CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
9 Penyebab Baterai Android Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

9 Penyebab Baterai Android Cepat Habis dan Cara Mengatasinya



Cecepkocep – Baterai merupakan komponen yang paling penting dalam smartphone. Dengan adanya baterai, smartphone bisa hidup. Dengan begitu, baterai yang boros dan cepat habis tentu saja akan menghambat aktivitas dari smartphone kita. Salah satu penyebabnya adalah aplikasi yang berjalan di belakng layar.

Ada beberapa hal yang menyebabkan baterai smartphone cepat habis, sehingga daya baterai cepat terkuras dan sesuai dengan masa pemakaian smartphone. Dengan begitu kita harus mewarat smartphone kita supaya baterai kita tidak rusak atau tetap awet.


1# Merawat Baterai Smartphone


  • Menggunakan charger yang disertakan pada perangkat smartphone
Mengisi daya smartphone menggunakan charger atau adaptor daya yang bukan bawaannya terkadang bisa megisi daya dengan lebih lambat, bahkan ada yang tidak bisa mengisi daya sama sekali. Yang lebih parahnya lagi akan membuat perangkat ataupun baterai smartphone kamu rusak.

  • Jaga suhu tetap dingin
Sebisa mungkin untuk menjaga suhu smartphone dalam keadaan dingin. Sebab baterai akan cepat habis jika kondisi smartphone dalam keadaan panas meskipun tidak sedang digunakan.

  • Isi daya baterai secukupnya
Setiap smartphone memiliki waktu charging hingga full 100% dalam keadaan tidak dipakai. Jadi usahakan untuk tidak mengisi daya baterai melebihi batas waktu yang telah ditetapkan. Jika memang dayanya sudah full 100%, usahakan untuk mencabut aliran listriknya.


2# Aplikasi Penyebab Baterai Cepat Habis

Jika baterai smartphone kamu lebih cepat habis dibandingkan penggunaan sebelumnya, segera cek aplikasi yang terlalu banyak menguras daya baterai. Biasanya smartphone akan menjadi panas ketika dipegang jika aplikasi yang kalian gunakan menguras daya baterai.

Kamu bisa pergi ke Menu Pengaturan - baterai - Peringkat.

Disini kamu akan melihat aplikasi-aplikasi yang memang menguras daya baterai smartphone. Langkah selanjutnya yaitu kamu bisa memaksa berhenti aplikasi tersebut atau meng-uninstall aplikasi yang bermasalah.


3# Aplikasi Di Latar Belakang

Kamu juga bisa membatasi aplikasi yang paling banyak menggunakan daya baterai di latar belakang. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan. Berikut langkahnya.

Buka menu Pengaturan – Menu – Peringkat – Penggunaan daya di latar belakang tinggi.

Catatan: Setiap perangkat mungkin akan sedikit berbeda antarmuka pada menu pengaturan.


4# Aplikasi Yang Bermasalah

Kamu tidak harus meng-untistal apliasi, terkecuali jika ada masalah dengan aplikasi yang kalian gunakan, misalnya lag parah yang membuatnya tidak bereaksi ketika disentu (Not Responding). Sebenarnya kamu juga bisa menutup aplikasi tersebut dengan cara menggesernya, tapi itu aplikasi tersebut akan tetap berjalan di latar belakang. Hal ini lah yang membuat baterai smartphone kamu cepat habis.

Untuk menutup aplikasi yang benar-benar lag, kamu bisa memaksa berhentikan aplikasi tersebut. Memaksa berhenti dan memulai ulang aplikasi sama halnya dengan “hard reboot”. Cara melakukannya bisa kalian lakukan di bawah ini.

Bukan menu Pengaturan – Aplikasi Terpasang – Pilih plikasi dari daftar – Paksa Berhenti.

Perlu kalian ketahui bahwa fitur ‘paksa berhenti’ tidak tersedia untuk semua aplikasi, misalnya adalah aplikasi bawaan smartphone kamu atau layanan Google. Jika memang masalah tersebut masih tetap muncul setelah aplikasi tersebut diberhentikan, kamu bisa meng-uninstall-nya.


5# Mode Auto-Brightness

Saat ini banyak smartphone yang menggunakan layar berukurang besar. Rata-rata menggunakan layar 4.5 inchi hingga 6 inch, yang mana ukuran ini dianggap cukup ideal untuk smartphone, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Sehingga akan mudah digenggam dan mudah dioperasikan hanya dengan satu tangan.

Akan tetapi ukuran layar yang semakin besar juga akan membuad daya baterai smartphone semakin terkuras habis karena membutuhkan energi yang banyak. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita harus mengtur mode Auto-brightness.

Hal yang satu ini memang terkesan sepele, tapi nyatanya bisa berpengaruh pada umur baterai smartphone kalian. Para pengguna biasanya malas untuk menyesuaikan kecerahan layar secara manual, sehingga sudah pasti akan mengaktifkan mode auto-brightness.

Tapi ada juga pengguna smartphone yang tidak sadar yang telah mengaktifkan mode tersebut. Padahal mode itu sangat cepat menguras baterai. Lebih baik kamu mengatur tingkat kecerahan layar secara manual.


6# Kamera

Kamera tentu saja sangat dibutuhkan dalam smartphone untuk menangkap gambar atau merekam video. Tapi semakin sering menggunakannya juga akan membuat daya baterai semakin terkuras. Lalu bagaimana cara menghemat baterai smartphone ketika menggunaakn kamera? Caranya bisa kamu lakukan hal-hal berikut ini.
  • Menurunkan kualitas gambar atau video sehingga kamera akan bekerja dengan lebih cepat dan ringan.
  • Minimalkan penggunaan fitur HDR.
  • Jangan gunakan lampu flash.

6# Konektivitas

Menggunakan smartphone yang sering terhubung ke internet tentu saja akan membuat daya baterai cepat terkuras. Sebab aplikasi yang kita gunakan akan terus-menerus mengirim dan menerima data. Selain sambungan internet, beberapa konektivitas penting juga menyebabkan daya baterai cepat terkuras.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian perhatikan tentang konektivitas:
  • Bluethooth: Non aktifkan Bluetooth jika memang tidak digunakan.
  • WiFi: Jika memang kamu tidak sedang terhubung ke jaringan WiFi dan tidak membutuhkannya, sebaiknya kamu matikan saja. Sebab jika dibiarkan terus manyala, smartphone kalian akan terus mencarinya, sehingga daya baterai juga akan boros.
  • Koneksi Internet: Jika kamu terpaksa harus selalu online, lebih baik aktifkan saja mode “2G Only” untuk mengurangi daya baterai smartphone.
  • GPS: Matikan saja jika memang tidak dibutuhkan.
  • Mode “keep Wifi On during sleep”: matikan mode ini untuk menghemat baterai smartphone dalam keadaan stand by.

7# Waktu Sleep

Semakin lama layar smartphone menyala, maka daya baterai akan semakin cepat habis. Salah satu trik menghemat baterai adalah dengan memperpendek waktu sleep atau screen timeout. Saya sarankan untuk memilih waktu yang paling singkat, sehingga layar smartphone yang sedang tidak digunakan bisa segera redup.


8# Widgets

Saat ini banyak aplikasi latar belakang yang sering kali berguna, tapi nyatanya bisa menguras daya baterai dengan lebih cepat. Kamu bisa mengatasinya dengan mengatur waktu update menjadi lebih panjang. Misalnya aplikasi cuaca yang biasanya update setiap satu jam, nah kamu ubah menjadi tiga atau empat jam sekali.


9# Charger dan Baterai Rusak

Charger yang bermasalah atau rusak juga bisa menjadi penyebab baterai smartphone kamu sangat boros. Tanda baterai boros memang tidak dipengaruhi oleh performa smartphone dan baterai itu sendiri. Charger yang rusak dan tidak berfungsi akan membuat baterai juga tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Jika memang kamu merasa baterai kamu lebih boros setelah melakukan hal-hal di atas, lebih baik segera ganti baterai dengan yang baru. Baterai baru tentu akan memberikan performa dengan daya tahan yang lebih baik.

Akhir Kata

Untuk menghemat daya batarai, kamu bisa meminimalisirnya dengan cara-cara di atas. Selain cara di atas, kamu juga bisa back up berbagai data mulai dari video hingga gambar yang membuat memori internal menjadi penuh juga perlu dilakukan.

Dengan cara-cara di atas, kinerja smartphone kalian akan lebih mulus dan tidak berat. Sehingga baterai dan hardware yang digunaakn juga tidak akan terlalu banyak. Dengan begitu peroforma smartphone kalian juga akan tetap maksimal.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment