CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Prospek, Analisis Modal dan Pendapatan, dan Tips Sukses Usaha Jualan Jus Buah

Prospek, Analisis Modal dan Pendapatan, dan Tips Sukses Usaha Jualan Jus Buah

Prospek, Analisis Modal dan Pendapatan, dan Tips Sukses Usaha Jualan Jus Buah

Hampir semua orang suka dengan buah, karena selain memiliki banyak rasa, tapi juga memiliki kandungan gizi yang sangat penting untuk tubuh. Cara untuk memakannya juga bervariasi, ada yang dimakan langsung, dan ada juga yang harus diolah dulu seperti dibuat jus.

Memakan buah juga akan meredakan haus yang dirasakan oleh manusia, terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Nah salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat buah-buahan menjadi lebih segar lagi yaitu dengan membuatnya menjadi jus buah.

Bisnis atau usaha jus buah ini merupakan ide yang tepat untuk dijadikan bisnis sampingan atau musiman. Usaha ini memerlukan usaha yang kecil (mulai dari 500 ribu) namun keuntungan yang didapakan juga cukup besar

Nah pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang prospek, analisis modal dan pendapatan, serta tips usaha jualan jus buah. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Prospek Usaha Jualan Jus Buah

Setiap jenis usaha pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, termasuk juga jualan es buah. Tapi prospek usaha ini menurut saya sangat bagus karena sebagian besar masyarakat Indonesia di perkotaan suka dengan jus buah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah keuntungan dan kelemahan yang harus Anda hadapi ketika berjualan jus buah.

Keuntungan Usaha Jualan Es Buah

Bisnis jualan jus buah tidak tergantung pada momen-momen tertentu. Sebab usaha ini selalu dibutuhkan oleh setiap orang, apalagi kalau musim panas menanti. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari berjualan jus buah.

1. Modal Kecil

Dengan modal Rp 500 saja, Anda sebenarnya sudah bisa berjualan jus buah. Modal sebesar itu digunakan untuk membeli mesin blender dan bahan baku buah-buahan, serta glas plastik dan sedotan. Peralatan pendukung bisa menggunakan peralatan yang sudah ada. Baca juga: 13 Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil 500 Ribu

2. Untung Besar

Meskipun terbilang usaha berskala kecil, tapi keuntungan dari jualan jus buah itu bisa mencapai jutaan rupiah. Minimal Anda akan mendapatkan keuntungan bersih Rp 3 juta perbulan. Anda bisa meraup keuntungan lebih dari itu jika sudah membuka cabang di tempat lain. Analisis keuntungannya bisa Anda lihat di bawah.

3. Target Konsumen Luas

Pangsa pasar dari usaha jualan jus buah ini sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan lansia ekalipun. Sebab jus buah memiliki rasa yang enak dan tentu saja sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sangat cocok untuk masyarakat yang menerapkan gaya hidup sehat. Musim kemarau merupakan musim dimana jualan Anda akan sangat laris dan meningkat tajam.

Kekurangan Usaha Jualan Jus Buah

Secara teori, menjalankan usaha jualan jus buah ini terlihat sangat mudah, tapi tetap saja memiliki risiko kerugiannya juga. Salah satu penyebabnya adalah usaha ini memiliki tingkat persaingan tinggi, banyak orang yang sudah membuka usaha ini mulai dari skala rumahan hingga besar.

Dengan persaingan yang tinggi tentu saja akan membuat usaha Anda ada kalanya ramai dan ada kalanya sepi pembeli. Oleh sebab itu anda harus melakukan inovasi pada usaha ini dan menjualnya dengan harga yang lebih murah, rasa lengkap dan pelayanan yang ramah. Inilah yang harus Anda lakukan jika ingin usaha Anda sukses dengan tingkat persaingan tinggi.

Kemudian keuntungan yang akan Anda dapatkan juga tidak akan terlalu besar jika hanya fokus menjual es buah saja. Anda harus kombinasikan dengan menjual minuman lain dan maknan ringan seperti kue dan keripik.

Sebaiknya Anda lakukan dulu riset pasar kecil-kecilan sebelum memulai usaha jualan es buah ini, mialnya pangsa pasar, kelayakan usaha, dan tingkat kompetitor. Kalau bisa Anda buka usaha ini di lokasi yang memiliki pesaing rendah. Beberapa lokasi yang cocok untuk membuka usaha jualan es buah yaitu, dekat kampus atau sekolah, pinggir jalan yang ramai kendaraan, lokasi wisata, dan di dekat lokasi nyantai seperti taman dan alun-alun.

Analisis Modal Usaha Jus Buah

Nah buat Anda yang serius ingin menjalani usaha jus buah rumahan, berikut ini adalah peralatan yang harus Anda siapkan.

1. Blender

Peralatan pertama yang harus Anda persiapkan adalah Blender. Alat ini berfungsi untuk memblender buah-buahan menjadi jus. Banyak merk Blender yang bisa Anda beli, misalnya Phillips, Viva, Omicko, National, Cosmos, dll. Harga blender merk Phillip pada kisaran Rp 600 ribu, sementara merk Omicko atau National kisaran Rp 150 ribu.

Sesuaikan saja dengan modal yang Anda miliki. Semakin bagus kualitas blender, maka semakin mahal pula harganya. Menurut saya pribadi, Blender merk Phillip sangat saya rekomendasikan karena memiliki kualitas yang sangat bagus. Tapi jika modal Anda terbatas, blender merk National saja sudah cukup.

Untuk cek harga blender, Anda bisa mengeceknya di Marketplace terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada.

2. Mesin Cup Sealer

Mesin Cup Selaer ini berfungsi untuk menutup gelas yang telah terisi jus supaya tidak tumpah. Harga mesin cup selaer yang baru berkisar Rp 800 ribu, sementara yang bekas sekitar Rp 500 ribu. Anda bisa membeli yang bekas saja jika dananya terbatas. Akan tetapi Anda harus memperhatikan kualitasnya, apakah layak pakai atau tidak.

3. Gelas Plastik (Cup) dan Sedotan

Gelas plastik dan sedota merupakan perlengkepan yang harganya relatif lebih murah. Dengan modal 15 ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan 50 gelas plastik. Sementara untuk sedotan harganya sekitar 8 ribuan untuk 1 paknya yang berisi 100 buah sedotan.

4. Buah-Buahan

Buah-buahan adalah bahan baku untuk membuat jus. Anda bisa membelinya di berbagai tempat. Anda juga harus perhatikan kulatias buah-buahan yang harus Anda beli. Beberapa buah-buahan yang banyak diminati untuk dijadikan jus adalah alpukat, buah naga, apel, jeruk, melon, mangga, tomat, sawo, sirsak, dan jenis buah lainnya.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan bahan baku lainnya seperti gula pasir, susu kental manis, coklat bubuk, dan bahan baku lainnya.

5. Perlatan Pendukung

Ada beberapa peralatan pendukung yang harus Anda siapkan supaya bisa lebih mudah untuk berjualan jus buah. Peralatan ini sifatnya permanen, sehingga Anda harus menggantinya jika kondisinya sudah tak layak pakai atau rusak.

Beberapa peralatan yang harus Anda siapkan adalah meja, kursi, etalase, pisau pengupas, tempat sampah, tempat air, wadah es batu, dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya, simak analisa modal yang harus Anda siapkan untuk membuka jus buah ini.

Modal untuk Membeli Peralatan:
  • Blende:  Rp 600.000
  • Mesin sealer cup: Rp 800.000
  • Estalase: Rp 600.000
  • Meja: Rp 300.000
  • Kursi: Rp 100.000
  • Pisau: Rp 20.000
  • Tempat penyimpanan es batu: Rp 100.000
  • Galon: Rp 50.000
  • Toples: Rp 50.000
  • Tempat sampah: Rp 20.000
  • Peralatan tambahan: Rp 100.000
Total biaya yang harus Anda persiapkan untuk usaha ini sebesar Rp 6.340.000,-

Biaya Operasional Bulanan:
  • buah-buahan: Rp 5.000.000
  • Gula pasir: Rp 200.000
  • Susu kental manis: Rp 200.000
  • Coklat bubuk: Rp 100.000
  • Air: Rp 200.000
  • Es batu: Rp 150.000
  • Gelas plastik cup: Rp 450.000
  • Tutup plastik cup: Rp 50.000
  • Sedotan: Rp 50.000
Total biaya operasional bulanan yang harus Anda keluarkan adalah Rp 6.400.000,-

Omset Pendapatan
Rata-rata para penjual es buah, mereka mampu menjual 40 gelas jus buah dalam 1 hari. Bisa lebih banyak atau lebih sedikit. Untuk harganya juga bervariasi, tergantung dari bah apa yang konsumen pesan. Sebab harga setiap buah berbeda-beda. Sehingga Anda bisa menjual jus berkisar harga Rp 7 ribu hingga 10 ribu (sesuai dengan jenis buahnya).

Misalnya saya ambil harga rata-ratanya saja yaitu Rp 8 ribu per gelas. Maka omset yang Anda dapatkan dalam sebulan dari berjualan jus buah ini adalah sebagai berikut.

Rp. 8.000 x 40 cup x 30 hari = Rp 9.600.000,-

Pendapatan bersih setiap bulannya yaitu:
Pendapatan kotor – biaya operasional:
Rp 9.600.000 – Rp 6.400.000 = Rp 3.200.000,-

Bayangkan jika Anda memiliki 5 cabang usaha jus buah saja, pendapatan Anda 5 kali lipat dari jumlah di atas. Cukup menguntungkan bukan?

Tips Usaha Berjualan Jus Buah

Tentu tidak salah jika Anda mengharapkan kalau usaha berjualan jus buah ini bisa berjalan lancar dan bisa mendapatkan keuntungan tanpa hambatan. Tapi untuk mencapainya tentu saja tidak mudah, mengingat pesaing usaha ini cukup banyak.

Untuk itu Anda harus melakukan eksperimen dan terobosan-terobosan terbaru supaya usaha Anda bisa tetap bersaing dan mengalahkan pesaing Anda yang lainnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk berjualan jus buah.

1. Harga Lebih Murah

Kalau saya perhatikan, umumnya harga jus buah per gelasnya sekitar Rp 7 ribu hingga 10 ribu. Untuk itu Anda harus memperhatikan para pesaing di sekitar Anda. Jika pesaing Anda menjual jus 10 ribu per gelas, Anda harus berani menjualnya seharga 9 ribu per gelas.

Menerapkan harga yang lebih murah dari pesaing Anda merupakan cara yang paling efektif untuk memikat calon pelanggan. Sebab sebagian dari mereka akan membeli barang yang sama dengan harga yang lebih murah.

2. Perhatikan Kualitas Rasanya

Cobalah belajar untuk membuat jus yang layak dijual sebelum membuka usaha ini. Pastikan tekstur juah buah yang Anda buat memiliki rasa yang enak dan bisa membuat pelanggan ingin membeli lagi kembali ke Anda. Nah Anda bisa mencari berbagai resep jus buah untuk berjualan di internet, salah satunya adalah cookpad.com.

Selain harus memiliki rasa yang nikmat, Anda juga harus memperhatikan bahan bakunya (buah). Anda harus membeli aneka buah yang berkualitas. Misalnya Anda jangan asal-asalan dalam membeli Alpukat karena bisa jadi Anda membelinya dengan rasa yang pahit. Dengan begitu jus buah yang nantinya Anda buat tidak akan enak.

3. Inovasi Rasa

Bisnis kuliner seperti jualan jus buah pasti bakal mengalami pasang surut. Jus buah yang Anda jual akan laris manis ketika pertama kali membuka usaha ini. Tapi secara perlahan konsumen Anda akan menurun, bahkan sangat sepi yang beli. Mungkin salah satu penyebabnya karena mereka sudah bosan dengan menu jus buah yang itu-itu saja.

Oleh sebab itulah Anda harus melakukan inovasi pada rasa supaya omset usaha jualan jus bisa stabil. Dengan melakukan inovasi, konsumen tidak akan jenuh dengan jus buah yang Anda buat. Misalnya Anda membuat jus buah yang dicampur dengan soda, madu, susu, atau Yourt. Dengan begitu, jus buah yang Anda buat akan memiliki rasa yang berbeda dan unik, sehingga konsumen tidak akan jenuh.

4. Pilih Buah-Buahan yang Segar

Sebelumnya sudah saya jelaskan kalau bahan baku sangat berpengaruh terhadap kualitas jus yang Anda buat. Oleh sebab itu Anda harus memiliki buah-buahan yang segar supaya rasa jus yang dibuat segar. Jangan membeli bahan baku yang sudah busuk atau sudah layu yang akan membuat rasa jus tidak enak dan konsumen enggan untuk membeli lagi produk Anda.

Untuk membeli buah-buahan yang segar, Anda jangan langsung membelinya dalam jumlah besar. Anda harus bisa memprediksi apakah dalam waktu 3 hari buah-buahan tersebut habis. Dengan begitu kesegarannya akan tetap terjaga.

Itulah salah satu usaha modal kecil dengan penghasilan sangt menjanjikan. Apalagi jika Anda berjualan es buah di lokasi yang strategis. Semoga bermanfaat dan Good luck.

Baca juga artikel lainnya seputar Bisnis atau artikel lainnya di Cecepkocep
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment