CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
13 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil 500 Ribu (Online dan Offline)Tahun 2019

13 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil 500 Ribu (Online dan Offline)Tahun 2019


13 Peluang Usaha Rumahan Di Desa Dengan Modal Kecil 500 Ribu (Online dan Offline)Tahun 2019

Bagi sebagian orang, gaji atau penghasilan yang diperoleh setiap bulannya mungkin belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sekunder atau untuk investasi di masa depan. Oleh sebab itu banyak dari mereka yang memanfaatkan waktu luang untuk mencari penghasilan tambahan dengan cara menjalani usaha atau bisnis sampingan.

Usaha atau bisnis samingan ini merupakan cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus menggangu pekerjaan utama. Jenis usaha sampingan ini biasanya dilakoni oleh ibu rumah tangga, karyawan kantoran, dan mahasiswa yang ingin mendapatkan uang tambahan.

Faktor utama yang menghambat untuk melakoni usaha sampingan adalah tidak tersedianya waktu dan modal yang minim. Dengan begitu kita harus benar-benar pandai dalam membagi waktu supaya menjadi lebih produktif. Selain itu kita juga harus menjalani usaha yang fleksibel terhadap waktu pekerjaan utama kamu.

Kemudian sebaiknya kamu merintis usaha sampingan dengan modal kecil supaya jika terjadi kerugian pun tidak akan terlalu tinggi. Sebab yang namanya usaha pasti ada kemungkinan untuk gagal karena memiliki banyak sekali hambatan dan tantangannya. Nah pada artikel kali ini saya akan berbagi kepada kamu mengenai 13 usaha sampingan yang bisa dilakukan dengan modal 500 ribu saja. Yuk simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

Peluang Usaha Offline

Berjualan secara offline ini dilakukan dengan cara langsung menjual produk dan berinteraksi langsung dengan pembeli. Sebagian besar yang saya sarankan adalah usaha kuliner atau makanan dengan modal yang kecil. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

1. Membuka Warung Kopi (Warkop)

Sebagian besar orang di Indonesia suka minum kopi. Rasanya kurang afdol saat nongkrong bareng teman-teman tanpa segelas kopi. Ya, seperti itulah kenyataannya, minum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi berbagai lapisan masyarakat Indonesia.

Dulu itu ngopi sangat identik dengan bapak-bapak. Tapi sekarang itu sudah tidak berlaku lagi karena ngopi sudah menjadi gaya hidup anak muda sekarang. Warung kopi yang harus kamu buat tidak harus keren seperti kafe tempat nongkrong ko. Kamu cukup buka warung kopi kecil-kecilan saja, misalnya berupa lesehan.

Karena modal yang kita miliki hanya 500 ribu saja, untuk sementara kita gunakan peralatan seadanya saja yang ada di rumah, misalnya kompor, tempat rebus air, sendok, gelas, dan lain-lain. Dengan begitu modal tersebut bisa kita gunakan untuk membeli keperluan lainnya.

Modal tersebut bisa kamu belikan spanduk untuk memberikan petunjuk kepada para pembeli bahwa kamu sedang berjualan kopi. Jangan hanya kopi saja, lengkapi warung kopi kamu dengan berbagai macam cemilan lainnya sebagai pelengkap untuk pelanggnmu yang sedang menikmati kopi, misalnya adalah gorengan atau kue.

2. Jualan Gorengan

Gorengan merupakan makanan kuliner khas Indonesia. Gorengan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena harganya yang murah meriah. Makanya jangan heran kalau di sepanjang jalan kamu akan sering menemukan penjual gorengan seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, bakwan, risoles, dan jenis gorengan lainnya.

Nah jika kamu memiliki modal hanya Rp 500 ribu, kenapa tidak untuk mencoba bisnis menjual gorengan? Keuntungannya juga terbilang lumayan besar, jadi tak ada salahnya untuk mencoba usaha ini. Kamu bisa membuka usaha jual gorengan di depan rumah. Tapi jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar, kamu harus berjualan di tempat yang ramai, sehingga bisa mendatangkan lebih banyak pembeli.

Para pembeli tidak akan ragu untuk kembali membeli gorengan kamu, apalagi kalau gorengan yang kamu buatmsangat enak. Sekarang sudah banyak situs-situs yang menyediakan berbagai resep makanan, salah satunya resep gorengan. Kamu bisa belajar tentang resep-resep makanan di situs Cookpad.

Berjualan gorengan juga termasuk usaha yang cukup fleksibel. Kamu bisa berjualan di sore hari hingga malam setelah pulang kerja. Bahan untuk membuat gorengan juga bisa didapatkan dengan mudah dan tentu saja murah. Peluang usaha jualan gorengan ini tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya.

Modal besar untuk memulai usaha jualan gorengan ini adalah gerobak (jika ingin berjualan di tempat ramai) dan alat-alat penggorengan seperti tabung gas dan wajan. Pangsa pasar kamu sangat terbuka lebar untuk menjalani usaha jualan gorengan. Sebab gorengan merupakan cemilan sejuta umat yang digemari oleh semua kalangan, orang tua maupun anak-anak, miskin ataupun kaya.

3. Menerima Pesanan Kue

13 Peluang Usaha Rumahan Di Desa Dengan Modal Kecil 500 Ribu (Online dan Offline)Tahun 2019
Peluang usaha rumahan selanjutnya yang bermodal 500 ribu adalah menerima pesanan kue. Tapi usaha ini memerlukan keahlian untuk membuat beraneka ragam kue kering ataupun basah. Jadi menurut saya usaha yang satu ini sangat cocok buat kamu yang hobi buat kue.

Usaha menerima pesanan kue ini tidak membutuhkan modal banyak karena biaya yang harus kamu keluarkan tergantung dari jumlah pesanannya. Uang 500 ribu tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli peralatan membuat kue seperti oven, loyang kue, pengocok adonan, ayakan, piping pag, dan peralatan lainnya. Nah untuk modal membeli bahan-bahannya kamu bisa membelinya setelah menerima DP dari pemesan kue kamu.

Target konsumen ketika kamu menjalani bisnis ini adalah mereka yang suka memesan kue untuk acara arisan, ulang tahun, syukuran atau rapat. Jadi kamu membuat kue hanya ketika ada pesanan dari pelanggan saja. Dengan begitu waktu yang lainnya bisa kamu gunakan untuk aktivitas lain atau menjalani usaha lainnya.

Untuk memasarkan usaha ini, kamu bisa menawarkannya kepada keluarga, tetangga, dan teman-teman. Bahkan jangan ragu juga untuk mempromosikannya di media sosial. Oh iya, selain menerima pesanan, kamu bisa menitipkan jajanan kue yang kamu buat ke beberapa warung di dekat tempat tinggal kamu. Ini juga bisa menjadi ajang promosi bagi kamu dan menambah penghasilan. Siapa tahu nantinya ada yang memesan kue pada kamu setelah membelinya di warung yang telah dititipi.

4. Jualan Sarapan di Pagi Hari

Kamu pintar memasak? Tak ada salahnya untuk membuka usaha berjualan makanan di pagi hari. Sebab usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, dengan uang 500 ribu saja sudah cukup. Apalagi jika kamu tinggal di perkotaan dimana banyak para pekerja yang sempat tidak sarapan di rumah dan memilih membeli sarapan di luar. Tentu saja hal ini bisa menjadi kesempatan bisnis yang cukup menggiurkan bagi kamu.

Jika tak punya modal untuk sewa tempat di pinggir jalan, manfaatkan saja teras atau halaman rumah kamu. Kamu bisa berjualan bubur ayam, nasi kuning, lontong sayur, dan kupat tahu di pagi hari hingga sekitar jam 10-an. Di waktu siangnya kamu bisa gunakan lagi untuk usaha lain atau aktivitas lainnya.

Untuk membeli bahan-bahan seperti beras, ayam, sayur, dan lainnya bisa disesuaikan dengan modal yang kamu miliki. Karena masih baru, kamu juga tidak usah terburu-buru dalam memasak dengan jumlah banyak. Kunjungi situs-situs yang menyediakan resep makanan untuk memulai bisnis usaha ini.

5. Jualan Sosis, Nugget, dan Pentolan Kuah

Peluang usaha lainnya yang memerlukan modal di bawah 500 ribu adalah jualan sosis, nugget, dan pentolan kuah. Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh kaum ibu-ibu. Perlatan untuk membuat makanan tersebut juga sederhana, yaitu peralatan penggorengan yang tentu saja sudah kamu miliki. Ketimbang nganggur, mending pakai buat jualan sosis, nuget dan pentolan kuah.

Omset yang akan kamu dapatkan dari jualan makanan ini cukup besar, terutama pentolan kuah yang membutuhkan bahan dasar tepung kanji dan sedikit daging sapi atau ayam. Per porsinya kamu bisa jual seharga 4000 hingga 5000 rupiah.

Siapa yang akan membelinya? Calon pembelinya adalah tetangga di sekitaran komplek rumah kamu. Biasanya anak-anak sangat suka dengan makanan seperti nugget, sosis, dan pentolan basah. Jika rumah kamu dekat dengan tempat sekolah, usaha ini cukup menjanjikan lho.

6. Jualan Minuman Dingin

Selain peluang usaha yang telah saya sebutkan sebelumnya, kamu juga bisa berjualan minuman dingin. Modalnya tidak besar kok, kamu tidak harus sampai punya kulkas untuk memulai usaha yang satu ini. Kamu hanya perlu membeli gabus yang diisi dengan es batu untuk menyajikan minuman dingin, entah itu yang sudah kemasan atau buatan kamu sendiri.

Jika memiliki modal yang lebih, kamu bisa menjadi mitra waralaba minuman seperti Teh Poci, Monster Ice Blend dan mitra waralaba lainnya. Minuman jenis waralaba ini sanga digandrungi saat ini oleh para remaja generasi milenial. Omset yang didapatkannya pun juga lumayan cukup besar.

7. Jualan Pulsa

Jualan pulsa merupaka peluang usaha yang ngga ada matinya hingga sekarang. Yang ada justru semakin berkembang meskipun saingannya sangat ketat. Tapi kamu tidak perlu risau. Kamu jangan berpikiran harus membuka gerai counter untuk usaha berjualan pulsa. Sebab jika begitu kamu membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Jualan pulsa merupakan usaha yang fleksibel karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, selama kamu memiliki Handphone. Kamu hanya perlu mendaftar ke agen pulsa yang memang terpercaya dan biasanya sudah bisa kamu dapatkan dengan modal 500 ribu saja.

Kamu bisa melayani kebutuhan pulsa kerabat terdekat, tetangga, atau bahkan teman sekantor untuk target konsumennya. Kamu bisa mempromosikannya dengan cara mulut ke mulut atau melalui pesan singkat kalau kamu sedang berjualan pulsa.

Keuntungan dari berjualan pulsa ini memang tidak banyak, tapi jika kamu rutin mendapatkan pembeli setiap hari tentu saja keuntungannya lumayan besar. Percaya pada diri sendiri merupakan kunci sukses untuk menjalani usaha yang satu ini. Sangat cocok buat kamu yang memiliki banyak teman dan ramah, dengan begitu mereka tidak akan segan untuk membeli pulsa dari kamu.

8. Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas

Nah kalau peluang usaha yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa seni tinggi. Dengan modal 500 ribu, kamu bisa menjalani usaha membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan barang-barang bekas.

Barang-barang bekas bisa kamu oleh menjadi sebuah karya sendi dan sumber penghasilan. Kamu bisa memanfaatkan botol bekas, kardus, koran, CD dan ban mobil untuk dibuat kerajinan tangan dan dijual dengan harga yang murah. Dengan kreativitias dan jiwa seni yang tinggi, kamu bisa mengubah barang-barang bekas menjadi barang yang memiliki seni dan tentu saja nilai jual tinggi.

Peluang Usaha Online

Jika kamu tak memiliki produk yang akan dijual, maka usaha online adalah solusinya. Kamu juga tidak harus berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli dan tentu saja tidak membutuhkan tempat untuk menjalankan usaha. Yang kamu butuhkan hanya kuota internet dan HP serta sedikit skill. Berikut ini beberapa peluang usaha online yang bisa kamu jalankan dengan modal 500 ribu saja. Baca juga: Yakin Mau Bisnis Online? Ini Dia Kelebihan dan Kelebihan Tentang Bisnis di Internet Yang Harus Kamu Tahu

9. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Dropshipper merupakan orang yang menjual barang dengan meode jual beli online tanpa memerlukan stok barang atau proses pengiriman. Dalam hal ini seorang dropshipper hanya memfosting foto barang-barang dari supplier yang berperan sebagai pemasok barang.

Bisa dibilang kalau Dropshipper ini merupakan peluang usaha tanpa modal. Sebab kamu tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali, selain HP dan kuota internet. Keuntungan dari usaha ini bisa kamu dapatkan dengan cara memasang harga melebihi harga yang telah dipatok oleh pihak supplier.

Analaginya seperti ini, supplier menjual satu bajunya seharga 100 ribu. Nah kamu bisa menjualnya seharga 150 ribu. Jika kamu mampu menjual 10 baju dalam sehari, keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah 500 ribu. Kamu bisa hitung sendiri pendapatan kamu dalam sebulan berapa.

Tapi untu menjadi seorang dropshipper yang sukses tidaklah mudah. Kamu bisa mempromosikan produk yang kamu jual dengan tepat, entah itu melalui situs jual beli online maupun media sosial. Selain nyaris tanpa modal, uang 500 ribu tersebut bisa kamu gunakan untuk investasi ilmu dengan belajar dari para master yang sebelumnya sudah sukses menggeluti peluang usaha yang satu ini. Baca juga: Panduan Lengkap Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Terpercaya Secara Online

10.  Menjadi Blogger

13 Peluang Usaha Rumahan Di Desa Dengan Modal Kecil 500 Ribu (Online dan Offline)Tahun 2019
Mencari uang tidak harus dengan berjualan atau berinteraksi dengan banyak dengan banyak pembeli di dunia luar. Di zaman sekarang sudah banyak orang yang beralih ke dunia internet untuk mencari uang. Sebab kebutuhan informasi di zaman modern ini sudah semakin tak terbendung lagi.

Ketika seseorang tidak bisa menemukan jawaban dari apa yang mereka cari, solusi terakhirnya mereka akan mencari di internet. Dengan hanya mengetikkan kata kunci di Google, dia akan mendapatkan jawaban dari beberapa situs yang ada di halaman satu Google.

Nah ternyata situs-situs yang memberikan informasi atau solusi kepada kamu di halaman Google terebut juga mengharapkan dapat upah dari hasil jerit payahnya itu. Dan mereka itulah yang dikenal sebagai blogger.

Para blogger memang tidak akan meminta bayaran dari kamu karena telah memberikan informasi atau solusi. Tapi perlu kamu ketahui ya kalau mereka bisa menerima gaji puluhan hinga ratusan juta per bulannya.

Peluang usaha blogger ini sangat cocok buat kamu yang hobi menulis dan memiliki laptop atau PC. Jangan sia-siakan hobi itu untuk dijdikan profesi. Yang lebih menggiurkannya lagi, peluang usaha blogger ini tidak membutuhkan banyak modal. Kamu bisa memanfaatkan platform gratisan seperti Blogger dan Wordpress. Kamu juga bisa menulis di Smartphone Android meskipun akan sedikit repot.

Salah satu orang yang sukses dari usaha menjadi blogger adalah Linda Ikeji. Beliau bisa menghasilkan milyaran rupiah dengan hanya menggunakan blog gratisan alias blogspot. Tapi supaya terkesan profesional, kamu bisa menggunakan modal 500 ribu untuk membeli domain dan hosting. Untuk mengembangkannya, kamu bisa belejar dari internet. Beberapa situs yang saya rekomendasikan adalah PanduanIM, KlikMania, JuraganCipir, dan Blogdolar.

11. Menjadi Penulis Lepas

Jika merasa terlalu ribet untuk membangun sebuah blog, kamu jangan khawatir. Masih ada cara lainnya untuk menghasilkan uang dari hobi menulis, yaitu menjadi penulis lepas atau istilah kerennya adalah Fleelancer.

Karena banyak situs yang memberikan informasi kepad pembaca online, hal ini menyebabkan mereka berlomba-lomba membuat dan memperbanyak artikel di situs mereka masing-masing. Tapi hal itu malah membuat para penulisnya keteteran, sehingga mereka rela membayar orang lain untuk menulis artikel di situs mereka.

Biasanya cara itu berlaku untuk situs-situs atau platform yang sudah besar, sehingga mereka bisa lebih fokus untuk memperbesar blog mereka. Beberapa situs yang terbukti membayar artikel orang lin adalah Brilio.net, Jalantikus.com, UC News, Idntimes.com, dan Mojok.co.

Kamu bisa mencoba untuk menulis di salah satu situs tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan banyak orang yang sudah menulis di banyak situs, sehingga keuntungan yang mereka dapatkan juga sangat besar.

12. Menjadi Endorser di Instagram

Mungkin kamu tak asing dengan istilah Selebgram? Para penguna Instagram yang memiliki follower hingga ratusan ribu bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Selegram inilah yang dinamakan endorser. Untuk menjadi seorang endorser tidak harus seorang artis kok, kamu saja bisa jika memiliki followers yang banyak.

Setiap harinya seorang endorser bisa mendapatkan kiriman produk dari penjual untuk diiklankan di akun Instagram mereka. Untuk kamu seorang pemula tidak perlu meminta bayaran, tapi jika akun kamu sudah berskala besar, sekali posting tarif yang kamu tetapkan bisa mencapai 200 ribu hingga 800 ribu, bahkan jutaan lho.

Ketimbang hanya scroll-scroll Instagram ga jelas, mending manfaatkan untuk mendapatkan banyak followers. Untuk mendapatkan banyak followers, tentu saja kamu harus memfosting foto atau video yang bermanfaat. Baca juga: Cara Menambah Followers Aktif Instagram Dengan Cepat dan Gratis 2019

13. Menjadi Driver Ojek Online

Jika kamu punya HP dan motor tapi tak pandai memasak dan malas berjualan kuliner, kemudian bakat seni tidak punya, apalagi gaptek terhadap teknologi, kenapa tidak menjadi driver ojek online saja? Usaha ini tengah popular dalam 2 tahun terakhir ini lho.

Jika kamu berminat, kamu bisa mendaftar ke layanan ojek berbasis online seperti Go-Jek atau Grab yang sudah memiliki nama besar dan kepercayaan tinggi di mata masyarakat Indonesia. Untuk persyaratannya juga terbilang cukup mudah, yang paling penting kamu harus memiliki SIM.

Biasanya perusahaan ojek online menetapkan target penumpang perharinya, misalnya 10 penumpang. Jika kamu berhasil menarik 15 penumpang, maka kamu akan mendapatkan bayaran yang lebih besar. Teman saya saja bisa menghasilkan 200 ribu sehari dari pagi hingga dzuhur. Perhitungan satu bulannya bisa kamu hitung sendiri.

Akhir Kata

Sebenarnya masih banyak peluang usaha yang bisa kamu lakukan dengan hanya modal 500 ribu saja. Intinya kamu harus ‘Jeli Melihat Peluang’. Kemudian yang terpenting dalam berbisnis bukanlah masalah modal, tapi bagaimana usaha kamu dalam merintis usaha tersebut dengan benar supaya hasilnya pun juga maksimal. Selamat mencoba dan good luck.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment