CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Baxia (Bixi) Mobile Legends Bang Bang

Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Baxia (Bixi) Mobile Legends Bang Bang


Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Baxia (Bixi) Mobile Legends Bang Bang

Baxia merupakan hero tank baru di Mobile Legends yang memiliki kemampuan yang cukup unik, yaitu bisa merubah dirinya menjadi gangsing. Dia bisa menjadi inisiator yang baik dalam sebuah game dan bisa juga memberikan crowd control pada target dengan durasi yang cukup lama.

Baxia termasuk tanker yang sangat bar-bar karena dia memiliki damage reduction yang sangat besar. Dia juga memiliki damage yang cukup besar, bersifat area, dan DPS. Hero ini sangat berguna banget untuk teamfight atau war.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan rekomendasi build item dan sedikit tips trik cara memainkan hero Baxia ini. Untuk itu, yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Build Item Baxia Mobile Legends

Pada artikel ini, saya akan memberikan 2 rekomendasi build item untuk Baxia yang bisa kalian gunakan. Berikut ini adalah kedua build item tersebut.

Build Item Baxia Paling Kuat

Build Item Baxia Paling Kuat
Build item baris pertama ini bisa kalian gunakan ketika musuh memiiki komposisi hero seimbang. Artinya, musuh memiliki hero physical dan magical damage yang seimbang. Sehinga kalian juga harus menggunakan item yang bisa menangkal damage dari hero-hero physical maupuan magical.

1. Warrior Boots/Tough Boots

Selain memberikan tambahan movement speed, item ini juga akan memberikan tambahan physical defense (armor) yang cukup besar di early game. Item ini bisa kalian gunakan ketika berhadapan dengan musuh yang memiliki banyak hero physical damage seperti fighter dan marksman.

Jika di tim musuh banyak menggunakan hero-hero magical damage dan crowd control, lebih baik kalian menggunakan Tough Boots. Selain memberikan magical defense (magic resistance), item ini juga memiliki efek resilence yang bisa mengurangi durasi efek crowd control yang diberikan kepada Baxia. Item ini sangat wajib digunakan ketika melawan Selena, Harith, Chou, dan Guinevere serta hero-hero crowd control lainnya.

2. Athena Shield

Item Athena Shield merupakan item yang sangat ampuh untuk melawan hero-hero mage. Sebab item ini memberikan magc res yang sangat besar, dengan begitu damage yang akan diberikan oleh mereka tidak akan begitu besar. Selain itu, item ini juga akan memberikan tambahan HP yang cukup besar, sehingga HP kalian akan cukup tebal.

Kemudian item Athena Shield ini juga memiliki pasif yang sangat berguna untuk semua penggunanya, termasuk Baxia. Pasifnya tersebut yaitu akan memberikan shield yang tentu saja akan sangat berguna untuk menghindari one combo kill seperti Aurora dan Eudora. Shield ini akan semakin tebal jika permainan juga semakin lama.

Jika kalian berhadapan dengan hero-hero physical di mid game, kalian lebih baik membeli Blade Armor terlebih dahulu, baru kemudian membeli Athena Shield. Tapi biasanya saya sendiri lebih baik beli Athena Shield terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan Blade Armor.

3. Blade Armor/Dominance Ace

Blade Armor dan Dominance Ice merupakan item yang paling efektif untuk melawan hero-hero physical seperti marksman dan fighter. Blade Armor memiliki tambahan status physical defense paling besar dari item lainnya. Pasifnya juga bisa memantulkan damage yang diberikan oleh target, meskipun tidak begitu besar.

Selain Blade Armor, kalian juga bisa menggunakan Dominance Ice untuk melawan hero-hero marksman atau fighter, terutama untuk melawan hero-hero yang punya attack speed tinggi. Sebab selain memberikan armor yang cukup besar, item ini juga bisa mengurangi attack speed dan movement speed musuh yang berada di sekitar kalian. Hanya saja item ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Dominance Ice.

4. Thunder Belt

Menurut saya item ini lumayan worth untuk Baxia kalau dilihat dari statusnya. Tambahan 800 HP akan membuatnya semakin tebal, kemudian tambahan 30 Mana regennya juga akan membuat Baxia tidak akan teralu sering balik ke base hanya untuk mengisi mana. Item ini juga akan membuat Baxia lebih sering spam skill karena memberikan tambahan Cooldown Reduction.

Item Thunder Belt ini juga memiliki pasif yang juga tak kalah worth untuk Baxia. Sebab basic attack Baxia akan memberikan tambahan true damage setelah menggunakan skill. Selain itu, basic attack-nya tersebut juga akan memberikan slow pada targetnya. Dengan begitu musuh akan kesulitan kabur dari kejaran Baxia.

5. Brute Force Breastplate

Skill 2 Baxia bisa terus menerus kita gunakan jika menggunakannya pada musuh yang sama. Nah kemampuannya ini sangat bagus jika kita kombinasikan dengan item Brute Force Breastplate. Sebab item ini akan memberikan tambahan movement speed, physical dan magical defense setelah menggunakan skill atau basic attack.

Pasif dari item ini juga bisa kita stack, maksimal hingga 4 stack. Jadi, jika kita menggunakan basic attack maupun skill Baxia sebanyak 5 kali berturut-turut, maka movement speed, physical dan magical yang diberikan oleh item ini juga akan semakin besar. Tentu saja item ini sangat berguna untuk hero-hero yang punya cooldown yang singkat, termasuk Baxia.

6. Immortality

Menurutku ini wajib digunakan oleh hero-hero tank termasuk juga Baxia. Item Immortality ini akan membuat penggunanya seperti memiliki 2 nyawa. Sebab jika pasifnya sedang aktif, kita bisa hidup kembali setelah mati dengan HP dan shield yang cukup worth. Dengan begitu kita masih memiliki ‘kemunginan’ untuk kabur, atau bahkan melakukan counter attack.

Item ini juga akan membuat HP Baxia semakin tebal karena memberikan tambahan status HP. Tambahan armornya juga sangat berguna untuk melawan hero-hero marksman dimana physical damage dari mereka akan semakin besar di late game.

Baca juga: Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain Masha Mobile Legends Bang Bang

Build Item Baxia Hybrid Paling Sakit

Build Item Baxia Hybrid Paling Sakit
Build item yang satu ini merupakan kombinasi antara item magic defense. Sebelumnya perlu kalian ketahui ya kalau damage yang diberikan oleh Baxia ini adalah magical damage, jadi akan lebih efektif kalau kita kombinasikan dengan item magic.

Build item ketiga ini memang akan membuat Baxia bisa memberikan damage yang cukup besar, tapi pertahanannya akan cukup terbuka lebar, sehingga akan mudah untuk ditumbangkan. Sebaiknya kalian gunakan build item jika di tim kalian sudah ada hero pure tank.

1. Clock of Destiny

Item ini sangat cocok digunakan oleh Baxia karena selain memberikan magic damage yang cukup besar, tapi juga akan memberikan HP yang juga sangat besar. Dengan demikian, Baxia akan memiliki darah yang semakin tebal.

Akan tetapi, magic damage dan HP yang diberikan oleh item ini tidak akan didapatkan secara instan. Semuanya akan didapatkan 5 menit setelah item ini jadi. Dengan begitu, kalian harus membeli item ini lebih awal supaya lebih cepat mendapatkan efeknya.

2. Ice Queen Wand

Singkat saja, item ini berfungsi untuk menambahkan efek slow pada musuh. Sebab pasif dari item ini akan memberikan efek slow hingga 30% jika memberikan damage pada target dengan menggunakan skill.

Selain itu, item Ice Queen Wand ini juga akan memberikan tambahan movement sebesar 7%. Tentu saja status ini akan semakin efektif ketika Baxia mengeluarkan skill ultimate-nya. Tambahan spell vamp-nya juga akan membuat Baxia bisa lebih lama untuk survive ketika temfight.

3. Athena Shield, Brute Force Breastplate, & Immortality

Untuk ketiga item ini tak perlu saya jelaskan karena sudah terpapar jelas ulasannya di atas.

Emblem

emblem baxia mobile legends
Untuk emblem saya merekomendasikan Custon Tank Emblem dengan talent utamanya adalah Brave Smith. Dengan talent ini, Baxia akan mendapatkan regen HP sebesar 5% dari max HP yang dia miliki ketika memberikan crowd control. Tentu saja talent ini sangat cocok dikombinasikan dengan skil 1 Baxia yang memberikan efek stun.

Akan tetapi kelemahan utama dari menggunakan Custom Tank Emblem ini yaitu Baxia akan sangat boros mana. Untuk alternatif lainnya, kalian bisa menggunakan Custom Support Emblem dengan talent utamanya Recovery. Dengan talent ini, kalian tidak akan boros dalam menggunakan mana karena akan memberikan regen mana sebesar 16 point per detik.

Baca juga: Build Item, Tutorial Lengkap, dan Cara Bermain X.Borg Mobile Legends Bang Bang

Battle Spell

Untuk battle spell, kalian bisa menggunakan Aegis untuk memberikan tambahan shield ketika teamfight atau sekarat. Terlebih spell ini juga sangat berguna untuk teman kalian yang lainnya karena sama-sama juga akan mendapatkan shield.

Kalian juga bisa menggunakan flicker jika ingin bermain aman. Terlebih spell ini juga bisa kalian gunakan untuk mengejar musuh. Atau kalian juga bisa menggunakan Execute jika ingin bermain lebih agresif.

Analisis skill Baxia Mobile Legends

Sama seperti hero pada umumnya, Baxia memiliki tiga skill aktif dan 1 skill pasif. Berikut ini adalah analisis dari keempat skillnya.

Skill Pasif: Baxia Mark

Ketika Baxia memberikan damage kepada target musuh dengan menggunakan skill, maka akan memberikan mark. Mark tersebut akan muncul di atas HP bar target berupa gambar ikon broken heart. Ikon ini mirip seperti pasif dari Sea Helberd aktif.

Ketika target mendapatkan mark tersebut, maka efek regen HP mereka akan berkurang sebesar 30% selama 4 detik. Efek regen yang dimaksud bisa berupa lifesteal, tapi tidak bekerja untuk spell vamp. Dengan begitu, pasif dari Baxia ini sangat berguna untuk melawan hero-hero yang punya lifesteal tinggi seperti Masha, X-Borg, dan Thamuz.

Bukan hanya bisa mengurangi efek regen HP musuh, pasif dari Baxia ini juga akan membuatnya mendapatkan damage reduction hingga 56 poin (ketika level maksimal). Pasifnya ini mirip seperti item Wings of the Apocalypse Queen, hanya saja memiliki cara kerja yang berbeda.

Skill 1: Baxia-Shield Unity

Baxia akan berubah menjadi gangsing dan menggelinding ke arah yang kita tentukan. Ketika mengenai target, dia akan memberikan magic damage dan lawan di dekatnya. Selain itu, mereka juga akan terkena efek stun selama 0,5 detik dan sediit efek knock back kepada lawan di dekatnya.

Skill ini bisa kalian tap jika ingn melewati rintangan atau minion musuh supaya meloncat. Ketika meloncat dan di bawahnya ada lawan, maka Baxia akan menyerangnya dan memberikan magic damage. Efek stun yang diberikannya akan semakin lama yaitu 1 detik dan tetap memberikan efek knock back kepada target di dekatnya.

Skill 2: Shield of Spirit

Baxia akan melemparkan kedua perisainya ke arah yang kita tentukan dan akan berhenti ketika mengenai hero lawan atau creep. Perisai ini akan memberikan magic damage kapada target dan minon lawan berdasarkan maksimum HP mereka. Jadi, semakin tebal HP yang mereka miliki, maka damage dari skill 2 Baxia ini juga akan semakin besar.

Skill ini akan meninggalkan mark pada target yang akan bertahan selama 5 detik dan akan menyebabkan efek slow sebesar 50% selama 1 detik. Cooldown dari skill ini akan berkurang 85% jika digunakan lagi pada target yang memiliki mark. Dengan begitu, kita bisa spam skill ini secara terus menerus.

Skill 3: Tortoise’s Puissance

Ketika mengaktifkan skill ketiga, movement speed Baxia akan meningkat sebesar 30% selama 10 detik. Kemudian dia juga akan membuat lava di sepanjang jalan yang akan memberikan magic damage setiap 0,5 detik. Dengan begitu, damage dari lava skill 3 ini bersifat DPS (Damage per second).

Ketika skill 3 ini aktif, Baxia juga akan mendapatkan tambahan tambahan damage reduction sebesar 75%. Menurut saya skill ini akan membuat Baxia sangat kuat untuk teamfight. Tentu saja akan semakin efektif lagi jika menggunakan item Wings of the Apocalypse Queen.

Kelebihan dan Kelemahan Baxia

Sama seperti hero pada umumnya, Baxia juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Mengetahui kelebihannya akan membuat kita bisa memaksimalkan potensi yang dia miliki. Sementara mengetahui kelemahannya akan membuat kita bisa bermian hati-hati.

Kelebihan Baxia

  • Roaming Cepat: Baxia bisa roaming dengan sangat cepat dengan menggunakan skill pertamanya. Bahkan skill ini bisa kita gunakan untuk memberikan serangan kejutan pada musuh, terutama menabrak mereka dari belakang.
  • Crowd Control Merepotkan: Skill 1 Baxia akan memberikan efek stun dan sedikit knock back yang tentu saja sangat merepotkan. Terlebih skil yang lainnya juga akan memberikan efek slow, dengan begitu akan membuat musuh sangat kesulitan untuk kabur.
  • Cooldown Singkat: Skill 2 Baxia memiliki coolwodn yang singkat dan bisa berkurang 85% jika menyerang pada target yang memiliki mark yang sama. Dengan begitu skill ini bisa terus kita spam selama menyerang pada target yang sama.
  • Sangat Worth untuk War: skill ultimate Baxia tentu saja sangat berguna untuk teamfight. Lava yang dia hasilkan akan memberikan DPS setiap 0,5 detik dan damage reduction Baxia akan menigkat hingga 75%.
  • Inisitator yang Bagus: skill 1 dan ultimate-nya sangat bagus digunakan untuk melakukan inisiasi war pada musuh. Dia bisa menyerang langsung hero carry musuh seperti mage dan marksman.

Kelemahan Baxia

  • Tidak punya skill lock target: tidak seperti Akai, Khufra, dan Grock yang bisa mengunci pergerakan salah satu musuh. Dengan kata lain, Baxia ini tidak memiliki kemampuan yang bisa mengisolasi salah satu hero musuh, terutama hero carry.
  • Sangat boros mana: salah satu kelemahan utama dari Baxia ini adalah sangat boros mana. Sementara cooldown dari skill 2 sangat singkat jika mengenai pada target yang sama.
  • Tidak Punya Immunity: salah satu kelemahan lainnya dari Baxia menurut saya adalah tidak memiliki immunity. Sehingga akan membuatnya sangat mudah untuk dikenai crowd control oleh musuh.

Rekan Terbaik Baxia

Karena merupakan hero tank, Baxia ini sangat cocok dikombinasikan dengan semua hero, terutama hero-hero carry seperti mage, marksman dan assassin. Guinevere adalah rekan terbaik bagi Baxia. Baxia akan memberikan efek knock back ketika skill 1 mengenai target. Hal ini tentu saja akan membuat kombo skill dari Guinevere semakin efektif. Kenapa bisa begitu? Lihat pembahasan lebih lengkap tentang Guinevere disini.

Lawan Terbaik Baxia

Baxia ini sangat bagus untuk melawan hero-hero yang tidak memiliki mekanisme skill kabur yang baik. Misalnya adalah marksman. Aurora, Eudora, Irithel, dan Layla merupakan sasaran empuk terbaik bagi Baxia.

Counter Baxia

Baxia harus hati-hati ketika berhadapan dengan hero-hero yang punya skill immunity yang bagus seperti Lunox. Karrie, Dyrroth, dan Harith juga termasuk hero-hero yang perlu diwaspadai oleh Baxia.

Cara Bermain Baxia

Spam Skill 2

Skill kedua Baxia ini bisa kita spam secara terus menerus dengan catatan bisa mengenai pada target yang sama. Terlebih skill ini juga akan memberikan efek slow yang cukup besar, sehingga akan membuat target sangat sulit untuk kabur.

Tabrak Musuh

Meskipun tidak sebagus Johnson, tapi Baxia juga bisa memberikan serangan kejutan pada musuh dengan menggunakan skill 1. Skill ini tentu saja akan sangat berguna untuk teamfight dimana kita bisa langsung menabrak hero carry musuh dari belakang seperti marksman.

 Gunakan skill 3 ketika War

Ketika usahakan untuk menggunakan skill 3. Skill ini tentu saja sangat berguna untuk teamfight karena damage yang diberikannya bersifat area dan DPS. Selain itu musuh yang menginjak Lava juga akan mendapatkan efek slow.

Baxia juga akan semakin kuat ketika sedang menggunakan skill ultimate-nya ini karena akan mendapatkan tambahan damage reduction hingga 75%. Dengan begitu, kita jangan terlalu takut ketika menggunakan skill ultimatenya ini.

Lindungi Hero Carry Tim dan Roaming

Tugas utama dari hero tanker adalah melindungi hero carry tim dan menampung semua damage yang diberikan oleh tim musuh. Selain itu, kita juga harus selalu roaming, pindah lane dari satu lane ke lane yang lain. Terlebih Baxia memiliki skill 1 yang membuatnya bisa dengan cepat untuk roaming.

Itulah tutorial kali ini tentang Baxia Mobile Legends. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment