mewah dan tangguh.

  • Corning Gorilla Glass 4


Gorilla Glass 4 dinilai memiliki ketahanan hingga 10 kali lebih baik dari produk sebelumnya. Generasi terbaru dari Gorilla Glass 3 ini dinilai sangat tangguh. Beberapa vendor smartphone yang menggunakan layar ini adalah Samsung Galaxy S5, LG4, dan Lumia 930. Ketiganya merupakan smartphone kelas High-end dengan nilai jual sangat mahal.

Corning melakukan penelitian yang cukup lama dalam mengembangkan Gorilla Glass 4 ini. Mereka melaukan simulasi dengan cara menjatuhkan smartphone di tempat yang memiliki permukaan kasar dan melakukan uji tekanan pada kaca tangguhnya itu.

Tetapi sekuat-kuatnya layar yang diciptakan, tapi tetap saja akan hancur jika kita moncoba untuk menghancurkannya. 

8. Dragontail Glass

Dragontail merupakan teknologi pelindung layar yang diyakini mampu bersaing dengan Corning Gorilla Glass. Produk ini dibuat oleh persusahaan bernama Asashi Glass yang menyediakan kaca berkualitas tinggi seperti Corning.

Ketangguhan yang dimiliki oleh Dragontail Glass adalah mampu menahan beban 60kg dengan kaya yang hanya memiliki temab 1mm. Smartphone yang hadir dengan teknologi pelindung layar ini adalah Xiaomi Redmi 1S.

9. Layar Retina Display

Retina Display merupakan layar yang hanya dipergunakan oleh smartphone keluaran Apple atau kita sebut iPhone. Layar ini memiliki kerapatan yang cukp besar sehingga membuat gambar yang dihasilkan semakin jernih dan tajam.

Retina Display juga membuat layar enak dipandang penggunanya,berbeda dengan layar-layar yang umum digunakan oleh smartphone lainnya yng bila dipandang akan membuat mata perih dan terasa terbakar.

Apple mulai menggunakan Layar Retina Display mulai pada iPhone 4, dan terus dipertahankan hingga saat ini. Teknologi layar ini memiliki kerapatan layar lebih dari 163 ppi. Teknologi ini tepat untuk retina mata.

Itulah jenis dan tipe layar pada smartphone yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja dengan mengetahui jenis dan tipe layar kita bisa memilih smartphone mana yang ingin kita gunakan. Semakin bagus layar, maka semakin berkualitas suatu smartphone, akan tetapi harga yang ditawarkanpun juga mahal.

Sumber: Klikmania.com
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment