CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
11 Fakta Android Q Yang Harus Kami Ketahui Sebelum Rilis Tahun 2019

11 Fakta Android Q Yang Harus Kami Ketahui Sebelum Rilis Tahun 2019


11 Fakta Android Q Yang Harus Kami Ketahui Sebelum Rilis Tahun 2019

Cecepkocep – Google resmi memamerkan sistem terbaru bernama Android Q dalam ajang Google I/O 2019. Dalam ajang ini, Google memamerkan keunggulan pada sistem operasi terbaru ini. Mereka juga mengumumkan beberapa smartphone yang bisa mencicipi Android Q lebih awal.

Stephanie Cuthbertson selaku Director of Product Manager Android mengungkapkan kalau versi Andori terbaru kali ini, Google lebih fokus pada 3 sektor, yaitu inovation, security & security, dan digital wellbeing.

Sampai saat ini, Android Q memang masih dalam versi beta, dan beta finalnya akan dirilis pada pertengahan tahun 2019. Banyak fitur menarik yang bisa memikat para pengguna smartphone.

11 Fakta Menarik Tentang Android Q

Versi terakhir dari sistem operasi besutan Google adalah Android Pie yang rilis pada Agustus 2018 lalu. Lalu tahun ini mereka merilis sistem Android baru bernama Android Q. Tentu saja akan banyak kelebihan yang dimiliki oleh sistem operasi terbaru ini. Berikut ini beberapa fakta menarik yang harus kamu ketahui mengenai Android Q.

1# Membuat Performa Game Menjadi Lebih Mantap

11 Fakta Android Q Yang Harus Kami Ketahui Sebelum Rilis Tahun 2019

Saat ini banyak vendor smartphone yang berlomba-lomba untuk membuat produk yang memiliki performa untuk gaming. Salah satu yang mendukung untuk hal ini adalah sistem opoerasinya sendiri. Nah, Android Q juga memiliki spesifikasi yang spesifik untuk bermain game.

Berdasarkan pada temuan XDA atas kode yang terdapat di dalam kode sistem operasi tersebut, Android Q beta juga turut berisikan Application Programming Interface (API). Aplikasi ini sangat erat dengan thermal throttling dan performa smartphone untuk bermain game.

Prinsip dasar dari kinerja API ini yaitu akan mengumpulkan data mengenai tingkat kerja dan performa prosessor, kemudian seketika meneruskannya kepada game yang sedang dimainkan. Game tersebut juga bisa memanfaatkan informasi yang didapat untuk menyesuaikan pengaturan dan mengoptimalkan performa secara dinamis.

Secara umum, ponsel  kamu bisa lancar bermain game pada setting-an max, tapi nge-lag di area tertentu. Nah dengan menggunakan Android Q, pihak pengembang game tersebut bisa menyertakan kode yang secara otomatis bisa mengurangi resolusi dan menghilangkan detil khusus pada kondisi yang tidak mulus.

Maka untuk bisa menikmati game dengan mulus, kita tidak perlu lagi memilih pengaturan setting rendah secara manual, atau memainkan game tersebut pada detail rendah secara penuh. Padahal game yang kita mainkan tersebut hanya terjadi nge-lag di beberapa area tertentu.

2# Mendukung Ponsel Layar Lipat

Ponsel layar lipat diprediksi bakal mulai popular di tahun 2019 ini. Berbagai vendor smartphone juga sudah meluncurkan ponsel lipat pertama mereka di pasaran, misalnya adalah Huawei dan Samsung. Dengan adanya tren tersebut, Google menyesuaikan dengan versi Android yang terbaru yang diklaim support untuk ponsel layar lipat.

Android Q dirancang untuk memenuhi pengoperasian ponsel layar lipat dengan lebih maksimal. Salah satunya adalah game akan tetap berjalan meskipun dilakkan pelipatan layar. Selain itu, para penggunanya juga bisa menggunakan aplikasi secara bersamaan.

3# Mendukung Ponsel 5G

Jaringan selular generasi kelima memang menawarkan kecepatan internet yang tinggi dengan latensi yang rendah. Teknologi 5G ini akan terus berkembang dan Google juga tak ingin ketinggalan dengan sistem Operasi yang mendukung teknologi ini. Maka dari itu mereka membuat sistem operasi baru bernama Android Q.

4# Live Caption yang Bisa Menerjemahkan Audio Menjadi Teks

Fitur yang satu memang terbilang menarik. Sebab bisa menerjemahkan audio dalam sebuah video ke dalam teks secara real-time. Kemudian teks tersebut akan terpampang di depan video. Bahkan yang lebih canggihnya lagi bisa menerjemahkan audio tanpa harus terhubung dengan internet. Dengan begitu, fitur Live Caption ini bisa ditunjukkan kepada para tunarungu supaya bisa merasakan emosi dalam video yang mereka tonton.

5# Smart Reply Untuk Mempercepat Balas Chat

Google juga menjelaskan bahwa pada Androdi Q akan terdapat fitur Smart Reply. Fitur ini akan membantu memprediksi kata apa yang akan kita balas dalam sebuah chat. Bukan hanya teks saja, untuk emoji juga berlaku. Fitur ini bekerja akan bekerja pada semua aplikasi pesan instan di smartphone berbasis Android.

6# Dark Theme Untuk Mengirit Baterai

Banyak pengguna smartphone yang menantikan kehadiran tema gelap pada sistem operasi yang mereka gunakan. Akhirnya tema gelap ini baru tewujud dalam Android, bahkan para developer yang hadir di GoogleI/O juga langsung riuh ketika fitur ini diperkenalkan. Sebab banyak orang meyakini kalau dengan Dark Theme akan membuat baterai smartphone mereka hemat.

7# Security and Privacy yang Lebih Diperhatikan

Google mulai lebih serius lagi dalam masalah keamanan dan privasi demi kenyaman para pengguna smartphone. Dengan Android Q yang merek luncurkan, kita sebagai penggunanya bisa melakukan pembatasan terhadap lokasi, riwayat penelusuran, kontak, dan informasi data sensitif lainnya. Sistem operasi terbaru ini juga dibekali dengan Google Play yang berguna untuk memproteksi dari serangan malware.

8# Focus Mode Untuk Memblokir Aplikasi yang Mengganggu

Fitur ini bisa mengidentifikasi dan memblokir aplikasi tertentu yang dinilai menggangu, kita juga bisa membisukan notifikasinya. Misalnya ketika kita sedang fokus, tetapi diganggu oleh promosi dari game yang disukai. Maka dengan fitur ini, kita tidak akan terganggu lagi dengan hal-hal semacam itu.

9# Parental Control Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak-Anak

11 Fakta Android Q Yang Harus Kami Ketahui Sebelum Rilis Tahun 2019

Google juga memberikan perhatian lebih pada kecanduan gandget yang dialami oleh anak-anak. Dengan adanya fitur Parental Control, orang tua bisa mengontrol waktu penggunaan perangkat oleh anak-anak. Misalnya kita sebagai orang tua bisa membatasi waktu bermain anak-anak dalam memainkan satu aplikasi. Jika waktunya sudah habis, mereka tidak bisa menggunakannya lagi, kecuali diberikan tambahan waktu oleh kita.

10# Suggested Actions

Fitur ini memungkinkan akan mengarahkan ke Google Maps jika ada seseorang yang mengirim surat pada smartphone kita.

11# Safety Hub Untuk Mendeteksi Kecelakaan

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Phone Arena, pada Android Q Beta 3 juga ditemukan kode baru dimana kode tersebut menyasar pada fitur deteksi kecelakaan mobil otomatis atau Safety Hub. Tapi sayangnya kode ini hanya terdapat pada smartphone Pixel.

Ya, Google memang sering memperkenalkan fitur-fitur ekslusif hanya untuk smartphone Pixel. Misalnya saja adalah mode Night Sight yang hadir pada aplikasi kameraan bawaan Google, lalu kapasitas penyimpanan tanpa batas di Google Photos juga hanya untuk pengguna Pixel saja.

Sampai saat ini belum diketahui bagaimanakah cara kerja dari fitur Safety Hub pada Android Q ini. Mungkin Google akan menggabungkan berbagai sensor yang dimiliki oleh smartphone untuk mendeteksi anomali. Semoga saja dalam beberapa waktu ke depan, mereka akan memberikan penelasan jauh dalam lagi mengenai cara kerja dan fungsi fitur tersebut.

Smartphone apa saja yang bisa mencicipi Sistem Operasi Android Q?

Google mengumumkan 21 smartphone yang bisa lebih duluan mencicipi Android pada ajang I/O 2019 beberapa waktu yang lalu. Informasi terbau mengatakan kalau ponsel flagship Redmi yang menggunakan Snapdragon 855 juga akan menggunakan Androdi Q. Berikut ini 21 smartphone yang sudah bisa mencicipi sistem Android terbaru mulai dari Android Q beta 3.
  • Asus Zenfone 5Z
  • Essential PH-1
  • HMD Global Nokia 8.1
  • Huawei Mate 20 Pro
  • LG G8
  • OnePlus OP 6T
  • Oppo Reno
  • Google Pixel
  • Google Pixel XL
  • Google Pixel 2
  • Google Pixel 2 XL
  • Google Pixel 3
  • Google Pixel 3 XL
  • Realme 3 Pro
  • Sony Xperia XZ3
  • Tecno Spark 3 Pro
  • Vivo X27
  • Vivo NEX S
  • VIVO NEX A
  • Xiaomi Mi Mix 3 5G
  • Xiaomi Mi 9.

Akhir Kata

Jadwal Rilis Android Q

Versi beta 1 dari Android Q ini dimulai pada 1 Maret  dan saat ini tengah sampai di versi beta 3 yang dirilis pada 7 Mei lalu. Untuk versi beta 4 direncanakan akan tersedia pada bulan Juni, sementara untuk versi finalnya akan diluncurkan di kuartal ketiga tahun 2019. Meskipun belum diketahui kapan tanggal resmi perilisiannya, tapi menarik untuk kita nantikan dengan versi Android terbaru ini.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment