CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Build Item (Gear, Emblem, Emblem), Cara Counter, dan Tutorial Lengkap Thamuz Terbaru 2019

Build Item (Gear, Emblem, Emblem), Cara Counter, dan Tutorial Lengkap Thamuz Terbaru 2019

Tutorial Thamuz Mobile Legends


Cecepkocep.com – Thamuz merupakan salah satu hero fighter yang ada di game Mobile Legends Bang Bang. Dia memiliki kemampuan yang bisa melemparkan sabit untuk mengacak-acak formasi musuh, termasuk juga bisa memberikan damage ataupu poke secara kontinyu.

Menurut ane, Thamuz ini termasuk hero yang cukup OP yang saat ini sering digunakan di tier Legend ke atas, bahkan dalam turnamen-turnamen sekalipun. Dia memiliki burst damage yang sangat besar dan crowd control yang sangat menyebalkan. Skill pertamanya bia kita gunakan untuk defense, push, memancing musuh ataupun poke musuh dari jarak yang cukup jauh untuk mencicil darah musuh secara perlahan.

Nah pada artikel kali ini, Cecepkocep akan membahas tutorial lengkap mengenai Thamuz Mobile Legends. Disini ane akan mulai bahas dari build item hingga cara menggunakannya. Untuk itu yuk langsung saja kita lihat ulasannya di bawah ini.

Build Item, Emblem, dan Spell Thamuz

Build di bawah ini yang menurut ane paling ideal digunakan oleh Thamuz. Baris yang pertama adalah build semi tank dan baris kedua adalah build fighter. Build item semi tank merupakan kombinasi antara item attack dan defense. Menurut ane ini adalah build yang paling cocok untuk kita gunakan sebagai offlaner (solo lane) dan tim kita hanya memiliki 1 tank. Sementara build baris kedua lebih fokus pada damage dan tim kita sudah memiliki 2 tank.

Build Item Thamuz Terbaik (Semi Tank)


Build Item Semi Fighter Thamuz Mobile Legends
  • Warrior Boots: Item sepatu ini adalah item penting bagi seorang fighter karena selain memberikan movement speed tapi juga memberikan armor. Armor akan semakin meningkat jika kita lebih sering diserang oleh musuh, jadi sangat cocok digunakan oleh para hero fighter ataupun tank.
  • Bloodlust Axe: Item ini berfungsi untuk spell vamp. Item ini menurut ane sangat cocok untuk Thamuz mengingat dia akan lebih sering spam skill, terutama skill pasif dan 1. Dengan begitu darah dia akan cepat regen dengan item ini. Selian itu item ini juga memberikan cooldown reduction yang akan membuat Thamuz bisa lebih sering spam skill, termasuk skill ultimate-nya.
  • Endless Battle: Selain mengandalkan spell vamp dari Bloodlust Axe, ane juga lebih enak menggunakan item lifesteal dan item yang saya gunakan adalah Endless Battle. Selain akan membuat regen HP dari Thamuz semakin besar, item ini juga akan memberikan cooldown Reduction dan movement speed yang besar. Selain itu item ini juga akan memberikan True Damage.
  • Wings of the Apocalypse Queen: Selain memberikan HP yang besar dan Cooldown Reduction yang besar, item ini juga akan membuat efek lifesteal Thamuz semakin besar ketika darahnya kurang dari 40%. Selain itu, dia juga bakal mendapatkan Damage Reduction ketika darahnya sekarat, dengan begitu akan membuatnya sangat sulit dibunuh ketika teamfight atau war.
  • Athena’s Shield: Item ini berfungsi untuk melawan hero-hero mage yang memiliki burst damage yang besar. Selain itu, efek shield yang diberikan oleh item ini juga sangat berguna untuk menghindari one combo kill ataupun teamfight. Semakin lama permainan, semakin tebal pula shield yang diberikan.
  • Immortality: Selain memberikan physical defense yang berfungsi untuk melawan hero-hero physical (marksman, fighter, assassin), item ini juga akan membuat kita immortal. Kita bisa hidup kembali setelah mati dengan HP dan shield yang cukup berguna untuk kabur. Tapi cooldown dari pasif item ini cukup lama, jadi harus benar-benar bijak dalam menggunakannya.

Build Item Thamuz Full Fighter (Damage)

Build Item Fighter Thamuz Mobile Legends

  • Warrior Boots: Movement Speed dan Armor (Physical Defense)
  • Blade of Despair: item ini berfungsi untuk memberikan damage yang lebih besar lagi. Sebab item ini memberikan status physical attack yang sangat besar, terlebih jika darah target kurang dari 50%, physical attack ini akan juga meningkat 25%. Di late game item ini akan benar-benar berbahaya.
  • Endless Battle: untuk lifesteal, movement speed, HP, dan true damage.
  • Berserker’s Fury: item ini berfungsi untuk memberikan critical damage. Critical damage tentu saja akan membuat basic attack dari Thamuz semakin besar lagi. Sangat cocok dikombinasikan dengan Blade of Despair, dijamin damage dari Thamuz akan benar-benar mengerikan di late game.
  • Wings of the Apocalypse Queen: meskipun full damage, ane menyelipkan satu item defense supaya Thamuz bisa lebih lama untuk survive ketika laning ataupun teamfight/war.
  • Malefic Roar: item ini berfungsi untuk melawan hero-hero tank karena memberikan Phyisical Penetration. Kamu harus sering spam basic attack supaya item ini bekerja dengan efektif.

Note!!!: Kamu jangan terpaku pada build item di atas. Lebih baik kamu gunakan item lain dan bereksperimen, terlebih Thamuz ini adalah hero feksibel. Dengan bereksperimen sendiri, build yang kamu gunakan akan lebih sesuai dengan gameplay kamu sendiri. Tapi jika masih bingung, gunakan saja build item di atas.

Emblem dan Spell

Untuk emblem, ane lebih menyarankan menggunakan Custom Fighter Emblem. Susunan talentnya adalah Bravery untuk Physical Attack, Invasion untuk Physical Penetration, dan Festival Blood untuk spell vamp. Susunan talent terebut bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Emblem terbaik Thamuz Mobile Legends


Untuk spell saat ini ane lebih sering pakai Sprint, sebab spell ini akan membuat movement speed kita meningkat yang tentu saja akan sangat berguna untuk mengejar musuh ataupun kabur. Tapi Stun juga enak digunakan supaya target kita terkunci ketika kita serang. Sebenarnya cukup fleksibel untuk penggunakan spell, kamu bisa gunakan Flicker, Purify, bahkan Execute sekalipun.


Penjelasan Skill Thamuz

Seperti hero pada umumnya, Thamuz memiliki 4 skill dengan satu skill pasif dan 3 skill aktif. Skill 1 dan pasifnya akan membuatnya bisa memberikan burst damage yang besar. Sementara skill ultimate akan memberikannya regen HP yang tinggi. Berikut ini penjelasan skillnya.

1. Skill Pasif: Grand Lord Lava

Thamuz akan menyebabkan efek Scorch ketika memberikan damage kepada musuh. Efek ini akan memberikan tambahan Physical Damage sebesar 12(+5% Total Physical ATK) secara terus menerus dan efek ini bisa di-stack.

Kemudian pergerakan Thamuz akan 3 kali lebih cepat ketika dia tidak membawa sabit dari skill 1 dan meningkatkan movement speed-nya sebear 30%. Kemudian ketika dia mengambil sabitnya kembali, maka basic attack berikutnya akan meningkat sebesar 100%, menyebabkan 40% efek slow, serta menghasilkan semburan lava di bawah target. Lava tersebut akan meledak 2 detik kemudian dan memberikan True Damage sebesar 50(+110% Total Physical ATK).

2. Skill 1: Molten Scythe

Thamuz akan melemparkan sabitnya ke arah yang kita tentukan. Setelah berjalan dalam jarak tertentu atau mengenai hero lawan pertama, sabit tersebut akan memberikan Physical Damage sebesar 150(+60% Total Physical ATK). Kemudian sabit ini akan menyebabkan efek slow pada lawan yang ada di sekitarnya sebesar 40% dalam jangka waktu tertentu dan memberikan Physical Damage sebesar 45(+20% Extra Physical ATK) setiap 0.5 detik.

Setelah meninggalkan Thamuz dalam jangka waktu tertentu atau dalam jarak tertentu, sabit akan kembali ke Thamuz. Dia juga bisa mendekati sabit tersebut untuk mengambilnya kembali.

Skill 1 dan 2 Thamuz ini membuat Thamuz sangat kuat di semua fase, termasuk juga early game. Kombinasi skill pasif dan 1 Thamuz akan memberikan damage yang cukup besar, selama kita menggunakannya dengan timing dan positioning yang tepat.

3. Skill 2: Chasm Trample

Thamuz akan melompat ke arah yang kita tentukan untuk memberikan Physical Damage sebesar 230(+60% Extra Physical ATK) dan menyebabkan efek slow pada lawan sebesar 30% ketika mendarat. Efek ini akan bertahan selama 2 detik. Jika kita kita mengambil sabit dengan skill ini, maka cooldown dari skill 1 bisa digunakan lagi (Reset Cooldown).

Dengan begitu, skill 2 ini sangat cocok untuk dikombinasikan dengan skill 1. Gunakan skill 1 terlebih dahulu dengan cara melempar sabit, kemudian loncat dengan skill 2 ke arah sabit untuk mengambilnya dan gunakan skill 1 lagi. Tentu saja kombinasi ini akan sedikit mempermudah kita untuk engange ataupun mengejar musuh.

4. Skill 3 (Ultimate): Cauterant Inferno

Thamuz akan menyemburkan Lava yang tersimpan dalam tubuhnya untuk memberikan Physical Damage sebesar 300(+80% Total Physical ATK) pada lawan yang berada di dekatnya dan akan menciptakan sebuah ‘Cauterant Atmosphere’ di sekitarnya.

Atmosphere ini akan berlangsung selama 9 detik dan memberikan Physical Damage sebesar 20(+5% Extra Physical ATK) setiap 0.5 detik. Kemudian Thamuz juga akan memulihkan 3% HP miliknya ketika memberikan damage dengan basic attack atau sabit ketika skill ultimate ini aktif. Dia juga akan mendapatkan tambahan attack speed.

 Kelebihan dan Kelemahan Thamuz

Setiap hero di game bergenre MOBA, termasuk Mobile Legends Bang Bang juga memiliki kelemahan dan kelebihan. Thamuz juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Dengan mengetahui kelebihannya, kita bisa tahu cara memaksimalkan potensi hero tersebut. Sementara mengetahui kelemahannya akan membuat kita bermain hati-hati dan mengatasi kelemahan tersebut ketika bermain. Ini dia kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh Thamuz.

Kelebihan

1. Burst Damage Sanga Besar

Jika kita kombinasikan dengan timing yang tepat, semua skill Thamuz (termasuk pasifnya) akan membuat lawan tak berkutik. Sebab semua skill Thamuz akan memberikan damage yang sangat besar, terutama ketika berada di mode ultimate-nya. Ia bisa membakar semua musuh di sekitarnya dan mendapatkan efek lifesteal yang akan membuatnya bisa survive lebih lama ketika teamfight atau war.

2. Hero Fleksibel

Menurut ane, Thamuz ini termasuk hero yang cukup unik karena fleksibelitasnya. Kita bisa menjadikannya hero tanker karena dia benar-benar menggangu dengan kemampuan Crowd Control yang dia miliki. Kita juga bisa menjadikannya full fighter yang bisa membasmi semua musuh dengan cepat. Atau bahkan kita juga bisa menjadikannya semi tank-fighter yang serba bisa, bertahan ok, serangan juga ok.

Tapi ane menyarankan lebih baik menggunakan Thamuz ini sebagai fighter, atau setidaknya semi tank. Kira-kira cara bermain Thamuz ini mirip seperti bermain Alpha, Alucard, dan Leomord. Ia juga sangat kuat untuk dijadikan sebagai hero offliner.

3. Crowd Control Mulifungsi

Skill 1 adalah senjata utama dan merupakan karakteristik dari Thamuz. Ia akan melemparkan sabit ke arah yang kita tentukan dan musuh yang terkena sabit akan menerima damage DPS yang kecil. Kemudian ketika sabit tersebut kembali kepada Thamuz, maka hero musuh yang berada di jalur sabit tersebut akan ikut tertarik. Inilah yang membuat Thamuz bisa menghancurkan formasi musuh dan bisa dengan mudah membuat stratergi musuh kocar-kacir.

4. Ideal di semua fase game

Skill pasif dan skill pertama Thamuz memiliki cooldown yang relatif singkat, dengan begitu kita spam kedua skill tersebut. Kedua skill ini juga bisa memberikan burst damage yang sangat besar meskipun di awal permainan. Sehingga hero ini juga cenderung kuat di early game. Meskipun kuat di early game, di mid game dia juga sangat kuat. Menurut ane, Thamuz ini termasuk fighter yang sangat kuat di semua fase game, terutama di late game karena semua itemnya sudah jadi. Di fase ini damage yang dia berikan akan sangat besar dan sangat sulit untuk dibunuh karena punya lifesteal dan durability yang besar.

5. Mudah Dikuasai

Menurut ane Thamuz ini tidak terlalu sulit untuk dimainkan untuk masalah penggunaan skill. Tapi yang menjadi sulit adalah timing yang pas untuk menyerang dan berthaan. Intinya, kalau kita memainkan fighter (termasuk Thamuz) kita tidak boleh nafsuan dan mukil. Fighter itu juga termasuk hero jarak dekat (malee) yang tentu saja akan sangat mudah diserang oleh hero-hero jarak jauh. Kebanyakan mati malah akan membuat kita menjadi feeder. Akibatnya akan membuat musuh makin kaya, dan kita semakin miskin.

Kelemahan

1. Sasaran Utama Teamfight

Dilihat dari wujudnya, Thamuz itu cukup besar dan mengintimidasi. Maka dari itu jangan hero kalau ia sering kali menjadi target utama ketika war. Belum lagi dia juga merupakan role fighter yang tentu saja harus selalu bertarung di barisan depan dengan jarak dekat. Dengan begitu kita harus pintar-pintar melihat kondisi permainan dan kerja sama tim sangat diperlukan. Meskipun terbilang cukup kuat, dia tidak bisa mengalahkan semua musuh secara sekaligus.

2. Timing is Everything

Ya, itulah yang menjadi kelemahan yang harus kita pahami mengenai Thamuz. Kita harus tahu kemana harus melempar skill 1 supaya musuh terkecoh. Kemudian kemana kita harus meloncat dengan skill 2, dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan skill 3 supaya kita bisa memberikan damage yang maksimal pada lawan.

Cara Counter Thamuz

Dari kelemahan yang sudah ane bahas sebelumnya, kita akan lebih bagaimana cara untuk melawannya. Kemudian kita juga akan lebih tahu hero-hero seperti apa untuk melawan Thamuz. Yuk kita lihat penjelasannya di bawah.

1. Crowd Control

Hampir semua hero di game Mobile Legends sangat lemah terhadap Crowd Control termasuk juga Thamuz. Kemampuan bertahan Thamuz tergantung kepada kemampuan kita ketika menyerang musuh, sebab damage dan regenerasi HP dari skill ultimate-nya. Jika kita tidak bisa menyerang dengan positioning dan timing yang tepat, Thamuz akan sangat mudah untuk dilumpuhkan.

Hero-hero yang memiliki kemampuan Crowd Control seperti Stun, Freeze, dan Morph akan sangat berguna ketika berhadapan dengan Thamuz. Dengan begitu kamu bisa menggunakan hero-hero yang memiliki skill CC untuk melawannya. Kamu bisa menggunakan beberapa hero CC seperti Nana, Selena, Aurora, dan Chou untuk melawan Thamuz. Tapi kita membutuhkan waktu yang relatif lama untuk melumpuhkannya karena darahnya tebal, apalagi jika sudah late game.

2. Gunakan Hero Lincah

Thamuz memang bisa memberikan burst damage yang angat besar, tapi itu akan kurang begitu efektif jika harus melawan hero-hero yang memiliki kemampuan berpindah tempat dengan cepat, mialnya adalah Fanny, Karrie dan Bruno. Memang skill kedua bisa menutup jarak dengan hero targetnya, tapi cooldown dari skill ini relatif lama sehingga tidak bisa kita spam.

Dengan menggunakan hero-hero lincah, true damage dari pasif Thamuz juga tidak akan mengenai mereka dengan mudah. Hero-hero lincah malah akan membuat Thamuz bngung ketika menyerang. Dia harus mengatur posisi dan timing yang tepat untuk bisa mengincar mereka.

3. Burst Damage Tinggi

Thamuz memiiki HP yang cukup tebal karena dia adalah fighter yang posisinya selalu berada di baris depan ketika teamfight. Selain itu dia juga memiiki regen HP yang tinggi dari skill ultimatenya. Mungkin ketika kamu pertama kali melawan hero ini akan ada perasaan takut untuk by one dengannya.

Tapi Thamuz tetapah lemah terhadap burst damage yang tinggi. Sebab dia tidak memiliki kemampuan yang bisa meningkatkan Physical ataupun Magical Defense. Hampir semua skillnya lebih fokus ke damage. Maka jangan heran banyak user Thamuz yang menggunakan item defense.

Oleh sebab itulah, gunakanlah hero-hero dengan burst damage tinggi ketika berhadapan dengan Thamuz. Kamu bia mengunakan Karrie, Lunox, Claude, dan irithel untuk melawan Thamuz. Tapi usahakan untuk memperhatikan positioning dan timing yang tepat untuk melawannya, jangan sampai terpancing olehnya.

4. Pertahanan dan Koordinasi yang Baik

Thamuz memang memiliki true damage dari skill pasifnya, tapi hal itu bukan berarti malah membuat hero-hero tank tak berdaya. Yang terjadi justru malah sebaliknya, mereka bisa dengan mudah memastikan damage dari Thamuz tidak benar-benar mengenai hero carry dalam timnya.

Ingat guys, Thamuz itu lemah terhadap Crowd Control, maka dari itu kita juga bisa menggunakan hero-hero tank yang memiliki skill crowd control sembari mengalihkan perhatiannya. Kamu bisa menggunakan Minotaur, Akai, dan Franco untuk melawannya.

Cara Bermain Thamuz

1. Hati-Hati Pada Crowd Control

Kurang lebih karakterisktik dari Thamuz ini mirip seperti Alucard. Mereka adalah fighter yang memiliki burst damage dan lifesteal yang cukup besar, tapi sangat rentan terhadap crowd control. Dengan demikian kita harus hati-hati ketika bertarung. Lihat dulu kondisinya apakah semua hero musuh sudah mengeluarkan semua skill CC mereka? Jika sudah, bermainlah agresif.

2. Tahu Positioning dan Timing

Positioning dan timing adalah kunci utama ketika memainkan hero Thamuz, terutama ketika menggunakan skill 1. Skill ini harus kita spam, termasuk ketika mengambil sabit kembali. Jangan asal main hajar dan maju sembarangan menggunakan skill ultimate. Usahakan untuk selalu melihat situasi musuh, kapan waktu yang tepat untuk menyerang dengan agresif (menggunakan ultimate) dan kapan untuk poke musuh secara aman dengan spam skill 1 dan 2.

3. Spam Skill 1

Skill 1 adalah skill utama dari Thamuz, maka dari itu kita bia spam skill ini termasuk ketika mengambil sabitnya kembali. Sabit tersebut akan kembali ke Thamuz meskipun dari jarak jauh, atau kita sendiri bisa mengambilnya langsung, atau bia juga dengan skill 2. Manfaatkan kemamuan ini untuk melempar sabit secara berkali-kali sehinga kita bisa memberikan damage yang maksimal pada musuh dan memanfaatkan skill pasif sebaik mungkin.

4. Gunakan Skill 3 dengan Tepat

Menurut ane, sebaiknya skill 3 simpan saja untuk kita gunakan di momen-momen yang genting seperti teamfight atau war. Meskipun kita menggunakannya, kita juga harus tetap bermain aman karena Thamuz itu sangat lemah terhadap Crowd Control. Kalian harus hati-hati terhadap keroyokan tim musuh.

5.Initiate Serangan dengan Skill 1

Gunakan skill 1 untuk inisisi serangan, jika belum yakin dengan keadaan di sekitar sebelum engange, cobalah untuk melempar sabit ke rumput untuk memastikan apakah ada musuh yang bersembunyi atau tidak. Tapi yang paling penting adalah gunakan skill 1 untuk memecah formasi tim musuh, kita bisa melempar sabit untuk membuat musuh ragu untuk engnge. Dengan begitu kita harus pintar-pintar dalam menggunakan skill ini.

Akhir Kata

Itulah pembahasan kali ini mengenai Tutorial lengkap Thamuz Mobile Legends Bang Bang. Jangan lupa untuk belajar tutorial Thamuz dari para pro player, entah itu melalui Channel Youtube ataupun blog. Jangan lupa juga untuk kembali lagi ke blog Cecepkocep untuk mendapatkan tutorial hero lainnya. Selamat mencoba dan Good Luck!
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment