CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Dan Permanen 2019

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Dan Permanen 2019

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Dan Permanen 2019
Instagram merupakan aplikasi sosial media yang saat ini sangat diminati oleh berbagai kalangan, termasuk masyarakat Indonesia. Salah satu faktor yang membuat aplikasi ini sangat populer karena memiliki aneka ragam fitur menarik di dalamnya, sehingga para penggunanya semakin termanjakan.

Fitur-fitur yang terdapat pada Instagram membuat para penggunanya betah untuk terus berselancar di media sosial ini. Mereka bisa menikmati beragam foto sekaligus video yang terdat di dalamnya. Hal ini bisa membuat mereka menjadi tidak produktif, atau tidak melakukan aktivitas yang lebih efektif. Terkecuali jika kamu adalah seorang admin media sosial atau berjualan di Instagram.

Nah, apakah kamu ada rencana ingin rehat atau menghilang dulu dari Instagram? Mungkin kamu telah bosan memainkan aplikasi ini, ingin menjaga privasi dari teman-temanmu, atau mungkin banyak konten di Instagram tidak kamu sukai. Atau kamu ingin rehat karena ingin menyibukkan diri untuk melakukan aktivitas yang lebih produktif.

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan dari menontaktifkan akun Instagram kamu. Kamu tidak usah takut untuk melakukanya, karena akun IG kamu bisa diaktifkan kembali di lain waku. Dengan begitu, semua foto, video, serta teman yang telah kamu follow tidak akan menghilang.

Nah pada artikel kali ini, saya akan berbagi tips kepada kalian tentang cara menonaktifkan akun Instagram sementara dan permanen. Tapi sebelum membahas lebih jauh ke dalam tutorialnya, saya akan memberikan ulasan terlebih dahulu tentang dampak buruk Instagram bagi kesehatan mental. Sehingga nantinya bisa kamu pertimbangkan untuk menggunakan Instagram sebijak mungkin dan membatasi waktu pengguaannya.

Dampak Buruk Instagram Untuk Kesehatan Mental

Dalam sebuah riset yang dipublikasikan oleh United Kingdom’s Royal Society of Public Health menerangkan bahwa Instagram memiliki dampak negatif yang sangat buruk untuk kesehatan mental. Para peneliti itu melakukan riset terhadap 1.479 orang dengan rentang usia 14 hingga 25 tahun di berbagai daerah di Inggris Raya. Dalam survey ini para responden menjawab 14 tentang perbedaan dari pengaruh penggunakan media terhadap kesehaan fisik dan mental penggunanya.

Beberapa kesimpulan yang diperoleh dari survey ini ini bahwa Instagram paling berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental jiwa dibandingkan dengan aplikasi media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, Snapchat, dan YouTube. Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang akan ditimbulkan dari survey tersebut yang dilansir dari National Graphic.

1. Menciptakan Kecemasan

Instagram merupakan aplikasi media sosial dimana kebanyakan penggunanya memposting konten-konten yang menunjukkan kesuksesan atau kebahagian tertentu. Bermacam produk mahal yang telah mereka beli diposting di Instagram.

Nah hal ini bisa menimbulkan efek cemas terhadap pengguna Instagram lainnya yang belum mampu memiliki, menggapai, dan merasakan hal yang dimiliki oleh pengguna lainnya. Biasanya ini terjadi pada wanita yang cenderung merasa cemas ketika melihat temannya lebih bahagia dari pada dia.

2. Menciptakan Ketidakcukupan dan Kepercayaan Diri Rendah

Dari penelitian di atas juga menunjukkan kalau Instagram bisa menimbulkan efek kepercayaan diri yang rendah bagi penggunanya. Mereka cenderung memilih foto terbaik untuk diposting yang menunjukkan pakaian atau tampilan fisik terbaik. Selain itu mereka juga cenderung memposting foto-foto di tempat yang bergengsi dan terkenal.

Bagi perempuan lain yang melhat foto kawannya yang memposting foto dengan menampilan fisik lebih baik darinya bisa menimbulkan efek rendah diri jika dia tidak memiliki hal yang dianggap sebagai citra cantik universal tersebut.

Hal seperti itu juga bisa dirasakan oleh kaum pria, mereka akan cenderung kurang percaya diri ketika melihat teman-temannya yang memiliki kendaraan lebih keren atau keuangan yang lebih mapan darinya.

3. Menciptakan Praktik Bullying dan FOMo

Dari hasil riset di atas juga menunjukkan kalau Instagram berpotensi menimbulkan dorongan perilaku bullying. Warganet yang melihat foto dengan tampilan fisik tertentu, bahkan suku, agama, hingga preferensi politik tertentu tidak segan memberikan komentar-komentar negatif. Mereka sangat agresf dan berani dalam memberikan argumen yang negatif, bahkan sarkas secara langsung.

Kemudian Instagram juga berpotensi menciptakan FOMo, yaitu perasaan takut ketinggalan berita terbaru pada pada orang-orng yang mereka kagumi. Mereka ingin terus menerus mengetahui perkembangan kolega atau orang tertentu. Mereka akan takut jika ketinggalan informasi tentang hal itu.

Membatasi Main Instagram Maksimal 2 Jam

Tak bisa dipungkiri kalau Instagram merupakan aplikasi media sosial yang banyak memberikan manfaat. Misalnya sebagai sarana untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi, belajar memperluas pasar bisnis dan ekonomi, dan membangun komunitas dan relasi.


Jadi sebenarnya kembali lagi kepada kamu sebagai penggunanya. Kamu harus lebih bijak dalam mengggunakan aplikasi Instagram ini supaya bisa memberikan banyak manfaat. Dari hasil riset di atas menganjurkan agar penggunaan Instagram dibatasi tidak lebih dari 2 jam sehari. Kamu bisa memberikan notifikasi mengenai waktu penggunaan jika pengguna telah terlalu lama menggunakannya. 

Cara Menonaktifkan Instagram Sementara

Cara menonaktifkan Instagram sementara sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa melakukannya di PC/Laptop atau HP. Tapi kamu harus membuka Instagram melalui Browser dengan mengunjungi halaman resminya.

Nah dalam artikel ini saya membagikan tutorialnya melalui Laptop. Tapi caranya hampir sama jika kamu melakukannya di HP Smartphone. Yuk simak baik-baik tipsnya di bawah ini.
  1. Buka website resmi Instagram di aplikasi browser Laptop atau HP (misalnya Chrome) dan masuk dengan akun IG kamu.
  2. Kemuidan masuk ke halaman profil lalu tekan Edit Profil.
    Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Dan Permanen 2019
  3. Scroll ke bawah hingga menemukan tulisan 'Nonaktifkan sementara akun saya'
    Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Dan Permanen 2019
  4. Scroll lagi ke bagian bawah. Pada pertanyaan 'Mengapa Anda menonaktifkan akun Anda?' jawab dengan alasanmu kenapa ingin berhenti sementara main Instagram. Saya biasanya menonaktifkan sementara Instagram karena 'Cukup perlu istirahat'. Isi pada kolom di bawahnya dengan password akun IG kamu. Jika sudah, klik 'Akun dinonakifkan sementara'
    Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Dan Permanen 2019
  5. Setelah itu akan muncul pertanyaan, lalu kamu klik Yes saja.
  6. Jika berhasil kamu akan keluar dari Instagram secara otomatis dan dibawah ke halaman awal login.

2. Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram Yang Dinonaktifkan Sementara

Ketika akun Instagram-mu dinonakifkan sementara,beberapa wakt setelahnya kamu bisa mengaktifkannya kembali. Cara menonaktifkan kembali akun Instagram yang telah dinonaktifkan sementara waktu ini cukup mudah ko guys.

Kamu hanya perlu login seperti biaa pada aplikasi Instagram. Setelah berhasil login, akun kamu akan aktif kembali dan bisa digunakan seperti semula. Kamu tidak perlu khawatir kalau ingin jika ingin mengaktifkannya sementara waktu karena untuk mengaktifkannya juga sangat mudah. Bukan itu saja, data yang kamu miliki di akun Instagram juga akan tetap aman setelah dinonaktifkan.

Akan tetapi kamu harus menunggu hingga beberapa jam. Sebab jika jarak menonaktifkan dengan login terlalu cepat akan muncul pesan error seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Dan Permanen 2019

3. Cara Menonaktifkan Akun Instagram Permanen

Kalau kamu ingin menonaktifkan akun Instagram secara permanen caranaya sangat mudah ko. Kamu bisa melakukannya melalui PC/Laptop ataupun smartphone, tapi pada tutorial ini saya melakukannya melalui Laptop. Kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi Instagram langsung di smartphone atau browser.

Berikut inilh caranya untuk menonaktifkan akun Instagram secara permanen.
  1. Buka halaman Hapus Instagram Permanen. Login dengan akun Instagram yang ingin kamu hapus secara permanen.
  2. Scroll ke bawah hingga menemukan kotak pilihan 'Why are you deleting your account?' Isi saja dengan 'Something else'. Kemudian isi password akun IG kamu dan klik Permanently delete my account.
    Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara Dan Permanen 2019
  3. Akun kamu berhasil dihapus atau dinonaktifkan. Username yang telah dihapus tidak bisa didaftarkan lagi oleh pengguna baru.

Akhir Kata

Itulah tutorial kali mengenai cara menonaktifkan akun Instagram sementara dan Permanen. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya seputar Instagram atau artikel lainnya di Cecepkocep.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment