CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Fungsi dan Cara Reset Hastag Populer di Instagram Supaya Menjangkau Banyak Orang

Fungsi dan Cara Reset Hastag Populer di Instagram Supaya Menjangkau Banyak Orang



Instagram merupakan aplikasi sosial media yang saat ini tengah populer, termasuk di Indonesia. Aplikasi ini juga sering dijadikan tempat untuk memasarkan produk mereka para pebisnis online. Banyak fitur di dalamnya yang bisa menjangkau lebih banyak audiens yang bisa dikonversikan menjadi konsumen.

Salah satu fitur yang sangat penting dari Instagram ini adalah Hastag. Fitur ini wajib disisipkan oleh setiap pebisnis online jika ingin produk mereka bisa menjangkau lebih banyak orang. Dengan begitu, kesempatan mereka untuk mendapatkan calon pembeli akan semakin besar.

Nah pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tentang cara reset hastag pada aplikasi Instagram supaya postingan yang kamu buat bisa menjangkau lebih banyak orang atau audiens. Tapi sebelum menuju kepada tutorialnya, saya akan memberikan dulu ulasan apa sih fungsi sebenarnya dari hastag ini. Yuk kita simak pembahasannya di bawah ini.

Fungsi Hastag pada Postingan Instagram

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika menyisipkan hastag pada postingan Instagram. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mendatangkan Lebih Banyak Followers

Bukan hanya tren saja, hastag bisa menjadi salah satu ‘strategi’ untuk mendatangkan banyak followers di akun media sosial Instagram. Hastag yang spesifik bisa membuat postingan kamu menjadi lebih dikenal banyak orang, apalagi jika dilakukan secara konsisten.

Hastag bisa membantu alogirtma sosial media yang kamu gunakan untuk memeriksa seberapa baik kinerja hastag yang kamu sertakan dalam postingan. Hastag juga bisa memberikan informasi seberapa banyak post yang dibuat dengannya.

Jika konten yang kamu postingkan menarik dan sesuai, tidak menutup kemungkinan jika hastag yang kamu sertakan akan membuat followers-mu menjadi bertambah. Dengan begitu kamu akan lebih dikenal di media sosial. Tentu saja akan sangat berguna jika kamu sedang menjajal bisnis online di internet.

2. Mendapatkan Audiens yang Sesuai

Disadari atau tidak, penggunakan Hastag telah terbukti menjadi salah satu fitur paling berguna di Instagram untuk mendapatkan audiens yang relevan dengan target postinganmu. Hastag akan membantumu dalam menyebarkan konten apa yang kamu buat. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan audiens yang sesuai dengan targetmu, beruntung sekali jika followers kamu juga ikut bertambah.

Oleh karena itulah jika hastag telah menjadi tolak ukur dari kualitas konten yang kamu postngkan, bukan hanya dari seberapa penting topik pembicaraanya, tapi juga bisa menjadi alat komunikai universal untuk melewati batasan bahasa, negara dan entitas (perusahaan, pribadi, kelompok, hingga pejabat pemerintahan). Bahkan tak jarang juga kalau hastag bisa digunakan untuk menggerakkan massa.

3. Mengelompokkan Konten dan Memudahkan Pencarian

Fungsi lain dari hastag pada aplikasi Intagram yaitu untuk mengelompokkan konten. Dengan menyertakan hastag pada postingan yang kita buat, maka semua update-an tentang postingan yang kamu buat akan terorganisir dan terkelompok dengan baik.

Nah bagi orang-orang yang juga ingin mengikuti update seputar postingan tersebut bisa mengetikkan hastag yang dimaksud. Dengan begitu melakukan pencarian pada suatu konten yang diinginkan akan lebih mudah. Misalnya orang-orang ingin mencari konten yang berhubungan dengan Cianjur di Intagram, maka mereka tinggal mengetikkan hastag #Cianjur pada kolom pencarian. Dengan begitu semua konten yang berhubungan dengan Cianjur akan muncul.

4. Untuk Branding dan Promosi

Hastag juga berfungsi untuk kebutuhan branding dan promosi di media sosial. Menambahkan hastag yang spesial pada postingan yang kamu buat akan menjadikan ciri khas bagi sebuah brand. Misalnya hastag #serbuseru yang merupakan fitur Serbu Seru dari Bukalaak. Nah hal ini termasuk ke dalam kebutuhan branding.

Bukan hanya untuk itu saja, hastag ini juga bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah event. Misalnya kamu menyertakan hastag #lombamenulis untuk promosi sebuah event lomba menulis.

5. Untuk Kampanye Lintas Platform

Hastag juga bisa digunakan untuk melakukan kampanye lintas platform media sosial. Misalnya kamu menyertakan hastag di Instagram, maka hastag tersebut juga akan muncul di media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter tentang postingan yang sama. Dengan begitu postingan yang kamu share di Instagram juga akan muncul di Facebook atau Twitter dengan mudah. Sebab hastag yang kamu tulis di Instagram juga mudah ditemukan di Facebook atau Twitter.

Bukan hanya di Instagram saja, keberadaan hastag ini juga bermanfaat pada platform media sosial lainnya untuk pemasaran maupun promosi secara online.


Baca juga: Cara Megaktifkan Fitur Your Activity Supaya Tidak Kecanduan Main Instagram

Cara Mengetahui Hastag Terpopuler Di Instagram

Secara garis besar, riset hastag di Instagram bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui aplikasi Instagram secara langsung, dan melalui website sebagai pihak ketiga. Tapi tutorial yang akan saya bahas disini hanya melalui aplikasi Instagram saja.

Kamu bisa melakukan reset hastag pada aplikasi Instagram itu sendiri tanpa harus menggunakan website atau aplikasi pihak ketiga. Berikut ini caranya.

1. Tentukan terlebih dahulu topik utama dari konten yang akan kamu postingkan. Misalnya kamu sedang berjualan jamtangan, maka keyword (kata kunci) utamanya sudah jelas yaitu jam tangan.

2. Buka akun Instagram kamu, kemudian masuk ke pencarian, lalu masukkan kalimat jam tangan dan buka TAGS. Nah disana akan muncul dafar hastag lengkap dengan jumlah pemakainya. Hasilnya diurutkan berdasarkan jumlah pemakaian hastag tersebut. Dengan begitu kamu sudah punya bayangan seberapa populerkan hastag tersebut untuk digunakan.
Cara Reset Hastag Populer di Instagram

3. Jika memang menurutmu sudah terlalu populer, kamu bisa mengerucutkan dan memperkecil jumlah pencarian supaya hasilnya lebih spesifik dan tertarget. Misalnya saya tuliskan jam tangan cowok. Maka hasilnya seperti pada gambar di bawah.
Cara Reset Hastag Populer di Instagram

4. Kamu juga bisa menggunakan hastag popluer pada akun Instagram yang jumlah followersnya banyak dan ambil hastag dari salah satu postingannya.

Kamu harus pandai-pandai dalam membaca situasi. Misalnya sebulan ini sedang ramai topik tentang film Bumi Manusia, maka carilah hastag dengan kata kunci terebut dan sisipkan dalam di dalam postinganmu. Meskipun kamu berjualan jam tangan, tapi tak salah juga untuk menyisipkan hastag populer tersebut.

Tujuannya tidak lain supaya postinganmu bisa dilihat oleh banyak orang yang sedang gencar-gencarnya mencari postingan tentang film Bumi Manusia. Akan tetapi kamu jangan sering menggunakan hastag tersebut karena bisa membuat postingannya tidak tertarget. Kamu cukup melakukannya pada momen-momen tertentu saja yang memang sedang booming.


Akhir Kata

Itulah tutorial cara reset hastag Instagram supaya postingan yang kamu buat bisa menjangkau lebih banyak audiens. Dengan melakukan reset hastag, kemungkinan akun IG kamu juga akan kebanjiran followers. Tapi ingat ya, postingan yang kamu buat harus bermanfaat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment