CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Review, Cara Main dan Build Item Clint Mobile Legends - Tutorial Hero Mobile Legends

Review, Cara Main dan Build Item Clint Mobile Legends - Tutorial Hero Mobile Legends

Clint Mobile Legends - Sumber: Majestygamers
Clint merupakan salah satu marksman yang terdapat di game Mobile Legends Bang Bang. Marksman yang satu ini dikenal memiliki damage yang sangat besar dengan basic attack-nya. Selain itu, Clint juga sangat lincah.

Gameplay dari Clint ini mirip seperti Moskov dan Lesley. Dia punya kemampuan penetrate seperti Moskov melalui skill pasifnya. Clint juga memiliki permainan tarik ulur seperti Lesley karena bergantung pada kombo skill dan basic attack.

Dalam artikel kali ini, Cecepkocep akan membahas lebih jauh mengenai Clint Mobile Legends. Kita akan mulai dari kelebihan dan kelemahannya hingga pada rekomendasi build itemnya. Untuk itu yuk kita lihat pembahasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kelemahan Clint Mobile Legends

Semua hero yang ada di game MOBA, termasuk Mobile Legends juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Dengan mengetahui kelebihannya, kita bisa memaksimalkan semua potensi yang dimiliki oleh hero. Sementara mengetahui kelemahannya akan membuat kita lebih berhati-hati ketika bermain.

Kelebihan Clint Mobile Legends

  • Jarak Tembak Jauh


Clint ini merupakan marksman yang memiliki jarak tembak cukup jauh dibandingkan dengan Karrie dan Moskov. Tapi jarak tembak Clint masih jauh dibandingkan dengan Layla. Range dari skill pasifnya sangat jauh, bahkan bisa menyerang tower dari luar jangkauannya.

  • Burst Damage tinggi dan masal

Yang paling menakutkan dari Clint ini adalah memilliki burst damage yang tinggi dan bersifat area (garis lurus). Burst damage tinggi ini dihasilkan dari skill pasifnya yang akan aktif setelah mengeluarkan skill. Skill pasif ini akan menembus musuh dalam satu area garis lurus (seperti skill pasif Moskov).

Pasif Clint ini sangat cocok untuk membunuh lawan secara sekaligus. Apalagi semua skill Clint memiliki cooldown yang relatif singkat dan skill 3 bisa digunakan sebanyak 5 kali.

  • Gesit

Berkat skill keduanya, Clint menjadi marksman yang cukup gesit. Dia bisa meloncat ke arah yang kita tentuka dan akan membuatnya cukup lincah dalam permainan. Skill kedua ini juga bisa kita gunakan untuk kabur atau mengejar musuh. Skill ini juga bisa kita gunakan untuk positioning untuk memaksimalkan skill pasifnya.

  • Skill Poke yang bagus

Range dari skill pasif Clint ini sangat jauh, bahkan di luar jangkauan turret sekalipun. Selain itu damage yang diberikan juga sangat besar dan bisa menembus musuh secara sekaligus. Dengan demikian, Clint ini bisa menjadi marksman di Mobile Legends yang paling bagus untuk bermain poke dan tarik ulur (seperti gameplay Lesley).

  • Punya Skill Slow


Skill 1 Clint akan memberikan crowd control berupa slow (meskipun kurang efektif). Skill ini akan mengeluarkan bom asam di tengah-tengah kerumunan musuh, dengan begitu musuh akan melambat dan hit rate mereka akan berkurang.

Kemapuan ini tentu saja sangat bagus jika digunakan untuk teamfight. Setidaknya skill ini akan membuat musuh berpikir dua kali untuk mendekati kita dan berusaha untuk menghindari bom asam.

Kelemahan Clint Mobile Legends

  • Boros Mana

Untuk memaksimalkan skill pasifnya, maka dia harus sering mengeluarkan skill-skillnya. Dengan begitu kita harus spam skill supaya pasif dari Clint bisa bekerja. Dengan sering spam skill, maka kita akan boros dalam pemakaian mana.

Tapi untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan item Demon Shoes untuk mana regen. Akan tetapi di late game harus kalia ganti dengan item sepatu lainnya. 

  • Bergantung pada item

Sebenarnya semua skill aktif Clint tidak memberikan damage begitu besar, tapi basic attack dari pasifnyalah yang paling berbahaya. Karena bergantung pada basic attack, dia membutuhkan sekali item. Buiild item sangat menentukan seberapa output damage yang diberika oleh basic attack Clint.

Jadi bisa kita katakan kalau Clint ini merupakan salah satu marksman yang sangat OP di Mobile Legends karena memiliki sedikit kelemahan. Dia memiliki jarak tembak yang sangat jauh, kemudian punya kemampuan semi crowd control, punya skill kabur, dan tentu saja punya burst damage yang besar dan masal.

Tips Skill Clint Mobile Legends

Pasif: Quick Draw

Setiap mengeluarkan skill, basic attack berikutnya akan 'menembus' semua musuh yang berada di dalam garis lurus. Basic attack ini akan memberikan damage sebesar 120% basic attack.

Dengan demikian, pasif dari Clint ini bisa memberikan serangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan basic attack-nya.

Pasif dari Clint ini akan maksimal jika kita menemabak musuh secara garis lurus. Dengan demikian, kita bisa clear lane dengan sangat cepat. Selain itu, jika kita bisa memposisikan diri dengan baik, maka kita bisa mendapatkan lebih banyak lifesteal.

Sebab semakin banyak musuh yang kena hit, maka semakin banyak pula lifesteal yang akan kalian dapatkan. Cara main Clint ini merupakan gabungan dari Moskov dan Lesley.

Perlu kita ketahui ya bahwa pasif dari Clint akan keluar jika kita mengeluarkan skill dan menggunakan basic attack. Oleh sebab itu, gunakakanlah skill Clint se-efektif mungkin dan atur posisi secara sejajar.

Skill 1: Blind Smoke

Skill 1 Clint yaitu akan memberika bom asap dan memberika physical damage sebesar 150-300(+50% Total Physical Attack). Musuh yang berada di dalam asap akan berkurang movement speed-nya sebesar 60% dan hit rate-nya juga akan berkurang 25%. Jika hit rate berkurang, kemungkinan besar serangan musuh akan miss atau tidak mengenai kita.

Kita bisa menanggu teamfight dengan cara melemparkan bom asap ke area musuh. Dengan demikian, movement speed musuh akan berkurang. Selain itu, serangan mereka akan miss atau tidak mengenai target.

Untuk memaksimalkan skill pasif, kita bisa terus spam skill 1 sebanyak mungkin. Sebagian besar player sering melakukan hal ini, tapi itu tidak salah.

Skill 2: Heel Rope

Clint akan melakukan dash ke belakang sembari menembakkan jaring ke arah depan. Musuh yang terkena jaring akan mendapatkan physical damage sebesar 140-240(+30% Total Physcal Attack)+((30% Total Magic Power). Musuh yang terkena jaring ini juga akan terkean efek slow.

Skill 2 ini bisa kita gunakan untuk kabur maupun mengejar musuh dengan cara memanfaatkan dash-nya. Jarak dash dari skill 2 Clint ini cukup jauh, jadi kita bisa menggunakannya untuk menembus dinding.

Tapi satu hal yang perlu kalian ketahui dari skill 2 Clint ini, yakni dash skill yang berlawanan. Misalnya jika kita mengarahkan skill 2 ke depan, maka kita akan loncat ke belakang. Begitu juga sebaliknya.

Skill 3: Howitzer

Clint akan menembakkan sebuah granat ke arah yang kita tentukan dan akan meledak jika mengenai musuh. Skil 3 ini akan memberikan physcal damage sebesar 230-350(+50% Total Physical Attack). Skill 3 ini bisa kita gunakan sebanyak 3 kali.

Skill 3 ini sangat bagus kita spam supaya pasif dari Clint sering keluar. Oleh sebab itu, gunaka kombo skill - basic attack - skill - basic attack. Dengan demikian, pasif dari Clint akan sering keluar dan memberikan damage ke semua musuh yang berada dalam garis lurus dan tentu saja damage-nya juga akan lebih tinggi.

Kita juga bisa memaksimalkan pasif Clint ini dengan membeli item Endless Battle dan Thunder Belt. Kedua item ini akan memberikan true damage dan akan bekerja bersamaan. Efek slow dari Thunder Belt uga sangat berguna, apalagi pasif dari Clint bisa menembus musuh secara garis lurus.

Kombo Clint Mobile Legends

Sebenarnya yang paling berbahaya dari Clint ini adalah skill pasifnya. Tapi untuk mengaktifkan skill ini, kalian harus menggunakan skill terlebih dahulu. Skill utama dari Clint adalah pasifnya. Critical damage yang dihasilkan oleh Clint adalah karena pasifnya.

Jadi Kombo dari Clint itu bisa kita gambarkan sebagai berikut.

Skill + Basic Attack + Skill + Basic Attack

Selain memaksimakan pasif dari Clint, kita juga bisa membeli item Endless Battle dan Thunder Belt supaya basic attack Clint menghasilkan true damage.

Gameplay Clint Mobile Legends

  • Early Game

Di awal permainan, fokuslah untuk farming terlebih dahulu. Maksimalkan skill 1 terlebih daulu karena skill ini akan sering kita gunakan di sepanjang permainan. bermainlah agresif jika sudah memiliki dua item core (Endless Battle dan Berserker's Fury).

  • Mid Game

Di fase ini, ikutlah ganking seperlunya saja. Jika memang tim kita benar-benar membutuhkan kita, maka ikutlah teamfight. Jika tidak, sebaiknya kita farming terlebih dahulu sampai dua item utama kita jadi. Sebab damage dari Clint ini belum begitu terasa jika core item belum jadi.

Jika item utama kita sudah jadi, bermainlah agresif. Usahakan untuk ada yang membackup kita seperti tanker atau fighter. Dengan demikian kita bisa bebas free hit pada musuh. Hati-hati pada assassin musuh seperti Natalia dan Saber.

  • Late Game

Di fase ini, seharusnya item utama kita sudah jadi dan bermain agresif. Di fase ini seharusnya kita sudah bisa mendominasi permainan karena damage yang kita berikan sudah besar. Hati-hati juga terhadap hero-hero assassin late game seperti Saber dan Natalia. Sebab mereka bisa membunuh kita hanya dengan sekali kombo saja.

Kombinasi Hero Clint Mobile Legends

Clint ini sangat bagus untuk melawan hero-hero marksman lainnya. Kita bisa memanfaatkan range dari skill pasifnya unuk poke atau menicil darah musuh sedikit demi sedikit. Akan tetapi harus berhati-hati ketika melawan Layla karena jarak tembak dia jauh lebih luas dibandingkan Clint.

Clint ini juga bisa melawan hero-hero fighter sekalipun, akan tetapi harus menjalankan strategi hit and run dengan kombo skill 1 dan 2. 

Clint ini sangat bagus jika dikombinasikan dengan hero-hero yang bisa memberikan crowd control area, misalnya ultimate Tigreal dan Minotaur. Clint juga sangat bagus dikombinasikan dengan Gatotkaca.

Akan tetapi, kita harus hati-hat jika melawan hero-hero assassin seperti Fanny, Karina, Natalia, Saber, dan Helcurt. Kita akan kesulitan untuk melawan Fanny karena hero ini sangat lincah. Sementara itu, basic attack kita tidak akan mempan terhadap Karina ketika menggunakan skill 1.

Sementara itu, Natalia dan Helcurt memiliki crowd control berupa efek silent. Efek ini akan membuat Clint tidak bisa mengeluarkan skilll selama beberapa detik. Dalam keadaan seperti ini, Natalia dan Helcurt bisa menyerangnya dengan mudah.

Build Item Clint Mobile Legends

Build item Clint Mobile Legends ini tergantung situasi dan kondisi permainan. Akan tetapi, menurut saya pribadi item utama dari Clint ini adalah Endless Battle dan Berseker's Fury. Berikut ini build item Clint Mobile Legends versi Cecepkocep.
Build item Clint Mobile Legends
Build item Clint Mobile Legends
Item yang pertama sudah pasti sepatu ya, tapi sepatu yang saya gunakan adalah Demon Shoes. Selain untuk meningkatkan movement speed, item sepatu ini juga berfungsi untuk mana regen. Selama kalian bisa kill, assist, atau last hit minion, mana kalian akan regen kembali. Jika sudah late game, item ini akan saya ganti dengan Swift Boots.

Item yang selanjutnya adalah Berserker's Fury yang berfungsi untuk memberikan critical damage pada musuh. Seperti sudah saya singgung sebelumnya bahwa pasif dari Clint ini menghasilkan damage yang besar, maka dari itu saya maksimalkan dengan item ini.

Item yang ketiga adalah Endless Battle yang berfungsi untuk lifesteal, mana regen, HP, dan lain-lain. Selain itu, item ini juga akan membuat basic attack kalian memberikan true damage pada musuh setelah menggunakan skill.

Item yang keempat biasanya saya membeli item Blade of Despair yang berfungsi untuk memperbesar damage kita, kemudian lanjut ke Scarlet Phantom untuk memaksimalkan item Berserker's Fury.

Jika di tim musuh banyak tank, maka saya akan membeli item Malefic Roar yang berfungsi untuk menembus armor musuh. Atau saya akan membeli item Thunder Belt untuk memberikan efek slow tambahan. Jika pertandingan sudah benar-benar late game, saya biasanya beli Immoralitiy.

Jangan terpaku pada item di atas. Kalian harus sesuaikan dengan gameplay kalian dan kondisi permainan. Ini hanya rekomendasi saja, tapi kalau mau coba silahkan.

Emblem dan Spell

Untuk emblem, saya biasanya menggunakan Custom Assassin Emblem. Susunannya talentnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini, yaitu 3 movement speed, 3 physical penetration, dan talent Bounty Hunter untuk mendapatkan gold ketika berhasil kill lawan.
Emblem Clint Mobile Legends
Untuk spell, biasanya saya menggunakan Retribution supaya bisa farming lebih cepat. Atau bisa juga membeli item Aegis untuk menghindari one combo kill seperti Harley dan Eudora. Jika ingin mendapatkan skill kabur tambahan, saya biasanya pakai flicker. Jadi intinya sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Itulah guys tutorial kali ini tentang Clint Mobile Legends. Jangan lupa untuk mengunjungi blog Cecepkocep untuk mendapatkan artikel terbaru. Sekian dan Terima kasih.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment