CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Peluang Usaha Depot Air Minum 2019: Prospek, Modal, Dan Tips Sukses

Peluang Usaha Depot Air Minum 2019: Prospek, Modal, Dan Tips Sukses


Peluang Usaha Depot Air Minum
Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap air bersih masih tinggi, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Oleh sebab itu usaha depo air minum isi ulang masih cukup menjanjikan. Dengan melihat kebutuhan isi ulang yang tinggi, maka depo air minum isi ulang termasuk peluangusaha yang cukup menjanjikan.

Peluang usaha depo air minum isi ulang juga termasuk ke dalam bisnis yang memiliki panga pasar cukup luas. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini juga beragam mulai dari sekitar Rp 20 jutaan. Dengan modal sebesar itu, Anda sudah bisa memulai bisnis ini dan menekuninya sebagai bisnis atau usaha yang menjanjikan.

Prospek Usaha Depo air minum isi ulang

Banyak kelebihan yang dimiliki oleh usaha Dept air minum isi ulang ini. Berikut ini akan saya jabarkan prospek dari usaha depot air minum isi ulang ini.

1. Modal Kecil

Untuk menjalankan usaha depo air minum isi ulang ini, Anda tidak membutuhkan dana yang besar seperti usaha restoran atau membuka bengkel. Sebab perlengkapan yang Anda butuhkan untuk menjalankan usaha ini hanyalah alat pengisi air miniral, galon, dan alat pembersih.

Selain itu, lokasi yang dibutuhkan juga tidak besar, Anda bisa memulainya dari ruangan kecil seperti ruko kecil atau garasi rumah saja. Baca juga: 13 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil 500 Ribu

2. Omzet Cukup Besar

Depo air minum isi ulang ini termasuk pilihan yang tepat jika ingin mendapatkan omzet yang cukup besar. Sebab kebutuhan masyarakat terhadap air bersih cukup tinggi, terutama untuk masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

Intinya, masyarakat membutuhkan sesuatu yang praktis karena sibuk dengan pekerjaan mereka. Sementara itu mereka membutuhkan air minum setiap harinya. Dengan begitu, Anda akan memperoleh omzet yang cukup besar.

3. Tidak Membutuhkan Tempat yang Luas

Anda tidak membutuhkan ruang atau tempat yang luas untuk memulai usaha depo air minum isi ulang. Anda bisa memanfaatkan teras atau garasi rumah sebagai tempat untuk dijadikan depot sederhana. Anda tidak harus bingung mencari tempat hingga harus membangun ruangan baru di rumah sebagai tempat pembelanjaan.

Saya sarankan untuk membuka usaha depo air minum isi ulang ini di dekat perumahan supaya bisa terjangkau mudah oleh pelanggan yang potensial. Akan sangat tepat lagi jika Anda membuka usaha ini di dekat kota-kota industri atau kampus. Sebab banyak karayawan atau mahasiswa yang berpeluang membeli air minum isi ulang dari tempat Anda.

4. Mudah Mendapatkan Pasokan

Selama masih ada pasokan air, maka usaha isi ulang air minum ini akan terjamin. Bisnis ini mudah dilakukan karena pasokan air tidak akan pernah habis. Tapi banyak pebisnis pemula yang masih bingung bagaimana cara memulai bisnis depo minum isi ulang ini.

Memang pada dasarnya hampir semua orang yang ingin memulai bisnis dari awal tidaklah mudah. Nah salah satu solusi yang patut Anda coba adalah dengan membeli waralaba.

Jenis Usaha Depo isi ulang air minum

Sebelum membahas lebih jauh tentang modal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha depo isi ulang air minum, saya akan bahas dulu mengenai jenis usaha ini. Usaha depo isi ulang air minum ini terbagi ke dalam 3 kelompok, yaitu sebagai berikut.

1. Air Isi Ulang Skala Biasa

Umumnya jenis usaha isi ulang skala biasa ini tanpa merk yang belum terkenal. Biasanya terdapat di kawasan kabupaten atau kota. Untuk harga setiap satu galonnya mulai dari sekitar Rp 4 hingga 5 ribu.

2. Bisnis Air Skala RO (Reverese Osmosis)

Jenis ini merupakan penyempurnaan dari usaha air isi ulang biasa (poin 1). Bisnis Air Isi ulang Air sekala RO in imemiliki teknologi semipermeabel yang canggih, sehingga bisa menghasilkan air yang lebih higienis, tidak berasa, tidak berbau, dan lebih sejuk. Untuk satu galonnya biasanya dijual kira-kira sekitar Rp 6 ribu hingga Rp 12 ribu.

3. Bisnis Air mineral Bermerk

Bisnis isi ulang air mineral yang satu ini dipasok oleh pabrik-pabrik atau perusahaan yang sudah terkenal. Pada jenis isi ulang air minum yang satu ini bagian pengisian air dan semua perawatan dilakukan oleh pihak perusahaan yang bersangkutan. Umumnya untuk satu galon dijual mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 18 ribu. Hal ini tergantung dari merk yang digunakan dan lokasi tempat penjualan.

Tips Sukses Bisnis Depot Air Minum

Bisnis ini banyak dibutuhkan karena air kemasan sangat menunjang kebutuhan manusia sehari-hari. Air kemasan sangat dibutuhkan dan dicari oleh masyarakat, khususnya di daerah perkotaan karena sumber air di daerah mereka sudah tercemar polusi udara.

Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba supaya bisnis depo air minum isi ulang ini bisa berhasil dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

1. Tentukan Target Pasar dan Lokasi Usaha

Usaha depot air minum ini termasuk bisnis yang membutuhkan market dan lokasi yang tepat, akan lebih bagus jika Anda menjalankan bisnis ini di lokasi yang ramai dan padat penduduk. Sehingga usaha Anda bukan hanya sekedar bisnis biasa, tapi juga dibutuhkan oleh banyak orang.

Anda tidak perlu takut dengan pesaing yang ada di dekat lokasi Anda, sebab jangkauan depot air minum untuk satu wilayah saja sudah bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mempelajari market usaha ini.

2. Berbeda Dari Pesaing Anda

Ketika Anda nekat untu membuka bisnis ini di tempat yang memiliki pesaing, alangkah lebih baik Anda melakukan survey terlebih dahulu. Lihat kira-kira berapa omset pesaing Anda per-harinya, bagaimana kualitas air minum yang dia jual, bons, promosi, dan tanyakan kepada masyarakat kenapa mereka memilih toko A dibanding toko B.

Hal ini dilakukan untuk membantu Anda dalam menyediakan produk, mengingat produen depot air minum itu berbeda-beda. Semakin banyak datanya, maka semakin baik dan bisa menunjang kebutuhan Anda.

3. Lakukan Promosi

Anda tentu saja sudah tahu kalau usaha di awal itu sangat sulit karena belum dikenal orang dan masih berusaha untuk menarik kepercayaan. Untuk itu, usahakan untuk mempromosikan produk Anda. Jika ada yang membeli, bangun relasi dan kepercayaan, sehingga mereka bisa langganan kepada Anda. Dari sana akan ada promo dari mulut ke mulut yang mendukung usaha Anda.

Itulah prospek dan tips sukses usaha depot isi ulang air minum yang bisa Anda coba. Usaha ini bisa Anda jalankan dengan modal yang cukup kecil, simpel, tidak membutuhkan tempat yang luas, mudah mendapatkan pasokan, mudah mencari pelanggan, dll. Usaha ini sangat cocok oleh Anda yang memiliki rumah di dekat jalan raya, karena akan mudah untuk mendapatkan pelanggan. Selamat mencoba dan Good Luck!


Baca juga artikel lainnya seputar Bisnis atau artikel lainnya di Cecepkocep
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment