CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
3 Cara Mudah Menghemat Kuota Data Instagram Paling Efektif dan Terbaru

3 Cara Mudah Menghemat Kuota Data Instagram Paling Efektif dan Terbaru


Instagram merupakan aplikasi media sosial popular saat ini untuk saling berbagi foto dan vieo. Oleh sebab itu jangan kalau banyak para penggunanya yang mengeluh ‘kok kuota internetnya boros banget?’ ya memang wajar karena konten yang ditampilkan adalah foto dan video yang memiliki ukuran yang cukup besar.

Berselancar dan terus mengeksplor feed Instagram itu memang menenangkan. Selain untuk hiburan di kala waktu luang, tapi juga bisa membuat wawasan kita bertambah (jika melihat feeds yang bermanfaat). Saking enaknya, kita menjadi lupa waktu dan lepas kendali. Kira-kira berapa ya data yang kita habiskan untuk membuka satu aplikasi Instagram saja?

Banyak orang yang tak sadar kalau aplikasi Instagram pada smartphone mereka bisa berperan penting dalam menguras kuota internet jika digunakan terlalu sering. Bahkan banyak orang yang mengakfitkan fitur penghemat data supaya kuota internet mereka bisa irit sehingga hidup mereka jadi semakin hemat.

Nah pada artikel kali ini, saya akan memberikan tips dan trik mengenai cara menghemat data kuota Instagram. Yuk kita simak baik-baik pembahasannya di bawah ini.

1. Menghidupkan Fitur Penghemat Data

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk menghemat kuota data Instagram yaitu dengan memanfaatkan fitur yang ada di dalam Instagram itu sendiri. Fitur tersebut adalah Use Less Data atau Gunakan Data Lebih Sedikit. Bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? Simak tutorialnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Instagram yang terdapat pada smartphone kamu dan pastikan sudah login dengan akun kamu.
  2. Kemudian bukan halaman profil dengan mengetuk ikon user yang ada pjok kanan bawah. Lalu ketuk lagi ikon garis tiga horizontal di pojok kanan atas dan ketuk lagi menu Setting (Pengaturan) di pojok kanan bawah.
  3. Kemudian ketuk menu Account (Akun) dan pilih menu Cellular Data Use (Penggunaan Data Selular).
  4. Aktifkan fitur Data Saver (Penghemat Data) dengan cara mengetuk atau menggeser ikon yang tersedia hingga berubah menjadi warna biru.
  5. Kemudian atur juga High Resolution Media (Media Beresolusi Tinggi). Dalam hal ini Instagram menanyakan, ‘kapan media dengan resolusi tinggi harus ditampilkan?’ nah disana terdadat pilihan yaitu bisa dengan menggunakan Wifi Only (WiFi Saja), Celular + WiFi (Selular dan WiFi), dan Never (Tidak Pernah atau janan diaktifkan sama sekali). Untuk menghemat kuota data Instagram, sebaiknya pilih aja Never. Jadi nantinya semua foto media seperti dan video yang akan ditampilkan di feeds lebih rendah. Tapi meskipun rendah tampilannya bagus juga kokk, tidak terlihat buram sama sekali.

2. Membatasi Penggunaan Data di Belakang Layar

Maksudnya gimana sih? Maksud poin yang kedua yaitu dengan cara membatasi pengunaan aplikasi Insagram yang berjalan di layar belakang meskipun tidak membukanya. Aplikasi tersebut akan tetap memakan data kuota interne untuk berbagai keperluan lainnya.

Mungkin kamu sering mendapatkan notifikasi Live Instagram, DirectMessage (DM), atau pemberitahuan lainnya jika ada yang komen atau like postingan kamu? Itulah yang dimaksud kalau sebenarnya Instagram itu sedang berjalan meskipun tidak kita buka. Dia akan terus mengumpulkan data yang keluar masuk dan mengirimkan pemberitahuannya kepada smartphone kamu dan itu membutuhkan data internet.

Jika smartphone kamu terus menyala 24 jam, maka data kuota internet yang kamu miliki akan terus dikonsumsi. Padahal kamu kamu tidak setiap saat membuka Instagram, tapi kuota internet kamu berkurang. Untuk mengatasi masalah tersebut, lebih baik kamu aktifkan fitur Restrict Background Data  yang sudah pasti ada pada setiap smartphone.

  1. Buka menu Setting (Pengaturan) pada smartphone kamu dan masuk ke menu Apps (Aplikasi), kemudian cari aplikasi Instagram dan ketuk ikonnya.
  2. Kemudian kamu ketuk Data Usage (Penggunaan Data) lalu matikan fitur Background Data (Data belakang layar) dengan cara mengetuk ataupun menggeser ikon ke arah kiri hingga warna birunya hilang.


Menonaktifkan Data belakng layar memang akan menghemat kuota dan data internet kita hanya akan terpakai ketika membuka aplikasi saja. Tapi kamu tidak akan mendapatkan notifikasi yang masuk ke semartphone kamu karena tidak ada data yang mengalir ke Instagram. Kamu juga tidak akan mendapatkan pemberitahuan jika ada yang memberikan like/komentar atau DM hingga aplikasi kamu jalankan.

3. Mengaktifkan Fitur Pengingat Waktu

Cara ketiga yang bisa kita gunakan untuk menghemat data kuota Instagram yaitu dengan mengaktifkan fitur pengingat waktu. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, maka Instagram akan memberikan notifikasi peringatan kalau kamu sudah mencapai durasi tertentu saat bermain Instagram.

Tentu saja cara yang ketiga ini sangat bermanfaat supaya kamu tidak terlalu lama membuang waktu dan terhidar dari kebablasan. Semakin sedikit waktu yang kamu habiskan untuk berselancar di Instagram, maka semakin hemat pula data yang dikeluarkan. Tutorial mengenai cara mengakifkan pengingat waktu Instagram bisa kalian baca pada postingan sebelumnya dengan judul Cara Megaktifkan Fitur Your Activity Supaya TidakKecanduan Main Instagram.

Itulah artikel lenkap mengenai cara menghemat kuota data internet ketika bermain Instagram. Perlu kalian ketahui ya bahwa sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, jadi gunakan aplikasi itu secukupnya aja. Dibandingkan lama-lama membuka media sosial, lebih baik menggunakannya untuk melakukan hal-hal yang positif. Semoga bermanfaat.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment