CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
4 Cara Mencari Niche yang Tepat Untuk Blogger Pemula

4 Cara Mencari Niche yang Tepat Untuk Blogger Pemula


Blog niche merupakan jeni blog yang hanya membahas satu topik secara mendalam. Berbeda dengan blog gado gado yang membahas lebih dari satu topik (seperti blog ini). Tapi keduanya juga memiliki kelebihan dan kelemahannya.

Nah pada artikel kali ini saya akan berbagi sedikit tips kepada Anda mengenai cara mencari niche yang tepat untuk blogger pemula. Intinya dalam artikel ini yaitu untuk ‘memancing’ Anda dalam menentukan niche yang akan tentukan untuk blog Anda ke depannya. Yuk simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

Cara Mencari Niche yang Tepat untuk Blogger Pemula

Banyak orang yang bilang kalau blogger pemula itu seharusnya memilih niche berdasarkan minat dan kemampuan. Tapi tak sedikit juga yang mengatakan kalau minat dan kemampuan itu tidak penting asalkan potensi blognya besar. Jadi mana yang benar?

Menurut saya keduanya benar dan bisa dijadikan pedoman untuk para blogger pemula. Akan tetapi setiap orang itu berbeda-beda. Saran si A mungkin tidak cocok untuk si B, tetapi cocok untuk si C. Nah supaya tidak bingung, saya akan memberikan tips dalam mencari niche yang tepat untuk blogger pemula.

1. Ngeblog Sesuai Minat

Saya menyarankan Anda untuk membuat blog sesuai dengan minat yang memang kalian anggap menarik. Kenapa harus sesuai minat? Blogging itu butuh dedikasi yang tinggi, jadi kalau tidak tertarik dengan topiknya, maka Anda akan cepat bosan.

Sementara itu, konten yang Anda tulis harus berkualitas. Maka dari itu, mau tidak mau harus mempelajari niche yang Anda pilih. Dengan demikian, Anda akan belajar 2 hal ketika menjadi seorang blogger itu, yaitu mempelajari blogging dan belajar nichenya. Jika belajar hal yang tidak diminati, maka Anda akan cepat bosan ke depannya.

Kemudian dunia blogging itu dipenuhi dengan orang-orang yang benar-benar antusias terhadap niche mereka masing-masing. Jadi kalau Anda tidak memiliki minat yang besar pada niche blog Anda, maka Anda akan sulit untuk bersaing.

Jadi untuk sekarang ini, abaikan terlebih dahulu masalah ‘keuntungan’, abaikan terlebih dahulu kemampuan Anda, dan pancing minat Anda untuk menentukan niche blog Anda. Pertanyaan saya di bawah ini mungkin bisa membantu menemukan minat Anda dalam menentukan niche.
  1. Apa rutinitas Anda sehari-hari?
  2. Kegiatan apa yang paling Anda tunggu-tunggu?
  3. Kegiatan apa yang tidak pernah membuat Anda bosan?
  4. Apa hal yang selalu muncul dalam hidup Anda sejak bertahun-tahun yang lalu?
  5. Klub atau kelompok apa yang sedang Anda ikuti?

Mungkin pertanyaan lainnya bisa Anda buat sendiri untuk memancing minat Anda dalam menentukan niche blog yang akan dibuat. Saya tekankan sekali lagi, abaikan terlebih dahulu ‘potensi penghasilan’ dan kemampuan Anda, pancing saja minat Anda dengan pertanyaan-pertanyaan seperti di atas.

2. Ngeblog Sesuai Kemampuan dan Pengetahuan Relatif

Anda akan mulai menjadi pusat perhatian banyak orang ketika terjun ke dunia blogger. Orang-orang yang ingin mempelajari satu topik akan berdatangan ke blog Anda dan tentu saja belajar dari Anda. Coba Anda bayangkan, kalau kita tidak lebih pintar dari mereka yang ingin belajar, lalu bagaimana caranya kita bisa mengajari mereka?

Jadi salah satu tips untuk mencari niche blog adalah dengan melihat kemampuan Anda sendiri. Tapi saya tidak bilang kalau Anda harus menjadi pakar, guru, atau master yang benar-benar expert. Saya sendiri juga harus belajar banyak tentang blog. Maka dari itu saya tulis di subbab kedua ini sebagai kemampuan dan pengeahuan relatif.

Maksud ‘relatif’ disini yaitu kemampuan atau pengetahuan Anda harus berada di atas orang awam. Misalnya kalau pakar atau master itu kemampuannya sudah 100%, maka kemampun yang perlu Anda miliki hanya 40% sudah cukup. Baca juga:Pilih Blog Gado Gado Atau Blog Niche? Inilah Kelebihan dan Kelemahannya

Meskipun Anda tidak percaya diri dengan kemampuan Anda, tapi nanti juga akan belajar lebih banyak setelah punya blog. Saya sendiri bukan gamers yang jago-jago amat, tapi seiring berjalannya waktu saya terus belajar dan belajar. Beberapa pertanyaan di bawah mungkin bisa membantu Anda untuk menemukan kemampuan dan pengetahuan.
  1. Apa hard skill Anda? (misalnya menulis, photoshop, dan bahasa inggris)
  2. Apa soft skill Anda? (misalnya percaya diri tinggi atau gampang berteman)
  3. Apa pujian yang pernah Anda dapatkan dari orang lain? (misalnya pintar menyanyi, pintar menggambar, dll).


3. Ngeblog Sesuai Tren yang Sedang Naik Daun

Melihat tren yang sedang atau akan naik daun juga bisa membantu Anda menentukan niche blog. Kalau kita tahu tren yang sekarang sedang naik daun atau segera naik daun, kita akan termotivasi untuk mengejar tren tersebut. Terlebih jika Anda memiliki minat yang besar pada bidangnya.

Misalnya di tahun 2016 ke belakang Facebook dan Twitter menjadi aplikasi sosial media yang sangat populer. Tapi sejak 2016 popularitas keduanya kalah dengan sosial media baru bernama Instagram. Bahkan aplikasi ini sangat efektif untuk mengembangkan bisnis online.

Atau beberapa waktu ke belakang game Mobile Legend sangat populer di kalangan gamers, bahkan hampir semua kalangan muda bermain game yang satu ini. Tapi sekarang popularitasnya sudah terkalahkan dengan game baru seperti PUBG Mobile.

Tapi Anda jangan memilih tren yang sifatnya sesaat, misalnya batu akik. Kata kunci ini hanya nge-tren selama beberapa bulan saja, kemudian anjlok. Jadi kalau Anda memulai bisnis atau blog baru di bidang ini, maka popularitasnya hanya sebentar saja.

Tren yang bagus itu seperti apa? Tren yang bagus memiliki alasan kuat mengapa jadi populer. Bukan dibuat hanya sekedar jadi heboh saja, misalnya hanya gara-gara artis. Coba Anda cek apa saja yang sekarang ini sedang naik daun sesuai dengan topik yang Anda ikuti perkembangannya. Tapi Anda jangan heran kalau tidak menemukan banyak tren atau bahkan sama sekali. Sebab tren itu tidak selalu ada setiap saat.

4. Ngeblog Sesuai Bisnis yang Anda Jalankan
Ada dua tipe orang dalam membuat blog, yaitu ingin menjadikan blognya sebagai bisnis untuk mendapatkan penghasilan dan menjadikan blognya sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis. Nah buat Anda blogger pemula yang kebetulan sedang berjualan, kenapa tidak untuk dijadikan niche.

Misalnya Anda sedang punya bisnis rental mobil di Cianjur, Anda bisa membuat blog yang berisi tentang tempat-tempat wisata yang ada di Cianjur dan topik yang sesuai dengan bisnis Anda. Intinya supaya banyak orang merental mobil di Cianjur.

Tips memilih topik blog yang bisa mengembangkan bisnis Anda:
  1. Pahami orang-orang yang termasuk di target pasar Anda, misalnya orang-orang yang berwisata ke Cianjur.
  2. Cari tahu apa informasi-informasi yang mereka butuhkan, misalnya panduan berwisata.
  3. Sediakan informasi yang mereka butuhkan, misalnya tempat wisata di Cianjur, makanan khas Cianjur, dll.


Itulah beberapa pertimbangan yang mungkin bisa membantu Anda dalam menemukan niche blog yang tepat. Tentu saja menemukan niche blog sangat penting untuk perkembangan blog Anda ke depannya, terkecuali jika Anda sudah benar-benar memutuskan untuk membuat blog gado-gado. Semoga bermanfaat dan Goog Luck!
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment