CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Pilih Blog Gado Gado Atau Blog Niche? Inilah Kelebihan dan Kelemahannya

Pilih Blog Gado Gado Atau Blog Niche? Inilah Kelebihan dan Kelemahannya

Pilih Blog Gado Gado Atau Blog Niche? Inilah Kelebihan dan Kelemahannya

Menentukan sebuah niche atau topik merupakan langkah awal jika Anda ingin memiliki sebuah blog, walaupun Anda sebenarnya bisa langsung membuat blog tanpa harus memikirkan niche. Tapi menentukan niche ini sangat penting untuk perkembangan blog Anda di masa depan. Misalnya niche blog Anda adalah Bisnis, maka pembahasan blog Anda menyangkut tentang binis.

Anda sebenarnya juga bia membuat blog gado-gado dan mengulas berbagai macam topik seperti blog saya. Misalnya di blog ini saya membahas game, teknologi, bisnis, dan lain-lain. Menjalankan blog seperti ini memang cukup mudah untuk dilakukan karena kita bisa menulis sesuai dengan keinginan kita.

Akan tetapi, memiliki blog gado-gado nyatanya juga sangat keteran jika hanya mengandalkan satu penulis saja. Penulis Blog Cecepkocep hanya saya saja seorang, jadi jangan heran kalau pembasan konten-konten di dalamnya kurang begitu mendalam. Sebab saya sendiri sebagai penulis sesuai dengan mood hehehe.

Blog Gado-Gado atau Blog Niche?

Hal pertama yang selalu dipikirkan oleh para blogger pemula ialah menentukan jenis blog yang ingin mereka buat. Konten seperti apa yang nantinya akan mereka buat? Di sisi lain, konten dan trafik sangat ditentukan oleh jenis atau niche blog yang Anda buat, termasuk juga penghasilan blognya.

Pendapatan Anda dari blog ditentukan oleh trafik. Ilustrasinya sepert ini:
Penghasilan ditentukan oleh trafik/visitor, trafik ditentukan oleh konten, dan konten ditentukan oleh niche blog Anda.

Salah satu contoh blog gado-gado yang bisa Anda liha adalah blog mastimon, maxmanroe, dan blog saya sendiri. Sementara contoh blog niche adalah blog mas Sugeng (Tutorial Blogger) dan Panduanim (Internet Marketing).

Blog gado-gado ataupun blog niche keduanya sangat baik, tapi masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya. Nah pada artikel kali ini saya akan membahas tentang keduanya. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan jenis blog seperti apakah yang akan Anda buat nantinya. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Blog Gado-Gado

Blog gado gado adalah blog yang memiliki topik pembahasan campur aduk atau umum yang kemudian tersaji menjadi satu. Salah satu blog gado-gado adalah situs berita karena topik kontennya sangat luas dan memiliki kecepatan informasi sangat up to date.

Jika sobat ingin memiliki blog gado-gado, silahkan untuk mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kelemahannya di bawah ini.

Kelebihan Blog Gado Gado

1. Mudah Mendapatkan Pembaca

Blog gado-gado merupakan blog yang memiliki tema umum, seperti blog ini. Blog jenis ini akan lebih mudah untuk mendapatkan pembaca karena topiknya ringan dan mudah dibaca. Selain itu, target audience blog ini juga jauh lebih luas karena bisa diterima oleh semua kalangan dari berbagai minat. Oleh sebab itu blog gado-gado sangat mudah untuk mendapatkan trafik dari sosial media ataupun search engine dengan beragam keywoard.

2. Mudah Membuat Konten Blog

Blog gado-gado juga sangat mudah untuk mencari inspirasi menulis karena penulis bisa menulis dari berbagai topik. Kita bisa menulis sesuai dengan keinginan atatupun mood kita. Terus kita juga bisa menulis secara up-to-date dengan perkembangan situasi.

3. Update Artikel Rutin

Salah satu cara yang bisa kita lakukan supaya bisa berada di 10 besar halaman pertama Google adalah terus update artikel secara rutin. Nah blog gado-gado memiliki kelebihan dalam hal ini, karena penulisnya bisa membuat konten secara konsisten setiap harinya.

4. Peluang Viral Lebih Tinggi

Blog gado-gado juga memiliki peluang lebih tinggi karena semua pembaca bisa membagikan artikel blog jika memang dirasa konten itu pantas untuk dibagikan. Sementara itu jarang sekali blog niche yang kontennya dibagikan ke sosial media.

5. Mudah Muncul Di Search Engine

Blog gado-gado bisa muncul di search engine dengan beragam keyword. Semakin banyak artikel yang Anda tulis, maka semakin mudah blog Anda ditemukan di mesin pencari. Keyword yang muncul juga beragam karena topik yang Anda buat beragam.

6. Mudah Dimonetasi dengan Display Ads

Blog gado-gado sangat bagus menggunakan Display ads seperti Adsense atau sistem PPC lainnya. Selain itu, blog gado-gado yang memiliki trafik tinggi juga bisa menjual iklan mandiri pada blognya, atu juga bisa menawarkan sponsored post bagi advertiser yang tertarik.

Kunci sukses dari blog gado-gado adalah banyaknya trafik yang didatangkan ke blog. Sebab akan sangat sulit untuk mendapatkan end-user dengan niche tertentu jika topik blog Anda begitu umum.

Kelemahan Blog Gado Gado

1. Blog Tidak Memiliki Identitas

Ketika dimasukkan ke dalam sebuah direktori, blog gado-gado tidak memiliki identitas yang jelas. Memang hal ini bukan masalah yang besar. Sebagian besar blog gado-gado mampu sukses menembus artikel ribuan dengan pengunjung yang fantastis.

2. Tidak Punya Visitor Loyal

Blog gado-gado memiliki engagement yang lebih rendah, dengan begitu visitor akan mudah datang dan pergi begitu saja. Meskipun jangkauan audience yang sangat luas, tapi visitor hanya akan datang sekali saja dan tidak akan kembali lagi ke blog Anda.

Hal ini akan membuat pengunjung hanya sekedar mencari informasi yang diinginkan saja. Lain lagi halnya jika Anda membuat blog gado-gado yang serius yang memiliki pengunung setia bukan karena topiknya, tapi karena topik informasinya. Dengan begitu Anda harus bisa bersaing dengan situs-situs berita besar seperti Detik dan Kompas.

3. Penghasilan Ditentukan oleh Trafik

Blog gado-gado sangat sulit dimonetize dengan sistem afiliasi. Ilan display akan menjadi satu-satunya jalan untuk mendapatkan penghasilan yang signifikan. Nah untuk mendapatkan penghasilan dengan display ads, blog Anda membutuhkan trafik yang sangat inggi supaya menghasilkan revenue yang berarti.

4. Konten Cenderung Copas

Yang membuat blog gado-gado itu sangat banyak, jadi meskipun Anda sudah menulis artikel yang unik, akan mudah sekali menemukan artikel dengan judul dan pembahasan yang sama dengan blog Anda. Misalnya Anda ketikkan saja ‘peluang usaha’ di search engine Google, maka hasilnya akan banyak blog yang membahas konten serupa. Nah blog gado-gado itu sangat rentan untuk tenggelam di lautan blog lainnya dibandingkan blog niche.

Blog Niche

Blog niche memiliki topik yang spesifik seperti bisnis, fashion, dan kuliner. Jenis blog ini akan lebih mudah untuk mendapatkan trafik melalui SEO, meskipun audience-nya lebih sedikit. Tapi meskipun sedikit, visitor blog niche sangat setia (loyal). Dengan begitu, engagement blog niche jauh lebih tinggi dibandingkan dengan blog gado-gado.

Kelebihan blog Niche

1. Visitor Loyal terhadap Blog

Blog dengan satu niche akan memiliki pengunjung setia yang akan bolak-balik masukke dalam blog Anda. Pengunjung setia adalah mereka yang masuk ke blog Anda dan ternyata minat yang mereka cari adalah niche Anda. Pengunjung setia yang hilir mudik akan membuat blog tetap kuat dalam serp meskipun intensitas update artikel sangat jarang.

2. Kedudukannya dalam SERP Search Engine Lebih Kuat

Blog satu niche memiliki topik yang saling berhubungan antara satu artikel dengan artikel lainnya, sehingga kontennya akan sangat relevan dan akan membuat blog ini sangat kuat dalam search engine. Artikel yang saling berkesinambungan membuat blog secara umum bergerak dalam satu topik yang sama dan sesuai dengan hasil pencarian.

3. Duduk Di Peringkt Pertama Search Engine Lebih Besar

Nah artikel yang saling berkesinambungan dalam blog niche akan membuatnya bisa lebih mudah untuk duduk di 10 besar hasil penelusuran Google.

4. Kedalaman Informasi Sangat Bagus

Blog dengan satu niche akan membuat informasi yang disampaikannya lebih baik. Artikel satu dengan yang lainnya akan saling berkesinambungan dalam memberikan informasi.

5. Jenis Monetasi Lebih Fleksibel

Blog niche tidak hanya bergantung pada trafik untuk mendapatkan penghasilan, tapi juga bergantung pada kualitas trafik atau visitor yang datang (visitor loyal). Sehingga blog niche ini sangat cocok dimonetasi dengan afiliasi dan review produk atau post.

Kelemahan Blog Niche

1. Susah Update Artikel

Blog gado-gado akan sangat mudah untuk update artikel secara rutin karena topiknya umum, tapi hal itu bertolak belakang dengan blog niche. Blog dengan satu topik akan membuat penulisnya kesulitan, terutama jika jumlah postingannya sudah mencapai 100 artikel.

Di awal membuat blog memang Anda akan mudah untuk menulis artikel secara rutin. Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan artikel Anda sudah banyak, Anda akan kebingungan harus menulis artikel apa lagi. Apalagi jika Anda tidak menguasai topik blog tersebut secara mendalam.

2. Susah Mendatkan Inspirasi Menulis

Tidak menguasi topik spesifik akan membuat blog niche susah untuk update artikel secara rutin. Blog niche akan terus mengalami kesulitan dalam membuat artikel. Untuk menyiasati masalah itu, para bloger akan membuat kategori atau label baru, tetapi dengan pembahasan yang masih releven dengan topik utama blognya.

Mana yang harus saya pilih?

Pada akhirnya timbul pertanyaan apakah saya harus memiliki blog gado-gado atau blog niche? Tapi menurut saya pribadi, Anda harus menulis sesuai dengan passion, entah itu temanya spesifik atau umum. Bayangkan saja Anda harus menulis artikel selama 3 tahun ke depan atau bahkan lebih, topik apa yang ingin Anda tulis.

Blog gado-gado bisa berubah menjadi blog niche, begitu sebaliknya blog niche bisa diubah menjadi blog gado-gado. Menulislah untuk diri Anda sendiri dan orang lain. Dengan begitu trafik akan datang dengan sendirinya, begitu pula dengan penghasilan. Teruslah membuat artikel untuk visitor Anda supaya bisa dikenal oleh mereka.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan blog gado-gado vs niche. Keduanya tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Semua kembali kepada Anda sebagai penulis dari blog tersebut. Jika Anda benar-benar menguasai satu topik tertentu secara lebih mendalam, lebih baik memiliki blog niche saja. Semoga bermanfaat dan Good Luck!
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment