CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Kupas Tuntas Item Roaming Mobile Legends: Wooden, Iron, Shadow, Awe, dan Courage Mask

Kupas Tuntas Item Roaming Mobile Legends: Wooden, Iron, Shadow, Awe, dan Courage Mask


Item Roaming Mobile Legends

Cecepkocep – Wooden dan Iron Mask merupakan item dasar dari ketiga item ‘Roaming”. Ketiganya merupakan item baru yang diciptakan khusus oleh Montoon untuk player roamer. Apa itu roaming? Ya, kegiatan berkeliling map dan seringkali meninggalkan lane yang dia jaga. Nah, dengan ketiga item tersebut, kita tidak perlu khawatir lagi kehilangan gold dan exp ketika menggunakan item ini.

Pada artikel kali ini, saya tidak akan membahas ketiga semua item tersebut, termasuk juga item dasarnya yaitu Wood dan Iron Mask. Kedua item dasar ini akan membuat semua item roaming memiliki pasif yang sama. Yuk kita lihat pembahasannya di bawah ini.


Wooden Mask

Wooden Mask Mobile Legends
Wooden Mask
Wooden Mask memiliki harga 280 gold, sama dengan Hunter’s Knife yang merupakan item dasar dari item untuk jungle. Status dasar yang diberikan oleh item ini adalah +15 Movement speed. Dengan begitu, item ini sangat cocok untuk dibeli di awal permainan.

Pasif 1

Pasif dari Wooden Mask ini harus benar-benar kita pahami. Sebab dengan membeli item ini kita tidak akan mendapatkan GOLD ataupun EXP dari Minion dan Creep jika ada teman yang ada di dekat kita.

Semua EXP dan GOLD akan diterima oleh teman yang ada di sekitar kita secara full atau tidak terbagi kepada kita yang menggunakan item Wooden Mask. Tapi jika tidak ada teman di dekat kita, EXP dan GOLD bisa kita dapatkan seperti biasa.

Tentu saja pasif ini akan sangat menguntungkan teman yang satu lane dengan kita. Sebab EXP dan GOLD akan sepenuhnya mereka miliki.

Pasif 2

Kamu yang belum paham mungkin akan bertanya-tanya. Kalau begitu kita mendapatkan Gold dan EXP dari mana? Tenang guys karena Wooden Mask memiliki pasif yang kedua.

Pasif yang kedua dari Wooden Mask ini yaitu akan memberikan kita 2 Gold dan Exp setiap 2 detik. Kemudian jika posisi Gold kita berada di paling bawah (posisi ke-5), maka kita akan mendapatkan tambahan 15 Gold dan EXP setiap 4 detik.

Pasif kedua dari Wooden Mask ini akan membuat kita bisa tetap mendapatkan gold dan Exp meskipun tanpa harus clear minion ataupun jungle monster. Dengan begitu kita bisa tetap roaming dengan aman dan tentram. Lagian kan kalau ada teman yang menemani kita di lane yang sama, kita tidak akan mendapatkan gold dari minion ataupun jungle monster.

Pasif 3

Pasif ketiga dari item Wooden Mask adalah memberikan tambahan +50% Gold dan EXP setiap melakukan assisst. Dengan begitu secara tidak langsung item ini menggantikan fungsi dari item Wizard Boots yang telah dihapus.

Dengan adanya pasif ketiga ini, kita harus rajin-rajin roaming dan gank musuh. Dengan begitu kita akan memiliki kemungkinan untuk mendapatkan assisst dan akhirnya bisa mendapatkan tambahan gold dan exp dengan cukup banyak.


Iron Mask

Iron Mask Mobile Legends
Iron Mask
Iron Mask merupakan item lanjutan dari Wooden Mask. Pasif dari item ini sama persis dengan Wooden Mask, hanya saja terjadi peningkatan pada status dasarnya, yaitu
  • +400 HP
  • +25 Movement speed
  • +5% Cooldown Reduction
Harga dari item Iron Mask adalah 850 gold, kalian hanya perlu menggocek 570 gold jika ingin upgrade dari Wooden menjadi Iron Mask.


Awe Mask

Awe Mask Mobile Legends
Awe Mask
Awe Mask merupakan salah satu item lanjutan dari Iron Mask atau item tertinggi dari Irond an Wooden Mask. Harga dari Awe Mask adalah 1750 gold, dengan begitu kita hanya membutuhkan 900 gold jika sebelumnya sudah membeli Iron Mask.

Awe Mask memiliki status dasar yang sama dengan Iron Mask, hanya saja terjadi peningkatan, yaitu
  • +700 HP (Iron Mask hanya +400 HP)
  • +10% Cooldown Reduction (Iron Mask hanya 5% CD)
  • +25 Movement Speed (Sama seperti Iron Mask)
Bukan hanya pasif status dasarnya saja, pasif yang dimiliki oleh Awe Mask juga sama seperti Wooden dan Iron Mask. Akan tetapi Awe Mask memiliki satu tambahan pasif yang bernama Deter. Pasifnya ini akan memberikan efek stun kepada target hero musuh selalma 2 detik.

Jadi setelah kita membeli item Awe Mask, basic attack kita akan memberikan sebuah tanda kepada lawan. Tanda tersebut akan bertahan selama 3 detik dan tidak bisa di-reset. Artinya, countdown akan berjalan setelah pukulan pertama dan tidak bisa diulang ketika basic attack kedua dan sterusnya dilakukan. Jadi, kita memiliki waktu 3 detik dari pukulan pertama.

Jika kalian dan teman kalian berhasil memberikan 5 pukulan selama 3 detik, maka musuh akan mengalami efek stun selama 2 detik. Setelah memberikan stun, pasif akan mengalami cooldown selama 25 detik.

Oh iya guys, stack dari pasif Awe Mask juga bisa dibantu oleh teman satu tim asalkan basic attack pertama diberikan oleh kita sebagai pemegang itemnya. Stack akan tetap bertambah meskipun hanya teman kita yang memberikan basic attack.

Cocok Untuk Siapa?
Awe Mask sangat cocok digunakan oleh hero-hero yang memiliki Damage Per Second (DPS) yang tinggi. Untuk mendapatkan DPS yang tinggi, kita membutuhkan attack speed yang tinggi pula. Dengan begitu, hero-hero dengan attack speed tinggi sangat cocok dengan item Awe Mask.

Perlu kamu ketahui ya bahwa ada juga beberapa hero yang memiliki skill yang dianggap sebagai basic attack, misalnya adalah skill 3 Badang dan skill 3 Claude. Dengan begitu kedua hero ini sangat cocok menggunakan item Awe Mask.


Courage Mask

Courage Mask Mobile Legends
Courage Mask
Courage Mask juga merupakan item lanjutan dari Iron Mask. Tambahan movement speed dari item ini sama dengan Iron dan Awe Mask. Sementara itu, status dasar HP dan Cooldown Reduction sama dengan Awe Mask, yakni +700 HP dan +15% Cooldown Reduction.

Berbeda dengan Awe Mask, Courage Mask memiliki skill aktif bernama Encourage. Skill aktifnya ini akan memberikan movement speed sebesar 30% kepada kita dan juga teman yang ada disekitar kita. Kemudian Physical dan Magical Attack mereka juga akan meningkat sebesar  20%. Cooldown dari pasif aktif ini adalah 40 detik.

Bukan hanya punya skill aktif saja yang menguntungkan tim, Courage Mask  juga memiliki pasif lainnya bernama Bravery. Pasif ini akan meningkatkan Physical dan Magic Attack sebesar 10% kepada teman yang ada di sektiar kita. Status ini akan tetap aktif meskipun tanpa harus mengaktifkan skill aktif.

Bukan itu saja, Physical dan Magical Defense teman di sekitar kita juga akan meningkat sebesar 10%, dengan begitu mereka akan menjadi lebih kuat. Tentu saja hal ini akan semakin mempertebal daya tahan hero-hero fighter yang memiliki daya tahan yang cukup besar seperti Leomord dan Lapu-Lapu.

Kemudian Courage Mask juga akan memberikan teman di sekitar kita 50% HP dan Mana Regen yang akan membuat mereka bisa tetap survive ketika laning ataupun teamfight. Kalau kita perhatikan, secara tidak langsung item ini memiliki pasif yang hampir sama dengan Courage Bulwark yang telah dihapus. Dengan begitu, Courage Mask memang dirancang sebagai pengganti dari item Courage Bulwark.

Cocok untuk siapa?
Courage Mask ini sangat cocok digunakan oleh hero-hero tank dan support. Item ini sangat bagus digunakan untuk teamfight karena pasifnya akan efektif jika ada teman di sekitar kita. Dengan begitu, usahakan supaya teman kita berada di sekitar kita ketika teamfight.

Courage Mask ini benar-benar cocok jika digunakan oleh Belerick. Sebab Belerick juga memiliki pasif yang hampir sama dengan item ini. Hero tank lainnya seperti Minotaur dan Lolita juga sangat cocok dengan item ini. Beli item ini jika kondisi tim kita sedang mendominasi permainan.


Shadow Mask

Shadow Mask Mobile Legends
Shadow Mask
Item ini memiliki status dasar yang sama dengan Awe Mask dan Courage Mark, begitu pula dengan ketiga pasifnya. Item ini juga memiliki skill aktif seperti Courage Mask.

Skill aktifnya ini bisa menyembunyikan kita dan juga teman di sekeliling kita. Movement speed mereka akan meningkat sebesar 15% selama 5 detik. Akan tetapi, menerima ataupun memberikan damage akan menghakhiri pasif ini. Cooldown dari skill aktif ini adalah 45 detik.

Skill aktif dari Shadow Mask ini mirip seperti skill pasif Natalia. Menyerang ataupun menerima damage dari musuh akan membatalkan skill ini. Dengan begitu item ini sangat bagus digunakan untuk mengawasi pergerakan musuh. Akan tetapi cooldown dari skill aktif ini saya rasa sangat lama, sehingga kita harus benar-benar menggunakannya dengan timing yang tepat.

Shadow Mask ini menurut saya sangat bagus digunakan untuk mencuri turret. Jika musuh mengejar, kita bisa gunakan skill aktif dari item ini untuk kabur. Kira-kira penggunannya mirip seperti skill utlimate Miya. Kedua skill ini biasanya digunakan untuk kabur setelah berhasil mencuri turret supaya terhindar dari gank.

Itulah pembahasan kali ini mengenai item Roaming yang ada di game Mobile Legends Bang Bang. Semua item ini memang belum rilis di original server karena sekarang kita tengah berada di patch 1.3.80. Mungkin semua item tersebut akan rilis di server original berbarengan dengan patch 1.3.82 dan 1.3.86. Kita nantikan saja ya guys.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment