CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Tutorial, Cara Bermain, dan Build Item Esmeralda Terbaru Mobile Legends Bang Bang Terbaru 2019

Tutorial, Cara Bermain, dan Build Item Esmeralda Terbaru Mobile Legends Bang Bang Terbaru 2019

Tutorial, Cara Bermain, dan Build Item Esmeralda Mobile Legends Bang Bang
Esmeralda Mobile Legends
Cecepkocep - Salah satu hero yang terdapat di game Mobile Legends Bang Bang adalah Esmeralda. Dia merupakan hero tank mage dengan specialitiy rogen dan poke. Esmeralda ini memang bisa memberikan damage berupa magical damage dan physical damage. Kemudian dia memiliki kemampuan regen yang sangat baik serta bisa poke musuh sedikit demi sedikit.

Esmeralda memiliki durability atau daya tahan yang sangat besar, bahkan untuk offense-nya pun juga terbilang sangat besar untuk ukuran hero tank. Efek ability yang dia miliki juga lumayan besar karena dia juga merupakan mage. Tingkat kesulitan yang dia miliki sangat kecil, jadi kita bisa dengan mudah untuk menguasai hero ini.

Nah dalam artikel kali ini, saya akan membahas mengenai skill-skill yang dimiliki oleh Esmeralda beserta rekomendasi build itemnya. Untuk itu, yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Kelebihan dan kelemahan Esmeralda Mobile Legends

Semua hero yang ada di game bergenre MOBA termasuk juga Mobile Legends memili kelebihan dan kelemahan. Esmeralda sendiri juga memilikinya. Dengan mengetahui kelebihannya, kita bisa lebih mengoptimalkan kemampuannya, sementara mengetahui kelemhannya akan membuat kita berhati-hati ketika bermain.

Kelebihan

  • Mudah Digunakan
Esmeralda ini merupakan hero yang sangat mudah untuk digunakan karena memiliki tingkat kesulitan yang biasa-biasa saja. Mungkin kamu butuh beberapa kali latihan untuk menguasai hero ini. Terlebih semua skill Esmeralda ini memiliki kemungkinan besar untuk mengenai musuh.
  • Shield tak terbatas
Esmeralda ini merupakan tank yang bisa dikatakan sangat keras karena memiliki shield yang sangat besar. Apalagi jika kita kombinasikan dengan item lainnya yang memberikan status armor dan magic resistence. Esmeralda memiliki cara yang unik untuk mendapatkan shieldnya. Dia bisa mencuri shield yang dimiliki oleh musuh. 
  • Bisa menembus shield musuh
Esmeralda ini memiliki skill pasif yang bisa menembus shield yang dimiliki oleh musuh. Meskipun shield yang dimiliki oleh musuh sangat tebal, tapi itu akan sia-sia. Damage dari Esmeralda akan tetap masuk tanpa terhalangi oleh shield.

Dengan demikian, Esmeralda ini bisa menjadi counter dari hero-hero yang punya shield. Misalnya adalah Akai, Hilda, Hanabi, dan tentu saja Harith. Mungkin Esmeralda ini bisa menjadi counter Harith karena hingga saat ini bisa dikatakan masih over power. Esmeralda ini juga bisa menjadi counter dari iem Athena's Shield.
  • Regen HP Tinggi
Karena specialitiy yang dimiliki oleh Esmeralda adalah regen, maka tentu saja regen HP yang dimiliki olehnya sangat tinggi. Dia bisa mengkonversi shield yang dimilikinya menjadi HP. Kemampuan ini akan lebih optimal lagi jika kita gabungkan dengan item Oracle yang bisa meningkatkan efek regen sebesar 25%.
  • Cooldown skill relatif cepat
Bisa dikatakan kalau Esmeralda ini memiliki cooldown skill yang relatif singkat, kecuali skill ultimate-nya. Pada level maksimal, cooldown dari skill 2 yaitu 3,5 detik (tanpa item cooldown reduction). Saya cooldown skill 2 yang singkat tentu saja akan membuat skill 1 juga akan sering digunakan. Sebab menggunakan skill 2 akan mengurangi cooldown dari skill 1 selama 1 detik.

Kelemahan

  • Tidak punya skill engange dan kabur
Meskipun Esmeralda ini merupakan tank yang sangat tebal dengan shield-nya, tapi dia memiliki kelemahan tidak bisa mendekati musuh. Satu-satunya skill yang bisa melakukan hal ini hanyalah skill ketiganya. Akan tetapi skill ini memiliki cooldown yang relatif lama. Dengan begitu, Esmeralda juga sangat mudah untuk diciduk karena tidak punya skill kabur. Salah satu kemampuan utamanya hanya bisa mendapatkan shield secara unlimited.
  • Tidak punya skill Crowd Control
Selain tidak memiliki skill engange, Esmeralda juga tidak memiliki skill crowd control. Dengan begitu, Esmeralda kurang begitu efektif jika kita gunakan sebagai hero tank. Sebab sebagian besar hero tank di meta sekarang memiliki skill CC. Jadi hero hero hanya berfokus pada shieldnya saja tanpa ada skill CC sama sekali.
  • Mudah Kena Gank
Seperti sudah saya singgung sebelumnya bahwa Esmeralda itu tidak punya skill kabur, salah satu skill blink yang dia miliki hanyalah skill ultimatenya. Selain itu, dia juga tidak punya skill immune atau kebal, dengan begitu juga akan sanga mudah untuk kena CC musuh. Untuk regen HPnya sendiri juga bisa dicounter dengan item Blade Armor atau Necklace of Durance. 

Tips Skill Esmeralda

Esmeralda ini merupakan hero yang memiliki shield sangat besar. Sebab dia bisa mendapatkannya dari skillnya serta bisa mencuri shield dari musuh. Berikut ini skill-skill yang dimiliki oleh Esmeralda dan cara memaksimalkannya. 

Skill Pasif: Starmoon Casket

Esmeralda bisa memanipulasi kekuatan Stardust dan Frostmoon. Setiap basic attack dan skillnya akan memberikan damage sebanyak dua kali, stardust akan memberikan physical damage dan frostmoon akan memberikan magical damage. Dengan begitu, Esmeralda memiliki damage hybrid, yakni physical dan magical damage.

Kemudian basic attak dan skill dari Esmeralda ini akan memberikan targetnya sebuah shield yang setara dengan 150% dari damage yang dia berikan oleh frostmoon (magical damage). Dengan begitu, semakin besar magical damage yang dia miliki, maka akan semakin tebal shield yang dia berikan terhadap musuh.

Meskipun memberikan shield pada musuh, akan tetapi damage yang Esmeralda berikan akan mengabaikannya. Dengan begitu, Esmeralda ini sangat bagus untuk counter hero-hero yang punya shield seperti Akai, Hilda dan Harith. Kemudian shield yang dimiliki oleh Esmeralda akan dikonversi menjadi HP-nya.

Skill 1: Frostmoon Shield

Esmeralda akan mengeluarkan shield bagi dirinya sendiri sebesar 350(+100% Total Magic Power). Dengan begitu, semakin besar magic power yang dia miliki, maka akan semakin besar pula shield yang akan dia dapatkan dari skill 1 ini. Selain itu, skill ini juga akan meningkatkan movement speed-nya sebesar 40% dalam waktu singkat. Jadi, selain akan memiliki shield, movement speed Esmeralda juga akan meningkat.

Sementara itu, Esmeralda akan mengubah shield yang ada di sekitar musuh menjadi shield dirinya sendiri. Tetapi transformasi ini tidak sekaligus, tapi bertahap. 

Skill 2: Stardust Dance

Esmeralda akan mengeluarkan kekuatan stardust dan frostmoon dengan memberikan 210(+60% Total Physical Attack) sebagai physical damage dan 210 (+90% Total Magic Power) sebagai magic damage. Mengeluarkan skill ini akan mengurangi cooldown dari skill 1 selama 1 detik.

Skill 2 ini bersifat DPS (damage per second) yang berlangsung selama beberapa detik. Skill ini mirip seperti skill 2 Hylos yang bersifat area. Dengan begitu, skill ini bisa kita maksimalkan dengan menggunakan item Ice Queen Wand untuk memberikan efek slow pada musuh yang berada di area kita.

Skill 3: Falling Starmoon

Esmeralda akan melakukan charge kemudian blink ke arah yang kita tentukan. Semakin lama kita menekan skill 3, maka semakin besar kekuatannya. Sebelum blink ke arah yang kita tentukan, Esmeralda akan menembakkan kekuatan stardust dengan damage sebesar 350(+90% Total Physical Attack) sebagai physical damage. Kemudian setelah blink, dia akan memberikan kekuatan frostmoon dengan damage sebesar 350(+140% Total Magic Power) sebagai magic damage.

Cara Bermain Esmeralda

Esmeralda ini merupakan hero yang bisa mendominasi di sepanjang permainan. Di early game dia bisa memberikan damage yang lumayan besar. Sementara di late game akan membuatnya memiliki shield yang sangat besar. Berikut ini cara bermain Esmeralda Mobile Legends

Early Game

Di awal permainan, dia bisa memberikan damage yang lumayan besar sebab dia bisa memberikan magic damage. Selain itu, dia juga memiliki daya tahan yang besar karena skill pertamanya bisa memberikan dia shield. Sebelum bermain, kita harus tentukan dulu apakah Esmeralda ini akan kita jadikan tank atau mage. Jika di tim kita kurang tameng, kita bisa gunakan tank. Jika kurang damage, lebih baik dijadikan damage saja.

Bermainlah aman terlebih dahulu di early game dan usahakan untuk mencapai level 4 secepat mungkin. Ingat ya, Esmeralda itu diak punya skill kabur selain skill 3. Kemudian dia juga sangat mudah kena gank, jadi kalian harus bermain hati-hati.

Mid Game

Jika peran kalian adalah mage maka bermainlah aman di belakang hero tank kalian. Di fase ini usahakan untuk menjadikan core item terlebih dahulu. Jangan bermain terlalu agresif jika Clock of Destiny dan Lightning Truncheon jadi. Sebab kombinasi kedua item ini akan membuat damage kalian semakin besar.

Jika kalian menjadikan Esmeralda sebagai tank, usahakan untuk menjaga hero carry kalian. Jadikan item magic res dan armor supaya kalian tidak mengandalkan shield. Dengan magic res dan armor, tentu saja Esmeralda akan menjadi semakin keras dan sulit dibunuh.

Late Game

Di fase ini kalian harus hati-hati dengan hero fighter dan marksman musuh. Sebab di fase ini mereka sudah jadi. Usahakan untuk menjaga hero carry kalian atau menekan hero carry musuh supaya tidak memberikan damage pada hero carry tim kita. Di fase ini, seharusnya shield yang diperoleh Esmeralda sudah sangat besar. 

Kombinasi Hero Esmeralda

Esmeralda ini sangat bagus untuk dikombinasikan dengan hero lainnya, apalagi dengan hero-hero damage dealer seperti marksman. Dia benar-benar bisa menjadi tameng bagi tim. Akan tetapi akan lebih bagus lagi jika dikombinasikan juga dengan tank lain yang punya kemampuan crowd control seperti Minotaur.

Esmeralda sangat bagus untuk melawan hero-hero yang punya shield seperti Hilda, Akai, dan Harith. Sebab dia bisa mencuri shield musuh. Dengan begitu Esmeralda bisa menjadi counter hero-hero yang punya shield. Untuk melawan hero-hero marksman dan fighter pun juga sangat kuat, asalkan dilengkapi dengan armor dan magic res yang tinggi.

Esmeralda harus hati-hati pada musuh yang memiliki kemampuan crowd control. Sebab dia sangat mudah kena ganking oleh musuh, apalagi dengan skill CC. Terlebih dia juga tidak punya skill kabur selain skill ultimatenya. Kita juga harus hati-hati pada musuh yang membeli item Necklace of Durance.

Build item Esmeralda

Sebenarnya Esmeralda ini merupakan hero yang sangat fleksibel, kita bisa menjadikannya mage, tank, bahkan fighter sekalipun. Jika di tim kita kekurangan magical damage, kita bisa menggunakan Esmeralda sebagai tank. Jika di tank kekurangan tameng, kita bisa gunakan tank, jika kekurangan hero DPS, kita bisa menggunakannya sebagai fighter.

Esmeralda juga memiliki damage hybrid yaitu magical dan physical damage. Akan tetapi saya lebih preper untuk memaksimalkan magical damage-nya. Sebab shield yang dia akan dapatkan akan semakin besar jika magical power yang dia miliki juga besar.

Berikut ini rekomendasi build item Esmeralda menurut saya.
Rekomendasi build item Esmeralda Mobile Legends
Rekomendasi build item Esmeralda Mobile Legends

Baris yang pertama bisa kita gunakan jika ingin menjadikan Esmeralda sebagai fighter. Ini merupakan kombinasi antara item mage dan defense. Baris yang kedua adalah build item mage jika, sementara baris yang ketiga adalah build item tank. 

Untuk sepatu, kita bisa menggunakan Arcane Boots jika menggunakan build item mage. Item ini sangat membantu untuk menembus magic res musuh. Jika menggunakan fighter atau tank lebih baik memakai Warrior Boots atau Tough Boots saja. Warrior boots berfungsi untuk armor sementara Tough Boots untuk magic res.

Clock of Destiny berfungsi untuk magic damage. Item ini akan memberikan +65 Magic Power, +615 HP, dan 600 mana. Jumlah HP dan magic damage dari item ini akan bertambah lagi, maksimal hingga 10 stack atau 5 menit. Setiap 30 detiknya, item ini akan memberikan 30 HP dan 5 Magic Attack. Dan jika sudah 5 menit setelah item ini jadi, maka kita akan mendapatkan 300 mana dan 5% magic power. Jadi, jumlah total mana dari item ini adalah 900 dan HP 915.

Kemudian untuk item yang selanjutnya adalah Lightning Truncheon yang berfungsi untuk Magic Power, mana, dan cooldown reduction. Item ini juga sanga bagus dikombinasikan dengan item sebelumnya yaitu Clock of Destiny. Sebab damage dari item Lightning Truncheon akan besar jika mana yhang kita miliki juga besar. Sementara item Clock of Destiny memberikan mana yang sangat besar yaitu 900 mana.

Item yang selanjutnya adalah Concentrated Energy yang berfungsi untuk magical lifesteal. Dengan efek ini, kita bisa regen HP ketika memberikan skill pada target. Selain itu, item ini juga akan memberikan tambahan HP yang lumayan besar. Dengan begitu, item Concentrated Energy ini akan membuat kita menjadi lebih durable.

Fleeting Time berfungsi untuk cooldown reduction, dengan begitu kita akan lebih sering spam skill, terutama ultimate. Item yang selanjutnya adalah Divine Glaive yang berfungsi untuk menembus magic resistence musuh. Cocok untuk melawan hero-hero tank yang punya magic res tinggi.

Jika kalian ingin menjadikan Esmeralda ini hero fighter, mungkin butuh item Thunder Belt dan Wings of the Apocalypse Queen. Thunder Belt akan membuat kita bisa mengeluarkan true damage, cooldown reduction, armor, dan tentu saja mana regen. Sementara item Wings of the Apocalypse Queen akan membuat HP kita lebih tebal lagi karena memberikan tambahan HP yang lumayan besar.

Jika kalian akan menjadikan Esmeralda sebagai hero tank, maka lebih baik gunakan build item baris ketiga. Menurut saya, item tank utama untuk Esmeralda itu adalah Oracle dan Clock of Destiny. Tapi itu juga menyesuaikan dengan kondisi permainan. Sebab tank itu tidak harus terpaku pada satu item saja, tapi menyesuaikan dengan skill hero dan kondisi permainan.

Emblem dan Spell

Untuk embelmnya sendiri, kita bisa menggunakan Custom Support Emblem dengan susunan seperti gambar di bawah ini. Atau kita juga bisa menggunakan Custom Mage Emblem.
Tutorial, Cara Bermain, dan Build Item Esmeralda Mobile Legends Bang Bang
Custom Support Emblem
Tutorial, Cara Bermain, dan Build Item Esmeralda Mobile Legends Bang Bang
Custom Mage Emblem

Untuk spell, kita bisa menggunakan flicker untuk memudahkan Esmeralda kabur atau engange musuh. Atau kita juga bisa menggunakan stun untuk memberikan crowd control pada musuh, terlebih Esmeralda tidak punya skill crowd control.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

Post a Comment