CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Semoga Rejeki, Inilah 6 Tips dan Cara Penting Lolos CPNS Tahun 2019

Semoga Rejeki, Inilah 6 Tips dan Cara Penting Lolos CPNS Tahun 2019


Semoga Rejeki, Inilah 6 Tips dan Cara Penting Lolos CPNS Tahun 2019

Cecepkocep - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibukan kembali pada bulan Oktober 2019 mendatang. Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Tribunnews, kuota yang tersedia untuk tahun ini adalah 100.000 lowongan.

Tentu saja tak semua orang bisa lolos CPNS dengan mudah sebab banyak sekali peminatnya. Bahkan seleksi CPNS tahun ini diprediksi bakal diikuti oleh 4 hingga 5 juta pelamar. Sementara itu, pihak penyelenggara juga akan tetap mempertimbangkan kualitas para pelamar.

Pihak penyelenggara akan melihat kualitas pelamar, terutama dari hasil tes soal CPNS yang harus dikerjakan dengan dengan cara fair seperti pada seleksi CPNS yang tahun sebelumnya juga sudah dilakukan.

Nah pada kesempatan kali ini Cecepkocep akan membagikan sedikit tips dan trik kepada kamu supaya bisa lolos CPNS di tahun 2019 ini. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Siapkan Persyaratan CPNS Dari Sekarang

Tahap pertama yang tentu saja harus kamu lakukan adalah mempersiapkan persyaratan atau berkas yang dibutuhkan. Kamu harus mempersiapkannya dari sekarang supaya nanti tidak keteteran. Selain itu kamu juga bisa lebih fokus untuk berlatih mengisi soal CAT CPNS.

Buat kamu yang berminat untuk mendaftarkan CPNS, ayo segera mempersiapkan diri kamu sesegera mungkin. Sebab dari syaratnya sendiri cukup banyak dibutuhkan, bahkan beberapa dokumen harus kamu siapkan.

Buat kamu para sarjana S1 atau tenaga profesional, berikut ini adalah persyaratan atau dokumen yang harus kamu siapkan.

1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir
3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT
4. Pas foto terbaru 4x 6 sebanyak 4 lembar berlatar belakang merah

Sementara untuk kalian para lulusan D III dan SMA/sederajat ada beberapa dokumen tambahan yang harus kamu siapkan, yaitu sebagai berkut.

1. Materai Rp 6.000
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi Ijazah/STTB
4. Fotokopi Ijazah SD
5. Fotokopi Ijazah SLTP/SMP
6. Fotokopi Ijazah SLTA/SMA

2. Ketahui Jumlah Formasi CPNS 2019

Sama seperti 2 tahun sebelumnya, penerimaan CPNS di tahun 2019 ini juga akan dilakukan dua jalur atau formasi, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Pegawai ASN tahun ini dibutuhkan dengan pengisian formasi yang sesuai dengan kuota yang telah ditentukan.

Untuk itu, kamu harus tahu terlebih dahulu jumlah formasi CPNS berdasarkan kuota yang telah ditetapkan. Misalnya kamu harus tahu kuota untuk formasi pemerintah pusat (Kementrian atau Lembaga) dan formasi untuk instansi pemerintah daerah (Pemda).

Selain formasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, beberapa formasi CPNS lainnya juga juga tersedia. Beberapa formasi tersebut adalah tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga yang memiliki kualifikasi di bidang insfratukur dan lain-lain.

Dengan mengetahui formasi CPNS yang tersedia, kamu bisa menyesuaikan dengan bidang akademik yang kamu sukai. Atau kamu bisa menyesuaikan dengan ijazah perguruan tinggi yang sesuai.

3. Pahami Tahapan Seleksi CPNS 2019

Mengetahui tahapan seleksi CPNS tentu saja sangat penting bagi kamu yang ingin melamar menjadi pegawai ASN. Setelah memenuhi semua persyaratan dan dokumen penting yang sudah saya jelaskan di atas, kamu juga harus lolos 3 seleksi. Diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Seleksi administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  • Seleksi Kompetesi Bidang (SKB)

Jadi tahap pertama yang harus kamu lakukan untuk mengikuti CPNS adalah seleksi administrasi terlebih dahulu. Seleksi administrasi ini ini adalah pengumumpulan semua persyaratan di atas dan diseleksi oleh pihak penyelenggara. Jika memang data kamu sesuai, kamu bisa dipastikan lolos untuk seleksi ini. Biasanya sebagai besar pelamar CPNS bisa lolos pada seleksi administrasi ini.

Jika kamu sudah lolos seleksi administrasi, tahapan yang selanjutnya adalah seleksi Kompetesi Dasar atau SKD. Ini adalah tahapan seleksi yang menurut saya paling sulit karena wawasan dan kemampuan kamu akan benar-benar diuji. Ada 3 tes yang harus kamu kerjakan pada seleksi SKD ini. Banyak pelamar yang berguguran di tahap ini, termasuk saya sendiri.

Jika sudah dinyatakan lolos seleksi Kompetensi Dasar, tahapan terakhir yang harus kamu jalani adalah seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. Seleksi ini tergantung pada instansi yang kamu lamar. Setiap instansi biasanya akan menerapkan jenis dan sistem seleksi yang berbeda.

4. Pahami Sistem Tes Seleksi CPNS 2019

Badan Kepegawain Negara (BKN) selaku panitia seleksi memastikan bahwa tes CPNS 2019 akan diselenggarakan dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT). Sistem tes ini akan digunakan untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

CAT sendiri adalah metode seleksi CPNS yang menggunakan alat bantuk komputer. Nantinya akan didapatkan standar minimal kompetensi dasar untuk para para pelamar CPNS. Bagi kamu yang berminat untuk mendaftar CPNS, segera untuk memahami sistem CAT dan mempelajarinya dari sekarang.

Pihak BKN sendiri sudah menyediakan layanan Simulasi tes CAT di laman http://cat.bkn.go.id/simulasi. Waktu untuk pengerjaannya sendiri biasanya adalah 90 menit. Kamu bisa mendaftar dan melakukan simulasi tes CAT CPNS di laman tersebut. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan gambaran skor yang diperoleh.

5. Latihan Soal Ujian CAT PNS 2019

Jika kamu merasa semua persyaratan atau dokumen sudah siap, segera untuk melakukan latihan mengisi soal CAT PNS. Sebab hal ini sangat menentukan hasil yang akan kamu dapatkan. Usahakan nilai atau skor yang kamu dapatkan ketika menjalani tes CAT di atas ambang persyaratan kelulusan (passing grade).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuat soal dan materai CAT PNS yang terbagi ke dalam tiga bidang pengujian. Ketiga bidang tersebut adalah:
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Tes Inteligensi Umum
  • Tes Karakteristik Pribadi

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dilaksanan untuk menilai pengetahuan dan kemampuan kamu tentang:
  • Nasionalisma
  • Integritas,
  • Bela Negara,
  • Pilar Negara
  • Bahasa Indonesia
  • Pancasila
  • Undang-Undang Dasar 1945
  • Bhineka Tunggal Ika
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (Sistem Tata Negara Indonesia, Sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar).


Tes Inteligensi Umum dilaksanakan untuk menilai aspek-aspek berikut ini.
  • Kemampuan verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan
  • Kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
  • Kemampuan figural, yaitu kemampuan berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dan menganalisa gambar, simbol, dan diagram.
  • Kemampuan berpikir logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secxara runtut dan sistematis.
  • Kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sitematis.


Tes terakhir yang tak kalah penting adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Aspek-aspek yang yang akan diuji pada tes ini diantaranya adalah semangat, kreativitas, kemampuan beradaptasi dan mengendalikan diri.
Untuk mempelajari beberapa sola latihan CPNS 2019, kamu bisa melakukannya dengan searching di Google, atau bahkan mengunduh aplikasi latihan CPNS di Playstore. Dengan berlatih, kamu bisa tahu tingkat kesulitan yang akan dihadapi dan mempersiapkannya.

6. Sabar dan Berdoa

Tips lainnya supaya bisa lolos seleksi CPNS adalah sabar dan berdoa. Kenapa harus sabar? Sebab jadwalnya kadang diundur-undur. Misalnya jadwal penerimaan yang harusnya dilakukan di bulan Oktober, tapi malah diunudur menjadi bulan selanjutnya. Selain itu kamu juga harus sabar dalam menjalani proses seleksinya.

Kemudian yang tak kalah penting adalah berdoa. Alangkah lebih baik untuk mengimbangi usaha kamu dengan doa. Sebab kita hanyalah seorang makhluk yang hanya bisa berusaha, untuk hasil hanya Tuhan yang menentukan. Jangan lupa juga untuk minta do’a dari kedua orang tua.

Itulah beberapa tips supaya kamu bisa lolos seleksi CPNS di tahun 2019. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment