CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Masha Mobile Legends Bang Bang

Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Masha Mobile Legends Bang Bang


Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Masha Mobile Legends Bang Bang

Masha merupakan fighter yang memiliki karakteristik sangat unik di Mobile Legends Bang Bang. Sebab dia memiliki 3 bar HP yang akan membuatnya akan sulit mati. Selain itu dia juga memiliki regen HP yang tinggi yang akan membuat tidak balik ke base untuk mengisi darah.

Masha memiliki specialty Regen dan Damage dengan attack dan defense yang sangat besar. Tapi sayangnya hal itu juga diimbangi dengan tingkat kesulitannya yang cukup tinggi. Kemudian dia juga memiliki kemampuan CC (Crowd Control) yang sangat unik, yaitu efek disarm.

Ok pada artikel kali ini Cecepkocep akan sedikit berbagi tentang tutorial cara bermain Masha Mobile Legends. Saya juga akan berikan rekomendasi build itemnya. Tapi sebelum itu saya akan terangkan terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan Masha. Yuk simak baik-baik ulasanya di bawah ini.

Kelebihan dan Kelemahan Masha

Setiap hero di Mobile Legends tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan, termasuk juga Masha. Kelebihan dan kelemahan ini bisa kalian jadikan pertimbangan apakah harus membelinya atau tidak. Ini dia kelebihan dan kelemahan Masha versi saya.

Kelebihan Masha

  • HP Super Tebal: Inilah yang menjadi kelebihan utam dari Masha. Dia memiliki 3 bar HP dengan total HP sebesar 1948 setiap barnya. Jadi kalau ditotalkan HP yang dia miliki 5844 points dan ini adalah keadaan normalnya (tanpa item dan emblem). Jumlah ini tentu akan meningkat jika menggunakan item penambah HP dan emblem.
  • Regen HP Tinggi: Skill keempat akan membuat Masha jarang balik ke base untuk mengisi darah. Dia hanya perlu keluar dari teamfight dan energinya penuh, maka bisa langsung regen HP sebesar 1 bar. Kemudian dia juga akan mendapatkan tambahan 10% lifesteal ketika dia kehilangan 1 bar HP. Hal ini tentu saja akan membuat Masha sangat sulit untuk dibunuh.
  • Hero Anti Tanker: Masha memiliki skill yang hampir mirip seperti skill pasif Karrie dan pasif Demon Hunter Sword, yakni bisa memberikan damage kepada target sesuai dengan Max HP yang mereka miliki. Semakin tebal HP target, semakin besar pula damage yang diberikan oleh Masha.
  • Durability Tinggi: Semua skill yang dimiliki Masha memang tidak memberikan penambahan Physical ataupun Magical Defense, tapi dia memiliki HP dan regen HP yang tinggi. Tapi dia juga memiliki kemampuan yang bisa mengurangi waktu efek CC musuh sebesar 60% ketika darahnya tersisa 1 bar. Tentu saja hal ini akan semakin efektif lagi jika digabungkan dengan item Tough Boots.
  • Punya Skill CC: Masha juga memiliki skill CC yaitu efek Disarm. Efek ini akan membut target tidak bisa mengeluarkan basic attack. Tentu saja efek ini akan sangat berguna untuk melawan hero-hero marksman ataupun fighter yang sangat bergantung pada basic attack.
  • Tidak Menggunakan Sistem Mana: Ini juga termasuk suatu kelebihan bagi Masha karena tidak menggunakan system mana untuk menggunkan skillnya. Jadi kita tidak harus repot-repot mikirin harus balik ke base karena kehabisan mana. Energinya juga hanya digunakan untuk menggunakan skill 4.

Kelemahan Masha

  • Tidak Punya Skill Kabur: Skill kedua Masha memang bisa meningkatkan movement speed yang sangat besar, tapi itu belum cukup untuk membuatnya bisa kabur, terutama dari musuh yang memiliki skill CC. Dia tidak memiliki skill kabur berupa dash atau blink yang membuatnya bisa menembus tembok atau dinding.
  • Minim Skill CC: Tidak seperti kebanyakan hero fighter lainnya yang bisa memberikan efek CC, Masha sangat minim skill CC. Skill CC yang dia miliki hanya skill 2 berupa efek disarm dimana musuh tidak bisa menggunakan basic attack. Tapi efek ini juga bisa dengan cepat diakhiri dengan cara mengambil senjata di tempat pertama kali kita terkena skill ini.
  • Cukup Sulit Digunakan: Sebenarnya yang harus kita pertimbangkan ketika menggunakan Masha ini adalah skill pertamanya. Sebab jika kita menggunakan skill ini terlalu lam, maka darahnya akan terus terkuras hingga habis. Dengan begitu kita harus benar tahu kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan skill ini.

Build Item, Emblem, dan Spell Masha

Masha memiliki dua role sekaligus kalau kita perhatikan dari statistiknya, yaitu fighter dan Tank. Dengan begitu kita bisa menggunakannya sebagai fighter (full damage), tank (full tank), dan semi tank (hybrid tank dan fighter). Saya memberikan rekomendasi build item untuk ketiganya. Ini dia rekomendasi build item untuk Masha.

Build Item Masha

Build Item Masha Mobile Legends
Build item baris pertama bisa digunakan jika kita ingin menggunakan Masha sebagai fighter full damage. Saya mengandalkan lifesteal dan attack speed karena disesuaikan dengan skill yang dimilikinya. Build item baris kedua bisa digunakan jika ingin menggunakan Masha sebagai semi tank. Sebab di build ini saya menggunakan kombinasi item attack dan defense. Build item ketiga adalah full tank.

Baca juga: Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Baxia (Bixi) Mobile Legends Bang Bang

Warrior Boots: untuk melawan banyak hero-hero physical damge seperti marksman dan figher karena akan mendapatkan tambahan armor. Gunakan Tough Boots jika di tim musuh terdapat banyak hero Crowd Control.
Demon Hunter Sword: item ini berfungsi untuk attack speed, lifesteal, dan pasifnya disesuaikan dengan skill pasif dan skill 1 Masha. Sehingga akan membuat Masha lebih cepat untuk menghabisi darah lawan.

Golden Staff: Demon Hunter Sword dan Golden Staff sangat cocok dikombinasikan dan akan membuat attack speed Masha semakin besar lagi.

Endless Battle: item ini berfungsi untuk lifesteal, HP, movement speed, dan true damage. Dengan item ini akan membuat Masha sangat sulit untuk dibunuh. Terlebih jika bar HP masha masih tersisa 2 bar.

Corrosion Scythe: item ini akan membuat attack speed Masha semakin besar lagi. Sebab item ini memberikan attck speed yang besar.

Rose Gold Meteor: item ini berfungsi untuk menghindari ‘one combo kill’ seperti Eudora dan Aurora. Sebab item ini memberikan shield ketika darah kita sekarat.

Wing of the Apocalypse Queen: Item ini untuk meningkatkan lifestealh Masha ketika darahnya kurang dari 40%. Selain itu tambahan HP dari item ini juga sangat besar, sehingga Masha akan memiliki HP yang lebih tebal lagi.

Athena’s Shield: tak perlu ditanyakan lagi ya kalau fungsi item yaitu untuk meningkatkan magical defense ketika melawan hero-hero mage seperti Gusion dan Lunox.

Blade Armor: item ini berfungsi untuk meningkatkan physical defense dan wajib digunakan ketika menggunakan hero-hero physical seperti marksman dan fighter.

Antique Cuirass: item ini berfungsi untuk mengurangi physical dan magical power musuh. Sangat cocok untuk melawan hero-hero assassin seperti Hayabusa dan Lancelot.

Sky Guardian Helmet: dengan item ini akan membuat Masha memiliki HP yang super tebal dan regen HP yang tinggi.

Immortality: berfungsi untuk meningkatkan phycial defense, HP, dan akan membuat Masha Immortal atau bisa hidup kembali setelah mati.

Baca juga: Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain X.Borg Mobile Legends

Rekomendasi Emblem dan Spell

Jika kalian menggunakan Masha sebagai fighter, gunakan Custom Fighter Emlem atau Custom Assassin Emblem. Jika sebagai Tank, gunakan saja Custom Tank Emblem atau Custom Support Emblem.

Untuk spell saya merekomendasikan sprint atau flicker. Sebab Masha ini memiliki mekanisme skill kabur yang sangat buruk. Dengan flicker, Masha bisa dengan mudah untuk kabur ataupun masuk teamfight.

Penjelasan Skill Marsha

Berbeda dari hero-hero pada umumnya yang memiliki 4 skill, Marsha memiliki 5 skill dengan 1 skill pasif dan 4 skill aktif. Akan salah satu skillnya tidak bisa digunakan di sembarang waktu, atau hanya dalam keadan tertentu saja kita bisa menggunakannya.

Skill Pasif: Ancient Strength

Pasif 1: Marsha memiliki 3 Bar HP dan akan mati jika telah Bar HP terakhirnya habis. Nah, setiap kehilangan satu kali bar HP, dia bisa memblokir damage sebanyak satu kali. Dengan begitu dia akan immune terhadap damage setiap kehilangan 1 bar HP.

Pasif 2: Setiap kali Masha kehilangan 1% HP, maka attack speed-nya akan meningkat sebesar 1.2% berdasarkan total HP dari 3 bar HP. Jadi setiap Masha sekarat, attack speed-nya akan menigkat. Attack Speed akan semakin besar jika total 3 bar Masha juga besar.

Pasif 3: Masha akan mendapatkan 10% Physical Lifesteal ketika dia kehilangan Bar HP pertamanya. Physical Lifesteal ini akan meningkat sebesar 20% dan akan mengurangi 60% waktu CC yang diterima ketika kehilangan Bar HP kedua.

Skill 1: Wild Power

Skill 1.1: Ketika menggunakan skill 1, Movement Speed Masha akan meningkat sebesar 30% dan memberikan physical damage yang setara dengan 3.5% Max HP Target dengan basic attack. Jika targetnya adalah reep, damage yang diberikan hanya mencapai 350 damage.

Skill 1.2: Setelah skill 1 diaktifkan, setiap 1 detik Masha akan kehilangan 0.8% dari Max HP (total HP dari 3 bar). Dengan begitu kita harus benar-benar bijak dalam menggunakan skill 1 ini karena darahnya akan benar-benar terkuras habis jika digunakan dalam waktu lama.

Skill 2: Howl Shock

Skill 2.1: Masha akan mengeluarkan energy wave ke arah yang kita tentukan dan akan memberikan physical damage jika mengenai target. Skill ini juga akan memberikan efek slow kepada mereka sebear 40% yang berlangsung selama 1 detik.

Skill 2.2: Jika skill 2 Masha ini mengenai target, maka target itu kan terkena efek Disarm, yaitu mereka tidak bisa mengeluarkan basic attack. Efek ini bisa diakhiri jika target kembali mengambil senjata ditempat dia terkena skill 2 Masha.

Baca juga: Build Item/Gear, Emblem, dan Tutorial Lengkap Terizla Mobile Legends

Skill 3: Thunderclap

Masha akan melepaskan sebuah charge yang sangat kuat setelah mengurangi 50% dari HP-nya saat ini. Ketika mendekati target, dia akan melepakan Thunderclap yang memberikan physical damage sesuai dengan max HP yang dia mereka miliki. Selain itu target juga akan terkena efek slow sebesar 90% selama 0.5 detik.

Skill 4: Life Recovery

Masha akan memulihkan HP-nya sebanyak 1 bar. Skill ini hanya bisa digunakan ketika energy Masha penuh dan tidak sedang dalam kondisi battle. Jadi skill ini tidak bisa digunakan ketika sedang war, kalau bisa nanti Masha jadi semakin OP hehehe. Ketika menggunakan skill ini, Masha akan invicible (tidak terlihat) seperti skill 3 Miya.

Kombo Skill Masha

Kalau menurut saya sebenarnya tidak ada kombo khsusus ketika menggunakan Masha ini. Penggunaan skillnya ini menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Untuk mengejar musuh, gunakan skill 1 (dengan catatan HP haru penuh). Kemudian untuk memberikan CC gunakan skill 2, dan untuk finishing gunakan skill 3. Keluar dari teamfight untuk regen HP dengan skill 4. Kombo skillnya mungkin akan seperti in:

Skill 1 – Skill 2 – Skill – Skill 4

Cara Bermain Masha

  • Maksimalkan Skill 1: Skill 1 adalah skill utama dari Masha karena memiliki damage yang cukup besar. Semakin tebal darah musuh, maka damage dari skill ini semakin besar. Sebab skill ini mengambil damage sesuai dengan Max HP Target. Skill ini juga bisa kita gunakan untuk farming karena akan memberikan damage yang sangat besar, sehingga kita bisa farming dengan cepat.
  • Gunakan Skill 1 dengan Bijak: Skill 1 memang merupakan skill utama bagi Masha karena bisa memberikan damage yang besar. Akan tetapi, kamu jangan menggunakan skill ini jika sedang tidak menyerang musuh. Setelah keluar dari teamfight, segera matikan skill ini supaya darah kalian tidak terbuang begitu saja. 
  • Skill 2 Mengenai Marksman: Skill 2 Masha akan memberikan efek Disarm pada targetnya, sehingga akan membuat mereka tidak bisa mengeluarkan basic attack. Dengan begitu, kemampuan ini sangat bagus untuk melawan hero-hero yang sangat tergantung pada basic attack, diantaranya adalah marksman. Nah skill ini tentu akan sangat berguna untuk melawan marksman di late game karena basic attack mereka benar-benar akan memberikan damage yang sangat besar.
  • Gunakan Hero Lock Mode: Sebaiknya kalian aktifkan hero lock mode supaya tidak salah sasaran ketika menyerang, terutama ketika menggunakan skill 3. Skill ini mirip seperti skill 3 Martis dan Karina, sehingga kalian harus menyerang musuh yang benar-benar ideal. Biasanya lock hero-hero yang memiliki darah paling kecil.
  • Waspada pada Hero-Hero CC dan Burst Damage: Meskipun Masha ini memiliki HP dan regen HP yang sangat tinggi, tapi dia sama sekali tidak memiliki armor ataupun magic resistance. Efek lifesteal dari Masha tidak akan bekerja ketika terkena efek CC. Apalagi jika diserang dengan hero-hero burst damage tinggi seperti Aurora dan Eudora.

Nah itulah sedikit tutorial Masha dari Cecepkocep. Untuk tambahan detailnya kalian bisa tonton di Youtube ataupun web lain. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment