CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Review, Cara Main dan Build Item Khufra Mobile Legends - Tutorial Hero Mobile Legends

Review, Cara Main dan Build Item Khufra Mobile Legends - Tutorial Hero Mobile Legends

eview, Cara Main dan Build Item Khufra Mobile Legends
Khufra Mobile Legends
Khufra merupakan hero baru yang ada di game Mobile Legends Bang Bang. Dia merupakan role tank dan memiliki speciality Crowd Control dan Initiator. Dia punya kemampuan crowd control berupa efek knock up

Kalau kita lihat secara statistik, Khufra ini durability atau daya tahan yang sangat besar. Wajar saja karena dia adalah role tank. Kemudian offense dan efek Ability yang dia miliki juga lumayan besar untuk hero tanker. Kemudian dia juga punya tingkat kesulitan yang biasa-biasa saja, jadi kita bisa lebih mudah untuk menguasai hero ini.

Khufra ini sangat bagus untuk melawan hero-hero yang memiliki skill blink seperti Harith, Lancelot, bahkan Fanny. Jika kalian bisa memposisikan diri dengan tepat, mereka tidak bisa mengeluarkan skill blink, yang ada mereka akan terkena efek knock up.

Nah dalam artikel kali ini, Cecepkocep akan membahas jauh lebih dalam lagi mengenai Khufra. Tak lupa juga para artikel kali ini akan dibahas mengenai rekomendasi build item Khufra. Untuk itu, yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Story Khufra Mobile Legends

Di sebelah barat bagian Land of Dawn terdapatlah sebuah gurun pasir yang sangat luas. Dan di tengah gurun pasir yang luas itu terdapat sebuah kota yang sangat megah. Meskipun kota ini sudah berdiri sangat lama, pasir gurun tidak pernah bisa menelan kota megah ini. Kota ini dipimpin oleh Khufra.

Khufra merupakan seorang raja yang sangat tamak dan dingin, bahkan lebih dingin dari es. Saking tamaknya, Khufra mulai menjajah seluruh wilayah yang berada di bagian Western Desert (gurun barat).

Khufra tidak sendiri untuk mengkeskplorasi daerah kekuasaannya. Dia memiliki pasukan yang besar yang disebut Arnak. Suatu ketika, Khufra dan pasukanya tiba di kerajaan Minoan Empire yang juga berada di daerah Western Desert.

Minoan Empire merupakan kerajaan dan tempat tinggal bangsa Minotaur. Kedatangan Khufra ke kerajaan ini tidak lain hanya untuk menjajahnya demi memenuhi ketamakan akan kekuasaannya. Tapi, bangsa Minoan bukanlah bangsa yang sangat mudah untuk dikuasai.

Untuk menaklukan kerajaan Minoan, Khufra tidak kehabisan akal. Dia meminta seorang peramal yang terkenal di Land of Dawn. Tapi, peramal tersebut sudah mengetahui niat jahat yang akan dilakukan oleh Khufra dan menolaknya. Alhasil, nyawa peramal tersebut langsung dilenyapkan.

Akan tetapi, ketamakan dan kedinginan yang dimiliki oleh Khufra malah menjadi daya tarik bagi seorang penyihir yang kuat bernama Eslora. Eslora jatuh hati dan sangat mencintai Khufra. Oleh karena itu, dia membantu Khufra denga kekuatan magis yang dia miliki.

Tetapi Khufra malah semakin menjadi-jadi, bahkan dia berpikir untuk mengusai seluruh Land of Dawn. Kemudian meminta Eslora untuk memberikan seluruh kekuatan macisnya. Tapi Eslora menolaknya dan memutuskan untuk menyelamatkan Khufra dari kebencian.

Tapi hal itu sia-sia karena sifat tamak Khufra sudah tidak bisa dipatahkan lagi. Keinginannya untuk menguasai Land of Dawn sangatlah kuat. Hingga pada suatu malam, Eslora datang untuk meluk Khufra. Tanpa diduga, ternyata Khufra membacakan mantra kutukan terhadap Khufra.

Khufra tidak mengetahui bahwa Eslora tengah memberikan kekuatan hebat kepadanya. Tiba-tiba Khufra merasakan dirinya sangatlemat, dia melihat Eslora dan mencoba menghentikannya. Tapi Eslora tidak berhenti membacakan mantra kutukannya.

Khufra tidak menyangka bahwa orang yang sangat dia cinta tengah menghukum dirinya. Eslora menangis sembari menyelesaikan mantranya. Mantra ini membuat Khufra tertidur selamanya.
Eslora lebih baik melakukan hal itu dibandingkan harus melihat orang dia cintai dibenci atau disakiti oleh orang lain atau musuhnya. Sejak saat itu, kedamaian tercipta di daerah Western Desert.

Akan tetapi, ratusan tahun kemudian sebuah bencana terjad di daerah western desert. Ada sebuah gelombang energi tinggi dari Twilight Orb yang membangunkan Khufra dari tidur panjangnya.

Khufra terbangun dengan rasa benci dan amarah. Dia tidak bisa menerima penghinaan dari kekasihnya. Bahkan kekuatan dan hasratnya semakin menjadi kuat dari sebelumnya. Dia bersumpah untuk mencari Eslora dan melanjutkan misinya menguasai seluruh Land of Dawn.

Kelebihan dan Kelemahan Khufra Mobile Legends

Semua hero yang ada di game bergenre MOBA memiliki kelebihan dan kelemahan, termasuk juga Mobile Legends. Dengan megetahui kelebihannnya, kita bisa tahu cara mengoptimalkan kemampuan hero yang kita gunakan. Sementara tahu kelemahannya akan membuat kita berhati-hati ketika bermain. 

Kelebihan

  • Mudah digunakan
Khufra ini memiliki tingkat kesulitan yang biasa-biasa saja. Dengan begitu, kita bisa menguasai hero ini dengan sangat mudah. Mungkin hanya dengan 10 kali latihan kita sudah paham dengan gameplay Khufra. Tidak sepeti Franco yang harus memaksimalkan hooknya, atau Johnson yang harus pintar nyetir.

  • Tanker Tangguh
Khufra merupakan tank yang yang sangat keras berkat skill keduanya. Skill ini akan membuat armor dan magic res Khufra meningkat sebesar 75%. Nilai ini tentu saja sangat besar lho guys. Terlebih skill ini punya damage yang lumayan besar serta akan memberikan crowd control.

  • Crowd Control Area
Skill 3 Khufra bersifat area karena akan menarik musuh ke tengah, dengan begitu sangat cocok jika dikombinasikan dengan hero-hero yang punya burst damage area seperti Aurora dan Odette. Skill 3 ini akan memberikan efek stun jika kita menggunakannya di dekat tembok. Jadi, usahakan untuk menggunakan skill ini di dekat tembok.

  • Mobilitas Tinggi
Mobilitas Khufra ini tergolong sangat bagus karena dash dari skill pertamanya sangat jauh. Jarak dash tergantung seberapa lama kita menekan skill ini. Tetapi, charge dari skill ini sangat lama jika kita ingin dash sangat jauh. Lebih baik kita gunakan skill ini dari area yang aman, atau dari dalam bush.

  • Tank Anti Dash
Skill 2 Khufra akan membuatnya bisa menghentikan pergerakan dari hero-hero yang punya kemampuan dash seperti Lancelot, Harith dan Fanny. Selama kita menempatkan diri di posisi yang tepat, musuh tidak akan bisa melakukan dash dan akan membuat mereka terkena knock up. Jadi, Khufra ini merupakan tank yang sangat bagus untuk melawan her-hero lincah seperti Harith dan Fanny.

Kelemahan

  • Skill 2 Sulit Digunakan
Skilll kedua ini sangat bagus karena bisa menghentikan hero-hero yang sangat lincah atau hero-hero yang punya skill dash. Akan tetapi, menempatkan diri supaya berada di jalur dash musuh tidaklah mudah. Kita harus pandai dalam memprediksi pergerakan musuh. Tapi jika sudah kena, sangat mudah untuk menciduk mereka.

  • Coolodwn Relatif Lama
Skill Khufra memang sangat berguna karena bisa meningkatkan magical dan physical defense-nya sebesar 75% dan itu adalah nilai yang sangat besar. Akan tetapi, skill ini memiliki cooldown yang relatif lama. Kita butuh item-item yang bisa mengurangi cooldown skill ini, misalnya Oracle atau Dominance Ice.

Tips Skill Khufra Mobile Legends

Khufra ini merupakan tanker yang mungkin ke depannya (original server) akan sangat berbahaya. Dia punya kemampuan knock up yang sangat bagus. Efek crowd control yang satu ini sangat penting saat ini, karena fungsinya untuk menghentikan beberapa skill hero. Untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Pasif: Spell Curse

Setiap 12 detik, Khufra akan memiliki range basic attack yang lebih luas. Selain itu, basic attack ini juga akan memberikan magic damage sebesar120% Total Physical Attack + 8% Max HP. 

Bukan hanya itu, Basic attack ini juga akan memberikan efek slow pada musuh dan memberikan efek heal kepada Khufra sebesar 6% dari total Max HP yang dia miliki.

Setiap Khufra menyerang musuh dengan menggunakan skillnya, maka cooldown dari skill pasifnya ini akan berkurang selama 4 detik. 

Supaya basic attack Khufra ini bisa memberikan damage yang lebih besar, kita bisa membeli item yang memberikan tambahan status HP yang besar. Jadi kita bisa membeli item dengan item dasarnya adalah Ares Belt

Dengan membeli item HP yang memberikan HP yang besar, maka efek heal yang akan dia dapatkan juga akan semakin besar. Sebab semakin besar HP yang dia miliki, maka regen HP yang dia dapatkan juga akan semakin besar.

Selain itu, kita juga harus spam skill supaya pasif Khufra ini bisa sering keluar. Kita bisa membeli item Cooldown Reduction supaya bisa lebih sering spam skill. Mungkin kita butuh item Oracle atau Dominance Ice.

Skill 1: Tyrant's Revenge

Khufra akan melakukan dash ke arah yang kita tentukan. Semakin lama kita menekan skill ini, maka jarak dash juga akan semakin jauh. Dash ini akan berhenti jika Khufra bertemu dengan musuh, kemudian akan memberikan physcal damage dan juga efek knock up. Besarnya damage dari skil 1 ini ditentukan oleh Max HP Khufra.

Efek knock up merupakan crowd control terbaik saat ini karena bisa menggagalkan atau decast beberapa jenis skill seperti skill 3 Claude. 

Skill 2: Bouncing Ball

Khufra akan berubah menjadi bola dan akan memantul sebanyak 3 kali. Kemudian physical dan magical defense-nya juga akan meningkat sebesar 75%. Dengan demikian, Khufra akan menjadi sangat durable atau tahan banting ketika menggunakan skill ini.

Ketika Khufra berubah menjadi bola, setiap musuh yang melakukan skill blink untuk melewati Khufra, maka akan mendapatkan efek knock up. Dengan begitu, dia bisa menjadi salah satu hero yang bisa melawan hero-hero yang punya skill blink, misalnya saja skill 2 Harit, skill 2 Lancelot, dan skill 2 Fanny.

Akan tetapi skill blink teleport seperti Harley tidak bisa dihentikan, termasuk juga flicker. Dengan adanya Khufra ini, tentu saja hero-hero yang sangat lincah bisa kita atasi dengan Khufra ini. Tapi positioning yang perlu kita lakukan harus benar-benar tepat supaya musuh bisa berhenti.

Oh iya, bola ini akan memberikan magic damage ketika mematul mengenai target. Besarnya damage ini ditentukan oleh besarnya max HP Khufra. Semakin tebal HP, maka damage Khufra akan semakin besar.

Skill 3: Tyrant's Rage

Khufra akan menarik semua musuh ke tengah (mirip seperti skill 1 Martis), tapi yang membedakan adalah Khufra tidak menarik musuh terlalu ke tengah. Skill ini akan memberikan physical damage yang sangat besar kaena damage modifier-nya mengambil 100% Total Physical Atack yang kalian miliki.

Damage dari skill 3 ini akan semakin tinggi jika mengenai musuh yang berada di dekat dinding. Selain itu, musuh juga akan terkena efek slow dan stun.

Gameplay Khufra Mobile Legends

Sebenarnya jadi tank itu sangat mudah, kita hanya perlu melindungi hero carry kita atu mengganggu hero carry musuh supaya tidak menyerang tim kita. Hanya itu sih prinsip saya ketika main tank, mungkin semua player juga sama. Maka dari itu, kita butuh item yang benar-benar bisa menahan damage musuh supaya tidak cepat mati.

  • Early Game
Di awal permainan, saya biasanya ambil skill 2 terlebih dahulu dan membantu teman kita yang ada di tengah. Skill ini akan mengganggu permainan musuh di tengah, terlebih jika kita diserang, pertahanan kita akan meningkat. Tapi lihat situasi dan kondisi juga.

Di awal permainan ini, saya biasa menemanti hero carry kita untuk jungling maupun clear minion. Jika ada kesempatan untuk teamfight dan kemungkinan akan menang, saya ikut supaya mendapatkan tambahan gold.

  • Mida Game
Di pertengahan permainan, seharusnya kita sudah jadi dua core item kita. Dengan begitu kita sudah cukup kuat untuk teamfight. Apalagi jika kita sudah unggul exp dan gold, bermainlah agresif. Kita bisa memberikan serangan kejutan dengan skill 1 dari dalam bush.

  • Late Game
Tugas tank di late game adalah untuk menginisiasi ketika ingin war. Lihat kondisi tim kita apakah sudah ada di dekat kita. Kemudian apakah hero carry kita sudah memiliki build item yang sudah cukupo kuat untuk memberikan damage yang besar.

Seharusnya di fase ini semu item yang kalian perlukan juga sudah jadi, dengan demikian tidak usah takut untuk mati selama di belakang kita ada yang memberikan damage. Pastikan hero carry kita tidak terkena damage dari musuh.

Kombinasi Hero Khufra Mobile Legends

Khufra ini hampir kuat melawan semua hero untuk menerima damage karena skill keduanya bisa meningkakan magical dan physical defense. Dia sangat efektif untuk melawan hero-hero yang lincah atau punya kemampuan dash seperti Fanny, Lancelot, Harith, Gusion, dan lain-lain. Selama kita bisa memposisikan diri dengan tepat, kita bisa melawan mereka.

Akan tetapi, Khufra harus hati-hati ketika berhadapan dengan hero-hero yang punya kemampuan immune terhadap Crowd Control, misalnya adalah Diggie. Sebab semua skill CC yang dia berikan tidak akan begitu berarti.

Khufra sangat bagus jika dikombinasikan dengan hero-hero yang memiliki burst damage area seperti Aurora, Odette, dan Kagura. Dia sangat cocok juga dikombinasikan dengan marksman seperti Hanabi.

Build Item Khufra Mobile Legends

Kalau menurut saya, kita butuh item yang memberikan HP yang besar supaya damage dari Khufra semakin besar. Sebagian besar damage modifier dari Khufra bergantung pada Max HP yang dia miliki. Semakin tebal HP yang dia miliki, maka damage yang dia berikan juta akan semakin besar.

Selain butuh tambahan HP yang besar, Khufra juga butuh item cooldown reduction supaya bisa lebih sering spam skill. Dengan lebih sering spam skill, kita akan lebih sering mengeluarkan skill pasif. Sebab kalau kita sering mengeluarkan skill, cooldown dari pasif akan dikurangi 4 detik.

Berikut ini build item Khufra menurut Cecepkocep.

1. Warrior Boots/Tough Boots

Item yang pertama sudah jelas membeli sepatu, kalian bisa membeli Warrior Boots ataupun Tough Boots. Jika di tim musuh banyak hero-hero physical seperti fighter, lebih baik kalian membeli Warrior Boots. Jika di tim musuh banyak hero magical dan crowd controller, lebih baik membeli Tough Boots. Jadi pembelian kedua item ini tergantung situasi tim musuh.

Di early game, kalian juga bisa membeli item Wizard Boots atau sepatu assisst. Item ini aka membuat kalian bisa mendapatkan gold ketika berhasil mendapatkan assist. Gold ini tentu saja sangat penting ya meskipun kita menggunakan tank. Tapi jika sudah late game, ganti sepatu ini dengan Warrior boots atau Tough Boots. Lihat juga: Kupas Tuntas Fungsi Item Sepatu Di Mobile Legends - Tutorial Item Mobile Legends

2. Athena's Shield/Oracle

Untuk item kedua, kalian bisa membeli Athena's Shield ataupun Oracle. Jika di tim musuh banyak hero magenya, maka belilah Athena's Shield karena magical defense dari item ini sangat besar. Terlebih shield yang diberikan oleh item ini benar-benar sangat berguna untk teamfight.

Kalian juga bisa membeli item Oracle karena item ini juga memberikan magical defense, meskipun tidak sebesar Athena's Shield. Oracle juga akan membuat regen HP Khufra semakin besar karena akan meningkatkan regen HP sebesar 25%.

Kalian juga bisa membeli Cursed Helmet di early game supaya kalian bisa memberikan Damage per Second (DPS). Item ini sangat membantu teman kalian untuk clear lane maupun farming. Bahkan untuk teamfight pun masih berguna. Tapi jika sudah late game, ganti item ini dengan Oracle atau Athena's Shield.

3. Thunder Belt

Item ini akan memberikan kalian +40 Physical defense, jadi akan sangat membantu kalian untuk menghadapi hero-hero physical. Selain itu item ini juga memberikan mana regen. Perlu kalian ketahui bahwa Khufra ini menggunakan mana untuk mengeluarkan skill-skillnya.

Yang paling penting dari item Thunder Belt ini adalah untuk memaksimalkan kinerja dari skill pasifnya. Sebab item ini akan membuat basic attack kalian memberikan true damage. Jumlah true damage yang diberikan tergantung dari max HP yang kalian miliki.

4. Dominance Ice/Blade Armor

Blade Armor akan memberikan physical defense yang sangat besar. Item ini sangat bagus juga digunakan untuk melawan hero-hero physical. Akan tetapi saya lebih prefer ke Dominance Ice. Sebab item ini juga memberikan physical defense yang lumayan besar (kedua terbesar setelah Blade Armor).

Selain itu, Dominance Ice juga akan memberikan kalian cooldown reduction dan mana. Kemudian item ini juga akan mengurangi movement speed dan attack speed musuh ketika berada di dekat target. Sangat cocok untuk melawan hero-hero yang punya attack speed dan critical damage yang besar.

5. Sky Guardian Helmet

Sky Guardian Helmet akan memberikan tambahan HP yang sangat besar. Jadi kita bisa gunakan item ini untuk memaksimalkan damage yang diberikan Khufra ke musuh. Sebab damage dari Khufra akan meningkat jika HP yang dia miliki juga sangat besar.

6. Immortality

Immortality merupakan item wajib bagi seorang hero tanker, terutama jika pertandingan sudah memasuki fase late game. Dengan item ini, kalian memiliki kemungkinan untuk kabur karena kalian akan memiliki 2 nyawa. 

NOTE!!
Jangan terpaku pada item di atas karena gameplay setiap orang itu berbeda-beda. Sesuaikan juga dengan dengan situasi dan kondisi permainan. Sering-seringlah kalian melihat death replay supaya kalian itu kurang apa. Lihat ini: Cara Menjadi Tank Yang Baik Dan Benar

Emblem dan Spell Khufra Mobile Legends

Untuk emblem, saya merekomendasikan Custom Tank Emblem atau Custom Support Emblem. Tapi kalau saya lebih memilih Custom Support Emblem dengan 3 Movement Speed dan 3 Hybrid Regen. 

Untuk Battle Spell, kalian bisa menggunakan spell Flicker, Aegis atau Stun. Flicker supaya kalian bisa lebih mudah untuk kabur, sementara Aegis supaya kalian dapat tambahan shield, entah untuk kalian maupun teman kalian. Stun untuk memberikan crowd control tambahan.

Nah itulah guys pembahasan kali ini mengenai Khufra Mobile Legends. Kita bita lihat gambaran cara bermain Khufra pada video di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mengunjungi blog Cecepkocep untuk mendapatkan artikel terbaru. Terima kasih.


SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment