CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Always Page One! Inilah 8 Indikator Blog yang Memiliki SEO Berkualitas

Always Page One! Inilah 8 Indikator Blog yang Memiliki SEO Berkualitas

Indikator SEO untuk Blog 2019

SEO merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah blog. Dengan memiliki kualitas SEO yang bagus, maka kemungkinan untuk berada di halaman pertama mesin pencari juga sangat besar. Denga begitu blog Anda akan dikenal banyak orang dan tentu saja akan mendapatkan trafik 10 kali lipat lebih besar.

Bukan itu saja, para pengunjung yang berasal dari halaman pencari juga haus akan informasi dan ingin membeli produk. Dengan begitu SEO itu sangat penting, terutama untuk website bisnis yang menjual produk atau jasa. Conversion rate dari pengunjung blog Anda sangat besar, sehingga Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan.

Indikator Kualitas SEO untuk Blog 2019

Lalu indikator atau ciri-cirinya seperti apa bahwa sebuah blog memiliki kualitas SEO yang bagus? Untuk indikatornya sendiri terus berubah mengikuti update algoritma dari Google. Google memiliki banyak indikator untuk menentukan halaman mana yang layak di posisi teratas. Indikator-indikator tersebut berfungi untuk menilai bahwa halaman blog ang diindeksGoogle dan menentukan posisi di hasil pencarian Google.

Setidaknya ada 8 indikator utama SEO 2019 sebagaimana dilansir dari Niagahoster. Apa saja kedelapan indikator tersebut? Yuk simak baik-baik artikelnya di bawah ini.

1. Struktur URL

Salah satu ciri-ciri blog yang memiliki kualitas SEO bagus bisa dilihat dari struktur URL-nya. Strukutur URL yang baik akan mempermudah mesin pencari untuk mengenali blog Anda dan topik utama yang Anda bahas.

Untuk itu usahakan untuk membuat struktur URL yang sederhana sebelum memposting sebuah artikel. Strukur URL cukup terdiri dari nama domain dan judul artikel (https://www.bloganda.com/judul-artikel). Misalnya seperti ini: 

https://www.cecepkocep.com/pengertian-seo-dan-manfaatnya

2. Keamanan Domain

Keamanan sangat krusial di dunia maya. Anda harus hati-hati dalam memberikan informasi pribadinya kepada sebuah website untuk menghindari penyalahgunaan informasi pribdi. Untuk mengatasi masalah itu, Google lebih mengarahkan pencarian pada website dengan standar yang baik. Google mulai mengutamakan website-website dengan kemaman dunia yang baik sejak 2014 lalu. Keamanan domain yang bagus bisa dilhat dari kepemilkan SSL (HTTPS) di domainnya.

Kemudian sejak tahun 201 lalu, Google Chrome menerapkan kebijakan bahwa website dengan menggunakan HTTP adalah tidak aman untuk menyerahkan informasi seperti alamat email dan rekening. Jadi, jika blog Anda masih menggunakan HTTP, sekarang ganti saja ke HTTPS.


3. Topik Konten

Untuk membangun struktur website yang bagus, Anda harus memiliki beberapa topik utama yang saling berhubungan. Kemudian Anda harus membuat konten mengenai konten mengenai topik-topik tersebut. Semakin banyak konten yang membahas satu konten tertentu, semakin besar juga kemungkinannya untuk muncul di halaman pertama mesin pencari.

Misalnya topik atau niche blog Anda adalah gadget dengan salah satu topik utamanya adalah review gadget. Jika blog Anda memiliki 30 konten yang membahas topik tersebut, kemungkinan untuk berada di halaman mesin pencari lebh besar dibandingkan dengan 5 konten yang membahas satu topik yang sama.


4. Search Intent

Search Intent (maksud pencarian) adalah apa yang diinginkan oleh kebanyakan pencari pada satu kata kunci tertentu. Satu kunci tersebut bisa memiliki 2 maksud yang berbeda. Misalnya ketika Anda memasukkan kata kunci “big bang theory”, maka yang akan muncul di hasil pencarianmesin pencari adalah serial televisi Amerika Serikat dengan judul The Big Bang Theory. Padahal yang Anda maksud adalah halaman yang membahas teori big bang,

Kenapa hal seperti itu bisa terjadi? Sebab kebanyakan pengguna yang mencari kata kunci “big bang theory” tujuannya untuk mencari serial televisi, bukan teori sains. Dengan begitu Google lebih mengutamakan website yang sesuai dengan seach intent mayoritas pengguna.

Jadi, sebelum menulis sebuah artikel, Anda harus menyesuaikannya dengan search intent terlebih dahulu. Artikel yang tidak sesuai dengan search intent akan sulit untuk mendapatkan posisi tertinggi di hasil pencarian.

Baca juga: Pengertian Search Intent: Strategi Dasar SEO Untuk Kesuksesan Sebuah Blog

5. Struktur Konten

Ok anggap saja Anda sudah membuat artikel yang sesuai dengan sebagian besar para pencari. Tapi ternyata itu belum cukup untuk membuat website Anda memiliki kualitas SEO yang bagus. Anda juga harus membuat konten yang terstruktur dan mudah dibaca oleh pembaca. Artikel yang Anda buat harus benar-benar memudahkan para pembaca untuk menemukan jawaban di dalamnya.

Untuk membuat konten yang terstruktur ini, Anda haru menggunakan heading dan subheading untuk poin-poin pentng dalam sebuah artikel. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan gambar, foto, infografik ataupun video supaya para pembaca lebih memahami artikel Anda.

Dengan memiliki konten yang terstruktur, para pengunjung akan lebih lama berada di halama blog Anda. Semakin lama mereka berada di blog Anda, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan rangking tinggi pada hasil pencarian.

6. Meta Tags

Google akan lebih mudah memahami keseluruhan konten yang Anda buat dalam sebuah Website jika menggunakan Meta Tags. Meta Tags ini terdiri dari tittle tag dan meta description. Tittle Tag merupakan judul artikel yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel ini tidak boleh terlau panjang karena Google akan memotonya dan disesuaikan dengan standarnya.

Sementara meta description adalah teks singkat yang menjelaskan konten Anda di hasil pencarian. Teks ini terletak di bawah judlu dan URL artikel. Meta description ini biasanya terdiri dari 120 hingga 130 kata.

7. Backlink

Backlink merupakan link yang dipasang pada sebuah blog lain yang mengarah ke blog Anda. Backlink termasuk salah satu faktor yang akan membuat blog Anda memiliki SEO yang berkualitas. Semakin banyak backlink yang mengarah ke blog Anda, maka kredibilitas blog Anda akan tinggi di mata Google. Akan tetapi backlink tersebut harus berasal dari blog yang berkualitas.

8. Kecepatan Blog

Faktor penentu lainnya untuk website yang memiliki kualitas SEO bagus adalah kecepatan website. Kecepatan loading sebuah blog memegang peranan penting dalam kualitas SEO blog Anda. Sejak tahun 2010 lalu, Google sudah menjadikan page speed (kecepatan loading halamn) sebagai salah satu indikator kualitas SEO. Tapi waktu itu Google hanya berfokus pada kecepatan loading di perangkat desktop.

Akan tetapi pad 2018 lalu, Google memperbarui regulasinya dengan mengikutsertakan kecepatan loading halaman di perangkat mobile sebagai indikator SEO. Jadi blog Anda harus memiliki page speed tinggi, baik itu untuk perangkat desktop maupun mobile, supaya blog Anda memiliki kualitas SEO yang bagus. Untuk melihat page speed blog Anda: silahkan cek disini: PageSpeed Insights

Itulah indikator atau ciri-ciri blog yang memiliki kualitas SEO tinggi. Kedelapan indikator tersebut kapan saja bisa berubah lagi menyesuaikan dengan update algoritma Google. Denga begitu Anda harus selalu mengikuti perkembangan yang dirilis Google supaya bisa menyesuaikan dengan komonen-komponen EO Anda dengan algoritma terbaru.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment