CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Build Item/Gear, Cara Bermain, dan Tutorial Lengkap Harith Mobile Legends

Build Item/Gear, Cara Bermain, dan Tutorial Lengkap Harith Mobile Legends

Build Item/Gear, Cara Bermain, dan Tutorial Lengkap Harith Mobile Legends

Cecepkocep – Harith merupakan salah satu hero mage di Mobile Legends yang Over Power (OP). Hero ini sangat menyebalkan karena memiliki burst damage yang bertubi-tubi dan lincah sehingga sulit untuk dibunuh atau diculik. Padahal kalau dilihat dari penampilannya dia sangat imut seperti Nana.

Harith merupakan hero yang menurut ane cukup menarik. Hero ini bisa spam skill bertubi-tubi karena memiliki semua skillnya bisa dipercepat dengan kondisi tertentu. Selain itu keunikan dari hero ini adalah punya mobilitas yang tinggi dan memiliki kemampuan yang bisa mengurangi Crowd Control musuh, sehingga bisa terus bergerak dengan lincah meskipun sering menjadi sasaran hero CC musuh.

Nah, pada artikel kali ini ane masih tutorial tentang lengkap cara belajar bermain dan menguasai hero Harith Mobile Legends. Sebelum membahas lebih jauh, ane akan membahas terlebih dahlu mengenai kelebihan dan kelemahan dari hero unik yang satu ini. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kelemahan

Setiap hero tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, termasuk juga Harith. Dengan mengetahui kelebihannya, kita akan memanfaatkan semua kelebihannya tersebut sehingga membuatnya menjadi lebih kuat. Sementara mengetahui kelemahannya akan membuat kita bisa menemukan cara supaya bisa bermain hati-hati dari hero counter-nya. Berikut ini kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh Harith.

Kelebihan Harith

1. Burst Damage Tinggi
Harith merupakan mage yang memiliki burst damage yang sangat besar. Saat ini mage yang memiliki serangan burst damage besar perlu kita perhitungkan untuk dibeli. Burst damage ini dihasilkan dari kombinasi antara skill 1 dan skill 2. Selain itu basic attack setelah menggunakan skill 2 juga sangat besar.

Burst damage dari Harith ini akan semakin besar jika dikombinasikan dengan item yang tepat. Calamity Reaper akan membuat basic attack Harith setelah menggunakan skill 2 akan menghasilkan true damage. Apalagi kalau dikombinasikan lagi dengan Holly Crystal atau Berserker’s Fury, dijamin damage dari Harith ini sangat mengerikan.

2. Cooldown Singkat
Skill utama dari Harith adalah skill keduanya karena memiliki cooldown yang sangat singkat. Skill ini mirip seperti skill 1 Lunox di mode kegelapan. Terlebih basic attack Harih setelah menggunakan skill ini juga akan menghasilkan damage yang sangat besar.

Cooldown dari skill 2 akan berkurang sebesar 4 detik jika setelahnya menggunakan basic attack. Kemudian coolwodn dari skill ini akan semakin cepat jika Harith berada di area skill ultimate-nya. Terlebih skill ultimate ini akan menghasilkan efek slow, sehingga musuh akan sulit untuk kabur.

3. Durabiliy Sangat Bagus
Harith merupakan mage yang memiliki durability terbaik dari mage yang lainnya. Kenapa? Pertama, karena dia memiliki skill pasif yang bisa memberikannya efek resilence. Efek ini akan mampu mengurangi durasi efek negatif musuh, misalnya efek silence dari Natalia dan Helcurt.

Kedua, skill keduanya yang memberikan shield setelah Harith melakukan basic attack. Dengan begitu sembari menyerang, dia juga kan mendapatkan shield. Maka jangan heran kalau dia akan sangat berani bermain agresif meskipun harus dive turet sekalipun. Sebab shield dari skill 2 akan tetap muncul selama dia dia menyerang dengan basic attack.

Ketiga, skill keduanya akan membuat Harith bisa dash dengan cooldown yang singkat. Kita hanya perlu mengatur posisi sembari menyerang target dengan basic attack. Sebab dash ini akan membantu kita untuk kabur. Selain itu skill ini akan memudahkan Harith bisa masuk maupun keluar teamfight dengan sangat mudah.

4. Mudah Digunakan
Kalian yang sudah terbiasa bermain Harley dan Lunox tentu saja akan lebih mudah untuk menguasai Harith. Sebab gameplay dari Harith itu mirip seperti gameplay Lunox dan Harley. Hanya saja Harith memiliki durability yang lebih tinggi dibandingkan mereka berdua.

Spam basic attack dari Harith mirip seperti Harley, skill 1 mirip seperti skill 3 Lunox, dan skill 2 mirip seperti skill 2 dan skill 2 Harley. Kira—kira miriplah gameplay-nya seperti Harley dan Lunox. Intinya, kalau menggunakan Harith harus lincah dan tangan kalian harus cepat.

Baca juga:

Kelemahan Harith

1. Bergantung Pada Tim
Menurut ane hampir semua hero mage sangat bergantung pada tim, terkecuali untuk Harley. Harith juga sangat bergantung pada timnya. Kenapa? Sebab dia sangat lama dalam urusan jungle dan untuk push turret juga sangat lambat. Sehingga dia akan kesulitan jika harus solo lane.

Meskipun dia memiliki durability yang sangat bagus, tapi Harith tetap membutuhkan back up dari hero-hero tank. Hal ini untuk mencegah ganking oleh tim musuh yang mencoba untuk membunuhnya. Hero-hero dengan crowd control juga sangat berbahaya bagi Harith.

2. Tidak Punya “One Shoot Kill”
Harith ini memang memiliki burst damage yang besar, tapi tidak bisa dilakukan untuk one shoot kill. Sebenarnya Harith ini merupakan hero DPS (Damage Per Second) yang memiliki damage sangat besar berkat kombinasi skill 1, skill 2, dan basic attack. Untuk urusah one shoot kill masih kalah dengan Eudora, Aurora, maupun Kagura.

Dengan begitu Harith ini memiliki serangan yang bertubi-tubi untuk bisa membunuh lawan. Jadi, dia memerlukan kombinasi atau serangan-serangan kombo dengan timing yang tepat supaya bisa memberikan damage yang maksimal.

3. Positioning yang Sulit
Sebenarnya secara keseluruhan Harith ini cukup mudah untuk digunakan, tapi ada satu skill yang membuatnya cukup sulit untuk dilakukan, yakni skill keduanya. Skill ini harus kita sebaik mungkin supaya tidak membuat kita terciduk oleh lawan. Dengan begitu kita harus pintar-pintar dalam positioning.

Banyak player (termasuk juga ane ketika awal make Harith) yang salah kaprah dalam menggunakan skill 2. Mereka biasanya loncat ke depan, tapi akhirnya malah mati konyol. Apalagi ketika menggunakan skill ultimate, jangan sampai kita keluar dari jalur skill ini supaya skill 2 bisa memiliki cooldown yang singkat.


Penjelasan Skill Harith

Skill Pasif: Key Insight

Pasif dari Harith yaitu bisa mengurangi waktu Crowd Control musuh sebesar 70%. Misalnya stun dari skill Selena adalah 3 detik, maka yang durasi stun itu akan dikurangi 70% menjadi 0.9 detik saja. Hal ini tentu saja akan membuat Harith bisa dengan mudah untuk melawan hero-hero yang punya kemampuan crowd contro seperti Natalia, Helcurt, Akai, dan Saber. Pasif dari pasif ini mirip seperti pasif yang dimiliki oleh Tough Boots.

Skill 1: Synchro Fission

Harith akan memberikan damage yang berbentuk seperti persegi panjang dengan lingkaran di tengahnya. Damage yang diberikan adalah 120 (+70% Total Magic Power) sebagai magic damage kepada target yang berada di area tersebut.

Di tengah lingkarah, area ini akan meledak dengan memberikan 360 (210%)  magic damage pada semua lawan yang ada di area ledakannya. Damage dari skill ini sangat besar, apalagi kalau dikombinasikan dengan basic attack Harith setelah menggunakan skill 2.

Skill 2: Chrono Dash

Harith akan melakukan dash ke arah yang kita tentukan dan mencuri magic attack hero lawan yang ada di dekatnya serta akan memberikannya shield yang bisa menyerap 200 (+150% Total Magic Power) damage. Shield ini akan semakin tebal jika magic power yang dimiliki oleh Harith juga sangat besar.

Setelah menggunakan skill 2, damage dari basic attack Harith akan meningkat sebesar 250 (+80% Total Magic Power) sebagai Magic Damage. Selain itu, basic attack ini juga akan menyebabkan efek slow sebesar 80% jika berhasil mengenai lawan.

Basic attack Harith setelah menggunakan skill 2 akan membuat cooldown dari skill ini berkurang sebesar 4 detik. Dengan begitu usahakan basic attac setelah menggunakan skill ini mengenai lawan supaya cooldownnya bisa lebih cepat lagi.

Skill 2 ini akan membuat Harith memiliki durability yang besar dan lincah. Maka dari jangan sia-siakan kemampuan ini, kejar terus musuh meskipun harus dive turret sekalipun. Sebab dia akan mendapatkan shield dan damag dari basic attacknya juga sangat besar.

Skill Ultimate: Zaman Force

Harith akan menciptakan sebuah area berbentuk seperti salib. Musuh yang berada di area ini akan terkena efek slow sebesar 50% selama beberap waktu. Penggunaan skill ini akan membuat cooldown dari skill 2 berkurang sebesar 4 detik.

Jika Harith berada di dalam area tersebut ketika menggunakan skill keduanya, maka cooldown dari skill 1 akan dikurangi sebesar 1 detik dan skill 2 3 detik. Dengan begitu, skill ultimate ini akan membuat Harith semakin lincah karena sering menggunakan skill 2. Selain itu musuh akan sulit untuk kabur efek slow yang diberikan oleh basic attack dan skill 3 sangatlah besar.

Combo Skill

Seperti sudah saya singgung sebelumnya kalau Harith ini merupakan hero yang memiliki gameplay mirip seperti Harley. Kita poke musuh dengan skill 1 dan 2, jika sudah sekarat gunakan skill 3 untuk memberikan damage dengan sangat cepat. Kira-kira kombo skill Harith bisa kalian lihat di bawah ini.

Skill 2 – Basic Attack – Skill 1 – Skill Ultimate – Skill 2 – Basic Attack – Skill 1

Tapi kombo yang utama dari Harith ini adalah skill 2 dan basic attack. Gunakan skill 1untuk memberikan damage. Skill 3 bisa digunakan untuk teamfight karena memberikan efek slow yang bersifat area. Skill ini juga akan membuat Harith bisa lebih sering spam skill 1 dan 2.


Gameplay Hero Harith

Gameplay dari Harith ini mirip seperti Harley, dimana kita hanya perlu loncat-loncat dan poke musuh dengan skill 1 dan 2, kemudian gunakan skill 3 untuk memberikan burst damage yang sangat besar.

Early Game

Di awal permainan, kalian bisa membukan skill 1 terlebih dahulu supaya bisa clear lane dangan sangat cepat. Usahakan untuk ditemani dengan tank tim kalian karena Harith ini kurang begitu cocok untuk solo laner. Usahakan untuk ambil buff dan buff gold yang ditemani dengan tank.

Usahakan jangan bermain agresif tanpa bantuan tim kita jika tidak ingin mati konyol. Selain itu Harith juga merupakan mage yang sangat tergantung dengan basic attack, maka dari itu membutuhkan item. Usahakan bermain agresif jika sudah memiliki dua item core, yakni Calamity Reaper dan Berserker’s Fury.

Mid Game

Di fase ini usahakan untuk terus farming sampai kedua item di atas jadi. Tapi jika terjadi teamfight, usahakan untuk ikut. Bermainlah tarik ulur dengan cara spam skill 1 dan 2 sera basic attack. Jika lawan sudah sekarat, gunakan skill ultimate dan lakukan kombinasi skill 1, 2, dan basic attack.

Late Game

Basic attack Harith itu sangat sakit di late game 3 meskipun dia adalah seorang hero mage. Tugasnya di late game yaitu poke musuh secara terus menerus pada lawan dengan skill 1 dan 2 serta basic attack. Manfaatkan dash dari skill 2 untuk memancing pergerakan musuh.Selain itu, skill ini juga akan membuat kita bisa menjaga jarak dengan musuh.

Jika saatnya sudah tepat, misalnya ketika tim sedang melakukan inisiasi untuk teamfight, lancarkan skill ultimate dan usahakan untuk mengenai lawan supaya mereka bisa terkena efek slow. Setelah itu spam skill 1 dan 2 sebanyak mungkin. Kalian bisa berlatih dahulu di mode mode Custom untuk melatih kombinasi skillnya Harith.


Build Item Harith, Emblem dan Battle Spell

Tips build item Harith menurut ane lebih berfokus pada Cooldown Reduction dan Damage. Sebab dengan menggunakan CD yang rendah, kita akan lebih sering spam skill, terutama skill 1 dan 2. Selain itu, damage yang tinggi juga akan membuat Harith bisa membunuh musuh dengan cepat. Perlu kamu ketahui sebenarnya basic damage dari Harith itu tidaklah besar, tapi karena dia memberikan serangan bertubi-tubi, maka musuh akan merasa damage dari Harith sangat besar.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi build item atau gear untuk Harith Mobile Legends. Saya memberikan beberapa pilihan untuk kalian gunakan. Tapi intinya saya lebih berfokus pada cooldownd dan damage.

Build baris pertama saya tambahkan Berserker's Fury supaya basic dari Harith bisa memberikan critical damage. Selain itu item Thunder Belt juga akan membuat musuh sulit kabur. Build baris kedua memang full magic damage dan akan membuat attack speed Harith sedikit lebih tinggi. Build baris ketika biasa digunakan untuk meningkatkan shield dari skill 2 Harith.

Build Item Harith Mobile Legends

Magic Shoes: selain untuk movement speed, item ini juga berfungsi untuk meningkatkan cooldown reduction.

Calamity Reaper: Ini adalah item wajib untuk Harith. Karena selain untuk cooldown reduction, item ini juga bisa membuat basic attack Harith setelah menggunakan skill 2 menghasilkan True Damage. Kemudian mana regen dari item ini juga sangat berguna spaya Harith bisa lebih sering spam skill.

Feather of Heaven: item ini berfungsi untuk meningkatkan Attack Speed. Ingat guys bahwa gameplay Harith ini sedikit mirip seperti marksman yang mengandalkan basic attack. Dengan begitu attack speed juga sangat bagus dia gunakan. Terlebih item ini juga akan meningkatkan magic power penggunanya sebesar 40%.

Concentrated Energy: item ini berfungsi untuk magical lifesteal supaya Harith bisa survive ketika lanign ataupun teamfight. Kita hanya perlu spam skill untuk mengisi darah dan tidak perlu balik ke base (jika memungkinkan).

Fleeting Time: fungsi item ini sudah jelas, yaitu untuk meningkatkan Cooldown Reduction, terutama skill ketiganya Harith.

Thunder Belt: Item ini berfungsi untu CD dan true damage. Selain itu item ini juga bisa memberikan efek slow. Dengan begitu akan membuat musuh sulit kabur setelah terkena basic attack Harith.

Holy Crystal: Item ini berfungsi untuk meningkatkan magic attack Hartih hingga 35%. Dengan item ini akan membuat magic damage dari Harith semakin besar.

Oracle: selain untuk magical defense, CD, dan HP, item ini juga berfungsi untuk mempertebal shield yang dimiliki oleh Harith setelah menggunakan basic attack. Selain itu efek regen HP-nya juga akan meningkat.

Divine Glive: item ini berfungsi untuk magical penetration, sangat cocok untuk melawan hero-hero tank ataupun fighter yang memiliki magical defense sangat besar.

Untuk emblem ane lebih merekomendasikan menggunakan Custom Mage Emblem dengan susunan talent yaitu: 3x Agility untuk movement speed, 3x Invasion untuk magical penetration, dan Impure Rage untuk meningkatkan damage serta bisa regen mana setelah sebesar 3%. Susunan talentnya bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Emblem Harith Mobile Legends

Sementara untuk battle spell saya merekomendasikan Aegis dan Sprint. Aegis bisa kalian gunakan untuk bermain agresif karena tambahan shield-nya bisa membuat kita terus bermain agresif, bahkan harus dive turret sekalipun. Sementara jika ingin bermain aman gunakan saja Sprint atau Flicker.


Cara Menggunakan Harith

1. Spam skill 1 dan 2
Seperti sudah ane singgung sebelumnya kalau cara bermain Harith ini mirip seperti bermain Harley. Kita hanya perlu loncat kesana-kemari dengan menggunakan skill 2 dan poke musuh dengan skill 1. Jangan lupa juga untuk menyisipkan basic attack supaya skill 2 bisa bekerja lebih maksimal. Jika sudah memungkinkan, gunakan skill ultimate untuk memberikan burst damage yang cepat dan besar.

2. Poke Musuh
Tugas utama kamu ketika bermain Harith adalah poke musuhs ecara terus-menerus kepada tim lawan dengan skill 1 dan 2. Kita bisa menggunakan skill 2 untuk menjaga jarak karena ini adalah skill dash, dengan begitu juga bisa kita manfaatkan untuk  maju-mundur dan menjaga jarak. Untuk memberikan tambahan damage, gunakan skill 1 pada target. Kalau bisa arahkan skill 1 ini pada area yang padat akan target, entah itu minion maupun hero lawan.

3. Jangan Solo Lane
Usahakan kita jangan bermain solo lane ketika menggunakan Harith ini, minimal kita membuthkan teman untuk mendampingi ketika laning. Kalau bisa usahakan untuk tidak solo lane ataupun push turret seorang diri. Sebab hero ini kurang efektif untuk membunuh monster hutan atau push lane, dengan begitu kita membutuhkan teman satu tim untuk bermain aman.

4. Gunakan Skill Ultimate untuk Teamfight
Gunakan skill ultimate di waktu yang tepat, misalnya adalah ketika tim sedang initiate teamfight. Lancarkan skill ultimate dan usahakan untuk mengenai lawan supaya mereka terkena efek slow, kemudian spam skill 1 dan 3 serta basic attack sebanyak-banyaknya.

Supaya skill ultimate ini bisa bekerja dengan maksimal, usahakan untuk belajar menggunakannya di mode Custom atau Versus AI. Latihlah kombo skill 3 – skill 2 – basic attack – skill 1 di area yang tepat. Dengan begitu kita bisa memaksimalkan skill 3 semaksimal mungkin.

5. Gunakan Hero Lock Mode
Sebaiknya kalian mengkaktifkan Hero Lock Mode ketika ingin bermain. Hal ini dilakukan karena kita akan lebih sering menggunakan skill 2. Sementara skill itu akan memperkuat basic attack selanjutnya dan juga mengurangi CD skill ini kembali. Dengan begitu kita akan cukup sering menggunakan basic attack layaknya menggunakan hero marksman. Dengan begitu, akan lebih baik kalau menggunakan hero lock mode supaya tidak menyerang target yang salah.

6. Melihat Gameplay Pro Player
Supaya kamu bisa lebih jago ketika memainkan Harith, alangkah lebih baik untuk melihat cara bermain yang dilakukan oleh para pro player. Kalian bisa melihat mereka ketika livestreaming ataupun di channel Youtube mereka masing-masing.

Itulah guys tutorial kali ini mengenai Harith MobileLegends. Kira-kira seperti itulah cara bermain Harith dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang ingin bermain Harith.

Selamat bereksperimen dan Good Luck.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment