CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Build Item/Gear, Cara Counter, dan Tutorial Aldous Mobile Legends Terbaru 2019

Build Item/Gear, Cara Counter, dan Tutorial Aldous Mobile Legends Terbaru 2019


2 Build Item Aldous Mobile Legends Paling Sakit Minta Ampun dan Terbaru 2019

Cecepkocep – Aldous merupakan salah satu fighter yang terdapat di game Mobile Legends Bang Bang. Hero ini memiliki damage yang sangat besar di mid hingga late game. Sebab setiap dia berhasil melakukan last hit pada minion, maka skill pertamanya akan memberikan tambahan +7 Physical Attack. Di Late game, stack dari Aldous ini bisa mencapai 500 stack, dengan begitu damage yang diberikan oleh Aldous akan sangat besar.

Tanpa item attack pun, Aldous akan tetap memberikan damage yang sangat besar berkat skill pertamanya. Selama dia bisa bermain aman di early game dan terus mendapatkan last hit, maka damage yang dihasilkan oleh skill 1 akan tetap sangat besar di late game. Dengan demikian, tanpa item attack pun Aldous sudah cukup untuk memberikan damage yang sangat besar.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan kalian tutorial lengkap mengenai cara bermain Terizla beserta rekomendasi build itemnya. Dalam artikel kali ini saya akan bahas:

1. Penjelasan Skill Set Hero
2. Build Item/Gear Set Aldous
3. Kombo Terbaik Aldous
4. Emblem dan Spell Terbaik Aldous
6. Kelebihan dan Kelemahan Aldous
7. Cara Melawan Aldous
8. Hero Counter Aldous
9. Cara Menggunakan Aldous

Penjelasan Skill Aldous

Sama seperti hero lain pada umumnya, Aldous memiliki satu skill pasif dan tiga skill aktif. Dia memiliki skill yang bisa memberikan burst damage yang sangat besar, akan tetapi sangat sulit untuk mendapatkan stacknya. Berikut ini penjelasan skill yang dimiliki oleh Aldous.

Skill Pasif: Transform

Setelah 2 kali menyerang target, 100% damage yang dia berikan dengan basic attack akan dikonversi menjadi shield. Dengan begitu, semakin besar damage yang diberikan oleh basic attack Aldous, maka semakin besar pula shield yang akan didapatkan oleh Aldous. Shield ini akan bertahan selama 3 detik dan pasif ini memiliki cooldown 5 detik.

Skill 1: Soul Steal

Skill ini akan memperkuat basic attack Aldous dengan akan memberikan physical damage sebesar 100(+100% Total Physical Attack). Jika basic attack setelah menggunakan skill ini berhasil membunuh unit hero maupun non hero, maka akan menghasilkan stack. Setiap stack akan memperkuat damage dari skill ini. Satu stack akan menghasilkan 8 physical damage.

Untuk mendapatkan stack ini, Aldous harus berada di dekat unit target yang mati, entah itu hero maupun non hero. Aldous akan mendapatkan 3 stack sekaligus jika berhasil membunuh hero, minion ataupun creep dengan menggunakan skill 1.

Skill 1 Aldous ini akan meningkat 300% jika kita gunakan untuk menyerang minion atau creep. Dengan begitu Aldous akan akan sangat cepat untuk farming maupun clear minion. Rangkuman untuk mendapatkan stackbisa kamu lihat di bawah ini.

  • Berdiri di dekat minio/monster yang mati: 1 stack
  • Membunuh minion/creep TANPA skill 1: 1 stack
  • Membunuh minion/creep dengan LAST HIT skill 1: 3 stack
  • Membunuh hero TANPA skill 1: 0 stack
  • Membunuh hero musuh dengan LAST HIT skill 1: 10 stack

Skill 2: Explosion

Aldous akan mengeluarkan perisai dari tubuhnya dan akan membuatnya lebih kuat. Dia akan kebal terhadap basic attack dan akan mengurangi damage yang dia terima (damage reduction) sebesar 50% selama 2 detik. Efek ini akan segera berhenti bekerja jika kita tap lagi skill ini.

Ketika perisai ini meledak akan memberikan phys8ical damage sebesar 100(+20% Total Physical ATK) hingga 200(+40% Total Physical ATK) kepada target yang ada di dekatnya dan akan memberikan efek stun selama 0,5 hingga 1 detik. Lamanya durasi stun ditentukan oleh durasi dari lamanya skill 2.

Skill Ultimate: Chase Fate

Aldous akan bisa melihat semua posisi musuh selama 5 detik. Selama durasi ini, Aldus bisa melihat juga darah musuh dan memilih siapa yang akan menjadi targetnya. Ketika skill ini mengenai musuh, dia akan memberikan physical damage sebesar 400(+100 Total Physical ATK) + 10% dari MAX HP target. Kemudian skill ini juga akan memberikan efek knock back selama 1 detik jika berhasil mengenai target.


Cooldown dari skill 3 akan bertambah 60% dari yang seharusnya jika kita membatalkan skill 3. Tentu saja hal ini sangat merugikan karena 60% itu sangatlah besar. Dengan begitu, kita harus perhitungkan matang-matang sebelum akhirnya menggunakan skill 3 ini, apalagi di early hingga mid game.


Kombo Terbaik Skill Aldous

Kombo terbaik yang bisa kalian gunakan ketika menggunakan Aldous adalah sebagai berikut.

Skill 3 (ultimate) - Skill 1 - Basic Attack - Skill 2

Gunakan skill ulitmate dari jarak yang tidak terlalu jauh supaya musuh tidak memiliki kesempatan untuk berkumpul dengan temannya ataupun berlindung ke turret. Ketika hampir sampai ke target, aktifkan skill 1 dan gunakan basic attack jika sudah mengenai target. Gunakan skill 2 jika musuh kabur dan spam lagi skill 1 basic attack.

Sebenarnya tidak ada kombo spesial sih ketika menggunakan Aldous. Yang terpenting adalah basic attak setelah mengaktifkan skill 1. Sebab skill ini akan memberikan damage yang sangat besar, apalagi jika sudah memiliki stack yang sangat besar. Baca juga: Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain X.Borg Mobile Legends 

Build Item Aldous Terbaik

Build item yang pertama ini sering saya gunakan karena merupakan build yang sangat bagus untuk attack maupun defense. Build yang pertama ini saya hanya membeli dua item attack saja, selebihnya adalah item defense. Saya menganggap bahwa build item yang pertama ini adalah build standar yang biasa digunakan. Berikut ini build item terbaik versi Cecepkocep.

Demon Shoes

2 Build Item Aldous Mobile Legends Paling Sakit Minta Ampun dan Terbaru 2019

Item pertama yang harus kamu beli tentu saja adalah Demon Shoes atau sering disebut sebagai sepatu mana. Tidak seperti Leomord ataupun Lapu-lapu, Aldous merupakan fighter yang menggunakan mana untuk mengeluarkan skillnya. Maka dari itu dia sangat boros mana, terlebih dia harus sering smap skill pertamanya. Maka dari itu solusinya adalah Demon Shoes.

Selain akan memberikan +40 Movement Speed, Demon Shoes juga akan akan memberikan +30 mana regen. Mana regen ini akan meningkat sebesar 10% jika berhasil kill atau assist, sementara hit minion akan meningkatkan mana regen sebesar 4%. Karena Aldous harus last hit minion, dengan begitu Demon Shoes akan sangat cocok karena dia tidak harus repot-repot memikirkan mana.

Endless Battle

2 Build Item Aldous Mobile Legends Paling Sakit Minta Ampun dan Terbaru 2019

Item kedua setelah sepatu adalah Endless Battle. Item ini memang tergolong cukup mahal, tapi status dasar dan pasif yang diberikannya sangat komplit. Jadi wajar saja kalau menurut saya sangat mahal. Kenapa pakai Endless Battle?

Karena Endless Battle akan memberikan tambahan +65 Physical Attack. Status ini memang tidak besar, tapi kita tidak butuh status ini. Kemudian item ini juga akan memberikan + 250 HP yang akan membuat Aldous memiliki darah yang tebal. Tambahan +10% Cooldown Reduction yang diberikan oleh Endless Battla juga sangat berguna supaya Aldous bisa lebih sering spam skill ultimate untu vision dan mengeksekusi musuh yang sekarat.

Tambahan +5% Movement Speed dari Aldous juga sangat bagus untuk meningkatkan kembali movement speed dari skill keduanya Aldous. Kemudian tambahan +15% Lifesteal-nya juga akan sangat berguna bagi Aldous untuk survive laning maupun by one dengan hero musuh. Efek Lifesteal ini juga akan membuat Aldous tidak harus ke base untuk regen HP.

Dan yang tidak kalah penting dari item Endless Battle ini adalah true damage dari pasifnya. Basic attack akan memberikan true damage setelah menggunakan skill. True damage tidak bisa ditahan oleh armor maupun magic res musuh. Jadi basic Aldous setelah menggunakan skill 1 akan memberikan true damage selain juga memberikan damage yang besar.

Thunder Belt

2 Build Item Aldous Mobile Legends Paling Sakit Minta Ampun dan Terbaru 2019

Setelah Endless Battle, ane biasanya membeli item Thunder Belt sebagai item defense. Sama seperti Endless Battle, item ini juga akan memberikan true damage. Basic attack Aldous akan menghasilkan true damage setelah menggunakan skill.

Item Endless Battle akan memberikan +800 HP yang tentu saja akan membuat darah Aldous semakin besar lagi. Tambahan +10% Cooldown reduction-nya juga sangat berguna supaya bisa lebih sering spam skill. Dan +40 Physical defese dari item ini juga akan membuat Aldous semakin barbar untuk melawan hero-hero tipe physical seperti marksman.

Tidak hanya true damage, pasif dari item Thunder Belt juga akan memberikan efek slow. Basic attack Aldous akan memberikan efek slow setelah menggunakan skill. Jika dikombinasikan dengan skill keduanya, tentu saja target akan sulit untuk kabur dari Aldous. Sangat cocok untuk melawan marksman yang jarang memiliki skill kabur kecuali dengan spell flicker.

Athena’s Shield

2 Build Item Aldous Mobile Legends Paling Sakit Minta Ampun dan Terbaru 2019

Item Athena’s Shield ini sangat berguna untuk melawan hero-hero mage yang memiliki magical damage besar. Sebab item ini akan memberikan +56 Magical Defense. Dengan item ini, Aldous tidak harus takut lagi untuk by one dengan hero-hero mage ataupun mage assassin. Selain itu item ini juga memberikan tambahan +900 HP, sehingga akan membuat Aldous semakin tebal lagi. Item ini juga memberikan +20 HP Regen meskipun tidak terlalu besar.

Athena’s Shield ini juga akan membuat shield yang dimiliki Aldous semakin tebal lagi. Karena item ini juga akan memberikan shield setiap 30 detik. Shield dari item ini akan semakin besar seiring dengan lamanya permainan. Tentu saja di late game shield dari Aldous akan semakin tebal karena damage dari skill pertamanya juga semakin besar. Sebenarnya Aldous tidak butuh shield dari item ini, sebab dari skill satunya juga sudah cukup besar di late game.

Immortality

2 Build Item Aldous Mobile Legends Paling Sakit Minta Ampun dan Terbaru 2019

Item yang selanjutnya adalah Immortality yang berfungsi untuk magical defense dan HP. Sebab item ini akan memberikan +40 Magical Defense dan +800 HP. Dengan demikian, Aldous akan semakin kuat lagi untuk melawan hero-hero tipe magical.

Kemudian yang tak kalah penting dari item Immortality ini adalah pasifnya yang bisa membuat hidup kembali penggunanya. Hero yang menggunakan item ini akan hidup kembali setelah 2 detik dan akan mendapatkan 15% HP dan shield. Tentu saja dengan ini kita memiliki kesempatan untuk kabur kembali ke base. Jadi item ini akan membuat Aldous seperti memiliki 2 nyawa.

Malefic Roar

2 Build Item Aldous Mobile Legends Paling Sakit Minta Ampun dan Terbaru 2019

Item yang terakhir adalah Malefic Roar yang berfungsi untuk melawan hero-hero tank di late game. Sebab item ini akan memberikan tambahan +40% Physical Penetration. Tentu saja dengan item ini akan membuat damage dari Aldous tetap terasa sakit karena physical defense musuh sudah ditembus sebesar 40%.  Selain itu item Malefic Roar juga akan mengabaikan 20% defense turret, jadi sangat cocok untuk push turret dengan lebih cepat.

Item malefic Roar ini sebanrnya bisa kalian ganti, entah itu dengan item defense atau item lainnya. Tapi ane cenderung lebih enak pakai item ini. Karena bisa push turret lebih cepat dan membunuh tank pun akan terasa lebih mudah.

Build Item Aldous Tersakit

Build item yang kedua ini ane rancang memang untuk memberikan damage yang lebih besar lagi. Build ini biasanya ane pakai ketika posisi tim sedang unggul gold sangat jauh dari tim musuh. Sebab pada build ini hampir semua itemnya adalah item attack. Saya hanya menyelipkan dua item defense. Ini dia build itemnya.

Demon Shoes

Untuk seperti masih tetap menggunakan item Demon Shoes. Sebab di early game Aldous itu sangat boros mana. Dengan item ini kita tak perlu khawatir lagi mengenai konsumsi mana untuk mengeluarkan skill. Jika sudah late game, item sepatu ini saya ganti dengan Warrior boots atau Tough Boots.

  • Status dasar: +30 Mana Regen
  • Pasif: +40 Movement Speed dan regen mana sebesar 10% jika kill atau assiss dan 5% jika last hit minion.

Endless Battle

Endless Battle merupaan item utama untuk Aldous karena cocok dengan pasifnya yaitu basic attacknya akan memberikan true damage setelah menggunakan skill. Terlebih Endless Battle merupakan satu-satunya item lifesteal yang sangat cocok bagi Aldous.
  • Status dasar: +65 Physical Attack, +25 Mana Regen, +250 HP, +10% Cooldown Reduction, +5% Movement Speed, +15% Lifesteal.
  • Pasif: Basic attak akan memberikan true damage setelah menggunakan skill.

Berskerker’s Fury

2 Build Item Aldous Mobile Legends Paling Sakit Minta Ampun dan Terbaru 2019

Item ini berfungsi supaya basic Aldous bisa memberikan serangan critical. Tanpa item critical damage pun sudah besar, apalagi jika menggunakan item critical. Maka dari itu item yang kedua ini akan membuat damage dari Aldous semakin besar lagi.

Item Berserke’s Fury akan memberikan +25% Critical Chance, dengan begitu kita akan lebih sering mengeluarkan critical damage pada target. Item ini juga akan meningkatkan +40% critical damage dan Physical Attack kita juga akan meningkat sebesar 5% selama 2 detik. Kalian bisa rasakan bagaimana damage Aldous jika menggunakan item ini.

Thunder Belt

Thunder berfungsi untuk defense bagi Aldous dan true damage serta efek slow. Dengan menggunakan item ini, musuh akan sulit kabur apalagi jika digabungkan dengan skill 2.
  • Status: +800 HP, +30 Mana Regen, +10% Cooldown Reduction, dan +40 Physical Defense.
  • Pasif: Basic attack akan memberikan true damage dan slow musuh setelah menggunakan skill.

Wings of the Apocalypse Queen

2 Build Item Aldous Mobile Legends Paling Sakit Minta Ampun dan Terbaru 2019

Tambahan physical attack dari item Wings of the Apocalypse Queen memang tidaklah besar yaitu hanya +15 Physical attack, tapi item ini memberikan tambahan HP yang besar yaitu +1000 HP. Kemudian tambahan +10% cooldowrn recution-nya juga akan membuat Aldous bisa lebih sering spam skill ultimate untuk vision map dan mengeksekusi targetnya.

Dan yang tak kalah penting dari item ini adalah memberikan +40% damage reduction dan +40% lifesteal jika darah kita kurang dari 40%. Dengan demikian, kita tidak harus takut untuk by one dengan hero musuh selama pasif dari item Wings of the Apocalypse aktif. Pasif ini memiliki cooldown selama 40 detik.

Blade of Despair

Kalian mungkin sudah tahu fungsi utama dari item ini? Ya, fungsinya untuk meningkatkan physical attack Aldous. Sebab physical attack yang berikan oleh Blade of Despair, yaitu +170 Physical Attack. Tentu saja damage dari Aldous akan semakin besar jika sudah membeli item ini. Terlebih item item ini juga akan memberikan +5% movement speed, dengan begitu musuh akan sulit kabur jika menggunakan skill 2.

Damage Aldous akan kembali meningkat sebesar 25% jika darah targetnya kurang dari 50%. Jadi meskipun darah musuh tersisa setengah bar, beranikanlah untuk berani hajar mereka. Jangan takut, apalagi untuk melawan marksman atau mage, kan kita sebelumnya usdah membeli Wings of the Apocalypse Queen.


Emblem dan Spell Aldous

Kalo ane lebih enak pakai Custom Assassin Emblem ketika menggunakan Aldous. Emblem ini akan membuat damage dari Aldous semakin besar dan movement speed yang tinggi. Untuk talentnya sendiri yaitu 3x Agility untuk movement speed, 3x Invasion untuk magical penetration, dan Killing Spree untuk movement speed dan regen HP ketika berhasil kill lawan. Kalian juga bisa menggunakan Custom Fighter Emblem.

Untuk spell-nya sendiri ane lebih sering pakai Sprint. Spell ini akan membantu kalian untuk mengejar musuh ataupun kabur. Kalian juga bisa menggunakan Flicker, bahkan bisa juga pakai Petrify. Sesuaikan saja dengan gameplay kalian masing-masing.


Kelebihan dan Kelemahan Aldous

Semua hero di game bergenre MOBA tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan, termasuk juga Terizla di game Mobile Legends. Mengetahui kelebihannya tentu akan membuat kita terus memaksimalkan kemampuannya, sementara mengetahui kelemahannya akan membuat kita bisa bermain hati-hati.

Kelebihan Aldous

  • Hero super late game
Sama seperti Natalia, Aldous juga sangat kuat di late game. Dia bisa dengan mudah meratakan tim musuh hanya dengan spam skill satu. Selain itu skill ini juga bisa digunakan pada tower, sehingga akan membuatnya sangat cepat untuk push lane.

Bagi kalian yang suka bertemu hero ini di setiap pertandingan, lebih baik end game secepat mungkin. Kalau bisa, harash dia di awal permainan dengan membuatnya sulit untuk mengumpulkan stack. Dengan begitu, dia akan sulit untuk berkembang.

  • Burst Damage Tinggi
Skill 1 adalah skill utama bagi Aldous karena bisa diperkuat dengan cara mengumpulkan stack. Stack ini bisa kita kumpulkan hingga 500. Di stack 200 saja, kita hanya perlu membunuh musuh hanya dengan beberapa kali pukul saja. Dengan begitu kita harus cepat untuk mengumpulkan stack dengan cara last hit minion dan creep, bahkan terhadap hero musuh jika memungkinkan.

  • Serangan Satu Map
Salah satu kemampuan unik yang dimiliki oleh Aldous adalah skill ultimate-nya bisa mengincar satu target dimanapun ia berada dan langsung terbang untuk menyerangnya. Dengan kemampuan ini membuat Aldous menjadi fighter dengan spesialis finishter atau Kill Secure dalam tim.

Dengan komunikasi yang baik dengan tim, maka tim bisa dengan segera menginformasikan Aldous bahwa ada hero yang sekarat dan membunuhnya. Biasanya yang menjadi incarannya adalah marksman, mage, dan assassin.

  • Daya Tahan yang Besar
Skill keduanya membuat Aldous  menjadi fighter yang sangat masif. Selain memberikan tambahan movement speed yang singkat, skill ini juga akan membuatnya immune terhadap basic attack dan mengurangi damage yang dia terima (Damage Reduction) sebesar 50%. Tentu saja hal ini akan membuat Aldous sangat kuat untuk pertarungan 1 vs 1.

  • Mudah Digunakan
Aldous ini termasuk fighter yang sangat mudah untuk digunakan. Tapi walaupun begitu masih banyak player yang ceroboh dalam menggunaakn hero ini karena merasa sangat kuat. Padahal tanpa stack, Aldous adalah hero feeder. Dia sangat lembek, maka dari itu kalau dipaksa untuk maju atau asal engange akan mati konyol.

Kelemahan Aldous

  • Sangat Lemah di Early Game
Aldous ini merupakan fighter yang sangat OP di late game, jadi wajar saja kalau di early game dia sangat lemah. Sebab di awal permainan stack dari skill 1 masih sangat sedikit. Dengan begitu kita harus bersabar jika menggunakan hero ini. Kita harus fokus untuk farming dengan cara LAST HIT pada minion dan creep supaya lebih cepat dalam mengumpulkan stack.

  • Minim Skill Crowd Control
Satu-satunya skill CC yang Aldous miliki hanyalah skill keduanya, yaitu berupa stun ketika skill ini meledak. CC ini juga sangat mudah dihindari oleh musuh, oleh sebab itu kita harus pintar-pintar dalam memilih battle spell dan menyimpan skill ultimate di waktu yang tepat.

  • Sangat Lemah Pada Crowd Control
Meskipun dia memiliki skill ultimate yang bisa menciduk lawan, tapi sering kali Aldous terkena ciduk balik karena terkena crowd control lawan yang akhirnya kena gank. Oleh sebab itulah kita harus pandai-pandai dalam melihat situasi sebelum akhirnya menggunakan skill ultimate. Hati-hati untuk menyerang hero yang memiliki kemampuan CC seperti Ruby, Chou, dan Kaja.

  • Sangat Bergantung Pada Stack
Supaya bisa lebih cepat untuk mengumpulkan stack, kita harus sering kali melakukan last hit pada minion atau creep bahkan hero lawan dengan skill 1. Namun yang menjadi masalahnya adalah kita tidak akan selalu mendapatkan tim yang bisa diajak kerjasama. Sering kali last hit diambil oleh rekan kita sendiri, sehingga kita akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk mengumpulkan banyak stack.


Cara Melawan Aldous Mobile Legends

Setelah kita tahu kelebihan dan kelemahannya, kita bisa tahu bagaimana cara untuk melawan Aldous supaya bisa menang. Berikut ini adalah caranya.

1. Crowd Control dan Gank

Salah satu kelemahan terbesar yang dimiliki oleh Aldous adalah Crowd Control. Dia memang punya immunity, tapi bukan terhadap CC. Makanya kalau kamu pakai hero carry seperti marksman dan mage usahakan untuk selalu bersama dengan hero-hero yang punya crowd control seperti Chou dan Akai.

Kamu juga bisa mendekati rekan tim kamu sendiri supaya Aldous membatalkan skill ultimatenya karena takut kena gank. Ini adalah cara yang paling efektif ketika menghadapi Aldous di late, yaitu dengan memberikannya CC dan ganking.

2. Twilight Armor

Bagi kalian user fighter atau tank, gunakanlah Twilight Armor. Item ini akan membuat damage yang diberikan Aldous tidak akan lebih dari 900. Tapi sayangnya pasif dari item ini memiliki cooldown yang relatif lama, jadi kalian harus bisa menggunakannya dengan tepat. Selain itu, bantu juga pasif ini dengan item defense lainnya seperti Dominance Ice atau Antique Cuirass.

3. Winter Truncheon dan Wind of Nature

Jika kalian menggunakan hero tipe magical, gunakanlah Winter Truncheon. Item ini akan membuat kalian kebal terhadap semua serangan musuh, termasuk juga Aldous. Akan tetapi kamu pasif ini akan membuat kamu tidak bisa bergerak selama beberapa detik.

Untuk memaksimalkannya, kalian cepat pergi ke turret atau rekan setim ketika terkena skill ultimate Aldous. Siapkan skill CC kalian dan ketika Aldous hampir sampai, aktifkan skill aktif Winter Truncheon. Dengan begitu kalian memiliki kemungkinan besar selamat dari Aldous. Bahkan kalian bisa melakukan counter attack.

Jika kalian menggunakan hero-hero physical seperti marksman, gunakanlah Wind of Nature. Item ini akan membuat kalian kebal terhadap physial attack musuh selama beberapa detik. Berbeda dengan Winter Truncheon, Wind of Nature tetap bisa bergerak ketika efek immunity masih berjalan.


Hero Counter Aldous

1. Chou, Guinevere, Kaja

Untuk fighter, ketiga hero tersebut memiliki crowd control yang sangat menyebalkan dan durasinya cukup lama. Chou bisa menendangnya ke arah rekan setim ataupun turret, Kaja bisa menarik, dan Guinevere bisa memberikan CC dengan durasi yang cukup lama. Ketiga hero tersebut juga memiliki damage yang lumayan besar, dengan begitu sangat efektif untuk counter Aldous di early game.

2. Moskov

Sebenarnya hampir semua marksman kalau dengan Aldous di late game, tapi tidak demikian dengan Moskov. Dia memiliki kemungkinan besar untuk menang melawan Aldous meskipun di late game. Kenapa? Sebab dia bisa memberikan stun dengan durasi yang lama, attack speed tinggi, dan tentu saja burst damage yang juga besar. Jika kita bisa memposisikan diri dan menggunakan item yang tepat, saya rasa Moskov bisa mengalahkan Aldous.

3. Belerick

Belerick memiliki kemampuan khusus pada skillnya, yaitu bisa mengurangi damage yang diberikan pada rekan setim yang ada di dekatnya. Usahakan rekan setim yang terkena skill ultimate Aldous untuk segera mendati Belerick supaya damage yang diberikan oleh Belerick dikurangi.

Beleric juga memiliki crowd control berupa efek immobilized, dengan begitu bisa kita gunakan terhadap Aldous. Jika sudah terkena CC, Aldous bisa dengan mudah untuk kita kalahkan.

Intinya sih kalau melawan Aldous itu jangan bermain solo lane di late game. Usahakan untuk selalu bersama dengan rekan kalian, teruama dengan hero-hero crowd control. Selain itu, kita juga harus menekannya di awal permainan sehingga Aldosu sangat sulit untuk berkembang.


Cara Menggunakan Aldous

1. Laning di early game

Di awal permainan, kita jangan terburu-buru untuk mencari kill. Sebab kita harus mengumpulkan stack skill 1 terlebih dahulu. Usahakan kita untuk selalu melakukan LAST HIT pada minion ataupun creep dengan skill 1. Terlebih skill ini juga akan meningkat 300% jika memberikan damage pada creep ataupun minion. Dengan begitu kita akan lebih mudah untuk mendapatkan last hit.

2. Maksimalkan Kombinasi Skill 1 dan Pasif

Perlu kamu ketahui ya kalau serangan ketika dari Aldous akan memberikannya shield. Usahakan untuk menggunakan skill 1 setelah melakukan 2 serangan, dengan begitu shield yang akan kita dapatkan juga akan semakin besar. Sebab skill 1 ini memberikan damage yang sangat besar, apalagi di late game.

3. Jangan terlalu cepat masuk teamfight

Skill 2 Aldous ini bisa digunakan untuk memasuki teamfight karena akan memberikannya immunity terhadap basic attack dan damage reduction sebesar 50%. Akan tetapi, kita jangan menggunakan skill ini untuk memasuki teamfight dengan cepat. Sebab skill ini memiliki cooldown yang cukup lama.

Biarkan teamfight terjadi terlebih dahulu, kemudian kita masuk. Usahakan untuk mengincar marksman, mage ataupun assassin, kemudian aktifkan skill 2 ketika telah berada di jarak serang Aldous.

4. Pastikan stack skill 1 sudah cukup

Untuk menghasilkan damage yang sangat besar, maka stack yang harus dikumpulkan oleh skill 1 juga harus banyak. Hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan ketika ingin menggunakan skill ultimate. Jika memang stack dari skill 1 sudah banyak, gunakan skill 3 dan gunakan skill 1 serta basic attack.

Usahakan kalian jangan mukil di awal permainan karena melihat darah musuh sekarat dengan skill 3. Jika memang stack dari skill 1 kalian belum maksimal, usahakan jangan nafsu. Sebab bisa saja kalian mati konyol karena kena counter attack musuh.

5. Jangan terlalu jauh menggunakan skill 3

Banyak user Aldous (termasuk ane) yang menggunakan skill 3 dari jarak yang sangat jauh dari target. Dengan begitu kita akan memerlukan banyak waktu untuk bisa sampai ke target. Dalam waktu yang lama ini bisa dimanfaatkan oleh musuh untuk mendekati turret ataupun kumpul bersama temannya.


Dengan begitu, usahakan untuk menggunakan skill 3 ini dari jarak yang tidak terlalu jauh supaya musuh tidak memiliki kesempatan besar untuk berlindung. 

Kesimpulan

Dari dua build item di atas bisa kita simpulkan bahwa jika posisi kita sedang unggul gold sangat jauh dari musuh, maka kita bisa gunakan build item yang kedua. Sementara untuk item yang standarnya kita bisa gunakan yang pertama. Itupun Malefic Roar bisa kita ganti dengan item yang lebih penting seperti  armor jika memang dirasa sangat berat untuk melawn hero-hero physical.

Kalian jangan terpaku pada satu build item yang saya terangkan di atas. Semua kembali pada kalian sebagai playernya. Sesuaikan dengan kondisi permainan dan tentunya degan gameplay kalian masing-masing. Selamat bereksperimen dan terima kasih.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment