CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Yuk Kenalan Sama Macam-macam Prosessor Pada Smartphone

Yuk Kenalan Sama Macam-macam Prosessor Pada Smartphone

Macam-macam prosessor pada smartphone
Macam-macam prosessor pada smartphone
Di zaman sekarang ini, smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja tetapi juga bisa digunakan untuk pekerjaan dan kebutuhan lainnya. Tingginya kebutuhan manusia membuat sejumlah vendor smartphone memperbaiki dan meningkatkan prosessor pada smartphone yang mereka gunakan.

Tiap vendor memiliki prosessor yang berbeda-beda, misalnya Samsung dengan prosessor besutan mereka sendiri bernama Exynos. Sebenarnya prosessor itu tidak berpengaruh besar pada smartpohone yang hanya digunakan untuk alat komunikasi saja. Akan tetapi untuk seorang gamers atau kalian yang membutuhkan smartpohone untuk digunakan sebagai alat bekerja memang sangat dibutuhkan.

Maka dari itu, kita harus mengetahui jenis dan kualitas suatu prosessor. Sebab smartphone merupakan otak pada sebuah smartphone. Smartphone kita akan terkuras lebih banyak jika digunakan untuk aktivitas yang sangat berat.

Nah dalam artikel kali ini Cecepkocep akan membahas mengenai macam-macam smartphone yang digunakan pada smartpohone. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Macam-macam Prosessor Pada Smartphone.

Macam-macam prosessor pada smartphone

1. MediaTek

Prosessor pertama yang digunakan pada smartphone adalah MediaTek. Kalian rasa kalian sudah sering mendengar chipset ini. Ya, sebab prosessor ini didesain untuk perangkat android yang dikelurkan oleh perusahaan bernama MediaTek.

MediaTek merupakan prosessor sejuta umat, hal ini dilatarbelakangi oleh sebagian vendor smartphone menggunakan prosessor ini. Banyak vendor smartphone yang mempercayakan MediaTek untuk memberikan prosessor sebagai tenaga pada perangkat mereka.

Kenapa MediaTek sangat diminati oleh sebagian vendor smartphone? Sebab harga yang ditawarkan mereka sangat murah. Sementara untuk kualitas, prosessor MediaTek ini bisa dikatakan lumayan juga.

Akan tetapi, banyak user yang mengeluhkan mengenai smartphone yang ditenagai oleh prosessor MediaTek. Maka dari itu, sekarang sudah jarang smartphone terbaru menggunakan prosessor ini. Akan tetapi, MediaTek sendiri terus melakukan beberapa terobosan untuk melakukan ketertinggalan mereka. Kini mereka mengeluarkan prosessor terbaru yang telah mengusung arsitektur 64bit.

2. Qualcomm Snapdragon

Snapdragon merupakan prosessor android yang dibuat oleh Qualcomm. Perusahaan ini telah memproduksi prosessor android dari kelas baah hingga atas dengan nama Qualcomm Snapdragon.

Saat ini banyak vendor smartpohone yang menggunakan prosessor besutan Qualcomm ini. Sama seperti MediaTek, harga yang ditawarkan juga lumayan murah, namun performa smartpohone akan tetap bagus. Bahkan Snapdragon sering digunakan juga oleh smartphone kelas atas seperti Sony, Lumia, Samsung, Xiaomi, Motorola, Lenovo dan Asus.

3. PXA

Nah kalau prosessor yang satu ini kalian mungkin sangat asing. Proessor ini memang jarang digunakan pada perangkat smartphone dan tablet, jadi wajar saja jika kalian jarang mendengarnya. Prosessor ini dibuat oleh perusahaan bernama Marvell.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh prosessor PXA ini terletak pada teknologi SoC atau System on a Chip yang memberikannya banyak sekali keuntungan. Selain memiliki fungsi dan kinerja yang bagus, prosessor PXA ini juga dinilai mampu membuat baterai smartphone lebih awet.

4. OMAP

OMAP merupakan prosessor yang diproduksi oleh Texas Instrument. Kelebihan yang dimiliki oleh prosessor ini yaitu mampu memproses dan membuka tampilan situs atau web seperti kita membuka situs tersebut melalui browser desktop.

Prosessor OMAP dinilai memiliki User Interface yang cukupo cepat dan lembut. Prosessor ini sangt cocok untuk menunjang kualitas kamera pada smartphone dan mampu menampilkan kualitas video full HD dengan kualitas yang sangat bagus.

5. Nvidia Tegra

Kalau prosessor ini mungkin kalian sudah sering mendengarnya, apalagi jika kalian adalah gamer sejati. Memang awalnya prosesor ini dikeluarkan untuk  mendukung game pda perangkat PC dan Laptop. Akan tetapi sekarang prosessor ini juga sudah merambah pada perangkat Android. Mereka mengeluarkan prosessor bernama Nvidia Tegra yang dinilai mampu memiliki performa di atas rata-rata.

Sebelumnya, prosessor Nvidia Tegra sempat terkenal karena sudah didukung dengan quad core, sementara para kompetitiornya masih terpaku pada dual core. Prosessor ini memng memiliki keunggulan pada sisi visualisasi, tapi tidak memakan baterai terlalu banyak. Kalian gamer sejati wajib membeli smartphone dengan prosessor ini supaya bisa lancar.

6. Exynos

Nah buat pecinta smartphone Samsung mungkin sudah tidak asing denga prosessor yang satu ini. Ya memang prosessor ini berada di bawah naungan Samsung Electronik, jadi dikhususkan untuk smartphone maupun tablet. Prosessor Exynos ini diproduksi dengan basis System on a Chip (SOC).

Exyno dipasarkan dengan berbagai jenis, dimana setiap jenisnya memiliki keungglan dan spesifikasi kinerja yang beda-beda. Untuk prosessor Exynos keluaran awal mungkin belum bisa menandingi yang lain, tapi kini Samsung sudah membuat rpduk yang unggul dalam bidang game dan multitasking. Jadi sekarang sangat cocok digunakan untuk bermain game dan membuka banyak aplikasi sembari bermain game.

7. Apple Chipset

Prosessor selanjutnya yang tidak kalah bersaing adalah Apple yang digunakan pada smartpohone buatan mereka yaitu iPhone. iPhone ditenagai oleh prosessor buatannya sendiri yang mampu membuat kagum semua orang yang pernah mencobanya.

Meskipun rata-rata smartphone mengusung teknologi dual-core, akan tetapi kinerja dari prosessor ini ditunjang oleh arsitektur yang berbeda dari prosessor pada umumnya. Memang wajar kalau iPhone ditunjang oleh kemampuan prosessor yang tinggi karena termasuk smartphone kelas tinggi (High-End).

8. Intel

Intel juga tidak kalah bersaing di pasar prosessor untuk perangkat smartphone. Mereka mengeluarkan smartpohone dengan seri Intel Atom. Dulu, prosessor ini banyak digunakan pada smartphone Asus Zenfone.

Untuk masalah gaming dan multitasking memang cukup bagus, tapi konsumsi baterai dari smartphone ini cukup terkuras. Kemudian smartphone akan cepat panas jika dikerjakan secara terpaksa, misalnya bermain game.

Itulah guys 8 prosessor yang sering digunakan pada smartphone. Semua processor memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Kalian bisa rasakan sendiri bagaimana smartphone yang akan kalian beli di toko dengan processor yang tertanam di dalamnya. 
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment