CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Spesifikasi, Harga, dan Kelebihan Nokia 4.2 - Ponsel Mungil Dengan Banyak Fitur Kekinian

Spesifikasi, Harga, dan Kelebihan Nokia 4.2 - Ponsel Mungil Dengan Banyak Fitur Kekinian


Spesifikasi, Harga, dan Kelebihan Nokia 4.2

Cecepkocep.com – Pada Juni lalu, HMD Global dengan resmi memboyong Nokia 4.2 ke Indonesia. Smartphone ini menurut ane cukup menarik karena memiliki tombol khuus untuk Google Assisstant, Face Unlock, dan NFC. Padahal harganya hanya sekitar 2 jutaan.

Lalu apa saja sih yang menjadi kelebihan dari Nokia 4.2 ini? Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Desain yang Mewah

Nokia 4.2 memang hanya dijual seharga 2 jutaan, tapi fisik yang dimiliki oleh ponsel ini terkesan cukup mewah, kokoh, dan elegan bagi para penggunanya. Sebab ponsel ini terbuat dari material kaca dengan lekukan 2.5D dan material ringan di bagian dalam. Untuk frame-nya sendiri juga terbuat dari bahan polikarbonat berlapis kitin.

Di bagian belakangnya terdapat dua kamera utama yang tersusun secara vertikal dan lengkap dengan lampu flash. Di bawahnya terdapat sensor sidik jari yang yang diklaim cukup cepat untuk merespon atau mengenali sidik jari pengunanya.

Di sisi kanan ponsel  terdapat dua tombol fisik, yaitu tombol volume up/down dan tombol khusus Google Assisstant. Ini adalah salah satu nilai jual dari Nokia 4.2 karena terdapat tombol khusus layanan asisten virtual Google. Tapi tombol ini akan sia-sia bagi kamu yang jarang menggunakan fitur tersebut.

Di sisi kiri terdapat slot yang berfungsi untuk menampung dua kartu sim dan kartu MicroSD secara sekaligus. Jack audia untuk menghubungkan earphone terdapat di sisi bagian atas, sementara slot charging USB dan speaker terdapat di sisi bagian bawah.

Menggunakan Konsep Layar Kekinian

Nokia 4.2 mengikuti tren ponsel kekinian dengan turut menguung konsep Infinity-U dengan layar penuh serta dan bezel yang tipis dengan bentuk notch berbentuk seperti huruf U. Bentuk dari ponsel ini juga terbilang cukup mungil karena memiliki bentangan layar eluas 5.7 inch dan rasio 19:9.

Dengan bentangan layar dan rasio sebesar itu akan membuat para penggunanya bisa dengan mudah mengoperasikannya. Mereka hanya perlu menggunakan satu tangan untuk mengoperasikannya karena seluruh areanya bisa dijangkau dengan ibu jari. Terlebih bobot dari Nokia 4.2 ini juga terbilang cukup ringan.

Antarmuka Android One

Antarmuka Android One
Nilai jual lainnya pada ponsel Nokia 4.2 ini yaitu menggunkan Android One yang merupakan OS Android dari Goole untuk beberapa brand smartphone yang mendapatkan jaminan update software selama 2 tahun ke depan.

Interface Nokia 4.2 menggunakan Android Stock dimana akan terlihat seerhana dan bersih tanpa adanya aplikasi bawaan seperti pada smartphone Android pada umumnya. Ponsel ini hanya membawa aplikasi-aplikasi milik Google seperti Chrome, Google Photos, Google Play dan aplikasi bawaan Google lainya. Nokia 4.2 juga sudah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie.

Ditenagai dengan Snapdragon 439

Nokia 4.2 ditenagai dengan chipset buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 439. Prosessor seri 400 ini memang identik dengan kelas low-end, tapi jika kita telisik dengan lebih detail lagi CPU ponsel ini memiliki prosessor Octa-Core yang memiliki kecepatan hingga 2.0 GHz. Dengan begitu, ponsel ini juga bisa memberikan performa yang cukup mumpuni.

Chipset Snapdragon 439 ini juga sudah mengadopsi fabrikasi lebih modern (12nm)dibandingkan dengan Snapdragon 625 (14nm) yang memberikan dampak efisiensi daya dan performa yang lebih baik.

Fitur Adaptive Batery dan NFC

Fitur NFC Nokia 4.2

Nokia 4.2 memiliki baterai yang didukung dengan fitur Adaptive Battery yang merupakan teknologi AI untuk mempelajari pola kebiasaan pengguna dalam menjalankan aplikasi. Peran dari AI ini yaiu untuk memproses aplikasi apa saja yang sering digunakan sehingga sistem akan membiarkan aplikasi tersebut terus berjalan dan untuk aplikasi yang jarang digunakan sistem akan dimatikan untuk menghemat daya.

Nokia 4.2 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, tapi sayangnya belum fast charging. Dengan begitu kita butuh waktu sekitar 4 hingga 5 jam untuk mengisi daya hingga baterai penuh. Nilai jual lainnya dari ponsel ini adalah sudah dilengkapi dengan fitur NFC. Cukup meriah guys mengingat harganya juga terbilang murah.

Kamera Ganda dan Live Focus

Nokia 4.2 termasuk ke dalam ponsel kelas entry-level, tapi hasil kameranya tidak begitu buruk juga. Terlebih kemampuan kamera gandanya ini juga dilengkapi dengan fitur live focus sehingga memungkinkan para penggunanya bisa mendapatkan hasil foto yang bokeh.

Akhir Kata

Harga Nokia 4.2 adalah Rp 2.049.000, sehingga termasuk ke dalam ponse kelas mid-low. Tapi meskipun dijual dengan harga murah, desain dan performa patut dipertimbangkan mengingat ponsel ini mengikuti tren masa kin yang mengusun layar penuh serta notch.

Kelebihan utama pada Nokia 4.2 adalah memiliki fitur-fitur yang mumpuni untuk smartphone dengan harga 2 jutaan, diantaranya NFC, Face Unlock, dan tombol khusus untuk Google Assisstant. Ponsel ini juga cukup bagus untuk memainkan game-game yang cukup populer di Indonesia yaitu Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Menurut ane, Nokia 4.2 ini patut buat kalian yang ingin menjajal ponsel kekinian dengan harga yang terjangkau.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment