CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Spesifikasi Lengkap dan Harga Nokia 3.1 Plus Di Indonesia - Smartphone Murah Dengan Fitur NFC

Spesifikasi Lengkap dan Harga Nokia 3.1 Plus Di Indonesia - Smartphone Murah Dengan Fitur NFC



Cecepkocep – Ketika diluncurkan oleh HMD Global, tidak banyak fitur yang dimili oleh Nokia 3.1 Plus. Hal ini tentu saja sangat menarik mengingat sebagian besar smartphone di pasaran saat ini berlomba-lomba untuk menyajikan banyak fitur canggih. Mulai dari layar penuh, kamera pop-up, hingga kualitas kameranya yang menawan.

Lantas apa sih keunggulan yang dimiliki oleh Nokia 3.1 Plus ini? Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Desain

Dari segi desain, Nokia 3.1 Plus memang terlihat sederhana. Hal ini tampak dari finishing matte yang ada pada bagian belakangnya. Supaya tidak terlihat polos, dibagian belakangnya terdapat lis di sekitar penampang kamera dan flash LED, serta tak lupa sensor sidik jari yang berjaajr di tengah atas secara vertikal.

Nokia 3.1 Plus memiliki bodi yang terbuat dari Alumunium. Hal ini tentu saja akan membuat para penggunanya lebih mudah untuk membuka layar dengan sidik jari. Penggunaan bahan alumunium ini akan membuat minya dan goresan mudah tertinggal pada bagian belakang smartphone. Selain itu lebih memberikan kesan licin, sehingga resiko jatuh dari genggaman lebih besar.

Di bagian depannya juga tidak terdapat notch untuk menemani speaker untuk menelepon  dan lensa tunggal sebagai kamera selfie-nya. Bezel di bagian samping layar memang terlihat cukup tipis, tapi di bagian bawahnya masih terbilang tebal.

Hal yang paling unik dari Nokia 3.1 Plus ini terdapat di bagian sampingnya. Smartphone ini menggunakan sim tray Non Hybrid. Dengan begitu kita bisa menggunakan 2 sim card dan 1 micro SD. Sementara untuk di sisi kanannya seperti biasa, yaitu terdapat tombol power dan  volume up/down.

Nokia 3.1 Plus memiliki jack audio di bagian atasnya. Hal ini tentu saja akan membuat di bagian bawahnya dimaksimalkan untuk speaker dan lubang yang menyerupai speaker yang mengapit micro USB.

Nokia 3.1 Plus menggunakan teknologi layar IPS LCD berukuran 6 inchi dengan resolusi HD+, aspek rasion 18:9, dan rasion screen to body 77,5%. Memang dari segi penampilan tidak memiliki spesifikasi yang baik, tapi hal itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kita untuk menonton.

Terlebih Nokia 3.1 Plus sudah bisa menghadirkan video YouTube dengan kualtas hingga 720p. Hanya saja warna yang dihasilkan kurang kontras, ditambah lagi dengan tidak adanya mode kualitas warna pada layar.

Nokia 3.1 Plus dilengkapi dengan fitur Adaptive Brightness. Fitur ini memungkinkan smartphone mengatur tingkat kecerahan secara otomatis ketika kita berpindah tempat dengan kondisi pencahayaan yang berbeda.


Performa

Nokia 3.1 Plus ditenagai dengan chipset Mediatek MT6762 Helio P22 yang dipadukan dengan RAM sebesar 3 GB serta memori internal 32 GB yang bisa diperluas hingga 400 GB. Spesifikasi ini juga bisa dibilang tidak begitu mentereng untuk smartphone yang berada di kelas mengengah ini.

Dengan begitu sangat wajar jika kita masih dapat menjumpai lag ketika menjalankan aplikasi, terutama ketika menjalankan aplikasi Youtube. Meskipun begitu, koneksi internet juga berpengaruh.

Nokia 3.1 Plus menggunakan GPU PowerVR GE8320. Dengan GPU ini, seharusnya akan lancar untuk bermain game meskipun harus ada sedikit lag. Sementara untuk sistem operasinya sudah menggunakan Android 9 Pie. Dan untuk baterainya berkapasitas 3.500 mAh yang membutuhkan waktu pengisian hingga penuh selama 1,5 jam.

Nokia 3.1 Plus dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang cepat untuk merespon input dari penggunanya. Selain itu, penggunanya juga bisa memunculkan toggle notifikasi dengan melakukan swipe ke bawah pada pemindai sidik jari.

Masih banyak gesture yang ditawarkan oleh Nokia 3.1 Plus ini, salah satunya adalah dengan meletakan ponsel dengan layar menghadap ke bwah untuk menolak panggilan. Hal ini tentu saja tidak lepas dari stock Android yang dimiliki oleh smartphone tersebut.

Salah satu keunggulan utama dari Nokia 3.1 Plus ini adalah sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Tidak banyak lho smartphone kelas menengah yang menghadirkan fitur tersebut. Mengisi uang elektronik bisa kita lakukan dengan fitur NFC ini.


Kamera

Nokia 3.1 Plus memiliki kamera ganda di bagian belakangnya dengan resolusi 13 MP (f/2.0) dan 5 MP (f/2.4). Sementara untuk kamera depannya adalah lensa tunggal beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2. Baik di depan maupun belakang terdapat Flash LED dengan di bagian depan dipancarkan melalui layar.

Sementara untuk rekaman videonya memiliki kualitas FHD 1080p, baik menggunakan kamera depan maupun belakang. Tidak ada fitur OIS, sehingga hasil video dari Nokia 3.1 Plus ini kurang maksimal.


Harga Nokia 3.1 Plus Indonesia

Tidak banyak fitur yang dimiliki oleh Nokia 3.1 Plus ini. Hal ini bisa kita lihat pada kemampuan kamera serta gaming. Meskipun begitu, smartphone ini masih oke untuk menjalankan aplikasi yangmenunjang produktivitas penggunanya. Hal inilah yang menjadi salah satu nilai jualnya, selain juga ketahanan baterainya yang bagus.

Harga Nokia 3.1 Plus Indonesia adalah Rp 1.999.000, turun Rp 400.000,00. Dengan harga sebesar itu, Nokia 3.1 Plus bisa menjadi pilihan yang bagus bagi kalian yang ingin mencari smartphone dengan desain simple dan baterainya awet. Kita tentu saja jangan berharap lebih pada kamera maupun game.

Spesifikasi Nokia 3.1 Plus
Jaringan
Teknologi
GSM / HSPA / LTE
Rilis
Diumumkan
Maret 2019
Bodi
Dimensi
156.88 x 76.44 x 8.19  mm
Berat
180g
Bahan
Alumunium
SIM
Nano Sim Tray Non Hybrid
Layar
Tipe
IPS LCD
Ukuran
6  inchi
Resolusi
HD+
Platform
OS
Android 9.0 Pie
Chipset
MediaTek MT6762 Helio P22
CPU
Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU
PowerVR GE8320
Memori
Slot Card
YES
Internal
32 GB (up to 400 GB)
Kamera Utama
Dual
13 MP f/2.0
5 MP f/2.4 Ultra Wide (12 mm)
Video
1080@30fps
Kamera Selfie
Single
8 MP f/2.2
Video
1080@30fps
Sound
Loudspeaker
YA
Jack  3.5 mm
YES
Konektivitas
WLAN
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth
YA
GPS
YA
NFC
YA
Radio
FM Radio
USB
2.0 Type C
Baterai
Charging
Baterai Li-Po Non Removable 3.500 mAh

Nokia Micro USB Charger
Fitur Lain
Sensor
Fingerprint, Face Recognition, accelerometer, gyro, proximity, compass, ANT+
Harga
RAM 3/32 GB
Rp 1.999.000,00
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment