CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Mau Ngebut Internetan?Lakukan 10 Cara Mudah Ini Memperkuat Sinyal WiFi Beserta Aplikasinya

Mau Ngebut Internetan?Lakukan 10 Cara Mudah Ini Memperkuat Sinyal WiFi Beserta Aplikasinya


Cara Mudah Ini Memperkuat Sinyal WiFi Beserta Aplikasinya

Koneksi internet pada jaringan WiFi saat ini tengah menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat. Semua kalangan, baik muda, orang tua, hingga anak-anak membutuhkannya. Di kota-kota besar, jaringan WiFi ini sudah tersedia dimana-mana, mulai dari gedung perkantoran, pemerintah, perbankan, sekolah, hingga rumah.

Sebagian besar orang lebih sering menggunakan WiFi dibadingkan berselancar di dunia internet dengan menggnakan kabel. Sebab WiFi lebih efektif dan fleksibel meskipun koneksi internet yang dihasilkannya juga kadang naik turun, bahkan sangat lemah.

Tentu saja kamu akan kesal ketika sedang nyaman-nyamannya main browsing, main game, atau streaming tiba-tiba koneksi jaringan internet WiFi kamu lemot, bahkan sampai terputus. Jangan khawatir, saya akan membagikan sedikit tips kepada kalian tentang cara memperkuat sinyal WiFi yang bisa kamu terapkan dirumah, perusahaan, bakan restoran atau kafe.

Cara Memperkuat Sinyal Wifi

Ada beberapa tips yang bisa kamu gnakan untuk memperkuat sinyal WiFi untuk smartphone kamu. Beberapa cara di bawah ini mungkin bisa membantumu supaya bisa lebih nyaman untuk berselancar di dunia maya.

1. Simpan Router di Posisi yang Tepat

Sebenarnya cara untuk memerkuat sinyal WiFi untuk smartphone sangat mudah untuk dilakukan. Nah jika kamu menggunakan router WiFi dan sinyal internetmu mati seketika, kamu bisa mencoba memperbaikinya dengan mengubah posisi routernya. Sebab posisi router ini sangat berpengaruh terhadap kekuatan sinyal yang dia berikan.

Meletakkan sinyal router dengan tidak benar akan membuat sinyal internetmu menjadi lambat. Supaya menjadi lebih kuat, kamu harus memindahkan posisi router ke tempat yang terbuka. Kamu bisa meletakkannya di dinding, langit-langit rumah, atau meja. Jika kamu sudah mengubah posisi router ke tempat terbuka, cobalah untuk memposisikan anterna router dengan tegak lurus.

2. Jauhkan Router dari Perangkat Lain

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal WiFi pada smartphone yaitu dengan cara menjauhkan router dari perngkat lain. Misalnya adalah peralatan elektronek seperti microwave, telepon wireless, dan peralatan elektronik lainnya. Sebab peralatan elektronik memiliki saluran yang sama dengan modem router sehingga harus dijauhkan.

Usahakan untuk menempatkan router di tempat yang strategis dan jauhkan dari peralatan elektronik yang mungkin saja akan mempengaruhi koneksi internet yang akan kamu gunakan. Kamu juga bisa menggunakan alat elektronik yang salurannya berbeda dengan modem router WiFi yang kamu gunakan.

3. Ganti Password WiFi

Mengganti passoword merupakan salah satu untuk melindungi WiFi. Mungkin ada penyusup yang mencoba mengunakan koneksi WiFi milikmu sehingga siyalnya tiba-tiba menjadi buruk. Nah untuk mengantisipasi kemungkinannya, kamu bisa mengganti password dan username. Dengan begitu koneksi WiFi kamu akan lebih aman dan koneksi internet juga tetap lancar.

4. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Kamu juga bisa memperkuat sinyal WiFi dengan cara menggunakan aplikasi penguat sinyal. Tanpa disadari, menggunakan router yang sama dengan orang lain akan membuat performa router menjadi menurun, sehingga koneksi WiFi yang digunakan menjadi lambat.

Nah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat sinyal WiFi adalah WiFi Manager, WiFi Signal Booster + Extender, WiFi Master Key, WiFi Doctor – Speed & Fast, Network Master –Speed Test, dan lain sebagainya.

Aplikasi diatas bisa kamu unduh di Play Store secara gratis dan ukurannya pun juga tidak bear, sehingga tidak akan memakan banyak kapasitas memori smartphone kamu.

4.1. WiFi Manager

Aplikasi WiFi Manager dikembangkan oleh seseorang bernma Kostya Vasilyev yang bisa kamu unduh di Play Store. Aplikasi ini akan memperkuat sinyal WiFi supaya menjadi lebih lebih joss. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengelola jaringan WiFi dan bisa meningkatkan koneksi radar dengan radal kanal grafis.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu sekitar 3.4 MB saja, sehingga tidak akan memakan memori smartpohone kamu. WiFi Manager juga bisa meningkatkan kualitas sinyal secara signifikan. Tapi sayangnya agak rumit kalau digunakan oleh pemula. Selain itu detektor kadang sulit membaca sinyal WiFi.

4.2. WiFi Master

Aplikasi penguat sinyal WiFi yang bisa kamu gunakan adalah WiFi Master. Aplikasi ini bisa membantumu untuk mencarikan WiFi gratis yang sinalnya lebih stabil. Kapasitas aplikasi ini lumayan kecil, yaitu sekitar 11 MB.

4.3. Network Master

Aplikasi Network Master bisa menguji kecepatan jaringan kamu untuk menemukan hotspot WiFi tercepat yang meng mendeteksi ke seluruh perangkat yang terhubung oleh analisis jaringan. Aplikasi ini dikembangkan oleh WiFi Analyzer dan cukup banyak di download hingga 10 juta lebih. Ukurannya juga relatif kecil, yaitu hanya 3.3 MB saja.

4.4. WiFi Signal Booster + Extender

Aplikasi ini akan membantu kamu untuk meningkatkan koneksi internet dengan cara mendeteksinya di latar belakang dan sistem aplikasi. WiFi Signal Booster – Extender menggunakan booster internet sinyal WiFi. Adanya pilihan WiFi Extender akan memperluas jaringan nirkabel menjadi lebih luas.

4.5. WiFi Doctor

Aplikasi WiFi Doctor berfungsi untuk mendeteksi jaringan, melindungi aktivitas internet, dan mempercepat koneksi jaringan dengan menutup aplikasi yang berjalan di belakang. Aplikasini bisa memeriksa keamanan WiFi dan meningkatkan jaringan.

5. Gunakan Router Terbaru

Saat ini banyak yang menjual perangkat router dengan versi terbaru yang canggih. Teknologi router terbaru dari setiap wireles memiliki tipe seperti A, B, G, dan N, sert AC. Tipe-tipe tersebut menunjukkan generasi dari masing-masing perangkat WiFi. Dengan mengganti router ke versi yang lebih baru akan membuat sinyal menjadi lebih kuat.

 6. Kontrol Banwidth

Jaringan WiFi yang digunakan akan semakin lambat jika digunakan lebih dari satu orang. Nah kamu bisa mengatur penggunaan bandwidth supaya orang lain tidak terjadi kebocoran bandwidth yang bisa membuat koneksi internet WiFi kamu menjadi lemot.

7. Gunakan DD-WRT Firmware

DD-WRT merupakan aplikasi yang digunakan untuk hack router supaya kekuatan pemancar sinyanya menjadi lebih tinggi. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Lifehacker, aplikasi ini bisa menaikannya hingga 70 mW meskipun cukup berbahaya. Dengan demikian, jangkauan dari sinyal router kamu akan bertambah hingga dua kali lipatnya.

8. Gunakan Kaleng Bekas

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai penghantarnya. Nah supaya sinyalnya tidak menyebar kemana-mana, kamu bisa mengunakan kaleng bekas untuk menentukan tujuan sinyal tersebut. Kamu juga bisa menggunakan benda lainnya di sekitar kamu untuk mempekuat sinyal seperti panci dan alumunium foil.

9. Gunakan WiFi Router

Repeater merupakan alat yang berfungsi untuk menerima sinyal WiFi yang kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat. Alat ini sangat cocok untuk kamu yang menerima sinyal WiFi yang buruk.

10. Reboot Router secara Berkala

Hampir sama seperti PC atau smartphone, Router juga akan mengalami masalah jika digunakan dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu kamu harus reboot atau restart router secara berkala supaya kondisinya menjadi segar dan siap digunakan kembali.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempekuatsinyal WiFi. Kamu bisa mengoptimalkannya dengan aplikasi atau tanpa bantuan aplikasi sebagai cara alternatif. Selamat mencoba.

 Baca juga artikel lainnya seputar Tips Trik atau artikel lainnya di Cecepkocep
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment