CxJxP53zWR7EqL6IG36o0bOZq2GoVzf0i6VeUrEr
Pengertian dan Beberapa Jenis Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui

Pengertian dan Beberapa Jenis Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui


pengertian digital marketing

Seiring berkembangnya zaman, dunia bisnis pun juga ikut berkembang dengan pesat. Hal ini tentu saja membuat para pemilik bisnis harus ikut bersaing secara besar-besaran dalam memasarkan produk mereka dengan berbagai cara.

Di zaman modern ini, teknik-teknik dalam memasarkan sebuah produk juga ikut berkembang menjadi lebih modern dan kreatif. Salah satu tren teknik pemasaran yang saat ini tengah populer adalah digital marketing, dimana kita memasarkannya melalui media internet dan media sosial.

Dengan teknik digital marketing ini, semua produk atau pun jasa bisa kita promosikan. Misalnya ketika Anda sedang mencari sebuah produk kecantikan di mesin pencari Google, maka akan muncul web toko kecantikan atau penyedia layanan kecantikan.

Hal seperti itu hampir terjadi hampir pada semua produk dan layanan seperti produk makanan, minuman, sebuah UMKM, startup, dan lain sebagainya. Jadi sebenarnya digital marketing tu apa? Bagaimana strategi pemasarannya? Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan strategi pemasaran produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Media digital yang dimaksud adalah internet dan media sosial yang saat ini hampir semua orang menggunakan fasilitas tersebut. Bisa Anda perhatikan sebagian besar orang saat ini sering menggunakan Instagram, Facebook, Google, dan aplikasi lainnya.

Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis untuk mempromosikan jasa atau produknya. Sebab dengan memanfaatkan internet dan media sosial jangkauannya sanga luas. Teknik ini tentu saja sangat efektif untuk menarik konsumen yang potensial demi meningkatkan jumlah penjualan produk mereka.

Jenis Digital Marketing


jenis-jenis digital marketing

Nah teknik digital marketing ini juga memiliki berbagai jenis dan karakteristiknya masing-masing. Supaya lebih mudah memahaminya, Anda bisa simak ulasannya di bawah ini.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Tujuan utama dari SEO adalah mengoptimalkan sebuah website atau situs pada posisi teratas, atau paling tidak berada di halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword atau kata kunci tertentu.

Teknik SEO sendiri memiliki dua macam, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page sangat berguna untuk mempengaruhi ranking pada mesin pencari. Banyak sekali poin-poin yang harus Anda pelajari untuk menguasai teknik SEO On Page. Salah satunya adalah membuat judul yang tepat dan akurat.

Kemudian Anda juga harus membuat konten yang orisinal dan tidak membosankan pembaca. Misalnya Anda menambahkan gambar ataupun video supaya konten yang Anda buat bisa lebih menarik.

Sementara untuk teknik SEO Off Page dilakukan untuk mengoptimasi website atau situs dari luar. Salah satu caranya yaitu dengan membagikan link website Anda ke sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

2. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan teknik digital marketing dimana fokus pemasarannya hanya dilakukan pada halaman mesin pencari. Cara ini dilakukan untuk mengoptimalkan konten dari sebuah website supaya bisa dengan mudah ditemukan pada mesin pencari seperti Google, Yaho, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Banyak sekali jenis Search Engine Marketing, diantaranya adalah Crawler-based search engine, Dirketori, Hybrid Search Engine, dan Pay per clik. Masing-masing jenis SEM ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda.\

Crawler-based search engine adalah layanan mesin pencari yang menggunakan program software otomatis untuk mengkategorikan sebuah laman web. Salah satu yang sudah sebagian besar orang kenal yaitu Google.

Kemudian Direktori merupakan layanan yang melibatkan manusia sebagai tenaga editor. Editor akan memeriksa sebuah web berdasarkan informasi yang diperoleh. Beberapa direktori menawarkan layanan berbayar supaya situs atau website bisa terindeks dengan cepat. Ada  juga direktori yang menawarkan layanan secara gratis, akan tetapi proses indeks akan memakan waktu yang cukup lama dbandingkan direktori berbayar.

Hybrid Search Engine merupakan layanan yang menggabungkan teknik Crawler-based dengan Direktori. Sementara layanan pay per-clik merupakan metode pemasaran dalam bentuk iklan yang disediakan oleh Google AdWord yang dikhususkan untuk para pelaku usaha yang memiliki website.

Gambaran cara kerjanya seperti ini: pengiklan membayar penerbit dalam jumlah tertentu jika iklan mereka diklik oleh pengunjung. Metode ini dilakukan dengan cara membidik sebuah kata kunci tertentu supaya iklan berbayar bisa tampil di bagian teratas halaman pencarian Google.

Teknik SEM dengan pay per-clik ini cukup menguntungkan karena iklan Anda yang Anda buat tidak hanya ditampilkan di search engine Google saja, tapi juga di beberapa website yang memberi akses kepada Google untuk memasang iklannya.

Hal ini berbeda dengan sarana iklan yang lainnya, dimana Anda  bisa mengatur sendiri budget secara bulanan maupun harian supaya tidak mengalami over budget. Semakin tinggi budget Anda, semakin sering iklan Anda akan muncul di halaman pencarian Google dan website.

3. Email Marketing

Singkatnya, Email Marketing ini merupakan teknik pemasaran digital dengan cara mengimikan pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, dan lain sebagainya kepada sekelompok pelanggan yang potensial melalui media email.

Dengan demikian, teknik digital marketing ini memanfaatkan list email untuk media pemasaran. Cara ini tidak kalah efektif dari dua teknik yang telah dijelaskan di atas. Sebab email akan dikirim langsung kepada pelanggan dan bisa dibaca oleh pemilik email tersebut. Teknik pemasaran digital dengan memanfaatkan email ini juga akan membuat Anda selalu terhubung secara pribadi dengan calon pelanggan secara terus menerus.

Terdapat beberapa jenis email marketing, diantaranya adalah direct email dan retention email. Direct email merupakan pesan baru yang dikirim ke sebuah email yang berisi pesan promosi, bisa berupa pesan teks atau link yang dihubungkan dengan sebuah website atau media sosial dari sebuah produk.

Sementara retention email berlaku untuk pelanggan yang sudah terhubung sejak lama. Jalinan dengan pelanggan akan tetp baik, serta sebagai media penawaran jika terdapat penawaran baru.

4. Sosial Media Marketing

Dari namanya saja Anda sudah bisa menebak teknik digital merkting ini. Teknik ini mengandalkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Twitter, dan media sosial lainnya untuk mempromosikan produk. Ketertarikan masyarakat terhadap media sosial menjadi peluang terbaik untuk para pemilik bisnis.

Media sosial memiliki kekuatan yang tak perlu diragukan lagi sebagai sarana dalam mempromosikan produk. Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan memungkinkan Anda bisa berkomunkasi dengan mereka melalui fitur-fitur unik yang disediakan oleh sebuah media sosial. Misalnya saling berbalas pesan melalui Direct Messenger pada aplikasi sosial media Instagram.

Teknik marketing yang satu ini hampir sama seperti teknik tradisional, yaitu dari mulut ke mulut. Hanya saja Anda menggunakan media sosial dan menambahkan beberapa fitur lain seperti gambar atau video supaya konten yang Anda buat bisa lebih menarik lagi.

5. Display Marketing

Teknik display marketing memanfaatkan bentuk periklanan secara visual yang dikemas dalam sebuah iklan berupa foto, logo, gambar, maupun video dalam mempromosikan konten. Iklan banner yang sering Anda lihat pada sebuah website adalah salah satu contoh dari display advertising.

Display advertising secara offline biasanya akan dikemas dalam bentuk papan billboard dan spanduk-spanduk yang sering dipasang di pinggir-pinggir jalan. Jika secara online, Anda bisa menghubungi pemilik website yang relevan dengan produk yang Anda pasarkan.

Misalnya Anda ingin memasarkan produk berupa makanan dan minuman, maka sebaiknya Anda menghubungi pemilki website yang memuat konten tentang makanan dan minuman. Anda bisa memanfaatkan jasa periklanan jika tidak memiliki cukup banyak waktu, misalnya adalah Google Display Network.

6. Content Marketing

Content marketing merupakan strategi pemasaran konten yang berfokus pada perencanaan atau pembuatan dan pendistribusian sebuah konten untuk menarik banyak perhatian pembaca yang memiliki kemungkinan besar untuk menjadi konsumen.

Biasanya content marketing ini dikemas dalam konsep tekstual yang mengarah kepada metode hard selling maupun soft selling dengan menggambarkan kelebihan produk. Oleh sebab itulah konten yang dibuat harus benar-benar menarik untuk melakukan teknik digital marketing yang satu ini.

Tapi kebanyakan pelaku usaha tidak begitu menguasai teknik pembuatan konten yang berkualitas dan menarik, sehingga mereka cenderung mempercayakan konten mereka kepada sebuah jasa penulis artikel SEO.

Orang-orang bisa menikmati konten yang Anda sajikan baik itu di internet maupun media sosial. Dengan begitu, secara otomatis Anda akan terhubung lebih dekat dengan pelanggan. Dengan menambahkan link yang berkaitan dengan produk yang dijelaskan, orang akan terhubung dengan halaman website dari produk yang bersangkutan.

7. Mobile Advertising

Kehudipan manusia dan telepon selular saat ini tidak bisa dipisahkan. Hal ini dimanfaatkan oleh para pemiliki website untuk mempromosikan produk mereka. Teknik ini dikenal dengan istilah Mobile Advertising.

Salah satu contoh penggunan mobile advertising pada telepon selular adalah berupa iklan yang disampaikan secara sederhana melalui SMS dan MMS. Ada juga iklan melalui media internet dimana ketika kita membuka internet melalui melalui telepon selular akan sering menemukan beberapa iklan baris yang mengubungkan kita kepada web pemasang iklan.

Teknik mobile advertising ini bisa menjangkau lebih banyak orang secara lebih spesifik. Selain itu, teknik ini terbilang cukup efisien dan efektif karena bisa menghemat biaya periklanan untuk memperoleh hasil lebih maksimal.

8. Affiliate Marketing

Teknik ini dikenal sebagai bisnis makelar atau perantara. Teknik digital marketing ini mengandalkan penjualan dengan sistem komisi. Untuk menjalankan teknik ini, Anda membutuhkan jasa orang lain untuk menjualkan produk, dengan perjanjikan Anda akan membayar atau memberikan komisi jika orang tersebut berhasil menjual produk yang Anda miliki.

Beberapa marketplace besar seperti Lazada dan Tokopedia juga menggunakan sistem affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan. Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Dengan Bisnis Online Affiliate Marketing

Penutup

Itulah ulasan singkat mengenai teknik-teknik digital marketing yang perlu Anda kuasai. Teknik tersebut bisa dijalnkan oleh siapa pun, baik itu pemiliki usaha lama maupun baru. Dengan memiliki gambaran tentang teknik pemasaran modern ini, diharapkan para pemiliki bisnis bisa memperoleh gambar mengenai jenis pemasaran mana yang cocok mereka gunakan. Sehingga usaha yang mereka jalankan bisa berkembang secara optimal.

SHARE
Cecepkocep
Breaks the Limits!
Newest Older

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment