CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Tutorial, Cara Bermain, dan Build Item Grock Mobile Legends Terbaru 2019

Tutorial, Cara Bermain, dan Build Item Grock Mobile Legends Terbaru 2019

Tutorial, Cara Bermain, dan Build Item Grock Mobile Legends Terbaru 2019

Cecepkocep – Grock merupakan salah satu tank yang ada di game Mobile Legends Bang Bang. Hero ini sering digunakan dalam beberapa season ke belakang dan nampaknya masih akan berlanjut popular di season 12. Grock ini memang benar-benar tank yang sangat berbahaya dan menjadi rebutan di tier Legend ke atas.

Grock ini memiliki damage yang sangat besar meskipun dia adalah hero tank. Damage dari skill 1 dan 3 di early game benar-benar bisa membuat darah musuh (marksman, assassin, mage) sekarat. Selain itu, dia juga memiliki kemampuan immunity atau kebal terhadap semua efek Crowd Control musuh. Selain itu, dia juga punya durability yang sangat besar dan memiliki mobilitas yang sangat bagus untuk roaming.

Dalam turnamen-turnamen Mobile Legens saperti MPL (Mobile Legends Professional League), Grock ini selalu saja digunakan. Sebab hero ini sangat berbahaya, apalagi sudah berada di tangan yang jago seperti Donkey. Selama kita bisa bisa memanfaatkan skill pasif dan skill 1, Grock ini sangat berbahaya.

Dalam artikel kali ini, saya akan berbagi mengenai tutorial, cara bermain, dan build item Grock Mobile Legends. Untuk itu yuk kita lihat pembahasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kelemahan Grock

Semua hero yang ada di Mobile Legends tentu saja memiliki kelebihan dan kelemlahan, termasuk juga Grock. Dengan mengetahui kelebihannya, kita akan tahu potensi dari hero dan bisa mengoptimalkan potensi tersebut. Sementara mengetahui kelemahannya akan membuat kita bisa berjaga-jaga atau berhati-hati ketika bermain. Berikut ini kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh Grock.

Kelebihan

  • Damage Besar
Salah satu hal yang membuat Grock itu spesial dibandingkan dengan tank yang lain adalah damage-nya yang mengerikan, terutama di early game. Skill 1 dan ultimate-nya akan menghasilkan damage yang besar, apalagi jika skill ultimate ini berhasil menubruk tembok. Damage dari skill 1 benar-benar akan membuat hero musuh sekarat, apalagi hero-hero lembek seperti marksman, assassin, dan mage. Dua pukulan saja cukup untuk membuat musuh balik ke base. Dengan kelebihan ini, jangan heran kalian kalian melihat Grock sangat agresif dari awal permainan. Yaa, memainkan hero ini harus benar-benar agresif dari awal permainan juga.
  • Punya Skill Immune
Kelebihan lainnya yang membua Grock spesial dari tank lainnya adalah punya skill immune. Dengan kemampuan ini, Grock akan kebal terhadap semua efek Crowd Control musuh. Selama kita charge skill 1 di dekat tembok atau turret, Grock akan immune terhadap semua efek CC. Makanya hero ini benar-benar ngeselin dan cocok digunakan di meta sekarang dimana sebagian besar hero memiliki skill CC.
  • Tank sangat keras
Semua hero tank tentu saja sangt tebal karena memiliki HP, armor, dan magic res yang tinggi. Tetapi durability Grock ini akan semakin besar lagi, yaitu ketika dirinya berada di dekat turret atau tembok. Di level maksimal, magic res dan armor Grock akan meningkat sebesar 135 poin ketika berada di dekat tembok dan turret. Kalian bisa bayangkan kerasnya dia di late game dengan item yang sudah full.
  • Mobilitas tinggi
Berkat skill pasifnya, Grock memiliki mobilitas yang tinggi. Sebab ketika dia berada di dekat tembok, selain meningkatkan magic res dan armor, movement speed dia juga akan meningkat sebesar 10%. Apalagi jika dikombinasikan dengan item Rapid Boots, kenceng banget. Maka dari itu kalau lagi jalan, usahakan untuk selalu berada di dekat tembok. 
  • Bisa isolasi musuh
Kemudian Grock ini juga memiliki kemampuan yang bisa mengisolasi musuh ketika teamfight. Skill keduanya akan mendirikan tembok yang bertahan selama 5 detik. Tembok ini bisa kita memanfaatkan untuk mencegat musuh yang ingin kabur. Ketika war, skill ini sangat berguna untuk menginsiasi serangan yang dikombinasikan dengan skill ketiganya. 

Kelemahan

  • Boros mana
Inilah yang paling saya benci dari Grock. Ketika menggunakan skill 1, mananya akan benar-benar terkuras, apalagi di early game. Dengan begitu, menggunakan emblem tank akan membuat kita kewalahan dengan pengaturan mana-nya. Sementara skill 1 harus kita spam untuk memberikan damage dan supaya meningkatkan durability. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan emblem mage. Penjelasannya bisa dilihat dengan terus scroll ke bawah.
  • Skill 2 bisa blunder
Bagi user newbie, skill 2 Grock ini bisa juga menimbulkan malapetaka bagi tim. Misalnya kita salah nempatin temboknya, niatnya mau nyelamatin tim kita, yang ada malah membuat mereka kena gank musuh. Maka dari itu, kita jangan gunakan Auot Aim ketika menggunakan skill 2, kita harus mengarahkannya.

Tips Skill Grock

Skill utama bagi Grock itu adalah skill pasif dan skill 1. Kombinasi dari skill ini akan membuat Grock kebal terhadap semua efek CC musuh. 

Skill Pasif: Ancestral Gift

Setiap Grock berada di dekat turret atau tembok, movement speed-nya akan meningkat sebesar 10%. Bukan itu saja, physical and magical defense-nya juga akan meningkat sebesar 23-135 poin (meningkat seiring dengan meningkatnya level).

Pasif ini harus kita manfaatkan semaksimal mungkin dengan cara selalu berada di dekat tembok atau turret, bahkan ketika berjalan sekalipun karena untuk mendapatkan tambahan movement speed. Dalam kondisi menyerangpun, kita usahakan harus berada di dekat tembok atau turret.

Skill 1: Power of Nature

Grock akan mengangkat senjatanya untuk menyerang target yang ada di dekatnya dan akan memberikan physical damage sebesar 300(+40% Total Physical Attack). Kemudian akan menurunkan movement speed musuh selama 2 detik. Jika menggunakan skill 1 berada di dekat tembok atau turret, maka Grock akan immune atau kebal terhadap semua efek crowd control. 

Skill 1 Grock ini bersifat area, tapi serangannya adalah jarak dekat dan jangkaunnya juga tidak luas. Dengan begitu kita harus berada di dekat musuh. Bukan itu, skill ini benar-benar sakit di awal game, maka dari itu maksimalkan skill ini dibandingkan skill 2. Jika kita melepaskan skill 1 ketika sudah full, maka damage yang dihasilkan akan besar. Akan tetapi kalian jangan lepaskan skill 1 supaya bisa immune terhadap CC musuh, kemudian juga berfungsi untuk mengurangi cooldown dari skill ini.

Skill 2: Guardian’s Barrier

Grock akan mengeluarkan gelombang ke arah yang kita tentukan dan akan memberikan physical damage sebesar 300(+50% Total Physical Attack). Kemudian gelombang ini akan mengeluarkan tembok yang akan bertahan selama 5 detik.

Skill 2 ini sangat berguna untuk memblokade musuh atau mencegat jalar keluar musuh, dengan begitu musuh akan membuat musuh sulit kabur. Akan tetapi kita harus mengarahkan skill ini, jangan auto aim. Sebab jika kamu asal-asalan mengeluarkan skill ini, bisa saja hanya akan merugikan tim kita sendiri.

Skill 3 (Ultimate): Wild Charge

Grock akan menyeruduk ke depan dan memberkan physical damage sebesar 300(+50% Total Physical Attack) kepada musuh di sepanjang jalur skill ini. Jika mengenai tembok, skill ini akan memberikan damage sebesar 600(+150% Total Physical Attack) dan akan mengurangi skill ini sebesar 30%.

Skill ini juga akan memberikan damage sangat besar apalagi jika berhasil menyeruduk tembok atau turret. Skill ini bisa kita gunakan untuk inisiasi serangan atau mencari celah untuk memulai teamfight. Skill ini juga akan juga akan memberikan efek immune, tapi jarang player yang bisa mengaktifkan kemampuan ini. Skill 3 ini juga bisa kita gunakan untuk kabur.

Cara Bermain Grock

  • Early Game
Di awal permainan, bukan skill 1 terlebih dahulu dan bantu clear minion tim kita yang ada di tengah, tapi jangan sampai last hit. Berikan last hit pada hero carry tim kalian. Gunakan skill 1 dari dalam rumput untuk memberikan serangan kejutan pada musuh, usahakan untuk mengarahkannya pada hero carry musuh di tengah (biasanya mage atau marksman). Kemudian bantu untuk ambil buff. Fokus utama kalian di fase ini adalah mencapai level 4 secepat mungkin untuk membukan skill 3.

  • Mid Game
Grock itu harus bermain roaming dari satu lane ke lane yang lain, jangan diam di satu lane saja. Selalu lindungi hero carry kalian dan bantulah farming dengan catatan jangan sampai ambil last hit. Fokus utama kita di fase ini adalah menjadikan dua core item. Ketika war, usahakan berada di dekat tembok supaya Grock bisa lebih tebal. Gunakan skill 2 dan 3 untuk menginisiasi serangan.

  • Late Game
Di fase ini, tugas utama kalian adalah menjaga hero carry kalian atau menekan hero carry musuh supaya tidak memberikan damage pada tim kita. Selalu gunakan skill 1 di dekat turret supaya bisa kebal terhadap efek CC. Skill 1 di dekat tembok ini akan membuat Grock sangat sulit untuk dibunuh. Gunakan skill 3 untuk inisasi serangan dan arahkan ke hero carry musuh di belakang.

Kombinasi Hero Grock

Grock itu sangat kuat melawan hero-hero marksman maupun fighter di early game. Di late game pun masih, akan tetapi kita perlu dibantu dengan teman kita supaya bisa ada yang memberikan damage. Hero ini sangat kuat untuk melawan semua hero yang punya efek CC seperti Selena, Kagura, Hanabi, dan Minotaur.

Grock sangat bagus jika kita kombinasikan dengan hero-hero damage dealer seperti marksman. Akan tetapi lebih cocok jika dikombinasikan dengan Moskov, Badang, dan Khufra. Dengan hero apapun Grock ini sangat cocok karena perannya adalah tank yang berfungsi untuk menahan damage musuh.

Akan tetapi kita harus hati-hati jika berhadapan dengan Karrie dan Lunox. Karrie bisa memberikan true damage, dengan begitu bisa mengabaikan armor yang kita miliki. Sementara Lunox memiliki magical penetration yang tinggi, dengan begitu magic res kita bisa ditembus dengan dia. Di hadapan dua hero tersebut, Grock harus berhati-hati.

Build Item Grock Terbaru

Banyak player yang menggunakan build full tank dan semi tank ketika menggunakan Gorck ini. Akan tetapi saya lebih sering menggunakan build tank supaya Grock saya sangat tanky. Seperti apa itemnya? Yuk kita lihat di bawah ini.

Tutorial, Cara Bermain, dan Build Item Grock Mobile Legends Terbaru 2019
Rekomendasi Build Item Grock

Item pertama adalah sepatu, tapi sepatu yang biasa saya gunakan adalah Wizard Boots yang berfungsi untuk gold ketika mendapatkan assist. Akan tetapi jika sudah late game item ini saya ganti dengan Warrior Boots atau Tough Boots. Tapi kadang di early game saya membeli Rapid Boots supaya Grock bisa lari lebih cepat. Perlu kamu ketahui bahwa Grock itu merupakan tank yang harus roaming.

Jika di tim musuh banyak hero magical, maka di item kedua ini saya jadikan Athena’s Shield terlebih dahulu. Item ini akan memberikan magic resistance sangat besar. Selain itu tambahan HP dari item ini sangat membantu Grock untuk mempertebal darahnya. Selain itu, shield dari item ini juga sangat berguna dari early hingga late game. Sebab semakin lama permainan, shield yang diberikan oleh item ini akan semakin besar.

Item yang ketiga saya membeli Dominance Ice yang berfungsi untuk armor. Item ini juga akan mengurangi critical chance musuh sebesar 10%, kemudian akan memberikan status cooldown reduction sebesar 10%. Saya lebih memakain item ini dibandingkan Blade Armor yaitu karena bisa mengurangi attack speed musuh sebesar 30%. Tentu saja sangat berguna untuk melawan hero-hero marksman yang punya attack speed tinggi di late game. Akan tetapi untuk mengaktifkan pasif dari item ini, kita harus benar-benar dekat berada di dekat target.

Item yang keempat adalah Immortality. Item ini akan membuat kita seperti memiliki 2 nyawa, sebab setelah kita mati, kita bisa hidup kembali dengan HP dan shield yang sangat membantu kita untuk kabur. Akan tetapi pasif ini sangat lama, jadi harus bisa memnfaatkannya sebaik mungkin. 

Item yang kelima adalah Courage Bulwark. Saya membeli item ini jika posisi tim sedang mendominasi permainan. Item ini akan berfungsi untuk memberikan buff pada teman kita ketika war, dengan begitu damage dari teman-teman kalian akan benar-benar sakit. Jika tidak sedang mendominasi permainan, saya membeli item Antique Cuirass yang berfungsi untuk mengurangi damage musuh sebesar 18%. Sangat cocok untuk melawan hero-hero assassin dan fighter seperti Fanny dan Martis.

Item yang terakhir adalah Sky Guardian Helmet yang berfungsi untuk regenerasi HP. Dengan begitu kita tidak perlu balik ke base jika darah sedang sekarat. Kita hanya perlu diam di dekat turret atau tembok supaya regen HP dari Grock semakin cepat. 

Emblem dan Battle Spell

Untuk emblem saya lebih suka menggunakan Custom Support Emblem. Susunannya yaitu 3x Agility (movement speed), 3x Recovery (Regen HP dan mana), untuk talent yang terakhir adalah Focusing Mark yang berfungsi untuk meningkatkan damage teman kita ketika kita berhasil memberikan damage pada musuh.

Tutorial, Cara Bermain, dan Build Item Grock Mobile Legends Terbaru 2019
Custom Assassin Emblem

Emblem ini sangat cocok untuk Grock karena movement speed Grock akan semakin meningkat, tapi yang paling penting adalah regen mana-nya. Seperti sudah saya singgung bahwa Grock itu merupakan tank yang sangat boros mana, jadi dengan emblem ini tidak akan terlalu boros. Jika menggunakan emblem tank, mana kalian akan boros dan akan sering ke base hanya untuk ngisi mana. 

Tapi ada satu hal yang harus kalian perhatika ketika menggunakan Custom Support Emblem, yaitu HP dan defense Grock tidak akan terlalu tebal seperti menggunakan Custom Tank Emblem. Tapi saya rasa tidak masalah selama kita bisa memaksimalkan pasif dari Grock yaitu dengan selalu berdiri di dekat tembok.

Untuk spell, saya lebih sering menggunakan Flicker yang berfungsi untuk mengejar musuh ataupun kabur. Tapi kadang juga menggunakan Retribution untuk mencuri monster buff musuh, kadang juga menggunakan Execute. Tapi sesuaikan saja dengan gameplay kalian masing-masing.

Penutup

Grock ini merupakan tank yang sangat bagus untuk digunakan di season 12 ini. Dia punya damage yang benar-benar mengerikan di early game, punya kemampuan immune terhadap semua efek Crowd Control musuh, kemudian sulit diciduk karena punya movement speed yang besar, dan yang paling penting dia juga memiliki durability yang sangat besar. Selama kita bisa memanfaatkan skill pasif dan skill pertamanya, Grock ini sangat sulit untuk dibunuh.

Itulah pembahasan kali ini mengenai tutorial Grock yang ada di game Mobile Legends Bang Bang. Semoga bermanfaat. Jangan lupa beristirahat dan bermainlah secukupnya. Terima kasih.

Lihat juga: 
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment