CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Kelebihan dan Kelemahan Esmeralda Mobile Legends Supaya Tidak Menyesal Beli

Kelebihan dan Kelemahan Esmeralda Mobile Legends Supaya Tidak Menyesal Beli

Kelebihan dan Kelemahan Esmeralda Mobile Legends Supaya Tidak Menyesal Beli

CecepkocepEsmeralda merupakan salah satu hero tank mage yang ada di game Mobile Legends Bang Bang. Dia memiliki specialty regen dan poke, serta bisa memberikan physical dan magical damage. Dengan begitu dia memiliki kemampuan regen yang sangat bagus serta bisa poke musuh dengan lebih efektif.

Esmeralda ini memiliki daya tahan yang sangat besar, bahkan untuk offense yang dia miliki juga terbilang sangat besar untuk ukuran hero tank. Karena dia juga merupakan seorang mage, maka efek ability yang dia miliki juga sangat baik.

Akan tetapi semua hero yang ada di Mobile Legends memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, termasuk juga Esmeralda. Dengan mengetahui kelebihannya, kita bisa memaksimalkan potensi yang dia miliki, sementara mengetahui kelemahannya akan membuat kita berhati-hati ketika ketika bermain serta menemukan counter yang tepat untuknya.

Mengetahui kelebihan dan kelemahan hero juga sangat kalian perlukan sebelum membeli hero, termasuk juga Esmeralda. Dengan mengetahui kedua hal ini, kamu bisa lebih tahu apakah sesuai dengan role yang kamu kuasai, ataukah sesuai dengan gameplay yang kamu kuasai. Sebab setiap player memiliki specialty hero masing-masing, misalnya ada player yang suka mage, marksman, fighter, dan role hero lainnya. 

Nah dalam artikel kali ini, Cecepkocep akan share tutorial mengenai kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh Esmeralda supaya kalian tidak menyesal membelinya. Untuk itu, yuk kita langsung lihat pembahasannya di bawah ini.

Kelebihan Esmeralda Mobile Legends

Shield Tak Terbatas

Esmeralda ini merupakan tank yang sangat keras karena memiliki shield yang tak terbatas. Skill pertamanya akan memberikan shield sebesar 350(+100% Total Magic Power). Dari sini kita bisa tahu kalau  shield dari Esmeralda akan semakin tebal jika memiliki Total magic power yang besar. Dengan begitu, kita harus menggunakan item magical supaya shield yang diberikan oleh skill 1 Esmeralda juga besar. Minimal kita bisa membeli 1 item magic meskipun menggunakan build item tank.

Bukan itu saja, skill 1 ini akan membuat Esmeralda bisa mencuri shield musuh yang ada di sekitarnya secara bertahap. Dengan begitu, shield yang dia dapatkan akan semakin besar lagi, meskipun di late game. Bahkan dia merupakn hero yang bisa meng-counter hero-hero yang punya shield yang besar, misalnya Hilda dan Akai.

Regen HP yang Tinggi

Selain memiliki shield yang sangat tinggi dan bisa kita katakan ‘tak terbatas’, Esmeralda juga memiliki kemampuan regen HP yang tinggi. Hal ini dikarenakan skill pasifnya yang bisa mengkonversi shield yang dia miliki menjadi HP. Kalian bisa bayangkan shield yang tak terbatas diubah menjadi HP, tentu saja akan sulit mati. Sebab skill pertamanya akan mendapatkan shield, kemudian dia juga bisa mencuri shield musuh.

Untuk memaksimalkan regen HP dari Esmeralda ini, kita bisa menggunakan item magic misalnya adalah Clock of Destiny yang akan memberikan magic power yang besar. Dengan memiliki magic power yang besar, shield yang didapat dari skill 1 juga besar. Kemudian regen HP yang didapatkan juga tinggi. Belum lagi dengan shield yang didapat dari musuh.

Kita bisa memaksimalkan regen HP dari Esmeralda ini dengan cara membeli item Oracle. Sebenarnya bukan regen HP saja, tapi shield yang bakal didapatkan oleh Esmeralda juga akan semakin besar. Kenapa Oracle? Sebab item ini akan meningkatkan efek regen HP dan shield sebesar 25%. Bayangkan shield yang dimiliki Esmeralda sudah besar, bagaima kalau dikombinasikan dengan Oralce? Tentu saja akan semakin tebal dan deras regen HP-nya.

Bisa Menembus Shield Musuh

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Esmeralda adalah bisa menembus shield yang dimiliki oleh musuh. Sebab skill pasif Esmeralda akan mengabaikan shield yang dimiliki oleh musuh. Setebal apapun shield yang mereka miliki, damage dari Esmeralda akan tetap masuk. Dengan begitu, Esmeralda ini merupakan hero yang sangat bagus untuk melawan hero-hero yang punya kemampuan mengeluarkan shield, misalnya adalah Harith, Claude, Akai, Hilda, Leomord, dll.

Selain itu, Esmeralda ini juga bisa menjadi counter untuk item Athena’s Shield. Meskipun item ini memberikan shield yang besar, terutama di late game, tapi akan tetap bisa ditembus oleh Esmeralda. Yang ada malah akan dicuri olehnya dan akan dikonversikan menjadi HP-nya. Maka dari itu, kalian harus hati-hati ketika melawan Esmeralda di late game, bahkan jika kamu menggunakan tank sekalipun yang menggunakan item Athena’s Shield.

Cooldown Skill Singkat

Selain skill ultimate-nya, kedua skill aktif Esmeralda memiliki cooldown yang relatif singkat. Dengan begitu kita bisa lebih sering spam skill 1 untuk mendapatkan shield dan regen HP. Menurut saya wajar skill ini memiliki cooldown yang singkat karena hanya skill ini yang akan membuat Esmeralda menjadi tanker sejati dan sesuai dengan role yang dia miliki. Kita bisa memaksimalkan cooldown dari skill ini dengan menggunakan item cooldown reduction seperti Dominance Ice, Oralce, maupun Fleeting Time.

Kelemahan Esmeralda Mobile Legends

Tidak Punya Skill Engange

Meskipun Esmeralda ini termasuk tank yang sangat keras karena shieldnya yang sangat tebal, tapi sayagnya dia tidak punya skill engange yang sangat bagus. Salah satu skill engange yang dia miliki hanyalah skill ultimate-nya, itupun memiliki cooldown yang sangat lama. Jadi Esmeralda ini berbeda dengan tank-tank saat ini yang memiliki skill engange sangat bagus. Dengan begitu, gameplay dari Esmeralda ini lebih mirip seperti Belerick, akan tetapi kalau menurut saya lebih bagus Belerick karena memiliki kemampuan crowd control.

Dengan begitu kita harus bisa menggunakan skill ultimate se-optimal mungkin untuk engange musuh, atau menginisiasi serangan. Sebab hanya skill inilah satu-satunya skill inisiasi yang dimiliki oleh Esmeralda meskipun dengan durasi cooldown yang relatif lama. Tapi kita bisa maksimalkan dengan membeli item Fleeting Time. Selama kita bisa mendapatkan assisst, cooldown dari skill ini akan sangat singkat.

Tidak Punya Skill Crowd Control

Salah satu kelemahan lainnya yang dimiliki oleh Esmerlda adalah tidak punya skill crowd control. Hal ini yang membuat Esmeralda kurang begitu efektif untuk digunakan sebagai hero tank. Sebab sebagian besar hero tank memiliki kemampuan crowd control, misalnya Gatot dengan stun, Minotaur dengan knock up, kemudian Grock dengan kemampuan slownya.

Perlu kalian perhatikan meskipun Esmeralda ini adalah hero tank, tapi dia tidak punya kemampuan crowd control dan skill inisiasi yang kurang begitu bagus. Satu alasan yang membuatnya bagus menjadi hero tank adalah kemampuan shield dan regen HP yang dia miliki. Tanpa kemampuan ini, kalian harus berpikir dua kali jika ingin menggunakannya sebagai tanker. Saya lebih berpikir kalau Esmeralda ini lebih bagus dijadikan hero DPS (Damage Per Second) atau fighter. Sebab kita bisa mengkombinasikan antara item magic dan defense, dengan begitu shield yang akan kita dapatkan juga akan besar. 

Mudah Kena Gank

Kelemahan lainnya yang dimiliki oleh Esmeralda adalah sangat mudah untuk digank. Kenapa? Karena dia tidak tidak punya skill kabur selain skill ultimatenya. Kemudian dia juga tidak punya skill immune, dengan begitu dia akan sangat mudah kena gank oleh hero-hero yang punya kemampuan crowd control, misalnya adalah Minotaur dan Akai. 

Tapi kan Esmeralda punya regen HP dan shield yang tak terbatas? Itu tidak akan terlalu efektif karena musuh mungkin saja membeli item Deadly Blade atau Necklace of Durance untuk mengurangi efek regen dari Esmeralda. Dengan begitu efek regen dari Esmeralda akan semakin tidak efektif jika kena gank, kemudian dilawan dengan kedua item tersebut.

Kesimpulan

Salah satu kelebihan utama dari Esmeralda ini adalah kemampuan regen HP dan shield yang dia miliki. Dia bisa memiliki shield HP yang ‘tak terbatas’ karena skill pertamanya. Kemudian dia juga bisa menjadi hero yang paling efektif untuk melawan hero-hero yang punya shield. Tapi yang menjadi kelemahan utamanya adalah dia sangat rentan terhadap crowd control musuh. Kelemahan ini mungkin harus kalian perhatikan ketika terjadi war atau team fight.

Itulah kelebihan dan kelemahan yang dimiliki Esmeralda Mobile Legends. Dengan membaca artikel ini semoga saja kamu tidak menyesal membeli hero ini. Sayang battle point yang kalian kumpulkan terbuang sia-sia, kecuali jika kalian adalah sultan hehehe. 

Lihat juga:
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment