CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
20+ Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Keuntungan Menggiurkan (Online dan Offline)

20+ Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Keuntungan Menggiurkan (Online dan Offline)

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu rumah tangga memang bukanlah pekerjaan yang sangat mudah. Selain harus mengurus suami dan anak, mereka juga harus piawai dalam mengelola keuangan. Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga akan semakin berat jika penghasilan yang didapatkan oleh suami pas-pasan. Dengan begitu mereka harus pintar-pintar dalam mengelola pengeluaran.

Karena hal itulah banyak dari mereka yang bekerja meskipun telah berkeluarga. Beruntung bagi mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetap seperti menjadi PNS, guru, ataupun Karyawan. Mereka tidak harus repot-repot mencari pekerjaan lain untuk menambah penghasilan keluarga selain dari suami.

Untuk menjadi seorang guru, PNS, ataupun karyawan tentu saja membutuhkan tingkat pendidikan yang tinggi, minimal SMA atau SMK. Jika di bawah itu, mereka akan sulit untuk mencari pekerjaan. Bahkan banyak masyarakat Indonesia yang terpaksa menjadi TKW demi membantu sang suami untuk memperbaiki perekonomian keluarganya.

Padahal sebenarnya kalau perlu kita perhatikan, para ibu rumah tangga tersebut tidak harus keluar negeri utuk bekerja. Banyak lho peluang usaha yang bisa mereka lakukan untuk bekerja dan menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. Yang menjadi masalahnya, banyak dari mereka yang mundur lebih awal sebelum mencoba.

Alasannya sangat beragam, ada yang mengatakan tidak memiliki pengalaman berbisnis, tidak punya modal, hingga takut akan kerugiannya. Padahal banyak ibu rumah tangga yang sukses mendapatkan puluhan juta rupiah hanya dengan usaha di rumah.

Nah pada artikel kali ini, saya akan sedikit berbagi mengenai beberapa peluang yang bisa dicoba untuk Anda ibu rumah tangga. Modal yang diperlukan dari peluang usaha yang saya rekomendasikan ini sangat beragam, tapi sesuaikan saja dengan budget dan kemampuan yang Anda miliki. Yuk kita lihat ulasannya di bawah ini.

1. Menjual Kue Rumahan

Buat Anda seorang ibu rumah tangga yang suka membuat kue, kenapa untuk tidak mencoba membuat hobi tersebut menjadi peuang usaha? Padahal usaha membuat macam aneka kue rumahan ini cukup menguntungkan lho.

Tips untuk memulai usaha ini, sebaiknya Anda titipkan kue yang telah dibuat ke beberapa warung kecil yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Anda cukup menitipkan 3 hingga 4 jenis kue saja sebagai ajang promosi.

Modal dari usaha membuat kue rumahan juga terbilang tidak begitu besar. Anda bisa mengmati mengamati minat konsumen, apakah usaha ini sangat cocok? Kemudian apakah prospeknya cerah?. Anda harus mengamati kedua hal itu.

Untuk membuka usaha membuat kue rumahan ini Anda bisa membuka toko kue rumahan di pinggir jalan. Atau Anda juga bisa menggunakan halaman atau teras rumah untuk berjualan. Menurut rincian peluangusaharumahan.info, kurang lebih modal yang diperlukan untuk usaha ini adalah 8 Juta. Setengah modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan kue, dan sisanya untuk membeli bahan baku.

Kue yang Anda jual juga tidak harus yang mewah-mewah, Anda bisa menjual kue tradisional seperti onde-onde, klepon, wingo babat, bike ambon, dan putri ayu. Jika memang kemampuan Anda membuat kue modern sudah bisa, cobalah untuk menjualnya, misalnya Pancake dan Brownies.

Usaha membuat kue rumahan ini akan sangat laris ketika menjelang lebaran atau hari-hari tertentu karena banyak orang yang mencari kue kering sebagai sajian untuk menjamu tamu. Jadi menjelang lebaran Anda bisa membuat aneka kue kering seperti nastar, pukis, putri salju, cookies susu, lidah kucing, dan lain sebagainya.

Bagaimana jika Anda tidak bisa tahu aneka resep kue? Sekarang zamannya sudah modern, Anda tinggal belajar saja teorinya di Google lalu mempraktikannya di rumah. Salah satu situs yang saya rekomendasikan untuk belajar memasak adalah Coocpad.com. Silahkan Anda belajar aneka ragam resep makanan disana. Baca juga: 13 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil 500 Ribu (Online dan Offline)Tahun 2019

2. Jual Makanan untuk Sarapan

Jika memang Anda kerepotan harus membuka toko karena harus melayani pembeli sepanjang hari, jualan makanan sarapan adalah yang paling tepat untuk dijalankan. Menjual makanan untuk sarapan di pagi bisa menjadi peluang usaha denga prosfek bagus buat ibu rumah tangga.

Peluang usaha menjual makanan untuk sarapan ini akan sangat cocok lagi buat Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang mayoritas penduduknya adalah pekerja kantoran. Sebagian besar dari mereka tidak sempat menyiapkan sarapan dan memilih untuk membeli saja di pinggir jalan atau warung.

Tidak banyak kesulitan yang akan Anda hadapi ketika mencoba usaha jualan makanan untuk sarapan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah bangun lebih pagi dibandingkan orang lain karena Anda harus memasak makanan untuk dijual. Jenis makanan yang sangat cocok untuk dijual sebagai makanan sarapan ini adalah bubur ayam, lontong sayur, nasi kuning, nasi uduk, dan aneka macam gorengan.

Modal untuk usaha jualan makanan ini juga tidak terlalu besar, dengan modal 300 ribu per hari saja sudah cukup untuk membeli bahan bakunya. Untuk tempat, Anda bisa menggunakan teras atau halaman rumah. Dengan begitu Anda tidak begitu butuh banyak modal.

Nah untuk promosi, sebaiknya Anda jangan menjual makanan terlau mahal. Sebab jika kemahalan, pelanggan akan enggan untuk kembali ke tempat Anda. Sesuaikan saja dengan harga yang biasa orang lain jual (sesuai pasar), atau jika lebih murah lebih baik. Selama usaha Anda menguntungkan, kenapa harus menjual terlalu mahal.

3. Membuka Toko Sembako Rumahan

Coba perhatikan sekitar rumah Anda, apakah ada toko? Jika belum, Ini bisa menjadi peluang untuk membuka toko sembako di rumah Anda. Dagangan yang Anda jual tidak harus sangat lengkap, Anda hanya perlu menjual sembako dan keperluan sehari-hari.

Usaha membuka toko sembako juga sangat fleksibel. Anda bisa tetap mengurus rumah dan anak-anak. Perekonomian Anda juga akan terbantu dengan usaha ini. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar, ya kira-kira sekitar 5 juta sudah cukup untuk membeli dagangan yang Anda jual.

Untuk masalah tempat, Ana bisa sesuaikan dengan lokasi rumah yang strategis. Anda juga tidak perlu kesana-kemari untuk melakukan promosi karena rata-rata harga barang yang Anda jual memiliki selisih harga yang sama dengan toko-toko besar.

Memperhatikan permintaan konsumen merupakan kunci utama untuk mengembangkan usaha ini. Misalnya jika Anda tidak menyediakan rokok, sementara banyak orang yang mencarinya. Maka Anda harus melengkapinya supaya pelanggan tidak lari ke toko lain.

Jadi salah satu strategi untuk mengembangkan usaha sembako ini adalah melengkapi apa yang pelanggan Anda butuhkan. Perhatikan juga harganya supaya murah, dengan begitu pelanggan Anda tidak akan repot-repot membeli ke tempat lain yang jauh.

4. Rumah Makan Sederhana

Jangan sia-siakan kemampuan Anda dalam memasak, cobalah untuk mengkonversikan kemampuan Anda menjadi tambahan pendapatan.  Rumah makan yang Anda buat tidak harus mewah ko, manfaatkan saja rumah Anda. Anda bisa menjual berbagai macam lauk pauk dan sayuran.

Usaha ini akan semakin menguntungkan jika rumah Anda dekat dengan area kost mahasiswa atau karyawan. Keuntungan yang Anda dapatkan juga menjanjikan. Tapi modal yang Anda butuhkan juga relatif besar, yaitu sekitar 15 juta.

Modal tersebut digunakan untuk mendekorasi tempat, membeli etalase kaca, meja panjang, dan kursi serta perlengkapan dapur yang belum Anda miliki. Sisa modal tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli bahan baku makanan dan membayar karyawan (jika dibutuhkan).

Baca juga: 20+ Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan yang Menguntungkan (Online dan Offline) 2019

5. Usaha Katering Rumahan

Jika Anda kurang mampu membuka usaha rumah makan sederhana karena kurangnya modal, Anda bisa bisa tetap menyalurkan kemampuan memasak Anda untuk menghasilkan uang. Peluang usaha tersebut adalah usaha katering rumahan.

Anda bisa bekerja di rumah untuk memasak pesanan katering, bahkan bisa melayani pesanan hingga 100 orang. Biasana pesanan katering yang sering laris adalah nasi boks, parasmanan, dan tumpeng. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini sekitar 3 hingga 6 juta, tergantung ari jumlah permintaan pesanan.

Kunci utama untuk membuat uasaha katering rumahan ini bisa sukses adalah sajian makanan yang Anda buat harus enak dan murah. Untuk bisa kasih tahu teman-teman, tetangga, tempat kerja suami, atau menyebarkan brosur di berbagai tempat sebagai ajang promosi.

Nah jika usaha katering Anda telah banyak disukai, bukan tak mungkin kalau Anda akan mendapat pesanan untuk acara pernikahan, ulang tahun, hingga acara syukuran di kantor. Jika sudah banjir pesanan, Anda harus punya karyawan supaya pekerjaan Anda tidak keteteran dan bisa tetap memuaskan pelanggan Anda.

6. Julan Jus Buah dan Minuman Dingin

Peluang usaha selanjutnya untuk ibu rumah tangga adalah menjual jus buah dan minuman dingin. Bisnis ini menurut saya sangat menguntungkan karena Indonesia memiliki iklim tropis, sehingga memiliki udara yang panas di siang hari.

Modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha ini berkisar 5 juta sebagai investasi awal untuk membeli perlengkapan seperti blender, freezer kecil, dan peralatan lainnya. Modal investasi ni tidak perlu jika Anda sudah memilikinya.  Sementara untuk membeli bahan baku seperti aneka buah, minuman sachet, perlengkapan pendukung, serta biaya listrik selama satu bulan sekitar 2 juta.

Kira-kira berapa sih omzet yang akan Anda dapatkan dari usaha jualan jus buah dan minuman dingin ini. Misalnya saya asumsikan Anda mampu menjual 40 cups jus dan harga satu cupnya adalah 6000 rupiah. Berarti sehari Anda akan mendapatkan omzet 240 ribu rupiah. Jika sebulan anda akan mendapatkan keuntungan kotor sekitar 7.200.000 rupiah.

Untuk keuntungan bersihnya, Anda tinggal kurangi saja dengan biaya operasional , berati total bersihnya adalah 5.2000.000. Sangat menggiurkan bukan peluang usaha yang satu ini. Baca juga: Prospek, Analisis Modal dan Pendapatan, dan Tips Sukses Usaha Jualan Jus Buah

7. Usaha Depot Isi Ulang Air Minum

Di Indonesia, kebutuhan masyarakat akan air minum berbeda-beda, mialnya masyarakat yang tinggal di desa terpencil masih memanfaatkan mata airpegunungan. Tapi untuk masyarakat perkotaan terpaksa harus membeli air isi ulang karena sulitnya mencari air bersih. Di luar jawa, harga isi ulang ternama tentu saja sangat menguras kantong.

Nah situasi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan peluang usaha, terutama bagi ibu rumah tangga. Dengan memasang harga sekitar 5 ribu, keuntungan yang didapatkan cukup menggiurkan. Anda harus mematok harga sesuai dengan kota Anda, dengan begitu masyarakat tidak akan segan-segan untuk membeli isi ulang air dari Anda. Dalam kurun waktu satu tahun saja, modal tersebut bisa kembali lagi.

Modal awal yang harus Anda siapan untuk usaha depot isi ulang air ini memang cukup besar. Berdasarkan informasi yang saya lansir dari erakini.com, usaha ini membutuhkan modal sekitar 35 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli paket depot isi ulang, galon, motor bekas untuk mengantar pesanan, dan karyawan.

Nah jika Anda memiliki rumah di dekat jalan yang ramai, manfaatkan saja dengan membuka uaha depot isi ulang air minum. Berikanlah harga yang miring dan pelayanan siap antar. Jika memiliki modal yang lebih besar lagi, lengkapi dengan usaha lainnya seperti isi ulang tabung gas. Baca juga: Peluang Usaha Depot Air Minum 2019: Prospek, Modal, Dan Tips Sukses

8. Membuka Usaha Laundry Kiloan

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Keuntungan Menggiurkan
Masyarakat di daerah perkotaan cenderung konsumtif saat ini, bahkan untuk urusan mencuci dan setrika pakaian. Mereka menginginkan cara yang lebih simpel dan praktis dengan menggunakan jasa laundry.

Nah jika Anda memiliki tempat yang strategis tentu saja membuka jasa laundry kiloan akan menguntungkan. Misalnya Anda membuka usaha ini di dekat lokasi kampus yang banyak mahasiswa atau di dekat pabrik dengan banyak karyawannya.

Tugas perkuliahan dan pekerjaan di kantor memang cukup menyita waktu mereka. Dengan begitu mereka tidak mau repot dalam mencuci pakaian yang semakin menunmpuk. Sehingga mereka lebih memilih untuk memanfaatkan jasa laundy.

Modal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha laundry kiloan ini sekiar 10 jutaan, itu juga belum termasuk sewa tempat. Modal tersebut digunakan untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, setrika, dan perlengkapan lainnya. Untuk promosi, Anda bisa menyebarkan brosur di berbagai tempat. Usahakan brosur yang Anda buat harus menarik supaya bisa memikat calon pelanggan.

9. Membuka Jasa Menjahit Pakaian

Nah buat Anda lulusan SMK jurusan Tata Busana tak ada salahnya untuk membuka jasa menjahit pakaian dibandingkan menjadi karyawan. Dengan begitu pekerjaan Anda akan lebih terarah pada passion. Anda bisa menerima pesanan jahit seperti baju seragam anak sekolah, seragam pakaian pegawai negeri, dan permak pakain.

Peluang usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga dan keuntungannya pun juga cukup menggiurkan. Mesin jahit dan mesin obras tentu saja merupakan dua perlengkapan yang dibutuhkan. Nah untuk modal lainnya bisa Anda dapatkan dengan modal sekitar 2 jutaan. Untuk ruangannya pun tidak terlalu besar, Anda cukup memakain salah satu ruangan di rumah.

Untuk melakukan promosi, Anda bisa lakukan dari mulut ke mulut. Anda bisa meminta suami untuk mempromosikan jasa menjahit Anda ke rekan kantornya dengan memasang tarif harga murah dari jasa menjahit pakaian di tempat lainnya.

Jika pekerjaan Anda bagus dan rapi, tak menutup kemungkinan semakin banyak orang datang ke tempat Anda untuk menjahit. Jadi, jangan sia-siakan kemampuan Anda dalam menjahit.

10. Menjual Baju Murah

Harga baju yang ditawarkan di toko-toko pakaian membuat beberapa orang harus berpkir dua kali untuk membelinya. Nah hal ini bisa Anda jadikan peluang usaha untuk memulai bisnis. Menjual baju murah bisa menjadi peluang usaha yang cukup bagus untuk ibu rumah tangga.

Anda bisa membeli baju murah di internet. Banyak toko online yang menyediakan baju grosiran dengan harga yang relatif murah. Tapi Anda haru memilih toko onine yang terkenal dan terpercaya. Anda bisa mengunjungi grosirbaju.com untuk membeli baju murah. Selain harganya yang murah, toko online yang satu ini juga memiliki beberapa cabang di kota-kota besar.

Modal awal yang harus Anda siapkan unuk memulai usaha menjual baju murah ini sekitar 5 jutaan. Modal ini digunakan untuk membeli pakaian seperti kemeja, kaos, daster, pakaian muslim, dan baju anak-anak. Anda bisa menjualnya dari rumah ke rumah, atau membuka lapak di tempat keramaian.

Nah jika Anda tidak memiliki modal sebesar itu, menjual bajunya secara online saja. Bahkan untuk menjadi dropshipper And tidak butuh modal sama sekali selain HP dan kuota internet. Terlebih sekarang sudah banyak supplier yang sangat bagus untuk dropshipper.

11. Menjual Parsel

Peluang usaha parsel ini sangat cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga, terutama untuk mereka yang suka membuat bingkisan dan meriasnya. Jenis barang untuk parsel ini juga beragam, mulai dari makanan, pakaian, barang pecah elah, hingga barang seserahan untuk acara nikahan.

Isi untuk parsel biasanya dibeli sendiri oleh pihak konsumen, sehingga Anda hanya perlu mempersiapkan keranjang dan wadah khusus parsel, serta menghiasnya. Tapi Anda juga bisa menawarkan parsel yan sudah jadi, sebab konsmen tidak sempat membeli barang atau kebingungan untuk menentukan jenis barang yang cocok untuk parsel.

Modal yang Anda butuhkan tidak terlalu besar untuk memulai usaha parsel ini. Tapi Anda butuh moda yang cukup besar jika konsumen ingin membeli satu paket parsel yang sudah jadi, sehingga Anda harus membeli isi dari parsel tersebut.

12. Membuka Salon

Peluang usaha membuka salon ini memerlukan modal yang relatif kecil, tapi Anda harus memilikikemampuan menatara rambut yang baik supaya konsumen puas. Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga karena jam kerjana fleksibel dan bisa dilakukan di rumah, sehingga tugas Anda untuk mengurus suami dan anak tidak terganggu.

Selain memotong dan menata rambut, Anda juga bisa menyediakan jasa make up jika memang mahir dalam hal tata rias. Anda juga bisa melengkapi salon dengan jenis jasa lainnya seperti facial, perawatan tubuh, hingga manicure dan pedicure. Tapi tentu saja memerlukan modal yang besar untuk melengkapi semua itu.

13. Membuka Les Privat

Peluang usaha membuka les privat ini sangat cocok digunakan oleh ibu rumah tangga yang memilik pendidikan terakhir tinggi. Terlebih usha ini memiliki jam kerja yang cukup fleksibel, sehinga bisa dikerjakan di waktu luang.

Jasa les privat ini sering dicari oleh banyak orang, terutama ketika mendekati masa-masa ujian sekolah. Jadi usaha ini bisa Anda jalani karena memiliki prospek yang cukup cerah dan tak boleh dilewatkan begitu saja, apalagi jika Anda adalah seorang guru.

Target siswa tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan Anda sebagai guru les. Anda bisa membuka les privat untuk anak SD, SMP, dan SMA. Semakin tinggi tingkat pendidikannya, semakin tinggi pula kemampuan yang harus Anda miliki.

Jika Anda punya keahlian khusus seperti bermain alat musik, memasak, menjahit pakaian, Anda bisa membuka les privat di rumah.

14. Membuka Pertamini

Saat ini pom bensin kecil atau sering disebut pertmini tengah menjamur di berbagai wilayah terutama daerah-daerah yang jauh dari SPBU. Kehadiran prtmini ini dianggap sangat membantu oleh masyarakat, apalagi bahan bakar ini menjadi kebutuhan hidup sehari-hari.


Modal yang Anda butuhkan untuk membuka pertamini yaitu sekitar 5 juta. Modal ini digunakan untuk membeli dan memasang alat penampung bensin di depan rumah, dan tentu saja mengurus surat izin usaha supaya menjadi legal. Usaha ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang memiliki rumah di dekat jalan umum. 

15. Membuat Kerajinan Tangan

Manfaatkan keterampilan yang Anda miliki dalam membuat kerajinan tangan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Apalagi jika Anda dekat dengan lokasi tempat wisata, tent akan banyak wisatawan yang berdatangan untuk membeli karya Anda.

Buatlah kerajinan tangan yang unik, menarik, dan memiliki nilai seni yang tinggi serta berbeda dari yang lain. Anda bisa menitipkan karya tersebut ke toko-toko yang khusus untuk menjual pernak-pernik aksesoris di lokasi wisata tempat tinggal Anda.

16. Jualan Pulsa Elektronik

Di zaman modern ini, hampir semua orng menggunakan telepon selular. Sehinga saat ini berjualan pulsa elektronik menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk ibu rumah tangga. Dan usaha ini sangat minim akan kerugian, telah banyak orang yang mendapatkan banyak keuntungan dari berjualan pulsa.

Anda tidak harus langsung membuka konter pulsa di pinggir jalan ko. Anda jadi counter berjalan saja yang hanya bermodalkan HP saja. Anda bisa menjualnya kepada keluarga, tetangga, atau teman. Anda juga tidak harus repot-repot keluar rumah karena usaha ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Lengkapi usaha ini dengan berjualan kartu perdana, voucher, dan token listrik.

17. Menjadi Dropshipper

Saat ini Instagram mejadi aplikasi sosial media yang sangat populer, bahkan lebih popular dibandingkan Facebook dan Instagram. Nah banyak orang memanfaatkannya untuk berjualan online atau menjadi dropshipper.

Bisa dibilang kalau peluang usaha untuk ibu rumah tangga ini nyaris tanpa modal. Anda bisa memanfaatkan Instagram untuk memasarkannya. Anda hanya perlu mengunggah foto dan memberikan informasi kepada followers tentang produk yang dijual. Jika mereka tertarik, pihak supplier akan langsung mengirimkan produk ke konsumen. Jadi Anda tidak harus menyiapkan barang.

Meskipun peluang usaha sebagai dropshipper ini terlihat sangat mudah, tapi banyak dropshipper yang menyerah di tengah jalan karena tidak mendapatkan konsume. Tapi tak ada salahnya untuk mencoba. Untuk mencari supplier, Anda bisa mengikuti panduannya pada artikel ini: Panduan Lengkap Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Terpercaya Secara Online

18. Menjadi Blogger

Jika Anda suka menulis artikel, salurkan hobimu itu menjadi peluang usaha dengan menjadi seorang blogger. Sudah banyak orang yang berpenghasilan besar dari ngeblog, misalnya mas Timon Adiyoso (mastimon) dan mba Igniel.

Untuk menjadi seorang blogger, artikel yang Anda buat harus berkualitas dan diposting secara berkala. Supaya tidak terlalu jenuh, tulis artikel yang sesuai dengan hobi, keahlian, atau minat Anda. Sebab artikel yang sesuai dengan pengetahuan yang Anda miliki akan memudahkan Anda dalam menulis dan bisa konsisten.

Menulis itu memang terdengar sangat sepele, tapi untuk membuat artikel yang berkualitas Anda membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi Anda bisa belajar banyak di internet, seperti dari blog PanduanIM, Maxmanroe, Mastimon, dan blog yang lainnya.

Jika Anda tidak memiliki modal lebih selain laptopo dan kuota internet, Anda bisa menggunakan blogger atau Wordpress sebagai platform gratis. Jika kurang puas dengan platform gratisan, Anda bisa membuat blog dengan modal kurang dari 1 juta. Modal tersebut digunakan untuk menyewa domain dan hosting berbayar supaya Anda bisa lepas bebas dalam memposting artikel. Baca juga: Kelebihan dan Kelebihan Tentang Bisnis di Internet Yang Harus Kamu Tahu

19. Menjadi Penulis Lepas

Jika Anda merasa kesulitan dalam mengelola blog, Anda bisa menjadi penulis lepas. Sebab peluang usaha online yang satu ini cukup menjanjikan karena sekarang ini banyak permintaan jasa penulian artikel.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari menjadi penulis lepas ini adalah And tidak dituntut untuk mengelola blog yang memang cukup menguras waktu. Potensi yang akan dapatkan juga lumayan besar jika artikel yang Anda buat berkualitas dan layak untuk dijual.

Anda bisa mengunjungi situs Sribulancer untuk mencari kustomer, atau Anda juga bisa menulis di media-media besar seperti UC News, Jalantikus, dan IDN Times.


20. Menjual Kebun Vertikal

Menjual kebun vertikal atau sering disebut green wall/biowalls/ecowalls bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi kalau Anda sangat suka berkebun, tentu akan membuat Anda menyenangkan disamping bisa mendapatkan penghasilan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan media tanam untuk membuat kebun vertikal supaya bisa diangkut denggan mudah, terkesan praktis, dan tentu saja tetap mempertimbangkan unsur keindahannya. Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut, calon pelanggan akan merasa kalau produk Anda bisa memenuhi kebutuhan mereka, entah itu untuk disimpan dalam atau pun luar ruangan.

Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha menjual kebun vertikal ini berkisar 5 jutaan dengan. Modal tersebut digunakan untuk membeli media tanam, terutama paralon, bibit tanaman, serta pupuk supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik.

21. Membuat Pupuk Kompos

Nah kalau ini nyambung dengan peluang usaha membuat kebun vertikal. Jika Anda memiliki lahan cukup luas di belakang rumah, kenapa tidak mencoba merintis usaha membuat pupuk kompos saja. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai uaha ini sekitar 5 jutaa.

Modal tersebut Anda gunakan untuk membeli peralatan yang diperlukan seperti mesin pencacah (bisa juga menggunakan pisau secara manual), ayakan, ayakan, aktivator pengomposan (mialnya SuperDec, BioPos, EM4, Green Phoskko Organik, dan sejenisnya yang bisa Anda beli di toko pertanian), plastik kemasan, dan mesin segel (bisa juga diikat manual).

Selain peralatan tersebut, Anda juga memutuhkan sampah organik (seperti sayur, dedaunan, kertas, ampas pertanian, dll) dan media pengomposan berupa lobang tanah atau bak. Lubang tersebut bisa Anda buat dengan ukuran 2m x 4m dengan kedalaman 1,5 m. Buatlah 2 lubang supaya bisa lebih mudah dalam proses pembalikan.

Nah jika Anda juga merintis usaha menjual kebun vertikal, Anda tidak harus membeli kompos supaya tanamannya tumbuh. Dengan begitu Anda bisa menjual kompos sekaligus juga tanaman vertikal yang sudah jadi.

Akhir Kata

Itulah beberapa peluang usaha yang bisa Anda lakoni sebagai ibu rumah tangga. Sebenarnya sangat banyak peluang usaha yang bisa dijalani, ini tergantung Anda dalam melihat peluang di sekitar. Usahakan untuk menjalani usaha ini sesuai dengan hobi dan kemampuan yang Anda miliki supaya tidak berhenti di tengah jalan.

Semua ibu rumah tangga memiliki kesempatan mencari uang tambahan untuk keluarga selama dia memiliki niat dan tidak menyerah. Selamat mencoba dan Good Luck Super Mom.

Baca juga artikel lainnya seputar Bisnis atau artikel lainnya di Cecepkocep
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment