CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
5 Cara Lengkap Meningkatkan Domain Authority (DA) Blog dengan Mudah dan Cepat

5 Cara Lengkap Meningkatkan Domain Authority (DA) Blog dengan Mudah dan Cepat


DA (Domain Authority) menjadi acuan tentang kualitas sebuah blog. DA sering juga disebut sebagai Otoritas Doamin yang merupakan ukuran kekuatan sebuah domain di mata sebuah mata mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Karena DA yang tinggi akan membuat blog sangat baik di mata mesin pencari, maka banyak dari pemiliki blog yang beromba-lomba untuk meningkatkan nilai DA mereka. Nilai DA sendiri memiliki rentang nilai 1-100, dimana 100 adalah nilai tertingginya.

Jika kalian masih menggunakan blogspot atau Wordpress, pasti nilai DA-nya akan sangat tinggi. Berbeda jika kalian sudah menggunkan Top Level Domain seperti blog cecepkocep.com. Meskipun masih tetap menggunakan hosting Blogspot, tapi nilai DA-nya akan sangat kecil.

Ada tiga faktor utama yang menjadadi acuan nilai DA, yaitu usia, popularitas, dan ukuran domain (jumlah postingan). Blog kalian akan mendapatkan peringkat DA lebih tinggi jika ketiga faktor tersebut sudah terpenuhi.

Nah pada artikel kali ini, saya akan sedikit berbagi kepada kalian tentang cara meningkatkan DA (Domain Authority) blog. Tips ini mungkin hanya alakadarnya saja, jadi jika kalian ingin mendapatkan tips lengkapnya silahkan untuk mempelajarinya di blog yang sudah terkenal. Untuk itu, yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Buat Konten Berkualitas

Banyak orang yang mangatakan “Content is King” dan menurut saya itu memang benar. Semakin banyak artikel yang berkualitas, maka akan semakin berkualitas pula blog kalian. Tapi kalian jangan menganggap kalau artikel yang berkualitas itu memiliki artikel panjang atau jumlah katanya lebih dari 500 kata. Tapi artikel yang berkualitas itu ditentukan oleh bobotnya, apakah konten yang kalian buat benar-benar lengkap. Dan yang paling penting pembaca bisa puas dengan artikel yang kalian buat.

Satu karakteristik lagi bahwa konten atau artikel yang kalian buat itu berkualitas, yakni “original”. Artikel yang kalian buat bukan hasil copy paste dari blog orang lain. Jika kalian membuat artikel hasil copy paste, yang terjadi malah sebaliknya, dimana website Anda akan sulit terindeks oleh Google. Percuma saja blog kalian berisi banyak artikel, tapi hasil nyomot dari blog orang lain dan tidak terindeks oleh Google.

Lebih baik kalian lakukan Rewrite atau tulis ulang dibandingkan copy paste. Kalian pelajari konten blog lain yang ingin ingin kalian tulis ulang, kemudian modifikasi. Ingat, gunakan gaya penulis masing-masing. Memang sangat berat, tapi jika dilakukan terus berulang kali kalian akan terbiasa.

Menurut saya lebih baik rutin update artikel 2 kali sehari ketimbang menulis  5 artikel sehari tapi hasil dari copy paste dan tidak berbobot serta tidak memberikan value apapun pada pembaca kita.


2. Kelola Link dan Postingan Blog

Jika kalian pernah menulis artikel copas dari blog orang lain dan sudah menerbitkannya, saya sarankan untuk menghapusnya dan remove dari Google. Dengan begitu blog kalian akan terlihat lebih murni atau original. Biasanya ketika awal ngeblog, saya sendiri lebih sering buat konten hasil dari copas. Tapi seiring berjalannya waktu, saya sadar apa faedahnya melakukan hal seperti itu. Akhirnya artikel-artikel tersebut saya hapus dan remove dari Google.

Selain itu kalian juga harus mengelola link yang ada di blog kalian. Usahakan jangan ada link spam atau link lainnya yang akan membuat tampilan website kalian acak-acakan dan tidak memanjakan mata pembaca. Hal itu juga akan menurunkan kredibilitas blog kalian di mata pembaca ataupun Google.

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengelola link di blog kalian adalah dengan melakukan pengecekan link mati. Kalian bisa melakukannya dengan memanfaatkan situs Brokenlinkcecker. Dengan tidak memiliki link keluar blog yang mati, blog kaian akan terlihat lebih sehat dan tentu saja akan meningkatkan performa blog kalian.

3. Manfaatkan Sosial Media

Sebagian besar orang di dunia ini pasti memiliki setidaknya satu akun media sosial, entah itu Facebook, Instagram, atau Twitter. Nah kalian bisa memanfaatkan media sosial tersebut dengan lebih bijak. Kalian bisa membagikan konten yang telah kalian buat ke media sosial. Dengan begitu kalian akan mendapatkan visitor dari media sosial yang telah Anda gunakan. Semua teman bisa membaca konten yang kalian buat melalui media sosial.

Tapi semuanya kembali lagi kepada poin nomor satu, yaitu konten yang berkualitas. Jangan sampai kalian membagikan postingan yang tidak berkualitas dan hanya akan membuat para pengunjung kecewa. Kemudian Anda jangan lakukan spam posting artikel, misalnya membagikan konten 5 kali sehari di Facebook. Hal seperti itu malah akan membuat link kalian dianggap spam oleh Facebook. Akibat fatalnya kalian tidak bisa melakukan promosi lagi. Saya sarankan kalian share artikel 1 kali sehari di masing-masing media sosial.

4. Tingkatkan Kualitas SEO Blog

Saya sendiri belum begitu paham tentang SEO, tapi buat kalian yang ingin belajar lebih detail tentang SEO bisa mempelajarinya di internet. Karena konten-konten yang membahas tentang SEO sudah bertebaran di Google. Kalian harus paham dengan SEO supaya bisa menerapkannya di blog kalian. Seiring berjalannya waktu kalian juga akan paham tentang SEO jika terus tekun mengelola blog.

Tapi menurut saya kalian jangan hanya terpaku pada SEO. Poin utama yang harus benar-benar kalian perhatikan adalah ‘kualitas konten’. Konten berkualitas juga akan membuat SEO blog kalian semakin bagus. Peran SEO disini hanyalah untuk mendongkrak performa kalian supaya berada di halaman pertama Google atau Page One. Syukur-syukur kalau artikel yang kalian buat nangkring di urutan nomor 1 halaman satu.


5. Perbanyak Backlink Berkualitas

Satu cara lagi yang bisa kalian manfaatkan untuk meningkatkan Domain Autorithy, yakni mendapatkan backlink dari blog lain yang lebih berkualitas dari kalian. Semakin banyak backlink pada blog kalian, maka akan akan membuat DA blog kalian semakin tinggi. Bahkan bisa meningkatkan ranking Alexa dengan cepat.

Untuk mendapatkan backlink sendiri juga tidak terbilang mudah karena jika ingin mendapatkannya dari blog yang sudah berkualitas akan cukup menguras dompet kalian. Tapi kalian juga bisa mendapatkannya secara gratis, diantaranya dengan melakukan guest post di blog orang lain dan mengikuti lomba. Membuat konten yang berkualitas juga akan membuat kalian lebih mudah untuk mendapatkan backlink.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk meningkatkan DA (Domain Authority) blog kalian. Kalian akan lebih memahaminya jika terus belajar dan berusaha. Kalian mungkin akan mendapatkan trik lainnya yang bisa menjadi pelengkap dari cara di atas. Bahkan saya sendiri masih belum begitu paham tentang dunia blogging dan masih harus banyak belajar. Bahkan untuk blog ini sendiri juga masih banyak yang harus dibenahi. Semoga bermanfaat dan Happy Blogging!

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!
Newest Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment