CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Panduan Lengkap Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Terpercaya Secara Online

Panduan Lengkap Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Terpercaya Secara Online

Panduan Lengkap Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Terpercaya Secara Online

Cecepkocep - Salah satu faktor yang menentukan bisnis online dropshipper dan reseller adalah supplier atau tangan pertama. Kedua bisnis online ini paling populer saat ini, meskipun penghasilan yang didapatkan dari penjualannya tidak begitu besar. Tapi jika Anda benar-benar bisa memaksimalkan kedua bisnis online ini, saya yakin Anda bisa sukses.

Mencari supplier tangan pertama atau pemasok barang akan mempengaruhi kemampuan Anda dengan kompetitor, entah itu bersaing pada harga, mengantarkan produk tepat waktu, memenuhi permintaan konsumen, hingga Anda bisa menentukan margin keuntungan yang Anda dapatkan.
Nah dalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang panduan mencari supplier tangan pertama. Penasaran seperti apa langkah-langkahnya? Yu kita lihat pembahasannya di bawah ini.

#1. Tentukan kebutuhan Anda

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah menentukan kebutuhan Anda. Ada 3 pilihan yang bisa Anda lakukan sebelum mencari supplier. Ketiga pilihan ini umum disitilahkan sebagai Marketer, Reseller, dan Dropshipper.

  • Marketer: Tugas Anda hanyalah berfokus pada pemasaran dan komunikasi dengan supplier serta pelanggan. Keuntungan yang Anda dapatkan juga ditentukan oleh supplier, dengan begitu Anda tidak bisa semena-mena dalam menentukan harga untuk memperoleh keuntungan.
  • Reseller: Jika Anda punya modal untuk membeli barang dalam jumlah tertentu dari supplier, Anda bisa menjadi reseller. Akan tetapi Anda juga membutuhkan tempat untuk menyimpan barang Anda. 
  • Dropshipper: Jika Anda memang tidak punya modal besar dan tempat untuk menyimpan barang, Anda bisa mempetimbangkan untuk menjadi dropshipper. Tugas Anda disini adalah hanya untuk memasarkan dan berkomunikasi dengan supplier atau pelanggan, sementara yang mengurus pengiriman barang adalah supplier.

#2. Tentukan Sumber Produk

Setelah menentukan kebutuhan Anda, langkah yang selanjutnya adalah menentukan dari manakah produk kita berasal, apakah berasal dari luar negeri (impor) atau dalam negeri?. Keduanya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jadi Anda harus mempertimbangkan keduanya sebelum memutuskan dari manakah produk yang akan Anda jual dari mana.

Keuntungan produk dan supplier dalam negeri

  • kualitas produk yang relatif bagus karena disesuaikan dengan standar kerja yang tinggi,
  • komunikasi lebih sederhana,
  • mudah untuk memeriksa reputasi supplier, apalagi di dalam satu daerah yang sama,
  • pengiriman barang lebih cepat, dan
  • keamanan pembayaran serta kekayaan intelektual lebih baik.

Kekurangan produk dan supplier dalam negeri

  • biaya produksi lebih tingg,
  • produk kurang beragam.

Keuntungan produk dan supplier luar negeri (impor)

  • Biaya produksi kecil,
  • produk sangat beragam, dan
  • lebih banyak varian dari produsen dan supplier.

Kekurangan produk dan pemasok luar negeri (impor)

  • Kualitas lebih rendah,
  • pola kerja yang sangat rendah karena tergantung dari negara,
  • pembayaran dan perlindungan kekayaan intelektual tidak nyaman,
  • komunikasi lebih sulit karena terkendala bahasa,
  • sulit dalam memeriksa asal produk atau reputasi pemasok, 
  • pengiriman serring tertunda dan ongkos angkut, dan
  • ketergantungan pada pelepasan produk oleh bea cukai.

#3. Mulai Mencari supplier online terpercaya

Langkah yang ketiga adalah mulai mencari. Sebenarnya mencari supplier tangan pertama yang paling mudah dilakukan dan terbukti efektif adalah secara offline. Anda bisa mendatangi langsung pasar-pasar grosir di dekat daerah Anda. Dengan begitu, Anda bisa dengan nyata melihat kualitas produk yang akan dijual dan yang paling penting Anda tidak tidak perlu khawatir akan tertipu.

Akan tetapi buat Anda yang berada di daerah yang jauh dari pasar-pasar grosir atau supplier tangan pertama secara langsung akan sulit. Sebab umumnya grosir-grosis tangan pertama berada di daerah pulau Jawa, misalnya adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Jadi, buat Anda yang tinggal di luar pulau Jawa akan sangat sulit mencari supplier tangan pertama.

Salah satu solusinya yaitu dengan mencari supplier tangan pertama secara online. Sebab saat ini sudah banyak situs-situs atau website yang bisa menjadi pehubung antara supplier dan customer. Salah satu kelemahan utama ketika Anda mencari supplier tangan pertama secara online adalah sering terjadinya penipuan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang beredar banyak di dunia internet. Maka dari itu Anda harus benar-benar jeli dalam menentukan grosis yang tepat sebagai supplier tangan pertama. Berikut ini  cara mudah mencari supplier secara online.

1. Melalui Website atau Toko Online

Salah satu cara untuk mencari supplier online adalah dengan mencari website atau toko online yang menjual barang dengan harga yang relatif lebih murah dari daerah kita, dengan begitu Anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Anda bisa menemukan supplier toko online dengan cara mengetikan kata kunci yang berhubungan dengan barang yang Anda cari. Misalnya:

"supplier baju muslim murah"
"suplier mainan anak"
"grosir baju anak murah"
"grosir baju tanah abang"
"supplier tas import"

Intinya, sebisa mungkin Anda coba berbagai kata kunci, sebab hanya mengandalkan satu kata kunci saja sangat sulit untuk menemukan website atau toko online supplier yang tepat.

2. Melalui Marketplace

Di Indonesia sudah banyak marketplace yang berfungsi untuk mengumpulkan para pedagang online di seluruh Indonesia. Mungkin Anda sudah kenal dengan BukalapakTokopedia, dan Shopee. Di ketiga marketplace ini kita bisa menemukan banyak pedagang yang menjual beraneka ragam barang. Kemudian diantara mereka ada yang menjual barang langsung dari pabriknya atau grosir sehingga harga yang mereka jual relatif lebih murah. Jika menginginkan produk dari luar negeri, Anda bisa mengunjugi marketplace Alibaba atau Aliexpress.

Nah Anda bisa langsung cek satu persatu para supplier di marketplace tersebut dengan membandingkan harganya, harga yang lebih murah memiliki kemungkinan besar untuk kita jadikan supplier pertama. Saya tekankan ya itu 'hanya kemungkinan', Anda juga harus cek beberapa hal lainnya, diantaranya adalah:

  • Feedback dari pelanggan

Para pedagang yang jujur biasanya selalu mendapatkan feedback ataupun testimoni yang bagus dari pelanggan mereka. Anda bisa lihat feedback mereka di menu feedback pada masing-masing marketplace. Dengan begitu, Anda bisa menilai pedagang tersebut, apakah layak untuk dijadikan supplier atau tidak.

  • Waktu terakhir login

Selain itu Anda juga harus lihat kapan pedagang tersebut online di marketplace. Jika penjual yang kita cari profesional, mereka pasti akan mengecek akun marketplace mereka setiap hari untuk melayani pesanan pelanggan mereka.

  • Ketersediaan barang

Salah satu ciri supplier pertama biasanya memiliki ketersediaan barang atau stock yang tidak terbatas. Dengan begitu, Anda bisa memesannya kapanun dan berapapun jumlahnya.

  • Alamat dan kontak yang jelas

Pastikan juga bahwa penjual harus memiliki alamat dan kontak yang jelas dan tidak terkesan ditutupi. Jika alamat dan kontak jelas, mereka kemungkinan besar tidak punya niat yang tidak baik kedepannya. 

Jika Anda sudah menemukan penjual di marketplace dengan ciri-ciri di atas, Anda bisa menjadikan mereka sebagai supplier. Sebab kemungkinan mereka merupakan penjual yang sudah terpercaya.

3. Melalu Forum Bisnis Online

Jangan lupa juga untuk cek forum-forum  online popular saat ini di Indonesia, sebab meskipun jarang, tapi ada juga pedagang-pedagang maupun member yang memberikan informasi mengenai supplier atau bisnis yang lainnya. Anda bisa cek forum KaskusBersosial, dan forum-forum lainnya.

#4. Kontak Calon Supplier

Jika memang Anda sudah menemukan supplier yang tepat, anda harus menghubungi mereka dengan benar. Email yang anda kirimkan harus benar-benar jelas. Pertimbangkan 5 hal ini: jumlah pesanan minium, harga per sampel, harga produksi, waktu pengiriman, dan syarat pembayaran.

#5. Mulai Negosiasi

Sudah umum bagi supplier meminta Anda untuk membeli produk dalam jumlah yang minimum pada pesanan pertama Anda. Hal ini tentu saja akan membuat Anda rugi jika memiliki dana yang terbatas atau pembelian barang dalam jumlah yang sedikit. Sebaliknya, pembelian yang lebih besar hampir selalu dinegosiasikan dalam harga dan unit. Maka dari itu, Anda harus memahami motivasi di belakang minimnya permintaan. Dengan cara inilah Anda bisa bernegosiassi dengan lebih baik dan menawarkan penawaran yang layak.

#6. Memasuki Kemitraan

Tahap ini bertujuan untuk menemukan produsen atau supplier untuk ide produk Anda. Memang tidak singkat untuk menemukan pabrikan, kunci utamanya adalah sabar. Banyak penyewa yang membuat hal ini menjadi pengalaman baru dan mudah frustasi dalam menghadapi kesulitannya.

Produk yang dipilih untuk dijual secara online adalah dasar pasti untuk operasi toko online Anda. Semua keputusan yang Anda buat, termasuk juga desain situs web, komunikasi dengan pelanggan, dan biaya operasi sangat dipengaruhi oleh produk Anda.

Penutup

Mencari supplier tentu saja sangat penting untuk Anda yang ingin memulai bisnis reseller atau dropshipper. Tapi tidak kalah penting juga untuk menemukan supplier untuk ide produk Anda, terutama di tahap formatif toko online Anda.

Kalau Anda lihat tahapan di atas sangat mudah, tapi Anda juga perlu hati-hati dalam memilih supplier. Jadi, lebih baik Anda duduk dan dan berpikir ditemani secangkir kopi untuk menjalankan bisnis online secara strategis mengenai produk yang akan Anda jual.

GOOD LUCK!!
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

Post a Comment