CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
5 Cara Menikmati Hidup Bahagia Tanpa Harus Memiliki Banyak Uang Atau Kaya Raya

5 Cara Menikmati Hidup Bahagia Tanpa Harus Memiliki Banyak Uang Atau Kaya Raya

5 Cara Menikmati Hidup Bahagia Tanpa Harus Memiliki Banyak Uang Atau Kaya Raya

Cecepkocep.com – Apakah dengan memiliki banyak uang (kaya)bisa membuat mereka bisa menikmati hidup? Sebagian besar pasti akan menjawab YA. Memang tak bisa terbantahkan kalau memiliki banyak uang akan memberikan kita kebebasan, termasuk juga kebahagian itu sendiri. Tapi apakah orang yang tidak memiliki banyak uang artinya tidak bisa merasakan bahagia atau menikmati hidup ini?

Apakah kamu akan merasa kesal karena tidak memiliki banya uang yang akan membuatmu tidak menikmati hidup mewah atau glamour seperti dengan apa yang kamu idam-idamkan? Mungkin sebagian orang akan merasakan hal itu, termasuk saya pribadi.

Banyak orang yang selalu back to maney, entah itu dalam kehidupan sehari-hari, percintaan, bahkan sosial. Mungkin kamu pernah mendengar ucapan ini “Zaman sekarang yang penting itu duit, cewek pasti mudah nempel kalau tajir”. Yang lebih lucunya lagi, banyak orang yang berkata seperti itu bukanlah orang berada dan apapun yang kita coba arahkan hanya kepada uang, uang, dan uang.

Memang wajar juga sih orang-orang berpikiran seperti itu karena mereka belum memiliki banyak uang (kaya). Kita sendiri juga tidak memaksakan sudut pandang kita kepada orang lain. Jika mereka menganggap uang adalah segalanya, pola pikir kita tidak akan merubah pola pikir mereka hinga mereka memiliki banyak uang seperti apa yang mereka harapkan.

Ngga ada uang akan membuat sulit untuk bertahan hidup di dunia yang fana ini. Kadang kamu sering berkeluh kesah tak bisa melakukan apapun hanya karna tak punya uang untuk hanya sekedar jalan-jalan, tau membeli sesuatu yang kamu inginkan. Tapi apakah kamu yakin kalau harus selalu ada uang untuk membuat hidupmu terasa lebih seru dan menyenangkan?

Coba renungkan sebentar beberapa kenyataan di bawah ini mengenai uang:
  • Banyak politisi atau pejabat pemerintahan yang korupsi, padahal mereka sudah kaya.
  • Banyak artis terkenal dan memiliki kekayaan yang melimpah, tapi jatuh ke dalam narkoba karena depresi.
  • Bahkan banyak suami-istri yang bercerai karena menilai kalau uang adalah kebahagiaan satu-satunya.

Sekarang saya berpikir kalau uang adalah hanyalah kebahagiaan yang semu dan hanyalah sebuah ilusi. Kita akan terus mengejarnya jika belum memilikinya dan ketika kamu mengejar ilusi tersebut kamu akan kehilangan segalanya yang telah kamu miliki.

Saya sering kali melihat banyak orang yang depresi karena keadaan finansialnya kurang memadai. Banyak remaja yang sedih karena tidak dibelikan gadget terbaru seperti milik teman-temannya namun tak dibelikan oleh orang tuanya. Banyak orang yang tak bisa merayakan ulang tahun dengan berpesta, jalan-jalan ke luar negeri, dan gaya hidup lainnya hanya karena tidak memiliki banyak uang untuk dihabiskan.

Menurut saya uang itu bukanlah segalanya. Memang sih uang bisa kita gunakan untuk membeli kebahagiaan jika digunakan dengan benar. Tapi pada kenyataannya ada kebahagiaan lain yang tidak bisa kita beli dengan uang.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menikmati hidup meskipun tidak memiliki banyak uang.

1. Belajarlah untuk menerima Diri Kamu Sendiri

Salah satu cara untuk menikmati hidup yaitu dengan menikmati diri kamu sendiri. Kamu harus menghidupi diri kamu sendiri. Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan mengenai diri kamu.

  • Hiduplah sekarang, detik ini juga, berhenti mengkhawatirkan masa depan, dan jangan terbelenggu dengan masa lalu kamu.
  • Lepaskan diri kamu dari ekspektasi, jangan mengharapkan orang lain harus melakukan hal ini, jangan mengharapkan keadaan harus seperti itu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah apa yang bisa kamu ubah dan lakukan sekarang.
  • Belajarlah memaafkan, maafkanlah orang lain yang telah melukai kamu dengan catatan tetap mengambil pelajaran. Dan yang jauh lebih penting adalah maafkanlah dirimu sendiri.

Intinya, kamu harus berdamai dengan diri kamu sendiri. Bersyukurlah dengan apa yang sudah kamu miliki saat ini. Bersyukur masih bisa bernafas dan menikmati kopi hari ini sembari membaca artikel ini hehehe.

2. Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Di luar banyak orang yang lebih kaya, lebih cantik, lebih cakep, lebih populer, dan lebih segalanya dari kamu. Dan yang menurut saya paling buruk lagi adalah menganggap orang lain lebih bahagia dari kita.

Ingat guys, Kebahagian itu sebenarnya hanyalah masalah keputusan. Kamu yang memutuskan sendiri apakah kamu bahagian atau tidak. Keputusan kamu tanpa harus ada campur tangan dari siapapun. So, berhentilah membandingkan hidup kamu dengan orang lain. Sebab hal itu hanya akan merusak kebahagian diri kamu sendiri.  You just be happy with your life”.

3. Jadilah orang yang kreatif

Siapa bilang kalau menjadi kreatif memerlukan banyak uang? Lebih baik kamu curahkan saja passion kamu, atau sesuatu yang bisa kamu ciptakan. Bahkan hanya dengan ngeblog, menggambar desain, dan berkarya supaya bisa memperkaya hidup dan dengannya kamu bisa bahagia.

Cobalah untuk menulis di blog, menjadi fotografer, bermain gitar, atau hanya sekedar bermain game. Semua itu tidak memerlukan biaya yang besar. Yang perlu kamu miliki hanyalah koneksi internet dan mempelajari semuanya disana.

Jadi inti dari poin ketiga ini adalah lakukan apapun yang kamu suka. Disini kita tidak berbicara tentang kekayaan ataupun uang. Dengan begitu passion bisa menjadi cara terbaik untuk menemukan kebahagian dan menikmati hidup kamu semaksimal mungin. Yaa memang passion itu tidak menjamin kamu akan menjadi orang kaya, tapi passion akan membuat kamu bahagia.

Sebab pada kenyataannya kamu bisa gagal dalam hal apapun, termasuk dengan jalan aman: Sekolah>Kuliah>Kerja. Semua orang memiliki kemungkinan gagal untuk mengejar sebuah passion, tapi melakukan apapun yang ingin kamu lakukan lebih penting daripada berhasil atau tidak. You just do it, it’s your life.

4. Buat Orang Lain Bahagia

Cobalah untuk membahagikan orang lain, tapi tidak semua orang. Sebab ketika kamu berhasil membuat orang lain bahagia, kamu akan merasa “berguna” dan perasaan ini akan memperkaya diri kamu secara spiritual.

Cobalah untuk berbagi kepada orang lain, apapun itu yang bisa kamu bagikan tanpa mengharapkan kembali. Bahkan hanya dengan memberikan waktu mendengarkan curhat atau keluh kesah teman yang merupakan pemberian Tuhan yang sangat berarti.

5. Bangun dan Jaga Relasi dengan Orang Terdekat

Pada akhirnya kekayaan yang sesungguhnya adalah keluarga, teman atau sahabat, dan orang-orang yang peduli dengan diri kamu. Mereka menerima kamu bukan karena kamu kaya atau kamu bisa melakukan sesuatu dengan mereka, tapi karena pribadi kamu. Bangunlah hubungan baik dengan orang lain dan jaga relasi tersebut karena merekalah sumber kebahagian kamu.

Kamu harus bersyukur memiliki orang-orang yang sudah ada dalam kehidupan kamu dan mewarnai hidup kamu setiap harinya. Uang memang bisa dicari, tapi orang-orang yang menyenangkan diri kamu sangat sulit untuk dicari.

Akhir Kata

Sebaiknya kita lebih banyak bersyukur dibandingkan harus selalu bersedih meratapi kesedihan dalam menjalani hidup ini. Ingat, hidup itu pilihan. Kita sendiri yang memutuskan apakah kita bahagia atau tidak.

Sumber: Solusik.com
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment