CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Pengertian Mata Uang Virtual Bitcoin - Keuntungan dan Resiko Investasi Bitcoin

Pengertian Mata Uang Virtual Bitcoin - Keuntungan dan Resiko Investasi Bitcoin


Pengertian, Keuntungan dan Resiko Investasi Bitcoin

Para gamers sejati biasanya melakukan jual beli item atau akun dengan menggunakan mata uang virtual atau lebih dikenal sebagai bitcoin. Bahkan saat ini bitcoin telah digunakan oleh sebagian besar masyarakat dunia dan membuat harganya mengalami kenaikan tajam, yaitu sekitar 4.008 atau 58.12 juta rupiah per koinnya. Sangat besar bukan? Terpincut untuk mulai investasi bitcoin?

Sebagian besar orang yang menggeluti dunia bisnis online pasti tidak asing dengan istilah ‘bitcoin’. Bahkan tak sedikit juga dari mereka yang terjun ke dalam bisnis ini. Tapi untuk para pebisnis online yang baru terjun tentu tidak memiliki pengetahuan yang lebih dalam tentang transaksinya. Sebelum itu kita harus tahu dulu apa itu bitcoin, keuntungan dan resikoya seperti apa.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang virtual yang saat ini cukup popular digunakan untuk transaksi di seluruh dunia. Karena bitcoin adalah mata uang virtual maka sistem transaksinya juga dilakukan secara virtual. Sistem perputaran bitcoin ini dikendalikan melalui sebuah perungkat lunak dengan sistem terbuka.

Nah, bitcoin ini bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi, bahkan untuk berinvestasi oleh sebagian besar orang demi memperoleh keuntungan tanp harus ribet meminta hak cipta. Investasi bitcoin ini hasilnya memang sangat menjanjikan, apalagi jika Anda telah ahli dalam melakukannya. Bahkan keuntungan yang sangat besar bisa Anda dapatkan dalam waktu semalaman saja.


Keuntungan Investasi Bitcoin

Pengertian, Keuntungan, dan Resiko Investasi Bitcoin

1 Memiliki Jaringan secara Global

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa bitcoin adalh mata uang virtual yang dipergunakan secara luas di dunia. Jadi tidak ada satu negarapun yang tidak kenal dengan investasi yang satu ini. Nah setiap orang bisa melakukan investasi ini secara global dan transaksinya mudah dilakukan tanpa haru menukarkannya terlebih dahulu. Dengan begitu, investasi ini menjadi lebih praktis dan lebih cepat.

2. Keceptan Transaksi Sangat Cepat

Proses transaksi dengan menggunakan bitcoin terbilang sangat cepat. Jika saat ini ada yang ingin menjualnya, maka pemegang bitcoin tidak perlu pusing kemana harus menukarkannya menjadi mata uang negara pembeli. Kita hanya perlu menggunakan gadget yang terhubung ke internet, maka transaksi bisa langsung dilakukan.

Kita tidak perlu buang-buang waktu untuk melakukan transaksi, dan tidak harus mengikuti regulasi yang biasa digunakan oleh lembaga keungan perbankan.

3. Sentralisasi Otoritas Lebih Minim

Ketika kita melakukan transaksi, tidak ada pihak yang menjadi perantara. Dengan kata lain, sistem telah mengaturnya secara terpusat. Sebab sifat dari transaksi bitcoin itu tidak terpusat, tapi lebh terdistribusi secara luas dan terbuka secara umum.

4. Transaksi Tidak Diatur Pemerintah

Keuntungan lainnya dari investasi bitcoin ini adalah tidak akan mengalami perubahan apapun jika terjadi kondisi yang memperburuk suatu pemerintahan. Sebab investasi ini tidak diatur oleh siapapun termasuk pemerintah. Dengan begitu naik turunnya harga investasi ini tidak akan dipengaruhi oleh keadaan uatu negara, tetapi oleh demand pasar. Investasi bitcoin ini juga aman dari segala bentuk manipulasi biroksasi yang biasa terjadi pada mata uang riil.


Risiko Investasi Bitcoin

Pengertian, Keuntungan dan Resiko Investasi Bitcoin

Meskipun memiliki banyak keuntungannya, nyatanya investasi bitcoin ini juga memiliki resikonya. Beberapa kerugian yang bisa terjadi adalah sebagai berikut.

1. Transaksi Bitcoin Masih Ilegal di Indonesia

Investasi ataupun transaksi bitcoin memang sangat popular di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tapi perlu Anda ketahui kalau transaks ini masih tergolong aktivitas yang illegal. Pihak lembaga resmi keuangan pemerintah Indonesia seperti OJK dan BI tidak memberikan izin secara resmi kalau bitcoin dijadikan sebagai alat tukar. Sebab hal ini bertentangan dengan aturan UU No. 7 tahun 2017.

2. Bisa Memicu Gelembung Ekonomi

Gelembung Ekonomi (Economic Bubble) bisa terjadi ketika harga bitcoin meningkat dan fungsinya sebagai alat tukar justru akan semakin tidak seimbang. Hal ini bisa menimbulkan hancurnya harga barang karena kenaikan nilai tukar pada bitcoin.

Itulah beberapa keuntungan dan resiko dari investasibitcoin. Semoga artikel ini bisa menambah referensi Anda dalam mengenal mata uang virtual dan investasi bitcoin.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment