CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Yakin Mau Bisnis Online? Ini Dia Kelebihan dan Kelebihan Tentang Bisnis di Internet Yang Harus Kamu Tahu

Yakin Mau Bisnis Online? Ini Dia Kelebihan dan Kelebihan Tentang Bisnis di Internet Yang Harus Kamu Tahu


Kelebihan dan Kelebihan Tentang Bisnis di Internet Yang Harus Kamu Tahu

Cecepkocep.com – Banyak orang yang berasumsi bahwa bisnis online itu sangat menguntungkan, minim biaya dan mudah dijalankan. Karena tertarik dengan asumsi-asumsi seperti, kemudian banyak orang yang menjalankannya.

Benarkah bisnis online itu selalu menguntungkan?

Nah, bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis online di Internet, alangkah lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kelemahannya. Kamu jangan hanya terbuai dengan orang-orang yang mengatakan kalau bisnis online itu menyenangkan. Padahal pada kenyataannya tidak demikian, nyatanya banyak orang yang gagal dengan menjalani bisnins tersebut.

Di balik semua keuntungan dan kelebihan dari bisnis online yang tengah dilakoni oleh banyak orang, kamu juga harus tahu apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online. Tantangan apakah yang harus kamu hadapi ketika menjalani bisnis di internet.

Nah pada artikel kali ini saya mau berbagi kepada kalian tentang kelebihan dan kekurangan bisnis online. Selain itu saya juga akan memberikan beberapa hal mengenai kemudahan dan kesulitan ketika menjalani bisnis di internet. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Kelebihan Bisnis Online

Setiap orang yang menjalani bisnis pasti ingin mendapatkan keuntungan. Ya memang itulah tujuan utama dari berbisnis. Akan tetapi sebagian besar para pebisnis, terutama untuk pebisnis pemula lebih suka membaca kelebihan dan keuntungannya saja dibandingkan kerugiannya. Setidaknya ada 8 keuntungan yang akan kamu rasakan ketika menjalani bisnis online.

1. Bisa Dikerjakan Dimana Saja dan Kapan Saja

Seorang pegawai kantoran pasti akan merasa kesulitan untuk menjalankan sebuah bisnis. Hal itu bukan karena kurang modal, tapi kurang waktu. Nah buat kamu yang sudah mengenal bisnis online dan tentu saja mengerti menjalankannya, kamu bisa menjalankannya dimanapun dan kapanpun. Bekerja secara online tidak begitu terikat dengan tempat dan waktu. Yang kamu butuhkan adalah laptop, smartphone, dan koneksi internet yang baik.

2. Modal yang Relatif Kecil

Memang benar guys kalau bisnis online itu tidak terlalu membuthkan banyak modal. Bisnis online itu bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil, bahkan nyaris tanpa modal selain koneksi internet. Kamu tidak perlu nyewa tempat untuk berjualan, atau membeli perlengkapan yang serba mahal. Intinya kamu tak membutuhkan keperluan lain yang biasanya diperlukan dalam bisnis rill atau offline.

3. Jangkauannya Luas

Inilah poin utama dari bisnis online, yaitu bisa menjangkau banyak orang. Tentu saja dengan menjangkau banyak orang, maka semakin besar kemungkinan besar usaha atau bisnis yang kamu jalani bisa berkembang. Sebab semua pengusaha ingin usaha atau bisnis yang mereka jalani bisa diketahui oleh banyak orang yang nantinya akan menjadi konsumen.

Nah, dengan bantuan internet, kamu bisa memasarkan produk apa saja kepada orang lain dimanapun dan kapanpun mereka berada. Bahkan jika kamu berada di Indonesia prduk kamu bisa dipasarkan ke luar negeri.

4. Transaksi Cepat

Kecepatan proses transaksi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dari sebuah bisnis atau usaha. Mungkin kamu paham ya maksudnya seperti apa, kenapa proses transaksinya harus cepat. Karena hal itulah banyak para pengusaha yang menjalankan bisnisnya secara online.

5. Bisa Dikerjakan Siapapun

Mungkin kamu membuthkan surat akreditasi atau surat keterangan lainnya untuk melamar sebuah pekerjaan atau bisnis real. Nah untuk menjalankan bisnis online, kamu tidak perlu surat-surat tersebut. Bahkan jika kamu tidak punya pengalaman kerja dan sertifikasi apapun, kamu masih tetap punya peluang untuk suskes menjalani sebuah bisnis di internet.

6. Model Bisnis yang Beragam

Banyak model bisnis yang kamu jalankan ketika ingin menjajal bisnis online. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai media, entah itu blog, medial sosial, marketplace, dan lain-lain. Salah satu media sosial yang saat ini sering digunakan untuk berbisnis adalah Instagram.

Jika kamu memiliki sebuah blog, kamu bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara di blog tersebut. Salah satunya kamu bisa menjadi publisher Google Adsanse atau bahkan menjual produk kamu sendiri.

Baca juga:


Kekurangan Bisnis Online

Sama seperti bisnis rill, bisnis online juga memiliki kekurangannya. Mungkin kekurangan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis di internet.

1. Butuh Pengetahuan dan Skill

Poin ini memang sangat wajib kamu miliki ketika ingin terjun ke dunia bisnis online, yaitu kamu harus punya pengetahuan dan skill yang memadai. Pengetahuan dasar saja itu tidak cukup karena yang kamu dapatkan hanya kulitnya saja.

Informasi tentang bisnis online memang sangat banyak di internet, tapi itu hanya dasarnya saja. Untuk bisa mengetahui lebih detail tentang bisnis online yang kamu jalani kamu harus lebih fokus untuk terus menggalinya sendiri. Bahkan kalau perlu kamu harus ikut training atau workshop berbayar. Jika belum memiliki pengetahuan yang mendalam, jangan harap bisa sukses dengan cepat untuk menjalani bisnis di internet.

2. Persangan yang Ketat

Adanya internet membuat banyak peluang bisnis baru, tapi hal itu juga beriringan dengan meningkatnya persaingan. Bayangkan saja, dengan internen kamu bisa dipertemukan dengan pesaing dalam satu niche bisnis yang kamu jalani dari seluruh pelosok nusantara. Ibaratnya kamu harus siap berperang untuk berbisnis, tapi perangnya terjadi di dunia maya.

3. Belum Ada Payung Hukum yang Kuat

Sebenarnya di Indonesia sudah ada undang-undang ITE yang berfungsi untuk melindungi konsumen dan pebisnis online. Tapi hingga hari ini masih cukup banyak kasus-kasus penipuan dan cybercrime yang terjadi di Indonesia. Masalah ini belum tersentuh hukum dan tak bisa menjerat pelaku penipuan.

4. Penipuan Masih Banyak

Masih berhubungan dengan poin nomor 3, tapi poin ini lebih berfokus pada pemula yang ingin memulai bisnis online. Sejak beberapa tahun yang lalu, sudah terjadi banyak sekali penipun dengan mengatasnamakan peluang bisnis internet yang menguntungkan.

5. Penyebaran Internet Belum Merata

Salah satu kelemahan bisnis oline yang mesti kamu ketahui yaitu tidak meratanya penyebaran internet. Ini adalah fakta guys bahwa hal ini masih terjadi. Tidak semua orang tersebar internet, terutama untuk mereka masyarakat yang pelosok. Jikalau ada, mungkin koneksi internet yang mereka miliki juga sangat lemot. Tapi mungkin dari tahun ke tahun akan terus membaik.

Akhir Kata
Itulah guys beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus kamu ketahui untuk memulai bisnis online. Setidaknya kamu punya gambaran seperti apa bisnis online yang akan kamu jalani ke depannya, apakah kemungkinan akan sukses atau berhenti di tengah jalan. Semua kembali kepada kamu yang menjalankannya.

Satu poin lagi yang mesti saya sampaikan bahwa bisnis online itu bukanlah bisnis cepat kaya. Kamu harus hati-hati dengan pikiran seperti itu karana hal itu akan membuat kamu salah arah. Menjalankan bisnis di internet itu butuh waktu, ketelatenan, dan tidak bisa sukses dengan instant.

Selamat mencoba dan Good luck.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment