CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Mengenal Lebih Dekat Dengan Bisnis Online Affiliate Marketing Lengkap Dengan Panduannya

Mengenal Lebih Dekat Dengan Bisnis Online Affiliate Marketing Lengkap Dengan Panduannya

Mengenal Lebih Dekat Dengan Bisnis Online Affiliate Marketing Lengkap Dengan Panduannya
Affiliate Marketing

Cecepkocep – Affiliate marketing adalah salah satu metode pemasaran yang sangat terkenal di dunia, termasuk juga Indonesia. Bagi seorang Internet Marketer, Affiliate Marketing bukanlah istilah yang aneh bagi mereka, tapi bagi kita yang tidak paham akan bingung dengan istilah baru ini. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Affiliate Marketing itu?

Apa itu Affiliate Marketing?

Istilah ini sudah tidak asing bagi mereka para pengguna internet veteran, tapi akan sangat asing bagi kita yang belum pernah mendengar istilah ini. Sebenarnya tanpa disadari bahwa kita sudah pernah berpartisipasi dalam kegiatan affiliate marketing. Misalnya Anda me-refer teman Anda untuk menggunakan Uber. Kemudian Anda akan mendapatkan diskon atau kode promo kan? Nah ini adalah salah satu bentuk dari bentuk affiliate marketing.

Bentuk nyata dari affiliate marketing akan lebih terlihat ketika Anda membuka sebuah blog. Misalnya Anda ingin membeli sebuah smartphone tapi tidak bisa menentukan brand dan model apa yang ingin Anda beli. Anda sendiri bingung bukan? Kebanyakan orang membuka Google dan memasukkan kata kunci di kotak pencarian seperti “smartphone terbaik”.

Kemudian Anda akan membaca sebuah blog atau menonton video yang didapat dari hasil pencarian Google tersebut. Biasanya blogger dan youtuber akan memberikan link untuk mengunjungi halaman pembelian produk tersebut. Nah tanpa Anda sadari bahwa link yang Anda klik tersebut adalah sebuah affiliate link. Jika Anda melakukan transaksi melalui link tersebut, maka blogger atau youtuber tersebut akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Contoh lainnya misalnya seperti ini: X memperkenalkan suatu produk pada si Y. Jika si Y membeli produk yang perkenalkan oleh X, maka pemiliki produk tersebut akan memberikan komisi kepada X.

Secara singkat, affiliate marketing adalah proses dimana Anda mempromosikan produk milik orang lain dan mendapatkan komisi. Pelaku affiliate mendapatkan komisi, sementara pihak penyelenggara akan mendapatkan penjualan yang lebih banyak ketimbang menjual produknya sendiri.

Saat ini banyak para penggiat affiliate menggunakan metode ini karena keuntungan atau komisi yang didapatkan relatif besar jika dibandingkan dengan metode lainnya. Banyak para affiliate marketer yang sudah mendapatkan penghasilan ribuan bahkan puluhan ribu dollar setiap harinya. Komisi yang ditawarkan juga bervariasi tergantung dari masing-masing pihak yang bersangkutan. Biasanya rata-rata komisi penjualan bisa mencapai 10% hingga 65% tergantung dari kesepakatan.

Bagaimana dengan affiliate marketing di luar negeri? Konsepnya sebenarnya sama, tapi mungkin yang berbeda hanya strategi dan metode yang digunakan.

Jenis Affiliate Marketing

Beberapa metode dari affiliate marketing yaitu Payment per call, payment per sale, payment per lead, dan payment per instal. Mari kita bahas satu per satu.

Payment per call

Di Indonesia, jenis ini belum begitu terkenal, jarang digunakan, bahkan belum ada yang mengadopsinya. Tapi di luar negeri metode payment per call sudah sangat familiar. Cara kerja dari metode ini adalah affiliate marketer akan diberikan komisi jika ada calon klien yang menelepon mengenai produk yang direkomendasikan.

Payment per lead

Affiliate marketer akan mendapatkan komisi jika berhasil merekomendasikan produk kepada calon kliennya. Misalnya ketika saya mengiklankan toko computer A, kemudian orang yang saya rekomendasikan tersebut masuk ke toko tersebut. Maka saya mendapatkan komisi. Biasanya metode Payment per lead ini sering dijumpai pada saat registrasi form, memasukkan nomor hp dan email atau kartu kredit.

Payment per sale

Payment per sale hampir mirip dengan payment per lead, namun penggunaannya lebih spesifik lagi. Affiliate marketer akan mendapatkan komisi setelah orang yang kita romekomendasikan membeli produknya. Metodi ini seing kita jumpai pada afiliasi ClickBank dan Amazon.

Payment per install

Anda mungkin sudah bisa menebak dengan metode ini? Ya, affiliate marketer akan mendapatkan komisi jika program aplikasi atau software yang mereka rekomendasikan diinstall oleh yang telah telah direkomendasikan. Bentuknya bisa berupa aplikasi computer maupun smartphone.

Misalnya Anda ketika membuka sebuah aplikasi Facebook atau Instagram di smartphone. Biasanya akan banyak iklan yang mengarahkan Anda untuk install suatu game atau aplikasi. Nah inilah merupakan salah satu contoh dari model payment per install.

Istilah lainnya untuk affiliate marketing adalah CPA (Cost per Action), keduanya memiliki konsep yang hampir sama. Akan tetapi penggunaan affiliate marketing lebih kepada penjualan, sementara CPA lebih mengarah pada hal lainnya.

Keuntungan Affiliate Marketing

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menjalankan bisnis affiliate marketing. Berikut ini beberapa keuntungannya.

Passive Income

Affiliate marketing tidak akan membuat bekerja dengan durasi yang lama, Anda hanya perlu bekerja satu kali saja, yaitu memasukkan link ke website yang Anda punya. Kemudian Anda akan mendapatkan komisi setiap ada orang yang melakukan transaksi melalui link tersebut. Tentu saja ini bisa menjadi passive income bagi Anda.

Anda tidak harus bekerja setiap hari, misalnya bekerja dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore kemudian Anda akan dibayar sesuai dengan jam kerja. Dengan affiliate marketing, Anda akan mendapatkan passive income kapan saja tanpa harus banyak bekerja.

Tak perlu modal besar

Anda tidak membutuhkan modal besar jika ingin mendalami dunia affiliate marketing. Anda bisa memulainya dengan membangun sebuah website atau blog, kemudian monetasi dengan affiliate marketing. Anda hanya perlu membuat website atau blog sendiri dan mendaptarkannya untuk program affiliate. Banyak program ini yang tersedia di internet secara gratis. Jadi, yang Anda butuhkan hanya domain dan hosting, bahkan jika membuat blog di blogger tanpa harus ada biaya hosting.

Kemudian Anda harus membuat konten yang benar-benar berkualitas. Bagi Anda yang memiliki banyak waktu luang, lebih baik membuat konten sendiri. Akan tetapi Anda juga bisa membayar orang lain untuk menulis kontennya dengan cara membelinya dari penulis freelance.

Jam kerja fleksibel

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis affiliate marketing, tentu saja jangan membuang pekerjaan utama Anda dan hanya mengandalkan affiliate marketing sebagai penghasilan utama. Anda tentu saja butuh waktu sebelum akhirnya benar-benar bisa mendapatkan keuntungan dari affiliate marketing. Anda bisa bekerja untuk diri Anda sendiri tanpa harus mengganggu pekerjaan utama Anda. Sebab bisnis online ini memiliki jam kerja yang fleksibel.

Mempelajari keterampilan baru

Anda tidak butuh seorang guru atau pembimbing affiliate marketing expert untuk memulai bisnis affiliate marketing. Anda bisa mempelajari bisnis ini sendiri dan mempraktikannya. Selain itu, ada beberapa cara untuk bisa menjalankan dan mengelola program-program affiliate marketing.

Cara Menjadi Affiliate Marketer

Pertama-tama, tentu saja Anda harus mendapatkan produk atau jasa yang ingin dipromosikan. Anda bisa mendaptarkannya memlalui Affiliate Network atau CPA Netrowk. Anda juga bisa mendaptar di merchant yang memiliki program affiliasi, tetapi Anda harus mendaptar sebagai member dari sistem penjualan mereka. Pada dasarnya banyak sekali di internet program-program affiliate network. Anda tinggal pilih satu saja.

Untuk pendaftarannya sendiri bisa dikatakan susah-susah gampang. Sebab Anda biasanya akan di-review terlebih dahulu oleh pihak manajemen dan tidak langsung diterima begitu saja. Tapi hal ini menurut saya wajar-wajar saja karena affiliate network juga ingin menjaga kredibilitas perusahannya.

Anda diharuskan mengisi formulir pendaftaran sekaligus juga menyetujui berbagai kebijakan yang telah dibuat oleh pihak perusahaan, misalnya tidak boleh spam, over traffic, pencemaran nama baik, dll. Bahkan ada juga beberapa Affiliate Network yang menerapkan aturan ketat dalam menerima affiliasi. Merkea mengharuskan Anda memberi verifikasi nomor telepon atau minimal chat di Skype.

Tentu saja perjanjian sangat penting karena apabila Anda melanggar kebijakan yang telah disepakati, Anda bisa saja dikeluarkan dari program affiliasi mereka. Dari sekian banyak program affiliate network yang bertebaran di internet, Anda bisa menjajal salah satu dari affiliate network popular berikut: AdsmilisClickDealerCPAWayF5MediaMatomyMaxBountyNeverBluePeerFly. Untuk pendatang baru lebih baik mendaftar di PeerFly karena lebih mudah dibandingkan dengan affiliate network yang lainnya.

Selain affiliate network yang telah saya sebutkan sebelumnya, ada juga yang menawarkan kemitraan secara mobile, misalnya adalah AppFlood, Tapgerine, dan YeahMobi. Bahkan di Indonesia juga ada situs-situs afiliasi, diantaranya sebagai berikut.

  • IDAFF: Anda bisa menjual berbagai produk seperti buku, CD, seminar, training, produk digital, dll.
  • Ratakan: Marketplace local yang menjual berbagaimacam produk digital.
  • Yuk Bisnis: Anda bisa menjual produk yang lebih beragam, bahkan turut disertakan juga training dan seminar.
Jika diterima, biasanya akan ada panel khusus seperti “program mitra”, “pendapatan asosiasi”, atau “sharing program”. Anda jangan bingung karena semuanya memiliki maksud yang sama yaitu affiliate marketer. Hanya istilah atau kata-kata saja yang membedakannya.

Anda juga akan tergabung di dalam sistem pemasaran affiliate, dimana di dialamnya juga akan ada banyak pemain lainnya. Beberapa affiliate network juga menyediakan affiliate manager untuk membantu keperluan Anda. Cobalah berdiskusi atau menanyakan berbagai hal padanya, setidaknya untuk meningkatkan penjualan afiliasi Anda.

Lalu bagaimana cara mempromosikan offer?

Offer merupakan produk/jasa/layanan yang disediakan oleh affiliate network. Untuk memulainya, Anda perlu merekomendasikan suatu produk melalui link khusus para affiliater, atau dikenal juga sebagai affiliate link. Dari sinilah Anda bisa mulai mempromosikan suatu produk.

Sebelumnya Anda harus mengetahui dengan pasti link afiliasi tersebut bisa digunakan sebab hal ini sangat penting. Misalnya Anda mempromosikan produk dengan link afiliasi. Ketika ada orang yang membeli melalui link afiliasi tersebut, maka penjualan itu akan masuk ke dalam komisi.

Cara Membuat Media Promosi Untuk Affilate Marketing

Untuk membangun pondasi saluran penawaran, Anda bisa menggunakan media promosi. Ini juga bisa memaksimalkan hasil penawaran Anda ke konsumen. Beberapa media dan saluran promosi yang bisa Anda gunakan adalah: Line@, Email List, Fanspage Facebook, Facebook Group, Telegram Group, Blog, Website atau Landing page. Beberapa media tersebut harus anda isi dengan konten yang informatif, jangan hanya sekedar menjual saja. Anda harus bisa mengedukasi konsumen dari yang belum tahu menjadi tahu, dan akhirnya membeli/menggunakan produk afiliasi Anda.

Cara Mencari Sumber Trafik

Setelan Anda diterima oleh affiliate network, kemudian mempromosikan produk, dan membuat media promosi, tahap selanjutnya adalah mencari sumber trafik. Trafik ini tentu saja sangat dibutuhkan karena semakin banyak orang pada media untuk ditawarkan, maka semakin berpeluang pula penjualan yang akan Anda hasilkan. Umumnya, ada dua metode yang paling tokcer untuk mendapatkan trafik, yaitu dengan cara free traffic dan paid traffic.

Free Traffic

Free traffic merupakan cara mencari sumber trafik dengan memanfaatkan layanan gratisan untuk mendapatkan pengunjung, misalnya adalah optimasi SEO blog, Youtube, atau Social Media Network. Kelebihan yang dimiliki oleh metode ini Adalah Anda tidak harus mengeluarkan modal yang banyak karena memanfaatkan fitur gratisan. Minimal Anda hanya butuh modal untuk pembuatan website atau landing page atau kebutuhan SEO.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Bisnis Online Affiliate Marketing Lengkap Dengan Panduannya

Free Traffic ini sangat direkomendasikan bagi Anda para affiliate marketer pemula karena belum memiliki cukup modal untuk melakukan paid traffic. Yang namanya gratisan tidak lebih baik dibandingkan dengan yang berbayar. Setiap yang namanya gratisan pasti ada kelemahan yang tersembunyi di dalamnya.

Misalnya ketika Anda mengandalkan teknik SEO untuk mencari trafik. Dengan demikian teknik ini tentu saja membutuhkan pihak ketiga seperti Google. Bila Google update algoritma, tentu saja website Anda akan mengalami penurunan trafik yang cukup signifikan, bahkan hilang dari pencarian. Dengan demikian, pendapatan Anda yang awalnya adalah 10 juta/bulan bisa langsung anjlok menjadi 1 juta/bulan, bahkan lebih parah dari itu.

Bukan itu saja, teknik SEO ini juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk membuat website menjadi rank 1 di laman Google dengan cari white SEO itu memerlukan waktu yang relatif lama. Meski sudah di halaman 1 pun, mungkin akan didepak oleh kompetitlor lain atau dari Google sendiri. Anda tentu saja bisa memprediksi hal-hal tersebut.

Kemudian kelemahan yang lainnya adalah penghasilan yang terbatas. Jika Anda hanya mengandalkan 1 sumber trafik saja dari Google, maka pendapatan Anda akan tetap begitu-begitu saja. Banyak para affiliate marketer yang berpengalaman sudah tidak lagi menggunakan Google. Mereka akan lebih suka mengandalkan paid traffic meskipun harus berbayar. Tapi trafik gratisan masi bisa diandalkan untuk Anda yang memiliki modal terbatas. Baca juga: Panduan 6 Bisnis Online Terbaik Rumahan Dengan Modal Kecil Dan Menjanjikan Tahun 2019

Paid Traffic

Anda tentu saja membutuhkan modal jika ingin mendapatkan banyak trafik dengan cara ini. Para affiliate marketer biasanya lebih suka menggunakan Google AdWords ketimbang harus menunggu hasil dari SEO berbulan-bulan secara gratis. Dengan metode ini, situs Anda bisa langsung berada di posisi atas pencarian dalam sekejap. Inilah kelebihan yang dimiliki oleh paid traffic.

Google AdWords merupakan salah satu contoh untuk mengiklankan produk Anda di Google. Anda bisa melakukannya di Facebook Ads, Email Adverstising atau Instagram Ads. Dengan demikian, Anda tidak hanya akan mendapatkan trafik dari Google saja. Trafik Anda akan berasal dari yang lainnya.

Beberapa hal lainnya yang harus Anda lakukan jika ingin menggunakan paid traffic:
  • Mendaftar di ad network
  • Membuat desain iklan, yaitu iklan text ad dan banner ad
  • Membuat landing page, tidak mesti tapi hasilnya akan lebih bagus
  • Tracking, untuk mengetahui performa iklan kita perlu tracking tool
Inti dari paid traffic tentu saja kita harus mengeluarkan biaya lebih sedikit dibandingkan pendapatan yang diterima. Misalnya Anda mengeluarkan biaya sebesar $10 untuk pasang iklan. Dari iklan ini Anda mendapatkan penghasilan $15, dengan begitu Anda mendapatkan keuntungan sebesar $5. ROI (Return of Investment) dari iklan ini adalah ($5/$15) x 1005 = +33.33%.

Memang mendapatkan ROI positif itu tidaklah instan, tapi melalui analisa-analisa. Tapi ketika sudah ROI positif, kita bisa tingkatkan pendapatan berlipat ganda. Misalnya dari hasil di atas saya keluarkan $1000 untuk iklan dalam sehari, maka pendapatannya adalah $1500 atau keuntungannya adalah $500 per hari.

Bagi seorang pemula, modal minimal yang dibutuhkan yaitu sekitar $1000-$2000 untuk memulainya. Modal ini harus direlakan tanpa pendapatan sepeserpun, itu adalah antisipasi kemungkinan terburuknya. Dari modal awal ini kita akan mempelajari bagaimana membaca data dan bagaimana sifat data yang kita dapatkan. Dengan begitu kita bisa menghasilakn ROI yang positif ke depannya.

Kategori Pasar Affiliate Marketing

Kalau Anda bisa fokus pada satu kategori, maka peluang untuk berhasilnya akan lebih besar. Jika target dalam satu niche sudah terpenuhi, Anda bisa beralih ke niche yang lainnya. 

Untuk kategori pasar dalam affiliate marketing memang cukup banyak, Anda bisa memilih salah satu dari niche berikut: E-Course, Finansial, Fitness, Gaming, Peluang Bisnis, Peluang Digital, Kesehatan (skin care dan kecantikan), Giveaway/Freebies/Sweeptakes, Mobile Apps install & contents, Wieght loss, dll. Ini adalah beberapa contoh niche yang popular, masih banyak lagi yang lainnya. Tentu saja ini tegantung dari pihak affiliate network itu sendiri.

Penutup

Secara sederhananya, Anda hanya perlu melakukan hal-hal ini jika ingin menjadi affiliate marketer: mendaftar di affiliate network, membuat media promosi, memilih niche, memilih offer, mencari sumber trafik, dan menganalisa pendapatan atau mendapatkan ROI yang positif.

Anda harus berani mencoba untuk bereksperimen dan siap gagal jika memang ingin menjadi seorang affiliate marketer yang sukses. Jangan percaya dengan omongan orang yang bisa menghasilkan ratusan juta secara instat, semuanya butuh proses. Anda butuh tenaga, waktu, dan biaya.

Jangan menganggap remeh affiliate dan internet marketing karena semuanya mengarah pada strategi pemasaran digital. Kita seharusnya bisa memperlakukan ini seperti pada bisnis konvensional, bukan sebalikya.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment