CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain X.Borg Mobile Legends Bang Bang

Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain X.Borg Mobile Legends Bang Bang


Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain X.Borg Mobile Legends Bang Bang

X.Borg merupakan fighter yang memiliki kemampuan unik di game Mobile Legends Bang Bang. Keunikannya itu adalah dia memiliki bar HP yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu HP normal dan HP Armor. HP Armor ini bisa dengan mudah dikembalikan dengan cara 'membakar' musuh.

X.Borg merupakan fighter dengan specialty regen dan burst damage. Dengan begitu, damage yang dia berikan akan sangat besar dan memiliki regen HP yang besar juga. Dia juga memiliki durability yang besar serta memiliki crowd control yang ‘ngeselin'.

Nah pada artikel kali ini, ane akan memberikan sedikit tips dan trik menggunakan X.Borg Mobile Legends. Ane akan bahas mengenai build item, emblem, spell, serta kombo skill yang mematikan untuk X.Borg. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

Build Item X.Borg Mobile Legends

Sebenarnya kita bisa menggunakan X.Borg  sebagai full fighter dan semi tank. Jika ingin menggunakan full fighter, kita membutuhkan cooldown dan damage yang besar. Sementara jika ingin menggunakannya sebagai semi tank, kita harus bisa mengkombinasikan item fighter dan tank. Tapi ada satu item yang menurut saya sangat wajib bagi X.Borg untuk digunakan, yaitu Bloodlust Axe.

Nah di bawah ini adalah 2 rekomendasi build item X.Borg yang menurut ane sangat cocok digunakan. Build item yang pertama bisa digunakan jika kita ingin menjadikan X.Borg sebagai full fighter. Jika ingin menjadikannya semi tank, gunakan build item kedua.

1. Build Item X Borg Full Fighter

Saya lebih berfokus pada cooldown reduction dan damage ketika ingin menggunakan X.Borg sebagai fighter. Berikut ini adalah build item X.Borg Mobile Legends untuk full fighter.

Build Item X Borg Full Fighter

1. Warrior Boots

Selain memberikan +40% Movement Speed, item sepatu ini juga akan memberikan +22 Physical Defense yang tentu saja akan sangat berguna untuk melawan hero-hero physical damage. Physical Defense ini akan meningkat 5 poin jika terkena 1 basic attack, maksimal hingga 25 poin (5 kali basic attack). Jadi kalau kita totalkan, jumlah physical defense yang akan kita dapatkan dari item ini adalah 47 poin. Physical defense ini tentu saja sangat berguna untuk melawan hero-hero marksman dan fighter.

2. Bloodlust Axe

Physical attack yang diberikan oleh Bloodlust Axe memang tidaklah begitu besar, tapi bukan status incar dari item ini. Yang paling penting dari item ini adalah cooldown reduction-nya supaya X.Borg bisa lebih sering spam skill, terutama skill ultimate-nya. Sebab item ini memberikan +10% Cooldown Reduction yang mana nantinya akan semakin besar jika dikombinasikan dengan item lainnya.

Kemudian yang tidak kalah penting dari item Bloodlust Axe ini adalah spell vamp (+20% Spell Vamp). Menurut ane X.Borg ini merupakan fighter yang lebih mengandalkan skill ketimbang basic attack, terutama skill pertamanya. Skill ini memiliki cooldown yang sangat singkat dan tipe serangannya adalah DPS (Damage Per Second). Jadi dengan mengggunakan item ini, X.Borg akan regen HP ketika menggunakan skill (terutama skill 1).

3. Blade of Despair

Item Blade of Despair ini akan memberikan physical attack yang sangat besar, yakni +170 poin. Dengan begitu physical damage yang akan diberikan oleh X.Borg akan meningkat secara drastis. Kemudian physical attack dia akan meningkat sebesar 25% jika melawan hero musuh yang memiliki darah kurang dari 50%. Tentu saja tambahan ini akan membuat damage dari X.Borg semakin mengerikan di late game.

4. Hunter Strike

Item ini akan memberikan X.Borg +80 Physical Attack dan +10% Cooldown Reduction. Dengan begitu damage yang akan diberikannya akan semakin besar, serta akan lebih sering spam skill. Tambahan +15 Phyical Penertration juga akan membantunya untuk melawan hero-hero yang memiliki physical defense yang besar.

Pasif dari Hunter Strike juga akan sangat membantu X.Borg untuk mengejar musuh ataupun kabur. Sebab movement speed-nya akan meningkat 30% jika menyerang musuh sebanyak 5 kali berturut-turut. Tentu saja dia bisa dengan sangat mudah untuk mengaktifkan pasif item ini karena dia memiliki cooldown skill yang relatif singkat.

5. Wings of the Apocalypse Queen

Wings of the Apocalypse Queen akan membuat HP X.Borg semakin tebal karena item ini memberikan +1000 HP. Tambahan +10% Cooldown Reduction-nya juga akan membuat X.Borg bisa lebih sering melakukan combo skill. Meskipun tambahan physical attack-nya sangat kecil, tapi ini bukan menjadi tujuan utama kita membeli item ini.

Pasif dari Wings of the Apocalypse Queen ini juga akan meningkatkan Damage Reduction sebesar 50%. Kemudian efek lifesteal-nya juga akan meningkat sebesar 30% jika HP X.Borg di bawah 40%. Oh iya, pasif ini akan aktif meskipun HP Armor X.Borg aktif.

6. Rose Gold Meteor

Item yang terakhir ini sangat berguna untuk melawan hero-hero tipe magical seperti mage dan assassin, karena item ini memberikan tambahan +30 Magical Defense. Rose Gold meteor juga memberikan tambahan +5% Physical Lifeseal dan 60% Physical Lifesteal.

Kemudian yang tak kalah penting dari item Rose Gold Meteor ini adalah pasifnya yang memberikan shield yang bisa menyerap damage musuh hingga 1350 damage. Jadi pasifnya ini sangat berguna bagi X.Borg untuk menghindari one combo skill seperti Eudora, Aurora, dan hero-hero lainnya.

2. Build Item X.Borg Mobile Legends Semi Tank

Build item Semi Tank ini adalah kombinasi antara item attack dan defense. Item ini bisa digunakan jika di tim kalian hanya memiliki 1 tank saja. Dengan begitu, damage yang akan diterima oleh hero carry tim akan sedikit berkurang.
Build Item X Borg Semi Tank

1. Warrior Boots

Item Warrior Boots merupakan item sepatu yang sangat wajib menurut ane untuk X.Borg. Sebab dia adalah fighter yang akan selalu berada di barisan depan ketika teamfight. Dengan begitu armor yang dia miliki harus besar untuk mengurangi damage hero-hero physical seperti marksman dan fighter di late game.

2. Bloodlust Axe

Bloodlust Axe merupakan item yang sangat wajib digunakan oleh X.Borg meskipun dia berperan sebagai semi tanker. Dengan item ini akan membuatnya bisa lebih sering spam skill dan akan membuatnya bisa survive lebih lama ketika teamfight ataupun laning.

3. Athena’s Shield

Item ini sangat berguna untuk melawan hero-hero mage atau mage assassin karena memberikan tambahan +56 Magical Defense. Item ini juga memberikan HP yang sangat besar, yaitu +900 HP dan +20 HP Regen. Kemudian yang paling penting dari item ini adalah pasifnya yang akan memberikannya shield setiap 30 detik. Shield ini akan semakin tebal seiring dengan berjalannya waktu permainan.

4. Wings of the Apocalypse Queen

Selain memberikan HP yang besar dan cooldown reduction yang tinggi, item ini juga akan memberikan damage reduction yang besar. Dengan begitu akan membuat X.Borg lebih bermain agresif ketika menggunakan item ini, meskipun darahnya juga sekarat.

5. Blade of Despair

Item ini berfungsi untuk meningkatkan physical attack X.Borg. Tambahan 5% Movement Speed-nya juga sanga berguna bagi X.Borg untuk kabur ataupun mengejar musuh.

6. Immortality

Item Immortality akan memberikan HP yang besar (+800 HP) dan physical Defense yang besar (+40 Armor). Tapi yang menjai daya jual dari item ini adalah pasifnya yang bisa menghidupkan kembali penggunanya. X.Borg akan hidup kembali setelah mati dengan memiliki shield dan HP. Dan ternyata, HP Armor akan kembali aktif setelah dia hidup kembali dengan jumlah yang sedikit.

Emblem dan Battle Spell

Untuk emblem, ane menyarankan Custom Assassin Emblem dengan susunan talent-nya adalah 3x Agility untuk movement speed, 3x Invasion untuk physical penetration, dan Bounty Hunter untuk mendapatkan gold ketika berhasil kill musuh. Kalian juga bisa menggunakan Custom Fighter Emblem dengan susunan talent-nya terdiri dari 3x Brave untuk Physical Attack, 3x Invasion untuk Physical Penetration, dan Festival of Blood untuk spell vamp. Untuk gambarannya bisa kamu lihat gambar di bawah.
Custom Figther dan Assassin Emblem

Untuk spell, ane merekomendasikan Flicker atau Sprint. Kedua spell ini akan sangat membantu X.Borg untuk kabur ataupun mengejar musuh. Sebab dia sangat minim skill dash atau escape, dengan begitu akan sangat mudah untuk diciduk atau digank.


Penjelasan Skill  X.Borg Mobile Legends

Sama seperti hero pada umumnya, X.Borg memiliki 3 skill aktif dan 1 skill pasif. Tapi semua skill tergantung keadaan tertentu. Berikut penjelasan skillnya.

Penjelasan Skill  X.Borg Mobile Legends

Skill Pasif: Firaga Armor

Ketika HP Armor (HP warna kuning) X.Borg Aktif atau terisi, maka dia akan memiliki serangan jarak dekat (malee attack). Sementara jika HP Armor ini habis, maka serangannya menjadi jarak jauh (ranged attack). Ketika HP Armor habis, X.Borg akan berputar ke arah Joystik kiri dan akan immune terhadap semua damage apapun selama durasi tertentu.

Untuk mengisi kembali HP Armor, kamu harus mengisi energi yang terdapat di bawah HP X.Borg. Untuk mengisi energi hingga penuh, kita bisa melakukan basic attack yang bisa menyebabkan efek panas pada lawan. Jika suhu atau temperatur itu penuh, maka lawan akan mengeluarkan bola energi. Bola energi ini kita ambil untuk mengisi energi aau HP Armor X.Borg.

Skill 1: Fire Misiles

X.Borg akan mengaktifkan Flamethrower dan menembakkannya ke arah yang kita tentukan dengan memberikan Physical Damage sebesar 40(+50% Total Physical ATK) selama 2 detik. Jika temperatur lawan sudah mencapai batasnya, maka mereka akan menerima true damage dan terkena efek slow sebesar 30%.

Ketika HP Armor X.Borg tidak aktif, maka Flamethrower itu akan 'mempersempit' sudut tembak, akan tetapi jarak tembaknya diperpanjang. Damage yang diberikan X.Borg juga akan berkurang 60% dari damage yang dia berikan ketika HP Armor aktif.

Skill 2: Fire Stake

X.Borg akan menembakkan 6 Fire Stake di tepi area yang kita tentukan. Kemudian 3 detik berikutnya Fire Stack itu akan kembali pada X.Borg (mirip seperti Dagger Gusion). Setiap Stake akan memberikan Physical Damage sebesar 50(+20% Total Physical ATK) kepada lawan yang dilewatinya dan menarik mereka ke area X.Borg.

Ketika HP Armor X.Borg tidak aktif, maka Fire Stack yang dikeluarkan menjadi lebih jauh, tapi jarak antar stake lebih pendek (sudutnya dipersempit).

Skill Ultimate: Last Insanity

X.Borg akan melakukan charge ke arah yang kita tentukan dan menembakkan api di sekitarnya untuk memberikan Physical Damage sebesar 200(+100% Ekstra Physical ATK) dan menyebabkan slow kepada lawan sebesar 60%.

Jika X.Borg mengenai lawan ketika melakukan charge, dia akan berhenti dan menyebabkan efek slow sebesar 30%. Durasi dari skill ini adalah 3 detik dan setelahnya X.Borg akan meledakkan diri untuk memberikan 400 dan 15% true damage dari maksimum HP target dan akan melepaskan semua HP Armor miliknya.


Kombo Skill X.Borg

Karena X.Borg memiliki dua mode, yaitu Armor dan Armorless (HP Armor tidak aktif), skill X.Borg agak sedikit berbeda untuk kedua kondisi tersebut. Tapi untuk mempermudahnya, kamu harus masuk ke dalam teamfight ketika HP Armor aktif supaya output damage yang diberikan bisa maksimal dan combo skill yang digunakan juga efektif.

Skill pertamanya memang tidak menghasilkan damage yang besar tapi sangat berguna untuk menghasilkan Firaga Supply (bola energi) yang digunakan untuk menambah HP Armor X.Borg. Cooldown dari skill ini juga sangat singkat, jadi kamu akan lebih sering spam skill ini ke musuh atau monster jungle. Mengkombinasikannya dengan skill 2 dan ultimate akan menghasilkan kombo yang mematikan.

Ketika menggunakan skill 2, X.Borg akan melemparkan 6 stake dan 3 detik setelahnya akan kembali dengan memberikan physical damage pada lawan yang dilewatinya, serta menariknya ke arah X.Borg. Kombo skill 1 dan 2 ini bisa digunakan untuk mengisi HP Armor. Kamu bisa menggunakannya ke monster jungle terlebih dahulu untuk mengisi HP Armor, kemudian masuk ke dalam teamfight.

Setelah musuh tertarik dengan skill keduanya, kamu tinggal gunakan skill ultimate untuk memberikan physical damage dan true damage yang besar. Karena setelah menggunakan skill ini HP Armor X.Borg akan hilang, kamu harus menggunakan kembali skill 1 untuk mengisi armor dengan bola energi.

Secara keseluruhan, kombo skill untuk X.Borg ini adalah sebagai berikut.

Skill 1 + Skill 2 + Skill 3 + Skill 1

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment