CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
20+ Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan yang Menguntungkan (Online dan Offline) 2019

20+ Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan yang Menguntungkan (Online dan Offline) 2019

Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

Sebagian besar orang tentu saja ingin memiliki usaha sampingan sebagai tambahan penghasilan dari pekerjaan utama sebagai karyawan. Tapi tidak sedikit orang yang tidak bisa menjalankan usaha sampingan ini karena tidak memiliki ide.

Karena ini adalah usaha sampingan, dengan begitu usaha ini bentuknya hanyalah sebatas pekerjaan tambahan saja. Tapi meskipun hanya perkerjaan sampingan, tujuan utamanya sama dengan pekerjaan utama yaitu mempertebal isi dompet atau menggemukkan rekening Anda.

Sebenarnya Anda tetap harus memiliki usaha sampingan meskipun sudah memiliki gaji di atas rata-rata dari pekerjaan utama Anda, bahkan jika sudah memiliki investasi jangka panjang. Usaha sampingan menurut saya sangat dibutuhkan karena selain untuk mendapatkan tambahan, kita memiliki usaha lain jika terjadi sesuatu yang diiinginkan pada pekerjaan utama, misalnya kena PHK atau dipecat.

Kenapa Harus Memiliki Usaha Sampingan?

Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

1. Perlu Uang Tambahan

Banyak karyawan kantoran yang memiliki gaji pas-pasan, tapi sebarnya memiliki banyak waktu luang. Waktu ini bisa digunakan untuk membuka usaha sampingan untuk menambah pendapatan Anda dalam memenuhi kebutuhan hidp. Uang dari hasil usaha sampingan juga bisa Anda gunakan untuk ditabungkan untuk masa depan Anda dan keluarga.

2. Persiapan Pensiun

Memiliki rencana pensiun perlu dipertimbangkan bagi para pekerja swasta. Nah dengan memiliki usaha sampingan akan sangat menolong Anda ketika menginjak lanjut usia nanti. Usaha sampingan ini bisa menjadi penyambung hidup atau hanya sekedar mengisi aktivitas masa tua Anda. Sebab aktivitas harian setelah pensiun harus tetap dilakukan untuk menjga kesehatan mental Anda.

3. Aktualisasi Diri

Mungkin saat ini Anda tidak menyukai pekerjaan Anda? Atau pekerjaan Anda saat ini tidak sesuai dengan passion Anda? Maka dari itu berbisnis atau membuka usaha yang sesuai dengan passion sangat tepat untuk dilakukan. Meskipun penghasilannya tidak begitu besar, tapi jika bekerja sesuai dengan passion tidak akan membuat Anda tertekan.

Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

Usaha atau bisnis sampingan biasanya dilakukan dengan skala kecil. Tapi meskipun kecil, jika Anda jalani dengan sungguh-sungguh, bisa jadi bisnis kecil tersebut bisa menjadi besar. Niat Anda yang awalnya hanya untuk iseng atau mendapatkan uang tambahan, berubah menjadi penghasilan utama Anda.

Nah jika Anda bingung tidak menemukan ide bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan, saya akan berikan beberapa peluang usaha yang bisa Anda jalani. Modal yang Anda butuhkan bervariasi, dari modal kecil hingga besar. Untuk itu, yuk simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

Menjual Barang

Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

1. Jualan Pulsa Elektrik

Jualan pulsa elektrik merupakan peluang usaha yang sangat cocok dijalankan oleh seorang karyawan ataupun mahasiswa. Sebab kita bisa memasarkannya kepada teman kantor, teman kuliah, teman kos dan sebagainya. Peluang usaha ini cukup menggiurkan dan menguntungkan, meskipun kompetitornya saat ini sudah semakin banyak.

Modal untuk memulai usaha ini juga sangat kecil, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 1 jutaan saja yang digunakan untuk membeli pulsa elektrik dari provider. Untuk mendapatkan pelanggan pertamanya juga sangat mudah, yaitu dengan menawarkannya pada teman Anda sendiri.

Nah untuk menjadi agen pulsa elektrik ini, setiap provider pulsa elektrik memiliki ketentuan masing-masing. Tapi pada umumnya Anda hanya cukup mendaftar dan melakukan deposit, lalu saldo Anda bisa digunakan untuk dijual kembali kepada pelanggan Anda.

Untuk cara mendafatrnya, Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran atau mengirim SMS dengan format yang ditentukan. Beberapa situs yang bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan provider adalah istana-reload.com. Silahkan Anda cek kedua situs tersebut untuk melihat ketentuan dan cara mendaftar untuk menjadi agen pulsa elektronik.

Tips pertama untuk menjalankan usaha ini adalah memilih server atau provider pulsa yang terpercaya yng bisa menjamin transaksi kirim pulsa dengan lancar. Sebab kunci kepercayaan pembeli terletak pada seberapa cepat transaksi dilakukan. Anda juga tidak akan merasa dikejar-kejar oleh konsumen yang kesal karena tidak masuk-masuk jika transaksinya cepat. JeffBezos mengungkapkan kalau hal pertama yang harus diutamakan ketika berbisnis adalah pelanggan. Buat mereka senyaman mungkin.

Nah untuk melakukan promosi, Anda bisa lakukan dengan cara yang sederhana. Misalnya jika Anda adalah seorang karyawan, maka promosikan usaha Anda secara mulut ke mulut. Begit juga jika Anda adalah seorang mahasiswa. Manfaatkan juga sosial media untuk sarana promosi lainnya.

2. Menjual Pakaian Murah

Anda bisa menjual produk yang tahan lama dan tidak bisa kadaluarsa jika ingin menjalankan usaha sampingan yang dikelola secara sederhana. Salah satunya adalah berjualan pakaian. Peluang usaha ini menuru t saya sangat cocok dijalankan oleh seorang karyawan, terlebih pakaian merupakan kebutuhan primier dari manusia.

Modal yang Anda butuhkan untuk menjalankan usaha jualan pakaian murah ini juga relatif karena menyesuaikan dengan stok yang ingin Anda ambil. Misalnya Anda punya modal Rp 1 juta, nah Anda bisa membeli sejumlah pakaian baru dari grosir. Beberapa situs ini bisa Anda pertimbangkan untuk membeli pakaian baru:
Produk-produk yang dijual pada situs-situs tersebut juga variatif dan dijual dengan harga murah serta banyak dicari, misalnya adalah daster, mukena, busana muslim, sarung tenun, dan masih banyak produk lainnya.

3. Jual Beli Motor Bekas

Peluang usaha lainnya yang bisa Anda coba adalah jual beli motor bekas. Sekarang ini sudah banyak kendaraan yang dijual. Bahkan dealer yang ada di kota sekelas kabupaten pun setidaknya sudah bisa melepas 50 hingga 100 unit kendaraan per minggu. Nah Anda bisa ikut andil di dalamnya untuk mendapatkan keuntungan di binsis ini dengan cara jual beli motor bekas atau makelar. Tak ada salahnya untuk membuk display motor di rumah jika Anda sudah mengerti siklus dan persaingan pasarnya.

Secara teknis Anda tidak membutuhkan modal jika ingin memulai usaha sebagai makelar. Tugas utama Anda hanyalah membangun kepercayaan saja. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membantuk menjualkan motor orang lain, lalu mendapatkan komisi.

Jika Anda sudah yakin punya pasar yang jelas, Anda bisa mulai membeli motor bekas yang harganya Rp 10 juta, kemudian dijual lagi dengan mengambil selisih harganya. Anda bisa memanfaatkan situs iklan populer seperti olx.co.id unuk membantu jual beli motor bekas.

4. Makelar Properti

Jumlah penduduk yang terus meningkat membuat properti menjadi bisnis yang juga terus mengalami pertumbuhan. Properti juga merupakan bidang investasi yang paling menjanjikan dan nilai asetnya akan terus bertambah setiap tahunnya..

Sebenarnya Anda tidak memerlukan modal uang untuk menjalani peluang usaha makelar properti ini. Yang Anda butuhkan hanyalah memiliki keahlian komunikasi yang bagus dan jaringan yang luas. Sebab Anda akan banyak menawarkan properti kepada orang lain.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha makelar properti ini adalah melihat lokasi yang sedang membangun perumahan. Kemudian kenali pemilik developer-nya dan tawarkan kerja sama supaya Anda bisa menjadi makelar properti. Cari lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat iklan koran atau informasi lainnya. Cermati setiap iklan properti di wilayah Anda dan hubungi developer-nya.

5. Jualan Baju Bekas

Apakah Anda tahu Billy Mardyono? Para pebisnis mungkin tahu sosok beliau. Ya, dia adalah seorang pebisnis yang sukses menjalankan usaha jualan baju bekas.  Berdasarkan informasi yang dikutip dari money.id, keuntungan yang dia dapatkan dari usaha ini bisa mencapai 100 kali lipat. Tergantung dari pemesan, apakah untuk loak atau pembeli langsung.

Nah Anda bisa mencoba menajal usaha sampingan yang satu ini seperti Billy Mardyono. Manfaatkan media sosial untuk melakukan promosi dan gunakan tagline yang menari. Misalnya Billy menggunakn tagline “Baju Bekas yang penting Ok”. Kemudian kuasai media sosial dan pahami cara marketing. Dan yang tak kalah penting adalah ulet dan mau berusaha.

Peluang Usaha Menjual Aneka Makanan

Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan


6. Jual Aneka Makanan Pagi (Sarapan)

Buat Anda yang memiliki jadwal masuk kerja siang atau sore, kenapa tidak mencoba usaha menjual aneka makanan pagi. Anda menjual makanan untuk karyawan atau mahasiswa yang tak sempat membuat sarapan sendiri untuk mereka di kosan atau rumah.

Usaha menjual makanan pagi ini tidak membutuhkan ruangan yang spesifik. Anda bisa memanfaatkan halaman atau teras rumah untuk menjual makanan tersebut. Untuk mengolah makanannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Bubur Ayam, nasi uduk, nasi kuning, gorengan, dan kopi merupakan menu seerhana yang memiliki nilai jual tinggi.

Usaha menjual makanan pagi juga tidak membutuhkan modal yang besar, modal Rp 4 juta per bulan saja sudah cukup. 80% dari modal tersebut digunkan ntuk membeli bahan-bahan makanan seperti telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran. Sisanya digunakan untuk membeli perlengkapan lainnya.

Jika Anda ulet dalam menjalani usaha jualan makanan pagi ini, keuntungan yang akan Anda dapatkan juga besar. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari beberapa media online, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 2 juta per bulannya. Cukup menjanjikan bukan?

7. Menjual Aneka Kue Rumahan

Buat Anda yang memiliki hobi memasak aneka kue, tak ada salahnya untuk membuka usaha yang satu ini. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hobi yang Anda gemari. Anda bisa menyalurkan hobi tersebut  setelah pulang kerja, atau di sore hari. Kemudian dijual keesokan harinya, entah itu dijul dikantor atau dititipkan ke warung terdekat rumah Anda.

Anda bisa menjual berbagai aneka kue, mulai dari kue tradisional (seperti apem, onde-onde, kue kecur) hingga kue modern (seperti brownies kukus, dll). Anda juga tidak butuh modal yang besar untuk memulai usaha yang satu ini. Modal 8 juta saja sudah cukup untuk memulai usaha menjual aneka kue rumahan ini. Setengah modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan kue, dan sisanya untuk bahan baku.

8. Menjual Katering

Anda juga bisa menyalurkan hobi memasak dengan membuka usaha katering rumahan. Anda bisa mengerjakan usaha ini sepulang dari kantor atau dibantu dengan orang-orang terdekat Anda. Katering yang sering laris adalah nai boks, parasmanan, dan tumpeng. Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini sekitar Rp 3 hingga 6 juta, tergantung dari jumlah permintaan pesanan.

Supaya Anda memiliki kemungkinan besar sukses dari usaha ini, usahakan sajian makanan harus dibuat seenak mungkin dan tentu saja murah. Untuk melakukan promosi, Anda bisa menmberi tahu teman-teman kantor, tetangga, tempat kerja suami, atau menyebarkan browsur di tempat-tempat yang tertentu.


9. Membuka Warung Kopi di Malam Hari

Sekarang ini sedang tren usaha membuka warung kopi atu sering disebut kape. Nah kamu juga bisa membuka usaha yang satu ini sebagai usaha sampingan. Setelah di siang hari Anda ke kantor, di malam harinya Anda bisa kembali bekerja untuk membuka warung kopi. Terlebih usaha usaha ini sangat cocok dijalannkan di malam hari.

Usaha membuka warung kopi ini sangat cocok dilakukan di lokasi-lokasi yang dekat dengan kampus atau kawasa industri. Di malam hari mereka akan berbondong-bondong ke tempat Anda untuk ngopi ngumbul bareng teman-temannya setelah seharian lelah bekerja. Biasanya hal seperti ini dilakukan oleh para karyawan atau mahasiswa.

Sebenarnya tempat untuk usaha warung kopi ini tidak terlalu mewah, sesuaikan saja dengan modal yang Anda miliki. Berdasarkan informasi yang saya lansir dari cermati.com, dengan bermodalkan uang Rp 10 juta saja sudah bisa membuka usaha ini. Modal tersebut sudah termasuk digunakan untukk membeli peralatan seperti gelas, sendok, kursi, meja, dll.

Modal tersebut sudah termasuk untuk sewa tempat untuk berjualan. Dengan begitu modal itu akan lebih sedikit jika Anda bisa memanfaatkan halaman rumah Anda. Jangan hanya berjualan kopi saja, lengkapi dengan aneka makanan lainnya seperti gorengan, rokok, mie instan, dan minuman lainnya.

10. Menjual Parsel

Nah buat Anda yang suka membuat bingkisan dan menghiasanya, kenapa tidak mencoba menjual parsel saja? Terlebih usaha ini juga sangat cocok untuk dijadikan usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jenis barang yang dijual untuk parsel ini beragam, ada makanan, pakaian, hingga seserahan untuk acara pernikahan. Biasanya untuk isi parsel dibeli oleh pihak konsumen, sehingga tugas Anda hanyalah mempersiapkan keranjang dan wadah khusus yang kemudian menghiasnya. Akan tetapi ada juga konsumen yang ingin membali jadi karena idak ingin ribet. Mereka hanya menentukan jenis barangnya saja sebagai isi parselnya.

Sebenarnya usaha menjual Parsel ini tidak terlalu besar, apalagi kalau konsumen sudah memberikan isi bingkisannya. Anda membutuhkan cukup besar jika konsumen ingin membeli parsel yang sudah jadi, sehingga Anda harus membeli isi parselnya.


Menyediakan Jasa

Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

11. Jasa Cuci Motor atau Mobil

Menurut saya usaha ini tidak akan pernah sepi. Sebab orang rela antri berjam-jam hanya untuk medapatkan giliran cuci motor atau mobil. Para pemilik mobil atau motor lebih memilih mencuci kendaraan mereka pada jasa cuci profesional ketimbang harus mencuci sendiri.

Anda tidak perlu membutuhkam modal terlalu besar untuk memulai usaha jasa cuci motor atau mobil ini. Tapi untuk yang pemula lebih baik membuka jasa cuci motor terlebih dahulu karena peralatan yang dibutuhkannya cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

Paling tidak peralatan tersebut bisa didapatkan sekitar Rp 2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, tapi akan lebih besar lagi jika untuk membuka usaha jasa cuci motor yang profesional. Anda membuthkan modal sekitar Rp 10 juta jika ingin membuka usaha jasa cuci motor profesional, 2 juta untuk sewa tempat, 3 juta untuk gaji pegawai, dan 5 juta untuk membeli peralatan lengkap.

12. Menjahit Pakaian

Nah buat Anda yang memiliki keterampilan menjahit pakaian, Anda bisa menyalurkan kemampuan itu menjadi sebuah peluang usaha sampingan. Memang kedengarannya kurang begitu menarik, tapi kembali lagi kepada konsep Anda untuk membuat usaha sampingan, yaiut membuat waktu luang menjadi lebih bermanfaat dan menghasilkan uang.

Tahap pertama yang harus Anda tempuh untuk memulai usaha menjahit pakaian ini tentu saja yaitu membeli mesin jahit. Anda bisa membelinya di toko terdekat maupun secara online. Beli saja mesin jahit yang tidak terlalu mahal atau bekas jug tak masalah selama bisa dipakai. Dana minimal yang Anda butuhkan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah Rp 3 juta.

Untuk mencari pelanggan, coba dekati orang-orang di sekitar Anda. Akan tetapi Anda harus batasi pesanan karena Anda memiliki waktu yang terbatas. Jika sudah memiliki banyak pelanggan dan pesanan semakin banyak, Anda bisa membayar tenaga kerja yang standar jahitnnya dengan Anda.

13. Les Privat

Peluang usaha Les Privat atau jasa mengajar sangat cocok dijalankan oleh Anda seorang guru atau mahasiswa yang ingin menambah penghasilan. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing dan musik juga termasuk bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya.

Tahap awal untu menjalankan usaha ini biasanya Anda mulai dari rumah ke rumah untuk mendatangi murid. Tetapi jika nanti Anda sudah dikenal dan memiliki banyak murid, Anda bisa membuka tempat lest sendiri di rumah.Dengan begitu Anda tidak perlu keliling, tapi murid-murid Anda yang akan datang ke rumah Anda.

Untuk memulai usaha les privat ini cukup kecil. Anda hanya membutuhkan alat transfportasi untuk keliling mendatangi murid-murid Anda. Jika ingin membuka les privat di rumah, Anda membutuhkan modal yang cukup besar untuk membeli peralatan alat tulis dan ruang belajar. Untuk tarif les Anda bisa tentukan sendiri, tap menyesuaikan dengan pasaran biaya les di lokasi Anda.

14. Laundry Kiloan

Membuka usaha Laundry saat ini sangat tepat untuk dilakukan. Sebab di zaman sekarang sudah serba praktis dan masih banyak orang yang pragmatis. Maka dari itu pemain bisnis ini semakin menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan kampus dan kawan industri. Karena pemain yang terjun ke dalam bisnis ini, mak persainganannya pun menjadi lebih ketat. Sehingga harga juga ikut bersaing.

Sebelum membuka usaha jasa Laundry ini, Anda harus pintar dalam mencari celah, terutama yang harus dipertimbangkan adalah pangsa pasarnya. Menentukan tempat yang strategis sangat menentukan untuk membuka usaha ini, yaitu lokasi yang dekat dengan kampus dan kawasan industri.

Modal yang Anda butuhkan untu memulai usaha ini berkisar Rp 8 juta. Setengah dari modal tersebut digunakan untuk membeli mesin cuci dan mesing pengering. Setengahnya lagi digunakan untuk membeli peralatan pendukung seperti timbangan, plastik, dan setrika serta gaji karyawan.

15. Jasa Pengetikan

Usaha jasa pengetikan ini sangat laku di daerah sekitar kampus. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas akhir ataupun tugas perkuliahan lainnya. Ide ini sangat cocok dijalankan sebagai usaha samingan yang cukup menarik karena Anda hanya perlu mengetik saja.

Tarif yang digunakan untu jasa pengetikan ini biasanya per halaman atau per kata. Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini juga tidak terlalu besar. Anda hanya membutuhkan beberapa pelatan saja, yaitu Laptop atau komputer, printer, kertas, scanner, dan peralatan lainnya sebagai pendukung.

Untuk promosi, Anda bisa melakukannya dengan cara menyebarkan selebaran atau pamflet. Anda juga bisa melakukan promosi dengan internet marketing, terutama jika ingin membuka usaha jasa pengetian online.

16. Agen Asuransi

Agen Asuransi merupakan usaha sampingan yang sangat cocok karena tidak mengikat, tidak butuh modal, tapi memberikan pendapatan secara berkelanjutan selama nasabah terdaftar dalam suatu program asuransi.

Usaha ini sangat menarik, terlebih penghasilannya juga proporsional. Anda harus bekerja keras dan sanggup menjual produk asuransi dalam jumlah besar jika ingin mendapatkan penghasilan yang tinggi. Bahkan jika Anda memang memiliki kemampuan yang lebih besar di bidang ini, Anda akan diberikan kesempatan untuk training ataupun studi banding ke berbagai tempat di dunia. Cukup menjanjikan bukan!

Peluang Usaha Online

Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan

17. Membuat Blog

Jika Anda memiliki kemampuan menulis, tak ada salahnya untuk menyalurkannya menjadi seorang blogger. Akan tetapi untuk bisa berhasil dari usaha yang satu ini tidaklah mudah. Anda harus mendapatkan visitor atau pengunjung yang sangat banyak supaya bisa menghasilkan. Inilah kunci utama jika Anda ingin sukses menjadi seorang blogger.

Sebenarnya Anda juga bisa membeli trafik visitor kepada beberapa penyedia layanan jasa trafik, tapi menurut itu sangat keliru jika tidak dilakukan dengan benar. Sebab mungkin saja visitor yang berkununjung ke blog Anda bukan manusia, tapi fake trafik yang justru tidak akan memberikan keuntungan apapun pada blog Anda.

Sebelum memulai usaha sebagai blogger, Anda harus menentukan niche blog terlebih dahulu. Memilih niche juga tidak bisa sembarangan. Anda harus memilih niche yang sesuai yang sesuai dengan passion atau kemampuan yang Anda miliki. Misalnya menyukai barang-barang elektronik, nah blog Anda bisa bisa isi dengan artikel tersebut. Jika konten Anda berkualitas, secara perlahan akan banyak pembaca yang berkunjung ke blog Anda. Baca juga: 4 Cara Mencari Niche yang Tepat Untuk Blogger Pemula

Jika konten Anda bagus dan memiliki banyak pengunjung, blog Anda bisa monetasi untuk mendapatkan uang. Caranya juga sangat beragam, salah satunya adalah tergabung dengan jaringan periklanan profesional seperti Google Adsense. Anda tidak perlu banyak modal dari usaha ini selain laptop/PC dan koneksi internet.

18. Desain Grafis

Nah buat Anda yang bekerja di bidang desain, tak ada salahnya untuk membuka jasa desain grafis secara online. Anda bisa memperkenal desain Anda ke banyak marketplace. Beberapa jasa desain yang paling banyak dicari adalah kartu nama, logo, poster, dan flyer.

Anda bisa menjual desain Anda di 99design.com, creativemarket.com, shutterstock.com, dan beberapa marketplace lainnya. Selain itu Anda hanya membutuhkan laptop dan koneks internet untuk menjalankan usaha yang satu ini. Dan yang tak kalah penting yaitu Anda harus terus meningkatkan kualitas jasa layanan Anda. Sebab kunci utama untuk bisa sukses dari usaha ini adalah kreavitas.

19. Menjual Foto

Ternyata hobi foto-foto juga bisa menghasilkan tambahan juga lho. Salah satu caranya yaitu dengan menjualnya secara online. Jika foto yang Anda hasilkan memang bagus dan berkarakter, pasti bakal banyak orang yang membelinya.

Beberapa marketplace yang bisa kamu gunakan untuk menjual foto adalah istockphoto.com, shutterstock.com, fotolia.com, dan stockfresh.com. Untuk mendapatkan bayarannya, Anda harus memiliki akun PayPay terlebih dahulu karena transaksi dilakukan secara global. Salah satu syarat untuk bisa menarik uang dari PayPal ini yaitu Anda harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu.

20. Menjadi Penulis Lepas

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola blog, menjadi penuli lepas adalah solusinya. Sebab peluang usaha online yang satu ini sangat menjanjikan di era modern ini. Anda tidak dituntut untuk mengelola blog yang memang menguras banyak waktu. Anda hanya perlu membuat konten yang berkualitas dan layak untuk dijual.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari penulis lepas ini juga cukup menjanjikan, terlebih jika konten yang kamu buat memang bagus. Beberapa situs yang bisa kamu kunjungi untuk menjadi penulis lepas adalah Sribulance (mencari kustomer), UC News, Jalantikus, dan IDN Times.

21. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Saat ini aplikasi Instagram sangat populer di Indonesia, bahkan popularitasnya itu berhasil mengalahkan Face dan Twitter yang sebelumnya juga pernah tenar. Nah saat ini banyak orang yang memanfaatkan aplikasi sosial media ini untuk berjualan online atau dropshipper.

Menjadi seorang dropshipper ini nyaris tanpa modal, Anda hanya membutuhkan laptop/PC, HP, dan koneksi internet. Anda harus meposting foto ydan memberikan informasi kepada followers tentang produk yang Anda jual. Anda tidak harus bingung menyiapkan barang karena itu adalah tugas supplier.

Meskipun terlihat mudah untuk dilakukan, tapi nyatanya banyak dropshiper pemula yangmenyerah karena tidak mendapatkan konsumen. Tapi tak ada salahnya untuk mencoba. Salah satu tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari supplier. Panduannya bisa Anda lihat disini: Panduan Lengkap Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Terpercaya Secara Online

Akhir Kata

Itulah beberapa peluang usaha sampingan yang bisa Anda coba. Kunci utama supaya berhasil menjalani usaha atau bisnis adalah sungguh-sungguh dan bekerja keras. Satu hal yang harus Anda perhatikan yang saat ini menjadi karyawan bahwa Anda tidak akan bekerja selamanya di perusahaan Anda. Mungkin besok atau lusa bos perusahaan Anda memecat Anda atau ada hal lain yang bisa membuat Anda keluar dari tempat kerja Anda saat ini. Dengan punya usaha atau bisnis lain, Anda memiliki pekerjaan alternatif. Selamat mencoba dan Good Luck!
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment