CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
6 Manfaat SEO untuk Keberhasilan Sebuah Blog atau Website Dalam Bisnis

6 Manfaat SEO untuk Keberhasilan Sebuah Blog atau Website Dalam Bisnis


Manfaat SEO untuk Keberhasilan Sebuah Blog atau Blog Dalam Bisnis
Kalau Anda melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google dan Bing, Anda akan melihat daftar website yang relevan dengan informasi yang ingin Anda dapatkan. Mesin pencari tidak mengurutkan mengurutkan hasil pencarian tersebut secara acak, tetapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas website atau blog.

Banyak faktor yang diguakan oleh mesin pencari untuk menentukan relevansi dan kualits blog. Salah satu faktor yang melatarbelakanginya adalah SEO.

Apa itu SEO?

Search Engine Optimazation atau disingkat SEO adalah metode yang digunakan untuk mengoptimasi sebuah website supaya bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu dalam mengurutkan website-website berdasarkan ranking. Dengan mempraktikan SEO, website yang kita punya sudah sesuai dengan algoritma tersebut.

SEO masih menjadi salah satu metode digital marketing paling penting saat ini, meskipun sudah banyak juga orang yang menganggap tidak demikian. Salah satu alasannya karena SEO sudah tidak lagi relevan untuk digital marketing. Tapi pada kenyataannya, kualitas SEO dari sebuah Website atau Blog akan menentukan performa blog Anda di hasil pencarian.

Kualitas SEO yang baik akan membuat blog Anda memiliki kemungkinan berada di peringkat atas hasil pencarian. Dengan begitu blog And akan lebih mudah ditemukan oleh banyak orang melalui mesin pencari.

Manfaat SEO untuk Blog

Seperti sudah saya singgung sebelumnya bahwa SEO masih relevan dan akan terus relevan untuk kesuksesan metode digital marketing. Kualitas SEO akan menentukan posisi blog Anda di hasil pencarian.

Sebenarnya manfaat SEO itu apa sehingga sangat penting untuk digital marketing? Nah di bawah ini saya akan sedikit memberikan beberapa manfaat jika Anda mengoptimasi SEO. Simak baik-baik artikelnya di bawah ini.

1. Mendapatkan Sumber Informasi Utama

Seiring dengan terus berkembangnya bidang teknologi, perilaku masyarakat juga turut berkembang, termasuk dalam mencari infomasi yang mereka inginkan. Dulu, mereka mencari informasi melalui koran, televise, dan radio. Tapi sekarang hanya dengan sekali klik saja mereka sudah mendapatkan informasi yang diinginkan. Melalui apa? Tentu saja melalui mesin pencari (misalnya Google).

Jangan jauh-jauh dulu, Anda kalau tidak tahu arti SEO, Anda bisa mencarinya langsung di halaman pencarian Google. Anda tinggal ketikkan ‘apa itu SEO’, lalu Enter, maka Anda akan mendapatkan jawabannya. Di sana akan ada beberapa website yang direkomendasikan oleh Google untuk Anda kunjungi.

Dengan begitu, sebagian besar besar orang akan menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari berbagai macam infomasi. Bahkan pada 75% mayoritas masyarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan informasi dan angka ini akan terus meningkat setiap tahunnya.

2. Mendapatkan Trafik

Perlu Anda ketahui bahwa muncul di hasil pencarian Google saja belum cukup. Trafik blog akan tetap kecil jika blog Anda masih berada di halaman kedua, ketiga, atau diatasnya. Bahkan menurut penelitian InfrontWebworks,  91.5% trafik didominasi oleh blog yang muncul di halaman pertam hasil pencarian Google. Tiga posii teratas halaman pertama memperoleh trafik yang sangat besar.

3. Memunculkan Berbagai Kata Kunci

SEO akan membuat blog Anda mudah ditemukan dari berbgai kata kunci. Kualitas SEO yang baik bisa mendapatkan lebih banyak trafik dengan menggunakan berbagai macam kata kunci yang berhubungan dengan topik utama blog Anda.

Misalnya topik blog utama Anda adalah gadget. Anda tidak harus membuat artikel tentang review gadget saja. Sebab ada banyak sekali kata kunci yang berkaitan dengan gadget yang bisa Anda targetkan. Anda bisa membuat artikel tentang aplikasi mobile, tips dan trik merawat gadget, atau bahkan berita tentang gadget.

4. Membangun Brand Awarneness dan Kredibilitas

Semakin mudah blog Anda ditemukan di hasil pencarian, semakin banyak pula orang yang mengetahui blog Anda. Dengan begitu mereka akan semain familiar dengan bisnis Anda dan mereka juga tahu kalau Anda punya blog atau website.

Memang merka tidak akan membeli produk atau jasa yang Anda tawakan, tapi setidaknya mereka sudah tahu kalau bisnis Anda menyediakan kebutuhan mereka.

5. Mudah Mendapatkan Pelanggan

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari situs Similar Web, trafik yang berasal dari hasil mesin pencarian organic 10 kali lipat lebih mudah untuk konversi dibandingkan trafik dari media soial. Pengunjung yang dating dari trafik organik, seperti Google akan lebih mudah dikonversi menjadi pelanggan dibandingkan pengunjung dari media social, seperti Facebook. Dengan begitu, peran SEO sangat krusial untuk bisnis Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

6. Membangun Online Presence

Pada pembahasan di atas sudah saya jelaskan bahwa sebagian orang di dunia sudah tergantung pada mesin pencari untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Mesin pencari seperti Google dan Bing sudah menjadi ketergantungan untuk mereka.

Bahkan Google sendiri menyebtukan bawa masyarakat saat ini tengah memasuki Zero Moment of Truth (ZMO). ZMOT ini merupakn keadaan dmana orang-orang selalu mengandalkan mesin pencari untuk mendapatkan informasi produk sebelum melakukan pembelian, bahkan ketika sedang berada di toko fisik sekalipun.

Google menyebutkan kalau 88% konsumen melakukan riset online terlebih dahulu sebelum malukukan pembelian. Keadaan ini tentu menuntut pemilik bisnis untuk bisa memiliki online presence yang baik supaya mudah ditemukan di internet. Salah satu cara untuk membangun online presence yaitu dengan meningkatkan kualitas SEO.

Sekarang Anda sudah tahu kan seberapa pentingnya SEO untuk digital marketing. Dengan kualitas SEO yang bagus, website Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk berada di halaman pertama Google. Jika sudah berada di halaman pertama, apalagi berada di urutan pertama, blog Anda akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang dan mereka berpeluang akan berkunjung ke blog Anda. Dari sanalah trafik Anda akan tinggi dan akan memiliki peluang mendapatkan pelanggan lebih besar.

Sebenarnya website atau blog Anda bisa sukses tanpa harus menggunakan SEO. Bahkan tidak jarang juga orang yang memiliki website popular tanpa mengerti SEO. Sebab mesin pencari sudah benar-benar pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan website. Akan tetapi, Anda membutuhkan lebih banyak usaha untuk berusaha.

Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar konten dari blog ini tidak dioptimasi dengan SEO. Saya menulis seadanya, sesuai dengan ide yang muncul dalam kepala. Tapi Anda lebih baik menggunakan teknik SEO supaya blog Anda bisa cepat sukses. Good Luck.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment