CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Perbedaan Processor Intel dan AMD: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Perbedaan Processor Intel dan AMD: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?


Perbedaan Intel dan AMD
Saat ini laptop atau komputer merupakan barang komputer yang harus dimiliki oleh setiap orang karena berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang menggunakan laptop, mulai dari siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan pekerja kantoran. Jadi komputer ini merupakan barang yang sangat penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari mereka.

Salah satu komponen yang terdapat dalam komputer atau Laptop itu adalah processor. Komponen ini memiliki peran yang sangat vital dalam sebuah komputer. Processor pada komputer didominasi oleh dua merk terbesar di dunia, yaitu Intel dan AMD. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya.

Apa itu Processor?

Jika kita analogikan sebagai tubuh manusia, prosessor itu adalah otaknya. Yup, prosessor merupakan otak dari sebuah smartphone atau komputer. Karena perannya sangat vital, maka prosessor yang akan kita gunakan harus benar-benar diperhatikan, terutama jika kamu adalah seorang gamers, designer, atau video editor.

Sekarang ini memilih processor memang bisa dikatakan relatif sulit karena sudah banyak sekali jenis ataupun merk processor di pasaran. Akan tetapi ada dua nama yang terkenal dari banyaknya merk prosesor yang berbedar, yaitu Intel dan AMD. Kedua processor ini terus beradu sikut untuk merebut posisi pertama sebagai processor komputer terbaik di dunia.

Buat kalian yang sudah berkecimpung di dunia komputer mungkin sudah tidak asing dengan kedua merk processor tersebut, terutama untuk Intel. Processor ini dibuat oleh Intel Corporation, perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan sudah berdiri sejak 1968.

Dari sekian banyak merk processor, AMD adalah pesaing terbesar dari Intel. Sebab AMD juga termasuk perusahaan yang tak kalah besar dari Intel Corporation sebagai pemasok mikroprocesor di dunia. Bahkan pada tahun 2007 lalu, AMD berhasil menduduki peringkat ke-11 dari segi pendapatan.

Perbedaan Processor Intel dan AMD

Nah buat kamu yang ingin membeli laptop baru, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan processor yang akan digunakannya, apakah akan menggunakan Intel atau AMD. Sebelum memutuskannya, kamu tentu harus mengetahui perbedaan dari kedua merk processor tersebut. Apa saja kelebihan dan keuntungannya. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Arsitektur

Intel dan AMD memiliki pandangan yang berbeda dari sisi arsitekturnya. Keduanya tidak bisa dikatakan memiliki keungulan atau kelemahan. AMD mengintegrasikan memory controller ke dalam processor-nya, sehingga jalur data antara processor dengan chipset jadi lebih singkat.

Sementara Intel tidak mengintegrasikan memory controller ke dalam processor-nya, meskipun pandangn ini sudah dirubah dengan kehadiran Core i7. Intel lebih berfokus pada penanaman memori internal pada processor.

Penanaman memory controller ke dalam processor akan membuat transfer data rate menjadi lebih cepat karena tidak harus menunggu dari memori utama, akan tetapi menjadikan memori interla pada processor menjadi kecil.

Intel mengintegrasikan memory internal prosessor yang besar yang akan membuatnya menjadi perkasa dalamhal aplikasi-aplikasi multi-threading karena berkatian dengan fungsi utama memori internal prosessor itu sendiri, yaitu sebagai penyimpan data sementara yang nantinya akan diolah oleh prosessor. Dengan begitu, prosessor Intel dijual dengan harga yang lebih mahal ketimbang AMD. Baca juga: 10 Cara Mudah Ini Memperkuat Sinyal WiFi Beserta Aplikasinya

2. Frekuensi

Frekuensi AMD dan Intel berbeda. Misalnya prosessor AMD Sempron 3000+ 1,8 GHz tidak sama dengan Intel Pentium 4 1,8 HGz. Seperti sudah disinggung sebelumnya kalau AMD mengintegrasikan memory controller ke dalam processornya, sehingga proses transfer data menjadi lebih cepat.

Nah kalau kita perhatikan, masih jarang produk-produk AMD yang memiliki frekuensi lebih besar dari 3 GHz, baik itu pada socket 754 ataupun 939/940 (AM2). Perfoma AMD dengan frekuensi 1,8 GHz sebenarnya memiliki performa yang sama dengan Intel 2,2 GHz. Tapi hal itu tidak menjadi kendala buat Intel.

Intel memiliki pengalaman lebih banyak sebagai produsen chipset terbaik dalam platform motherboard. Chipset ini sudah berkembang pesat, terutama dalam hal overclocking socket 478. Waktu itu sudah banyak motherboard dengan chipset di pasaran mulai dari seri 845 hingga 975X. Sementara AMD baru mengintegrasikannya dari AMD 600 series yang digunakan untuk socket AM2.

Jadi jangan heran kalau prosessor Intel bisa dinaikkan frekuensinya hingga clock speed 4 GHz lebih hanya dengan menggunakan air cooling, bahkan stock cooling. Sementara AMD sudah keteteran untuk dipaksa lari pada 4 GHz meskipun menggunakan phase cooling.

3. Grafis

AMD unggul dari Intel kalau ditinjau dari sisi grafis. Sebab AMD motherboard AMD menggunakan chipset grafis yng terintegrasi dari nVidia ataupun ATi Radeon yang memang sudah sangat memadai dalam hal grafis.

Jadi jangan harap Intel memliki grafis yang lebih bagus dari nVidia maupun ATi pada AMD, meskipun sudah mengeluarkan chipset grafis GMA X4500 yang sudah mendukung DX10 dan fitur Aero pada Vista.

4. Overheating

AMD lebih cepat panas karena memiliki clock speed yang besar. Demikian juga dengan cooling dri AMD juga cukp besar yang memiliki bentuk persegi dan kipas yang air flow-ny lebih kecil, jadi jangan heran kalau prosesor ini cepat panas. Baca juga: 6 Cara Ampuh Mematikan Auto Update Windows 10 Secara Paksa

5. Daily Use

Processor AMD lebih ditunjukkan untuk gaming, karena tidak membutuhkan memori prosessor yang besar tapi butuh tranfser data yang cepat, tapi sekarang sudah diambil alih oleh GPU. Sementara Intel sangat cocok digunakan untuk aplikasi-aplikasi berat karena memori internalnya lebih besar dibandingkan AMD.

Mana yang Lebih Bagus?
  • Intel memiliki harga lebih mahal krena memiliki performa lebih tinggi. Jadi buat kamu yang memiliki dan pas-pasan, lebih baik beli komputer atau laptop yang memiiki prosessor AMD.
  • Processor Intel memiliki perofrma lebih bagus dari AMD.
  • Processor Intel lebih kuat  pad aplikasi multimedia, sementara AMD lebih kua dalam aplikasi gaming dan program 3D.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment