CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
7 Perbandingan PUBG Mobile Lite Dengan Free Fire, Mana Yang Lebih Asyik Dimainkan?

7 Perbandingan PUBG Mobile Lite Dengan Free Fire, Mana Yang Lebih Asyik Dimainkan?

Perbandingan PUBG Mobile Lite Dengan Free Fire

Belum lama ini Tencent kembali merilis game battle royal terbaru mereka bernama PUBG Mobile Lite. Game ini memang memiliki gameplay yang mirip seperti PUBG Mobile, hanya saja mengalami sedikit penyesuaian.

Karena memiliki ukuran yang lebih ringan, maka PUBG Mobile Lite memiliki spesifikasi minimum yang lebih enteng ketimbang PUBG Mobile Lite. Dengan begitu game baru ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin bermain PUBG dengan spesifikasi HP yang rendah.

Pada artikel sebelumnya ane sudah bahas perbandingan antaraPUBG Mobile Lite dengan PUBG Mobile Biasa. Nah pada artikel kali ini ane akan bahas juga perbandingan PUBG Mobile Lite dengan Free Fire. Usut punya usut kalau game baru ini diciptakan untuk menjadi pesaing Free Fire di pasar game yang menargetkan pengguna dengan spek HP menengah ke bawah.

Perbandingan PUBG Mobile Lite dengan Free Fire

Free Fire merupakan game battle royale yang dikembangkan oleh Garena. Game ini memiliki gameplay dan fitur yang mirip dengan kompetitornya, hanya saja membutuhkan spesitikasi yang lebih ringan. Jangan heran heran kalau di Free Fire tidak ada pintu karena katanya supaya game ini ringan. Dengan begitu bisa dimainkan dengan menggunakan HP kentang sekalipun.

Akan tetapi saat ini Tencent juga merilis game PUBG Mobile dengan versi rendah bernama PUBG Mobile Lite. Dengan begitu hal ini akan menjadi ancaman bagi Free Fire yang menjadi game dengan player terbanyak di Indonesia. Sebab sebagian besar player lebih cenderung suka PUBG Mobile karena memiliki gameplay dan fitur yang lebih baik ketimbang Free Fire.

Kira-kira apa sih perbedaan PUBG Mobile Lite dan Free Fire ini guys? Yuk simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

1. Grafis

Perbandingan PUBG Mobile Lite Dengan Free Fire
Sama dengan PUBG Mobile versi biasa, PUBG Mobile Lite juga dibuat dengan menggunakan Unreal Engine 4. Hanya saja lebih ringan karena ada beberapa sektor yang dikurangi dan diesuaikan. Banyak yang dipngkas dari sisi grafis pada PUBG Mobile Lite.

Meskipun memiliki ukurang yang hampir mirip, Fre Fire memiliki grafis yang lebih baik jika dibandingkan dengan PUBG Mobile Lite. Free Fire memiliki grafis yang lebih halus serta pencahayaan yang lebih baik. Sementara PUBG Mobile Lite tidak memiliki kualitas grafis yang baik sehingga animasinya terlihat seperti kartun.

Selain itu kita juga tidak bisa mengatur setelan grafis pada PUBG Mobile Lite. Tapi kita masih bisa menggunakan fitur pintu, tidak seperti Free Fire yang tidak memiliki fitur seperti itu.

2. Fitur dan Mode

Perbandingan PUBG Mobile Lite Dengan Free Fire

Untuk urusan Fitur, Free Fire masih tetap unggul dari PUBG Mobile Lite. Tapi menurut ane sih masih wajar karena game ini baru rilis sehingga belum memiliki fitur lengkap sebagaimana game PUBG Mobile versi biasa.

Free Fire memiliki fitur yang lebih beragam, misalnya kita bisa bermain di mode Ranked, Classic, Death Race, dan fitur lainnya. Sementara PUBG Mobile Lite hanya memiliki satu mode bermain saja, yaitu Classic mode.

Free Fire juga masih unggul dalam urusan map. Free Fire memiliki map yang lebih beragam dibandingkan dengan PUBG Mobile Lite yang hanya memiliki satu map saja.

Di PUBG Mobile Lite kamu juga tidak bisa merias karaktermu dengan skin senjata unik serta kostum-kostum kerennya karena masih dalam proses pengembangan, sehingga belum menyediakan kostum-kostum unik seperti Free Fire yang memang sudah lama rilis. Akan tetapi peluang kamu untuk mendapatkan kostum keren lebih besar ketimbang Free Fire.

3. Gameplay

Perbandingan PUBG Mobile Lite Dengan Free Fire
PUBG Mobile Lite memang memiliki kualitas grafik yang kurang begitu baik, tapi kalau untuk masalah gameplay tak perlu dirgukan lagi. Kamu masih tetap bisa merasakan guncangan kamera ketika menembak atau terkena granat musuh sebagaimana yang terjadi di PUBG Mobile versi biasa.

Dalam urusan aim atau membidik, PUBG Mobile Lite lebih realistis jika dibandingkan dengan Free Fire. Efek kamera yang bergetar ketika menembak serta efek recoil akan membuat kamu tertantang memainkan game ini. Berbeda dnegan Free Fire yang masih memiliki fitur auto-aim yang akan otomatis ketika kamu menembak musuh. Selain itu, ketiadaan recoil akan membuat kamu lebih mudah untuk menembak.

Oh iya, Free Fire memiliki durasi 10 menit dalam satu kali permainan dan melibatkan 50 player. Sementara PUBG Mobile Lite melibatkan 60 player.

4. Server

Perbandingan PUBG Mobile Lite Dengan Free Fire
Server tentu saja sangat berpengaruh dalam memainkan sebuah game online. Koneksi internet yang buruk tentu akan mengganggu permainan kamu. Nah untuk Free Fire memiliki server khusus di Indonesia. Server khusus ini akan membuat game lebih stabil dan koneksi internet lebh kencang.

Sementara itu, PUBG Mobile Lite tidak memiliki server khusus di Indonesia. Dengan begitu kita harus bergabung dengan server Asia untuk bermain. Maka dari itu jangan heran kalau game ini terkadang menjadi tidak stabil. Meskipun koneksi internet kita kencang, tapi kalau servernya sedang down akan tetap terganggu.

5. Animasi dan Warna

Perbandingan PUBG Mobile Lite Dengan Free Fire
Meskipun tidak memiliki kualitas grafis yang tidak kalau bagus dengan PUBG Mobile biasa, tapi PUBG Mobile Lite memiliki animasi yang lebih halus ketimbang Free Fire. Hal ini bisa kamu rasakan ketika berlari ataupun reload senjata.

Dari segi grafis Free Fire memang lebih unggul dari PUBG Mobile Lite, tapi memiliki animasi yang lebih kaku, sehingga terlihat seperti robot. Sementara dari sisi warna Free Fire lebih cerah sehingga enak untuk dipandang mata. Sementara PUBG Mobile Lite memiliki warna yang agak redup.

Warna PUBG Mobile Lite yang tidak kontras itu agak mempersulit kita ketika sedang membidik musuh yang berada di tanah. Tekstur rendah dan warna yang kurang kontras menjadi salah satu kelemahan dari game ini.

6. Render

Perbandingan PUBG Mobile Lite Dengan Free Fire
Render merupakan proses membangung gambar dari sebuah model menggunakan komputer. Semakin bagus rendering suatu game, maka semakin jauh draw distance-nya. Nah Free Fire ternyata memiliki rendering yang lebih bagus ketimbang PUBG Mobile Lite.

Kamu tidak bisa melihat objek, entah itu orang ataupun bangunan secara jelas pada jarak 500 meter di PUBG Mobile Lite. Dengan begitu kamu akan cukup kesulitan ketika menggunakan sniper untuk menembak musuh dari jarak jauh.

7. Spesifikasi Minimum

Dari sisi spesifikasi yang dibutuhkan untuk bermain PUBG Mobile Lite ataupun Free Fire tidak begitu jauh kok guys. Sebab keduanya termasuk game battle royale yang memiliki ukuran ringan, jadi bisa digunakan pada smartphone yang memiliki spesifikasi rendah sekalipun. Berikut ini adalah perbandingan spesifikasi minimum dari kedua game tersebut.

Spek Minimum Free Fire PUBG Mobile Lite
CPU Quad Core Quad Core
OS 4.3 4.0.3
RAM 2 GB 1 GB
ROM 600 MB 400 MB

Itulah guys kira-kira perbandingan antara game PUBG Mobile Lite dan Free Fire. Ya memang setiap game punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jadi menurut kalian game mana yang lebih worth it untuk dimainkan? Sampaikan pendapatnya di kolom komentar ya.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment