CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Build Item (Gear, Emblem, Emblem), Cara Counter, dan Tutorial Lengkap Lylia Mobile Legends

Build Item (Gear, Emblem, Emblem), Cara Counter, dan Tutorial Lengkap Lylia Mobile Legends


Lylia Mobile Legends

Cecepkocep.comLylia merupakan salah satu hero mage yang ada di game Mobile Legends Bang Bang. Secara penampilan, hero ini terlihat seperti seorang penyihir cilik yang sangat imut. Sepintar penampilannya memang mirip seperti Nana dan Chang’e.

Lylia ini merupakan mage dengan skill yang unik dan tentu saja bisa menghasilkan combo yang sangat mematikan jika kita bisa menguasainya. Awalnya kamu memang bakal sedikit kesulitan ketika menggunakannya. Tapi nyatanya dia memiliki kombinasi skill yang cukup menarik dan bisa kita terapkan di berbagai kondisi. Kombinasi skill yang tepat akan menghasilkan damage yang sangat besar.

Nah pada artikel kali ini, Cecepkocep akan membahas lengkap tutorial mengenai Lylia Mobile Legends. Kita mulai dulu dari Build Itemnya, yuk kita lihat pembahasannya di bawah ini.

Build Item Lylia Mobile Legends

Menurut ane, build item Lylia itu lebih berfokus pada damage. Hal ini berfungsi untuk memaksimalkan kinerja dari skill 2 dan 1. Sebab kombinasi dari kedua skill ini mampu memberikan damage yang sangat besar. Tapi kit juga bisa menggunakan build item untuk DPS. Berkut ini adalah rekomendasi build item Lylia versi ane.

Build Item Lylia Terbaik (Burst Damage)

  • Arcane Boots: selain memberikan tambahan movement speed, item ini juga akan memberikan magical penetration yang sangat berguna untuk melawan hero-hero yang punya magical defense tinggi. Gunakan terlebih dahulu Demon Shoes jika dirasa mana kamu sangat boros, kemudian jual di mid atau late game dan ganti dengan Arcane Boots.
  • Clock of Destiny: item ini akan memberikan HP yang cukup besar sehingga akan membuat Lylia sedikit punya durability yang cukup besar. Selain itu mana yang diberikannya juga cukup besar sehingga akan membuat mana kita besar. Oh iya mana yang besar ini bisa kita maksimalkan dengan Lightning Truncheon.
  • Lightning Truncheon: item ini akan memberikan cooldown reduction yang akan membuat kita bisa lebih sering spam skill Lylia. Item ini juga akan memberikan mana yang besar sehingga akan membuat mana yang dimiliki oleh Lylia semakin besar. Mana yang besar ini akan menghasilkan damage yang sangat besar berkat pasif dari Lightning Truncheon.
  • Genius Wand: item ini berfungsi untuk mengurangi magical defense musuh, sehingga damage dari Lylia akan sangat besar meskipun terhadap hero tanker sekalipun. Item ini juga sangat cocok dikombinasikan dengan skill Lylia dan Lightning Truncheon.
  • Holy Crystal: Item ini berfungsi untuk membuat magic damage yang diberikan oleh Lylia semakin besar.
  • Blood Wings: selain memberikan HP yang cukup besar, item ini juga memberikan magic power yang cukup besar. Tapi item ini sifatnya opsional, kalian bisa menggunakan item lain seperti Glowing Wand, Necklace of Durance, ataupun Immortality.


Build Item Lylia DPS

  • Arcane Boots: movement speed dan magical penetration.
  • Enchanted Talisman: berfungsi untuk regen HP dan mana sehingga tidak akan sering balik ke base.
  • Clock of Destiny: Untuk HP, stok mana dan damage yang besar jika dikombinasikan dengan Lightning Truncheon.
  • Concentrated Energy: item ini berfungsi untuk magical lifesteal sehingga Lylia tidak akan sering balik ke base karena kehabisan darah. Kita hanya perlu menyerang creep ataupun monster jungle untuk regen HP. Item ini juga akan membuat Lylia bisa lebih lama untuk survive ketika teamfight maupun laning.
  • Lightning Truncheon: untuk cooldown reduction, mana, dan damage.
  • Holy Crystal: untuk meningkatkan damage Lylia.

NOTE!!!: Kamu jangan terpaku pada build item di atas. Lebih baik kamu gunakan item lain dari hasil eksperimen kamu sendiri. Dengan begitu build yang kamu gunakan akan lebih sesuai dengan gameplay kamu sendiri. Tapi jika bingung, gunakan saja build item di atas.

Emblem dan Spell

Untuk Emblem, ane lebih menyarankan pakai Custom Mage Emblem dengan susunan talent bisa kalian lihat seperti pada gambar di bawah. Agility berfungsi untuk movement speed, Invasion untuk magical penetration dan Magic Worship untuk meningkatkan damage dengan cara membakar target.



Karena Lylia ini menurut ane mobilitasnya rendah, lebih baik ane saranin pakai Spell Flicker atau Sprint. Kedua spell ini akan membantunya untuk kabur ataupun mengejar musuh. Kalian juga bisa menggunakan Purify supaya bisa lepas dari crowd control musuh.
                                                            

Penjelasan Skill Lylia

Sama seperti hero pada umumnya, Lylia memiliki 4 skill dengan 1 skill pasif dan 3 skill aktif. Kombinasi skill 2 dan 1 akan memberikan burst damage yang sangat besar. Sementara skill ultimatenya akan membuat Lylia bisa kabur ke tempat dimana ia berada 4 detik sebelumnya. Berikut ini penjelasan skill yang dimiliki oleh Lylia.

1. Skill Pasif: Shadow Crystal

Movement speed dari Lylia akan meningkat sebesar 15% ketika dirinya berada di sekitar Crystal. Crystal ini merupakan Gloom (skill 2) yang diledakkan oleh skill 1. Kemudian setiap dia berhasil menambah stack crystal, maka movement speed-nya akan meningkat 5%. Damage dari crystal juga akan meningkat sesuai dengan tingkatan stack.

2. Skill 1: Magic Shockwave

Lylia akan menembakkan sebuah energy wave yang memberikan magic damage sebesar 250-500(+100% Total Magic Power). Cooldown dari skill ini sama untuk semua level yaitu 4 detik. Tentu saja coolodwn-nya sangat singkat. Skill ini bisa kita gabungkan dengan skill 2 dalam penggunaannya. Skill 1 juga akan memberikan efek slow sebesar 40% selama 1.5 detik.

3. Skill 2: Angry Gloom

Lylia akan memanggil Gloom di area yang kita tentukan dan memberikan magic damage sebesar 130-250(+50% Total Magic Power) dan menyebabkan efek slow sebesar 80%. Kemudian jika Gloom tersebut dibangunkan dengan skill 1, maka akan meledak dan berubah menjadi Crystal.

Ledakan Gloom dengan skill 1 itu akan menghasilkan magic damage yang besar, yaitu 240-420(+100% Total Magic Power). Oh iya, kita juga bisa upgrade Crystal dengan mengeluarkan skill 2 kembali di area crystal yang sudah ada. Dengan begitu skill 2 ini bisa distack, dan stack akan meningkatkan damage dari ledakan dari 30%-120%.

Dengan begitu, skill 2 adalah skill utama bagi Lylia karena merupakan penghasil damage terbesar. Damage dari ledakan akan semakin meningkat jika stack dari crystal kita stack. Selain itu, jika Lylia berada di dekat crystal, movement speed-nya akan meningkat.

Skill 2 ini bisa distack hingga 5 kali, mirip seperti skill skill 1 Angela dan skill 3 Clint.

4. Skill 3 (Ultimate): Black Shoe

Skill 3 Lylia akan membuatnya bisa berpindah ke posisinya 4 detik yang lalu dan mereset semua skill-skill miliknya. Skill ini juga akan mereset HP Lylia menjadi kondisi 4 detik sebelumnya. Jadi tidak di-regen hingga full ya, tapi dikembalikan menjadi kondisi HP 4 detik yang lalu. Dia juga akan meregenerasi 15% HP dari MAX HP miliknya dan bisa meningkatkan movement speed sebesar 40% selama 2 detik.

Skill 3 ini adalah satu-satunya skill escape yang dimiliki oleh Lylia. Akan tetapi menurut ane ini belum cukup untuk dimainkan di tier Legend ke atas.

Kelebihan dan Kelemahan Lylia

Semua hero yang ada di game bergenre MOBA tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan, termasuk juga Mobile Legends. Lylia juga termasuk hero yang memiliki kelebihan dan kelemahan. Dengan mengetahui kelebihannya, kita akan tahu cara memaksilkan potensi yang dimilikinya. Sementara mengetahui kelemahannya akan membuat kita bermain hati-hati dan mengatasi kelemahan tersebut. Berikut ini adalah kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh Lylia.

Kelebihan Lylia

  • Burst Damage Tinggi dan AOE
Kombinasi antara skill 2 dan 1 akan menghasilkan damage yang sangat tinggi, serangannya bisa meningkat hingga 120%. Jika kita berhasil memberikan 5 stack skill 2 dan dan menggunakan skill 1 akan menghasilkan damage yang sangat besar.

  • Hero Poke yang Sangat Bagus
Skill kedua Lylia ini bersifat area dan jangkauan serangannya juga lumayan cukup jauh, begitu juga dengan skill pertamanya. Dengan begitu kita bisa poke musuh dari jarak yang cukup jauh dengan hanya mengandalkan kombinasi skill 2 dan 1. Supaya bisa menghasilkan damage yang tinggi, tumpuk musuh dengan skill 2 hingga 5 kali dan gunakan skill 1 hingga mengenai Gloom dari skill 2.

Skill 2 Lylia ini bisa kita gunakan untuk menyerang musuh yang sedang push ataupun defense turret. Kita hanya perlu menempatkan skill Gloom di posisi yang tepat, maka musuh akan menghindarinya. Jika musuh berada di area Gloom, gunakan skill 1 untuk menghasilkan damage yang besar.

  • Bisa Mengintai Pergerakan Musuh
Ketika skill ultimate sedang aktif (tidak sedang cooldown), maka Lylia akan memiliki sepasang sepatu yang mengikutinya kemanapun dia pergi. Nah indikator ini bisa terlihat di map, sehingga kita bisa mengetahui kemanakah Lylia akan teleport ketika menggunakan skill ultimatenya.

Karena indikator sepatu ini terlihat di map, maka bisa kita gunakan untuk mengintip pergerakan musuh. Tentu saja kemampuan ini sangat berguna supaya tidak mudah kena ciduk dari musuh yang bersembunyi di bush, termasuk pasif Natalia. Tapi kemampuan ini akan aktif jika skill 3 Lylia tidak sedang cooldown. Jika sedang cooldown, maka indikator sepatu tidak akan nampak di map.

  • Mudah Digunakan
Menurut ane, Lylia ini termasuk hero yang cukup simpel dan gampang untuk dikuasai. Selama kita bisa positioning dengan tepat, kita tidak akan mudah kena ciduk dari tim musuh. Yang perlu kita lakukan hanyalah spam skill 2 pada musuh dan gunakan skill 1 untuk memberikan damage yang besar. Kemudian gunakan skill 3 untuk kabur meskipun kurang efektif.

Kelemahan Lylia

  • Mobilitas Rendah
Pergerakan dari Lylia ini tergolong cukup lelet selain ketika dirinya berada di dekat Crystal. Satu-satunya skill escape yang dia miliki hanyalah skill ultimatenya, tapi menurut ane skill ini juga kurang begitu efektif untuk dimainkan di tier Legend ke atas. Kira-kira Lylia ini mirip seperti Valir dan Gord dimana mereka sangat rentan terkena skill CC, dengan begitu kia harus sering berada di belakang tank dan bermain aman.

  • Skill 2 Sulit Mengenai Target
Skill 2 Lylia ini mmang bisa kita stack hingga 5x, tapi pada kenyataannya skill ini sangat mudah untuk dihindari oleh musuh. Maka dari itu kita harus pintar-pintar dalam memprediksi pergerakan musuh, ke manakah musuh akan bergerak, lalu kita keluarkan skill 2 sebanyak-banyaknya dan serang dengan skill 1 supaya terkena damage yang besar.

  • Sangat Bergantung Pada Tim
Karena Lylia itu sangat lembek dan lelet, maka dia harus selalu berlindung di belakang temannya. Sebaiknya kita bermain aman saja ketika menggunakan hero ini. Sebab tanpa dukungan atau back up dari tim maka hero ini akan jadi feeder berjalan bagi tim lawan.

Cara Counter Lylia

Setelah kita bahas kelemahannya, sekarang kita bisa tahu apa yang menjadi kelemahan dari Lylia ini. Dengan begitu kita akan tahu lagi hero-hero seperti apa yang sangat efektif untuk mengalahkan Lylia. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

1. Crowd Control

Hampir semua hero di Mobile Legends sangat lemah terhadap Crowd Control termasuk juga Lylia. Dia memang memiliki burst damage yang sangat besar, tapi fokusnya hanya pada itu saja. Dia tidak memiliki immunity yang akan membuatnya bisa lepas dari Crowd Control. Selain itu dia sangat minim skill escape selain skill ultimate-nya. Skill ini menurut ane juga terbilang kurang begitu efektif jika digunakan untuk kabur, apalagi jika digank.

Dengan begitu, kita bisa menggunakan hero-hero yang memiliki crowd control untuk melawan Lylia ini. Gunakan hero-hero yang memiliki CC seperti Nana dengan efek Morph, Natalia dengan Silent, dan Chou dengan Knock back. Natalia, Saber, dan Chou menurut ane sangat efekif untuk melawan Lylia. Saber dan Chou merupakan locker yang sangat efektif untuk mengunci pergerakan Lylia, bahkan skill utlimate-nya sekalipun.

2. Gunakan Hero-Hero Lincah

Kombinasi skill 2 dan 1 memang akan menghasilkan burst damage yang sangat tinggi. Akan tetapi kelemahan fatal dari skill ini adalah sulit untuk mengenai target. Kombinasi skill ini sangat mudah untuk diantisipasi oleh hero-hero lawan. Kombo ini juga sangat mudah ditebak. Jika sudah terjebak skill 2, maka sudah pasti user Lylia yang belum pro akan menggunkan skill 1.

Dengan demikian, kita bisa menggunakan hero-hero yang lincah ketika berhadapan dengan Lylia. Biasanya hero-hero lincah dimiliki oleh Assassin, misalnya adalah Fanny, Gusion dan Lancelot. Lylia pasti akan kesulitan untuk mengeluarkan skill combo ketika berhadapan dengan mereka. Hero-hero lincah akan membuat Lylia kebungungan untuk menyerang.

Cara Bermain Lylia

1. Spam Skill 2

Skill 2 adalah skill utama dari Lylia, bahkan skill ini bisa kita spam sebanyak 5 kali berturut-turut. Spam skill ini untuk poke musuh, defense atau bahkan push turret. Sebab biasanya musuh enggan untuk mendekati kita jika harus melewati jebakan skill 2. Jika musuh berada di area skill 2, gunakan skill 1 untuk memberikan damage yang besar.

2. Berada Di Area Skill 2

Gloom dari skill 2 jika kita tembak dengan skill 2 akan berubah menjadi Crystal. Nah Crystal ini akan sangat menguntungkan bagi kita. Sebab Crystal tersebut akan membuat movement speed Lylia meningkat selama berada di dekatnya. Tentu saja kemampuan ini bisa kita gunakan unuk mengejar musuh atau mengejar musuh. Kemudian pergerakan kita akan lincah ketika teamfight selama berada di dekat area Crystal.

3. Positioning yang Tepat

Seperti sudah ane singgung sebelumnya kalau Lylia itu merupakan mage yang sangat minim skill escape. Dia akan sangat mudah terkena ciduk dan gank oleh tim musuh. Maka dari itu usahakan untuk selalu berada di belakang tank kalian. Intinya, usahakan untuk bermain aman saja kalau main Lylia ini.

4. Gunakan Skill Ultimate dengan Tepat

Skill ultimate adalah satu-satunya skill escape yang dimiliki oleh Lylia. Kalian bisa mengetahui kemana kalian akan teleport jika menggunakan skill ini dengan cara melihat indikatornya di map. Gunakan skill ini untuk keluar dari kejaran atau kerumunan musuh dengan timing yang tepat. Perlu kamu perhatikan juga kalau skill ini memiliki cooldown yang lama, jadi harus menggunakannya dengan bijak.

Akhir Kata

Itulah pembahasan kali ini mengenai Tutorial Lengkap Lylia Mobile Legends Bang Bang. Jangan lupa untuk belajar Lylia dengan cara melihat pro player bermain. Kamu bisa langsung mengunjungi YouTube ataupun web jika ingin belajar lebih lengkap mengenai Lylia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment