CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy A20 - Hanya 2 Jutaan Dapat Layar Super AMOLED

Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy A20 - Hanya 2 Jutaan Dapat Layar Super AMOLED


Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy A20

Cecepkocep – Samsung Galaxy A20 merupakan smartohone seri A yang harganya murah, tapi spesifikasi di dalamnya sudah lumayan menggoda. Sebelumnya ada Samsung Galaxy A10 yang harganya lebih murah dari Galaxy A20 yaitu Rp 1.799.000. Untuk spesifikasinya tentu saja berada di bawah A20.

Samsung Galaxy A20 ini merupakan smartphone yang menarik karena layarnya sudah Super AMOLED, tapi harganya cukup terjangkau. Galaxy A20 merupakan smartphone Samsung Super AMOLED dengan harga paling murah. Bukan layarnya saja, ada hal-hal lainnya yang dimiliki oleh Galaxy A20.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai spesifikasi serta harga yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A20. Untuk itu, yu kita lihat pembahasannya di bawah ini.

Spesifikasi Samsung A20

Samsung Galaxy A20 tentu saja memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari Galaxy A10. Tapi sebenarnya yang menjadi kelebihan utama dari A20 itu adalah layarnya yang sudah Super AMOLED tapi harganya yang relatif murah.

Desain

Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy A20

Untuk layar, Samsung Galaxy A20 menggunakan desain Invinity-V Super, yaitu notch di bagian depan atas layarnya sangat kecil. Yang menjadi kelebihan dari Galaxy A20 ini adalah layarnya sudah menggunakan Super AMOLED, bukan OLED ataupun AMOLED. Ukuran layarnya yaitu 6.4 inchi dengan resolusi HD+ (1560 x 720 piksel) dan aspek rasionya 19.5:9.

Untuk bodinya, Galaxy A20 memiliki dimensi 158.4 x 74.7 x 7.8 mm. Dengan begitu, ponsel ini memang tipis karena dimensinya berukuran 7.8 mm saja. Di sisi kanan seperti biasa sebagaimana ponsel besutan Samsung, yaitu ada tombol power dan volume up/down. Kemudian di sisi atas hanya terdapat 1 lubang kecil yaitu microphone.

Di sisi kiri ada yang menarik lagi yaitu sim tray yang terdapat pada Samsung Galaxy A20 adalah Non Hybrid. Jadi di dalamnya kita bisa menggunakan 2 nano sim card dan 1 micro SD. Dengan begitu kita bisa gunakan lengkap dengan 2 kartu dan 1 memori card. Kemudian di sisi bawah ada lubang jack audio 3.5 mm yang berdampingan dengan USB Type-C, lubang kecil microphone, dan speaker.

Di sisi bagian belakang ada terdapat dua buah kamera, 1 kamera normal atau kamera wide dan satu lagi kamera ultrawide. Kemudian di bawahnya terdapat sebuah flash dan di tengah atas terdapat sebuah sensor sidik jari (fingerprint). Penyimpanan fingerprint dari Samsung Galaxy A20 berbeda dengan Galaxy A50 yang ditanam di dalam layar.

Performa

Untuk jeroannya, Samsung Galaxy A20 menggunakan chipset Exynos 7884B Octa Core (2x Cortex A73 1.6 GHz dan 6x Cortex A55 1.35 GHz). Seharusnya baterainya irit karena hanya 1.35 GHz pada core Cortex A55.  Untuk grafisnya menggunakan GPU Mali G71 MP2.

RAM yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A20 adalah 3 GB yang dipadukan dengan memori internal sebesar 32 GB. Untuk RAM memang sudak ok, tapi memori internalnya kok kecil? Seperti sudah saya singgung sebelumnya bahwa A20 menggunakan sim tray non hybrid, jadi kalian bisa menggunakan microSD. Kita bisa pindahkan semua file multimedia kesana supaya tidak menumpuk di memori internalnya.

Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy A20

Untuk baterai, Samsung Galaxy A20 sudah menggunakan kapasitas baterai 4.100 mAh. Tentu saja ini lumayan besar untuk ponsel dengan dimensi tipis. Baterai ini bisa bertahan hingga 1 jam untuk menonton film. Dengan kapasitas baterai 4.100 mAh tapipower management-nya bagus banget. Charging time atau waktu isi daya dari A20 ini adalah sekitar 1 jam 50 menit, ini tergolong lumayan bagus untuk baterai sebesar 4.100 mAh.

Kemudian juga sudah support dengan Adaptive Battery khas Samsung yang bahkan sudah mirip dengan teknologi adaptive battery Oppo F10. Dan yang menariknya lagi, A20 sudah menggunakan ONE UI 1.1 (Android 9.0). Jadi meskipun ponsel ini murah, tapi sudah memiliki sistem operasi ONE UI.

Kemudian dari sisi konektivitas, Samsung Galaxy A20 tidak menggunakan Wi-Fi 5.0 GHz, tapi 2.4 GHz. Untuku ponsel yang relatif murah, tentu saja wajar menggunakan Wi-Fi 2.4 GHz. Kemudan sudah support dengan Bluetooth 5.0 dan USB 2.0. Sensor yang dimiliki oleh A20 juga sudah lengkap, yakni Acccelorometer, Fingerprint, Gyro, Geomagnetic, dan Proximity. Tentu hal ini sangat menarik karena sensornya lengkap untuk ponsel yang harganya murah.

Kamera

Spesifikasi Lengkap dan Harga Samsung Galaxy A20

Kamera utama Samsung Galaxy A20 menggunakan Dual Camera  dengan kamera yang pertama adalah kamera wide atau kamera utamanya. Kamera wide ini memiliki resolusi 13 MP dengan aperture f/1.9, ada flash-nya dan bisa merekam video hingga 1080p@30fps. Tapi sayangnya tidak ada OIS (Optimization Image System), sehingga optimasi gambar dari A20 ini sangat minim.

Sementara untuk kamera keduanya adalah kamera ultra wide 123° dengan resolusi 5 MP dan aperture f/2.2. Kamera ultra wide ini memang tidak didukung dengan OIS ataupun Autofocus, tapi akan tetap membantu untuk mengambil foto di ruangan-ruangan yang sempit. Sementara untuk kamera depannya (selfie) beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, kita bisa tahu bahwa Samsung Galaxy A20 ini bukan lah ponsel gaming kelast atas. Tapi wajar saja karena harganya yang juga relatif murah. Kemudian di paket penjualan tidak terdapat headset, jadi kita harus membelinya lagi.

Tapi semua kelemahannya itu tertutupi dengan harganya yang terjangkau, kemudian kameranya juga sudah menggunakan kamera ultra wide yang sangat membantu untuk foto-foto di ruangan sempit. Kemudian Samsung Galaxy A20 juga sudah support dengan fitur fast charging, Tripple slot tray, irit daya, dan tentu saja layarnya sudah Super AMOLED.

Kelebihan Samsung Galaxy A20:

  • Harga terjangkau,
  • Kamera sudah ultra wide,
  • Fast charging,
  • Tripple slot tray (2 nano sim card + 1 micro SD),
  • Irit daya, dan
  • Layar Super AMOLED.

Kelemahan Samsung Galaxy A20

  • Tidak ada Handsfree pada pada paket penjualan, dan
  • Kurang bagus untuk gaming

Berikut ini rangkuman spesifikasi Xiaomi Redmi 2.
  • Tahun Rilis:  2019
  • Jaringan: 4G LTE
  • Ukuran layar: 6.4 inchi
  • Resolusi layar: HD+ (1560 x 720 piksel)
  • Operating ONE UI (Android 9.0)
  • Chipset: Exynos 7884B Octa Core (2x Cortex A73 1.6 GHz dan 6x Cortex A55 1.35 GHz)
  • GPU: Mali G71 MP2
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Kamera belakang: Dual Camera (13 + 5 MP)
  • Kamera depan: 8 MP
  • Baterai: 4.100  mAh

Harga Samsung Galaxy A20

Galaxy A20 merupakan ponsel samsung dengan layar Super AMOLED paling murah dengan harga RP 2.299.000,00. Jadi kalau kalian mencari smartphone murah dengan layar Super AMOLED, Galaxy A20 bisa menjadi pilihan. Bukan layarnya saja yang bagus, fitur-fitur lain seperti ultra wide camera dan fast charging sudah tersedia di dalamnya. 

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment