CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Cara Cek Kecepatan Loading Blog atau Website dengan Cepat dan Mudah

Cara Cek Kecepatan Loading Blog atau Website dengan Cepat dan Mudah


Cara Cek Kecepatan Loading Blog atau Website

Kecepatan loading merupakan salah satu hal yang harus kalian perhatikan ketika mengelola sebuah blog atau website. Sebab kecepatan loading ini akan sangat mempengaruhi bounce rate dari blog. Dengan memiliki kecepatan loading yang baik, pengunjung akan nyaman dan menikmati konten yang ada di blog kalian. Dengan begitu, mereka akan berdiam lebih lama di blog kalian untuk melihat konten-konten yang lainnya.

Kecepatan loading pada blog ini tidak dipengaruhi oleh satu faktor, tapi disebabkan oleh banyak faktor. Kita tentu saja harus bisa meminimalisir beberapa faktor tersebut supaya blog kita tidak lemot atau kecepatan blognya bagus.

Setidaknya ada empat faktor yang mempengaruhi kecepatan loading dari sebuah blog. Jika kalian ingin memiliki blog yang fast loading dan ramah dengan pengunjung, kalian harus memperhatikan keempat faktor tersebut.

1 Template Blog atau Website

Hal pertama yang harus kalian perhatikan jika ingin memiliki blog yang fast loding adalah template. Dengan begitu kalian harus mencari template yang fast loading supaya pengunjung bisa betah di blog kalian. Selain fast loading, kalian juga harus tetap memperhatikan desainnya. Jangan sampai template blog kalian akan membuat pengunjung enggan untuk melihatnya atau tak enak dipandang.

Saat ini banyak sekali template blogger yang bisa kalian gunakan. Kalian bisa mendapatkannya secara gratis ataupun berbayar (premium). Salah satu template yang menurut saya memilki kecepatan loading yang bagus adalah VioMagz (karya Mas Sugeng) dan Igniplex (karya Mba Igniel). Intinya, kalian jangan tergiur karena tampilannya yang elegan, tapi kecepatan loading-nya juga harus kalian perhatikan.

2. Widget

Semakin banyak widget yang dipasang di blog kalian, maka akan semakin lama konten blog kalian untuk dimuat (lemot). Menurut saya, jangan terlalu banyak widget yang harus kalian pasang. Meskipun akan membuat tampilan website kalian bagus, tapi percuma kalau memiliki kecepatan loading yang buruk. Misalnya saya hanya memasang widget Recent Post dan Artikel Populer di sisi bagian kiri blog ini.

3. Iklan

Iklan juga akan mempengaruhi kecepatan blog kalian. Semakin banyak unit iklan yang kalian pasang di blog, maka akan semakin besar pula kecepatan loading blognya. Menurutku, terlalu banyak memasang iklan juga akan mempengaruhi kenyamanan pengujung blog. Saran saya sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan unit iklan, terlebih jika blog kalian masih belum cukup umur. Prioritaskan kenyamanan pengunjung.

4. Gambar

Menurutku gambar yang kalian gunakan pada konten atau artikel juga berpengaruh. Ukuran gambar yang besar akan membuat blog kalian lebih lemot. Terlebih jika gambar yang kalian gunakan sudah banyak. Ukuran gambar yang menurut saya paling ideal adalah 100 kb ke bawah. Kalian bisa menggunakan tools tertentu supaya ukuran gambar bisa lebih optimal.

5. Hosting

Jika kalian menggunakan platform blogger seperti saya, performa hostingnya tidak perlu diragukan lagi. Blogger adalah hosting yang dimiliki oleh Google. Tapi lain ceritanya jika kalian menyewa hosting sendiri. Salah dalam memilih hosting akan membuat blog kalian blog kalian sulit diakses, bahkan akan sering down.

Cara Cek Kecepatan Loading Blog

Setelah mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan sebuah blog, sekarang bagaimana cara untuk mengetahui kalau blog kita itu lambat atau lemot. Untuk mengetahuinya, kita bisa menggunakan beberapa situs yang memang sebagian besar blogger juga sering menggunakannya. Kalian bisa mengaksesnya di PC atau smartphone.

1. Cek Kecepatan Loading Blog dengan GTMetrik

Situs pertama yang bisa kalian gunakan untuk mengecek kecepatan blog adalah GTMetrix. Situs ini bisa menganalisis kecepatan sebuah blog hingga 100%. Tapi kalian hanya bisa menggunkan jasa situs ini hinga 20 kali saja. Tapi menurut saya cukuplah untuk hanya sekedar cek kecepatan loading blog.

Cara Menggunakan situs GTMetrix

Cek Kecepatan Loading Blog dengan GTMetrik

  • Buka terlebih dahulu situs https://gtmetrix.com/
  • Kemudian masukkan URL dari situs kalian pada kolom yang tersedia, lalu klik ‘Test Your Site
  • Tunggu hinga proses analisis selesai.

Jika blog kalian memiliki kecepatan blog kurang dari 70%, bisa dikatakan kalau blog kalian lemot. Nah di situs GTMetrix ini, kalian bisa analisis faktor apa saja yang membuat blog kalian lambat. Di bawah ini adalah sebagai contoh dari analisis kecepatan blog melalui situs GTMetrix. Bisa dikatakan kalau blog saya ini tidak terlalu bagus, tapi terlalu jelek juga tidak kalau ditinjau dari kecepatan lodingnya.

Cek Kecepatan Loading Blog dengan GTMetrik


2. Cek Kecepatan Loading Blog dengan PageSpeed Insights

Cara kedua kalian bisa menggunakan tools buatan Google yaitu PageSpeed Insights. Sama seperti GTMetrix, mengetahui kecepatan loading blog di situs ini juga sanga mudah untuk dilakukan. Nah di situs PageSpeed Insights ini, kalian akan mengetahui kecepatan blog versi Moble dan Desktop. Keduanya akan mendapatkan hasil yang berbeda. Biasanya kecepatan blog versi Mobile akan sedikit lebih buruk dari versi Desktop.

Cara Menggunakan situs PageSpeed Insights

Cek Kecepatan Loading Blog dengan PageSpeed Insights
Pertama kalian buka terlebih dahulu situs https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.
Setelah itu masukkan URL situs blog kalian di kolom yang tersedia dan klik ‘ANALYZE’.

Seperti inilah hasilnya jika kalian menggunakan situs PageSpeed Insights. Blog saya memiliki kecepatan loading yang bagus untuk versi desktop, tapi masih perlu banyak yang harus diperbaiki untuk versi mobile.

Cek Kecepatan Loading Blog dengan PageSpeed Insights

Itulah tutorial cara cek kecepatan loading untuk blog atau website. Semoga saja bisa dijadikan referensi oleh kalian yang ingin menggunakan template. Template blog yang fast loading memiliki kemungkinan yang besar untuk meningkatkan visitor. Selamat mencoba dan happy blogging!

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Ini sangat bagus memantau perkembangan Suatu website.beberapa hal diatas sudah saya coba ketika saya ngebloging, namun sebagian belum.informasi ini mbantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang perlu dilakukan gan supaya blog kita lebih User Friendly.

      Delete

Post a Comment